LAPORAN PELAKSANAAN Kegiatan Keagamaan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW SD NEGERI BLANG TUALANG

Teks penuh

(1)

LAPORAN PELAKSANAAN Kegiatan Keagamaan

“Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW”

SD NEGERI BLANG TUALANG

PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TIMUR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SEKOLAH DASAR NEGERI BLANG TUALANG

KECAMATAN BIREM BAYEUN

(2)

ii

KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Alloh SWT atas nikmat, rahmat dan karunia-Nya dalam penyusunan Laporan Kegiatan Acara Untuk Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini sehingga dapat diselesaikan dengan baik tanpa halangan yang memberatkan. Ucapan terimakasih yang setinggi-tinginya dihaturkan kepada semua pihak yang telah turut andil menyumbangkan pikiran dan tenaga dalam penyusunan laporan kegiatan ini demi suksesnya penyelenggaraan Acara Untuk Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut. Tak ada balasan yang setimpal tentunya selain anugerah pahala Allloh SWT, berikan sebagai balasannya atas keikhlasan ibadah kita, amin. Harapan kedepan kiranya semoga Alloh SWT selalu bersama kita, meridhoi dan mengabulkan tujuan kita agar kegiatan ini lancar dan suskses akhirnya. Menyadari banyaknya kekurangan dan kekeliruan dalam penyusunan laporan kegiatan ini, maka kami dengan segala kekurangan dan kerendahan hati tidak menutup diri untuk menerima saran dan masukan demi penyempurnaan program di masa yang akan datang. Akhirnya semoga laporan kegiatan ini bermanfaat banyak dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

(3)

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Nabi Muhammad adalah Nabi akhir zaman yang selalu menjadi panutan yang tidak akan pernah ada yang mengingkari kebenarannya. Beliaulah yang menuntun umat manusia menuju jalan yang terang benderang dengan selalu disinari cahaya Islam.

Dengan perjuangan beliau umat manusia bangkit dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang dengan cahaya Islam. Dengan kelahiran Nabi akhir zaman ini terciptalah aturan-aturan Islam yang penuh keharmonisan, persaudaraan, dan keseimbangan dengan terhapusnya perselisihan, pertikaian, dan peperangan.

Betapa luar biasa jasa Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umat manusia yang ada di dunia ini. Maka sudah sepantasnya kita sebagai umatnya untuk selalu mengenangnya dan berusaha sekuat tenaga untuk mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh beliau.

Karena apa yang telah dikatakan, dilakukan, dan ditetapkan beliau telah menjadi dasar segala hukum Islam setelah Al-Qur’an yang sudah tidak diragukan kebenarannya. Karena dengan mengikuti apa yang telah diajarkan oleh beliau kepada kita, maka kita akan diakui sebagai umat beliau kelak di Hari Kiamat.

Salah satu untuk menunjukkan cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW adalah dengan mengenang kelahiran beliau. Maulid Nabi merupakan bentuk penghargaan yang sangat besar kepada beliau dan kita harus bangga memiliki hari besar ini. Dengan terlaksananya kegiatan ini semoga menjadikan motivasi dan inspirasi kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dan selalu menjalankan sunnah-sunnahnya.

2. Maksud & Tujuan

 Media silaturrahmi dan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah.

 Motivasi untuk meningkatkan diri agar menjadi lebih beriman dan bertaqwa.

 Sebagai fasilitator untuk menumbuhkan rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW.

 Mengisi momentum besar Maulid Nabi dengan kegiatan yang bermanfaat.

 Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

(4)

BAB II LAPORAN

1. Bentuk & Tema

Bentuk kegiatan ini adalah Peringatan Hari Besar Islam dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Adapun tema kegiatan ini adalah “meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW”

2. Waktu & Tempat

Tempat : SDN Blang Tualang

3. Susunan Acara

 Pembukaan

 Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

 Sambutan-Sambutan:

 Ketua Panitia

 Kepala Sekolah

 Penampilan Shalawat dari perwakilan siswa

 Penutup/Do’a

(5)

4. Susunan Panitia

Penanggung Jawab : Kepala Sekolah SDN Blang Tualanng Ketua Panitia : Aiyub, S.Pd

Sekretaris : Siti Aisyah Bendahara : Junaidi T, S.Pd

Seksi Konsumsi :  Desi Meidarti, S.Pd

 Marlina, S.Pd

 Revi Fatmika Seksi Perlengkapan :  M. Thahir

 Cipta Gunadianda, S.Pd Seksi Keamanan :  Nasril, S.Pd

 Sukarmin

5. Hasil Kegiatan

Kegiatan ini merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, dimana dalam kegiatan ini diisi dengan acara keagamaan yaitu shalawat.. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun semangat Islam dan mempererat tali silaturrahmi baik antar siswa maupun antar guru.

6. Hambatan Kegiatan

 Banyak siswa-siswi yang tidak hadir

 Kurangnya persiapan mengisi acara

 Minim pembinaan

7. Saran Kegiatan

 Mempertegas kedisiplinan siswa-siswi untuk mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan

(6)

 Lebih aktif dan kreatif mempersiapkan konsep untuk mengisi acara

 Meminta kesadaran pembina untuk lebih memperhatikan setiap acara/kegiatan

(7)

BAB III PENUTUP

Demikian Laporan Kegiatan Maulid Nabi ini kami buat. Harapan kami agar kegiatan ini mampu menjadi motivasi dan inspirasi. Motivasi agar siswa dan siswi beserta jajaran guru SDN Blang Tualang mendatang menjadi lebih baik dari sekarang serta selalu bersemangat untuk menjalankan syariat Islam. Inpirasi bagi seluruh masyarakat atau umat islam umumnya dan khususnya bagi warga sekitar untuk selalu berusaha meningkatkan diri dan berusaha untuk selalu mencontoh pribadi Rasulullah saw.

Akhirnya hanya kepada Allah semata semua urusan diserahkan dan hanya kepada- Nyalah hamba mengharap pertolongan. Semoga segala apa yang kita lakukan mendapatkan kemudahan dan kesuksesan serta dengan harapan agar kegiatan ini dicatat di sisi Allah sebagai amal ibadah yang senantiasa diridhoi-Nya. Amin

(8)

LAMPIRAN

Foto Kegiatan Maulid SDN Blang Tualang

(9)
(10)
(11)

Laporan Kegiatan

Gotong – Royong Siswa dan Siswi”

SD NEGERI BLANG TUALANG TAHUN 2020

PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TIMUR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SEKOLAH DASAR NEGERI BLANG TUALANG

KECAMATAN BIREM BAYEUN

(12)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah Nya, telah dapatnya Kepala Sekolah SDN Blang Tualang menyusun Laporan Kegiatan Gotong Royong yang dilaksanakan setiap Hari Sabtu minggu ke tiga setiap bulannya . Penyusunan Laporan ini merupakan salah satu upaya mengimplementasikan segala sesuatunya tentang hidup bersih atau bersih itu indah.

Laporan ini disusun dengan mengacu pada beberapa macam kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan yaitunya gotong royong pembersihan ruang kelas dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam sehari piket kelas ) yaitu sebelum bel berbunyi dan menjelang pulang sehingga kelas tetap bersih dan nyaman , dan setiap hari Sabtu membersihkan ruangan kelas secara bersama – sama , serta membersihkan pekarangan sekolah secara keseluruhannya termasuk ruang kantor guru, perpustakaan, dan ruangan yang lainnya.Laporan ini memuat tentang materi kegiatan, jadwal serta hasil kegiatan.

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh warga sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk melaksanakan kegiatan gotong royong bersama ini, dan memberi saran dalam penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk menjaga kebersihan lingkungan dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

(13)

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Di Sekolah Dasar Negeri Blang Tualang gotong royong merupakan suatu kegiatan rutin yang selalu dijalan sepanjang harinya. Kegiatan gotong royong juga merupakan kegiatan yang mendidik siswa untuk menjadi insan yang dapat bekerja sama antara siswa dan kelak menjadi insan yang benar –benar memiliki jiwa gotong royong yang tinggi , dan insan yang saling bantu membantu dalam segala kebaikan nantinya.

B. TUJUAN

Adapun tujuan yang hendak dicapai dengan kegiatan gotong royong ini adalah agar Kepala Sekolah, Majelis Guru, siswa dan orang tua memiliki rasa jiwa kerja sama yang tinggi dalam menciptakan hidup bersih di kehidupan sehari – hari , di rumah, sekolah maupun di tempat –tempat umum, dan rasa toleransi yang tinggi akan tetap tertanam dalam jiwa masing - masing.

Di samping itu tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan gotong royong adalah:

1.Terlaksananya rencana sekolah dengan baik .

2.Terbimbingnya siswa dalam melatih hidup sehat dan bersih .

3.Terselenggaranya kegiatan rutin sekolah di bedang kesehatan dengan baik .

4.Adanya rasa kepuasan dan kegembiraan dari setiap orang jika berkunjung ke SDN Blang Tualang Kec. Birem Bayeun Kab. Aceh Timur

5.Adanya rasa nyaman jika berada dilingkungan sekolah bagi peserta didik.

6.Adanya rasa cinta siswa terhadap sekolahnya

C. Hasil yang Diharapkan

Kegiatan gotong royong hendaknya dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap lingkungannya , dan menambah wawasan siswa tentang manfaat hidup bersih .

Hasil yang diperoleh setelah kegiatan berupa:

1. Meningkatnya kecintaan siswa terhadap kebersihan lingkungan 2. Meningkatnya kekaguman siswa terhadap sekolahnya karena bersih

3. Meningkatnya rasa sosial siswa antara sesama manusia dan makhluk hidup lainnya 4. Meningkatkan rasa tanggung jawab yang tinggi

5. Meningkatkan rasa kerja sama yang tinggi antara sesama.

D. Sasaran

Adapun sasaran dilaksanakan kegiatan gotong royong ini adalah :

(14)

Siswa kelas I sampai dengan kelas VI

Orang tua / masyarakat sekitar

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

E. Manfaat

Menanamkan semangat jiwa kerja sama , toleransi, tanggung jawab serta cinta kebersihan dimana saja dan kapan saja, baik di rumah , sekolah, mesjid, maupun di tempat yang baru pertama kali di kunjunginya. Membentuk insan yang taat kepada aturan yakninya tidak membuang sampah di sembarang tempat, Mencintai lingkungan dan disiplin serta bekerja sama .

BAB II

PELAKSANAAN GOTONG ROYONG

I. Waktu :

Setiap pagi menjelang berbaris semua siswa dibimbing oleh guru piket dan guru yang lainnya memungut sampah di halaman sekolah.

Setiap pagi menjelang bel berbunyi dan menjelang pulang sekolah membersihkan kelas masing – masing.

Setiap hari Sabtu membersihkan kelas masing dan ruangan yang lainnya

Setiap hari Sabtu minggu ke tiga membersihkan pekarangan sekolah

II. Lokasi yang dibersihkan

Taman bunga

Ruangan Kelas

Ruangan Kantor Kepala Sekolah

Majelis Guru

Ruangan Perpustakaan

III. Hasil Pelaksanaan Kegiatan

Hasil yang dapat diperoleh dari kegiatan gotong royong sangat memuaskan , yaitu siswa terdidik hidup bersih dan tidak mau membuang sampah sembarangan tempat, karena mereka sudah terbiasa bergotong royong gotong membuang sampah ketempat yang disediakan di pojok halaman dan karena sudah terbiasa menjaga kebersihan baik di sekolah maupun di mana berada..

(15)

BAB III PENUTUP

Kegiatan yang dilaksanakan selama kegiatan gotong royong membuat siswa memahami arti tentang kebersihan dan makna yang terdapat dari kegiatan gotong royong itu sendiri. Gotong royong adalah warisan leluhur bangsa Indonesia yang harus tetap dilestarikan sampai kepada generasi berikutnya.Bangsa Indonesia adalah bangsa yang bermoral , bermartabat dan mempunyai jiwa kerja sama yang kokoh sejak dahulu kala.

Maka sikap yang demikian itu perlu dilestarikan dan ditingkatkan walaupun hanya dalam hal yang sekcil apapun.Misalnya dalam membersihkan kelas, melap meja, mengepel lantai, mencuci gelas minumannya, menghapus papan tulis, menyapu , atau dalam membersihkan papan tulis. Semua kegiatan yang demikian itu perlu kerja sama yang kuat antara sesama siswa.

Pekerjaan yang berat akan bertambah ringan jika semua itu dilakukan dengan bersama –sama . Seperti pepatah berat sama dipikul ringan sama dijinjing.Semua kegiatan sesulit apapun akan menjadi mudah jika dilakukan dengan bergotong royong.

Kami yakin dan percaya banyak kekurangan –kekurangan dari laporan ini baik kekurangan –kekurangan dari sistim pelaksanaannya maupun bentuk penulisan laporan ini, untuk itu kami mohon maaf. Semoga kekurangan-kekurangan tersebut dapat menjadi awal untuk lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

(16)

Foto Kegiatan Gotong Royong Siswa – Siswa SDN Blang Tualang

(17)

(18)

Figur

Foto Kegiatan Maulid SDN Blang Tualang

Foto Kegiatan

Maulid SDN Blang Tualang p.8
Foto Kegiatan Gotong Royong Siswa – Siswa SDN Blang Tualang

Foto Kegiatan

Gotong Royong Siswa – Siswa SDN Blang Tualang p.16

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :