PENGARUH CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUM

12  1493  Download (1)

Teks penuh

(1)

PENGARUH CAHAYA MATAHARI

TERHADAP PERTUMBUHAN BIJI

KACANG HIJAU

DISUSUN OLEH :  Dias Nurikhwani

 Elfrida Natalia M  Rizka Nabella  Sinta Purnamasari  Theresia Meylin Nova  Uswatun Islamiah  Yulita

KELAS: XII MIPA3

(2)

Puji syukur kita panjatkan pada Tuhan yang Maha Esa, karena rahmatNya yang begitu besar kami dapat menulis serta menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul : PENGARUH CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN KACANG HIJAU dengan begitu baik.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah diajukan sebagai tugas Biologi yang diberikan oleh guru bidang studi kepada kami untuk memenuhi syarat dalam mencapai nilai tugas Biologi serta dapat menambah banyak pengetahuan untuk kami.

Kami sangat berterima kasih kepada guru pembimbing kami selaku guru Biologi yang telah banyak memberikan arahan dan bimbingan kepada kami serta kepada teman-teman yang telah membantu dalam menyelesaikan penelitian ini.

Kami menyadari bahwa proposal penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran kepada setiap pembaca demi penyempurnaan proposal penelitian selanjutnya.

Pangkal Pinang, 08 Agustus 2015

(3)
(4)

3.7 Tabel Data Hasil

Penelitian... ...5

BAB 4

PENUTUP... ...6

BAB 5 DAFTAR

PUSTAKA... ...7

iii

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang Penelitian

(5)

Kekurangan cahaya matahari akan sangat mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhan, meskipun kebutuhan cahaya tergantung tergantung pada jenis tumbuhan. Selain itu, kekurangan cahaya saat perkecambahan berlangsung akan menimbulkan gejala etiolasi dimana batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah dan daunnya berukuran kecil, tipis dan berwarna pucat (tidak hijau). Semua ini terjadi dikarenakan tidak adanya cahaya sehingga dapat memaksimalkan fungsi auksin untuk pemanjangan sel-sel tumbuhan. Sebaliknya, tumbuhan yang tumbuh di tempat terang menyebabkan tumbuhan tumbuh lebih lambat dengan kondisi relatif pendek, daun berkembang baik lebih lebar, lebih hijau, tampak lebih segar, dan batang kecambah lebih kokoh

Misalnya saja pada tanaman kacang hijau. Kacang hijau merupakan salah satu tanaman Leguminosae yang cukup penting di Indonesia, posisinya menduduki tempat ketiga setelah kedelai dan kacang tanah. Kacang hijau memiliki banyak manfaat yaitu dapat dijadikan sebagai bahan makanan seperti sayur, bubur serta bahan makanan lainnya. Serta berkhasiat dapat memperlancar pencernaan, menjaga keasaman lambung dan mencegah penyebaran sel kanker.

Namun dibalik segala kegunaannya pertumbuhan yang baik itu dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau.

(6)

1.3Rumusan Masalah

 Bagaimanakah pengaruh intensitas cahaya terhadap pengaruh

pertumbuhan kacang hijau?

1.4Hipotesis

Hipotesis penelitian ini adalah jika tanaman kacang hijau diletakkan diluar ruangan atau di tempat terang maka pertumbuhannya akan lebih lambat namun daunnya tampak lebih lebar, tebal, hijau, tampak segar dan batang kecambah lebih kokoh. Dan jika tanaman kacang hijau diletakkan di dalam ruangan maka batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah, daunnya berukuran kecil, tipis dan berwarna pucat atau tidak berwarna hijau.

2

(7)

Pertumbuhan

Pertumbuhan merupakan proses pertambahan volume yang irreversible (tidak dapat kembali), karena adanya pembesaran mitosis atau pembesaran sel, dapat pula disebabkan oleh keduanya. Pertumbuhan dapat diukur dan dinyatakan secara kuantitatif.

Pertumbuhan pada tumbuhan tidak akan tumbuh jika tidak dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor luar dan faktor dalam.

Faktor Internal meliputi :

6.Tingkat keasaman dan basa ( pH )

-Cahaya

Cahaya merupakan faktor utama sebagai sumber energi dalam fotosintesis,

untuk menghasilkan energi. Kekurangan cahaya akan mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhan, meskipun kebutuhan cahaya tergantung pada jenis tumbuhan.

Kekurangan cahaya pada saat perkecambahan berlangsung akan menimbulkan gejala etiolasi, dimana batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah dan daunya berukuran lebih kecil, tipis, dan berwarna pucat.

Klasifikasi Tanaman Kacang Hijau

Kacang hijau berasal dari polong-polongan. Kandungan yang terdapat di dalam kacang hijau yaitu protein (memperkuat daya tahan tubuh), kalsium dan fosfor (memperkuat tulang), vitamin B1 (membantu proses pertumbuhan dan menghasilkan energi), vitamin B2 (membantu penyerapan protein dalam tubuh), vitamin E (membantu meningkatkan kesuburan), zat besi (membantu pementukan sel darah merah), ), magnesium (menjaga fungsi otot dan syaraf) dan rendah lemak. Di dalam kacang hijau juga terdapat antioksidan yang berguna bagi tubuh yaitu mencegah penuaan dini dan mencegah penyebaran sel kanker, menjaga keasaman lambung, dan membantu memperlancar pencernaan.

(8)

3

BAB 3

METODELOGI PENELITIAN

3.1 Objek, Populasi, dan Sampel Penelitian

 Objek: -Cahaya matahari -Kacang hijau

 Populasi: Jenis kacang hijau yang digunakan adalah kacang hiaju biasa yang kita temukan di pasar atau toko-toko yang menjual kacang hijau. Dari 20 biji kacang hijau tersebut semuanya adalah satu jenis kacang hijau.

 Sampel Penelitian: -10 biji kacang hijau yang terpapar matahari -10 biji kacang hijau yang tidak terpapar cahaya matahari

3.2 Lokasi Penelitia

Kelas XII MIPA 3 SMAN 3 Pangkal Pinang

 Tanaman yang terpapar cahaya matahari: Dihalaman kelas XII mipa3

 Tanaman yang tidak terpapar cahaya matahari: Didalam kaedus dan ditutup rapat, kardus diletakan di dalam kelas XII mipa3

3.3 Waktu Penelitian

Kamis, 06 Agustus 2015 – Kamis, 13 Agustus 2015 (1minggu)

3.4 Deskripsi Hasil Penelitian

Tanaman kacang hijau diletakkan diluar ruangan atau di terpapar

cahaya matahari maka pertumbuhannya akan lebih lambat, namun daunnya tampak lebih lebar, tebal, hijau, tampak segar dan batang kecambah lebih kokoh.

Tanaman kacang hijau yang diletakkan di dalam ruangan tertutup atau tidak terkena paparan matahari maka batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun, batangnya lemah, daunnya berukuran kecil, tipis dan berwarna pucat atau tidak berwarna hijau.

3.5 Alat dan Bahan

 Alat: 2 buah polibek ukuran besar

1 buah kardus (ukurannya muat dengan polibeknya nanti) Penggaris (untuk mengukur pertumbuhan kacang hijau)

(9)

20 lembar kertas labet

1 1ons kacang hijau Rp 2000 2 2 buah polibek ukuran besar Rp 1000 3 1pack kertas label Rp 5000 4 1pack tusuk gigi Rp 2000

Jumlah Rp 1000

3.7 Tabel Data Hasil Penelitian

Tabel hasil pengamatan tanaman kacang hijau yang terpapar cahaya

(10)

3

4

5

6

7 Rata-Rata

5

BAB 4

PENUTUP

Penutupan

Demikian proposal penelitian yang berjudul : PENGARUH CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN KACANG HIJAU, kami berharap adanya persetujuan atas proposal yang telah penulis ajukan ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan.

Pangkal Pinang, 10 Agustus 2015

(11)

6

BAB 5

DAFTAR PUSTAKA

http://oktadwiwijaya.blogspot.com/2013//11/pengaruh-cahaya-matahari-terhadap.html?m=1

https://imaairana.wordpress.com/pengaruh-intensitas-cahaya-terhadap-pertumbuhan-kacang-hijau/

http://windi-mp.blogspot.com/2013/01/contoh-kajian-teori-dan-metodologi.html?m=1

(12)

Figur

Tabel hasil pengamatan tanaman kacang hijau yang tidak terpapar cahaya

Tabel hasil

pengamatan tanaman kacang hijau yang tidak terpapar cahaya p.9

Referensi

Memperbarui...