PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA HIBAH DARI PEMERINTAH PROVINSI BANTEN TAHUN ANGGARAN

Teks penuh

(1)

PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN DANA HIBAH

DARI PEMERINTAH PROVINSI BANTEN

TAHUN ANGGARAN 2019

*

*

*

*

*

*

*

(2)

I. LATAR BELAKANG

Konstitusi dasar kita yang yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 28E, dengan tegas mengatur hak warga Negara untuk berkumpul dan berserikat, dimana bunyi pasal tersebut "Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat."

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, yang terhimpun dalam suatu wadah jurnalistik sebagaimana diatur dalam UU Nomor 40 tahun 1999 Tentang Pers, maka kami yang tergabung dalam Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Banten, menjadi bagian yang tidak terhindarkan dalam proses mewarnai pembangunan di Banten khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Hak publik untuk mendapatkan informasi agar mengetahui segala sesuatu di masa sekarang ini, sudah menjadi trend yang tidak bisa dihindari. Hak untuk mendapatkan informasi kini mulai berkembang secara massive dan cepat, melalui berbagai macam sarana prasarana, mulai dari informasi yang di tuangkan dalam bentuk televisi, online, Koran dan media sosial. Dalam konteks tersebut, jurnalis harus mampu menjadi garda terdepan untuk menyuarakan dan menyalurkan informasi kepada masyarakat, terutama jurnalis yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Telivisi Indonesia (IJTI), menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam menginformasikan setiap moment dan peristiwa yang akan dan sedang terjadi.

Media tidak hanya menjadi alat penyaji informasi yang harus disampaikan ke publik. Dalam bentuk berita misalnya, masyarakat berhak tahu apa yang dihasilkan dari sebuah produk pemberitaan. Selain itu, masyarakat juga bisa menjadi alat kontrol dari kebijakan dan jalannya roda pemerintahan dari tingkat pusat hingga daerah, melalui pemberitaan yang tersampaikan.

Salah satu media publik yang jejaringnya sangat luas dan gamblang di hadapan masyarakat adalah televisi (media audio visual), menjadi salah satu garda terdepan dalam konteks pemberitaan dan alat kontrol seperti yang diinginkan publik. Karena kehadirannya begitu dekat dengan masyarakat, televisi seakan menjadi cermin, bahkan memindahkan peristiwa di seantero dunia di hadapan kita.

Di Banten, kami para pekerja yang bergelut di media televisi sengaja membentuk wadah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) provinsi Banten pada akhir November 2010 lalu. IJTI Banten merupakan salah Pengurus Daerah dari IJTI Pusat, yang keberadaannya secara nasional telah didirikan sejak tahun 1998 lalu. Dengan kata lain, pengurus IJTI yang ada di Banten merupakan kepanjangan tangan kepengurusan DPP IJTI Pusat.

Dalam musyawarah pengurus daerah (musda) IJTI Banten ke 3 yang dilakukan di Hotel Ledian Banten, telah ditunjuk kepengurusan resmi periode 2017-2020 dan disyahkan melalui Surat Keputusan Pengurus IJTI Pusat. Selain melahirkan kepengurusan IJTI Banten, kami pengurus yang tersusun juga membuat beberapa agenda program kerja, serta kebijakan untuk menjalankan roda organisasi profesi sesuai yang diamanatkan dalam Musyawarah Daerah tersebut.

Adapun program kerja dan susunan kepengurusan periode 2017 – 2020 dan anggota IJTI Banten terlampir dalam satu bundle lampiran proposal ini. Dimana arah kebijakan secara global keberadaan IJTI Banten di masa bakti ini menitikberatkan pada eksistensi kelembagaan, serta meningkatkan kualitas sumber daya jurnalistik televisi dalam menjalankan profesi yang digelutinya, serta memberikan pelatihan kepada pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum.

Terlebih pada tahun 2018 ini menjadi tahun yang sangat krusial bagi eksistensi jurnalis dalam menjalankan tugas tugasnya. Tuntutan profesionalisme serta independensi menjadi suatu

(3)

keharusan. Mengingat tahun 2018 merupakan awal tahun politik. Jurnalis dan media memiliki peran penting dalam mengawal proses demokrasi yang tengah berlangsung.

Oleh karena itu, kami pengurus IJTI Banten bertekad untuk meningkatkan kualitas lebih baik lagi. Tidak hanya memperbanyak pengayaan pengetahuan bagi peningkatan keterampilan jurnalistik televisi.

Besar harapan kami, Proposal Rencana Kegiatan dan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) IJTI tahun 2019, yang kami buat dengan sesungguh-sungguhnya ini diperhatikan.

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

II. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan dari gambaran Proposal Rencana Kegiatan dan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) yang dibuat pengurus IJTI Banten, agar pengurus maupun stakeholder memahami, bahwa Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Banten sudah berdiri dan akan menjalankan aktivitas kegiatan sebagaimana organisasi profesi lainnya. Pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia akan menjadi prioritas utama dari agenda keberadaan IJTI di Banten.

III. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

Sesuai dengan yang diamanatkan Musda ke-3 IJTI, kami pengurus telah membuat beberapa agenda program kerja, serta kebijakan untuk menjalankan roda organisasi profesi. Agenda program kerja yang diamanatkan dalam Musda ke-3 adalah sebagai berikut :

Pembelian Rumah untuk Sekretariat

Organisasi tidak dapat berjalan dengan baik dan jauh dari ideal, jika tidak memiliki sekretariat. Sekretariat merupakan salah satu hal penting untuk menjalankan segala fungsi administrasi dan kesekretariatan. Oleh karena itu, dalam proposal ini kami mengajukan untuk membeli rumah sebagai sekretariat.

Pengembangan Organisasi

Sesuai dengan arah kebijakan secara global, keberadaan IJTI Banten di masa bakti ini menitikberatkan pada eksistensi kelembagaan dan kaderisasi. Sehingga kami menganggap perlu adanya pelatihan dalam rangka mengantisipasi tantangan di jaman milenial ini.

Hukum dan Advokasi

Kasus kekerasan terhadap jurnalis masih terbilang tinggi. Dari kasus kekerasan tersebut, kekerasan fisik masih dominan dialami jurnalis. Untuk mengantisipasi agar tidak terulang, literasi media bagi kesadaran masyarakat dan pemerintah atau lembaga lainnya adalah salah satu cara mencegah kekerasan terhadap jurnalis. Disamping itu, pelatihan media safety

merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman jurnalis, agar dalam melakukan tugasnya berpedoman kepada keamanan dan keselamatan.

Meningkatkan Kompetensi Anggota

Kompetensi menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap jurnalis televisi. Kompetensi ini termasuk di dalamnya integritas jurnalis dalam melaksanakan tugasnya. Kegiatan Uji Kompetensi ini untuk meingkatkan pemahaman pentingnya membangun kualitas dan kompetensi jurnalis televisi.

(4)

Selain Uji Kompetensi Jurnalis Televisi (UKJ TV), Pengda IJTI Banten perlu melaksanakan pelatihan peliputan Pemilu, karena pada tahun 2019 ini menjadi tahun yang sangat krusial bagi eksistensi jurnalis dalam menjalankan tugas tugasnya. Tuntutan profesionalisme serta independensi menjadi suatu keharusan.

Program kerja Pengda IJTI Banten berikutnya, Tak lepas dari upaya peningkatan sdm, Salah satu upayanya yakni, bagaimana para jurnalis televisi di Banten memiliki pemahaman dalam mengeksplore destinasi wisata, melalui pelatihan atau workshop. Agar Banten menjadi tujuan wisata kelas dunia.

Kemudian sebagai tolak ukur keberhasilan dari upaya peningkatan kualitas sdm, khususnya anggota IJTI Banten, perlu adanya kompetisi, melalui lomba film pendek dengan tema kehidupan sosial atau human interest yang menginspirasi. Tema yang dipilih yakni terkait bidang pendidikan, seni dan budaya, maupun kesehatan. Peserta selain dari anggota IJTI banten, juga melibatkan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum.

IV. RENCANA ANGGARAN BIAYA

Rencana Anggaran Biaya organisisasi IJTI Banten sebagai berikut.

NO KEGIATAN ESTIMASI BIAYA JUMLAH

I. KESEKRETARIATAN

1 Beli Tempat/Lokasi untuk Sekretariat 1000.000.000,-

Jumlah 1000.000.000,-

II. BIDANG ORGANISASI

1. Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2. Mengikuti Kegiatan IJTI Pusat

50.000.000,- 50.000.000,-

Jumlah 100.000.000,-

III. BIDANG HUKUM DAN ADVOKASI

1. Diskusi Publik Advokasi Pers 2. Pelatihan Media Safety

50.000.000,- 50.000.000,-

Jumlah 100.000.000,-

IV. BIDANG KOMPETENSI

1. Seminar peran IJTI mendorong Banten sebagai tujuan wisata kelas dunia

2. Pelatihan Peliputan Pemilu bagi anggota IJTI 3. Melaksanakan Uji Kompetensi Jurnalis Televisi

(UKJ TV)

4. Menggelar lomba Film Pendek “IJTI Award”

50.000.000,- 50.000.000,- 100.000.000,- 100.000.000,- Jumlah 300.000.000,- Grand Total 1.500.000.000,-

Terbilang : Satu Miliar Lima Ratus Juta Rupiah

V. PROFIL ORGANISASI

Di Banten, kami para pekerja yang bergelut di media televisi sengaja membentuk wadah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) provinsi Banten pada akhir November 2010 lalu. IJTI Banten merupakan salah Pengurus Daerah dari IJTI Pusat, yang keberadaannya secara nasional telah didirikan sejak tahun 1998 lalu. Dengan kata lain, pengurus IJTI yang ada di Banten merupakan kepanjangan tangan kepengurusan DPP IJTI Pusat.

(5)

Sampai saat ini jumlah anggota yang tergabung dalam organisasi IJTI Provinsi Banten mencapai 100 anggota. Mereka merupakan jurnalis televisi yang berada di delapan Wilayah Kabupaten/Kota. Yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Cilegon, Pandeglang, Lebak, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Kepengurusan IJTI Provinsi Banten periode 2017-2020 ditunjuk dalam musyawarah

pengurus daerah (musda) IJTI Banten ke-3 yang dilaksanakan di Hotel Le Dian Kota Serang, kemudian disyahkan melalui Surat Keputusan Pengurus IJTI Pusat. (Susunan Pengurus dan SK terlampir)

Visi dan Misi

Adapun visi IJTI yakni Mewujudkan masyarakat madani melalui kemerdekaan pers yang mendidik, mencerdaskan dan bertanggung jawab

Misi

Mewujudkan korp jurnalis televisi Indonesia yang mandiri, bebas dan bertanggung jawab Mewujudkan jurnalis televisi yang memiliki kemampuan profesional, serta kesetiakawanan profesi dan hidup dalam kesejahteraan jasmani dan rohaniah

Merawat dan mengembangkan profesionalisme jurnalis televis

VI. PENUTUP

Akhirnya, kami pengurus IJTI Banten mengucapkan terima kasih dengan ketulusan dan partisipasinya. Besar harapan kami agar proposal permohonan Hibah Tahun 2019 tersebut, diperhatikan untuk kesuksesan organisasi kewartawanan yang kami jalankan.

Pengurus Daerah Banten Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI)

Periode 2017 – 2020

A Ferri Setiawan Mahesa Apriandi

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...