PENGARUH PEMAKAIAN JILBAB TERHADAP PERILAKU SISWI KELAS XI SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI

Teks penuh

(1)

PENGARUH PEMAKAIAN JILBAB TERHADAP PERILAKU

SISWI KELAS XI SMA NEGERI 1 JATISRONO

WONOGIRI

SKRIPSI

Diajukan kepada Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk Memenuhi Salah Satu

Syarat guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I.)

Disusun Oleh : ONE RESTIA YUNIAR

NIM : G000100080

NIRM : 10/X/02.2.1/T/5066

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)
(3)
(4)
(5)

v MOTTO













































Wahai Nabi, katakanlah kepada istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga

mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab : 59) (Depag, 2007: 426).

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Dengan kerendahan hati yang paling dalam penulis persembahkan tugas akhir ini kepada:

1. Ayah dan Ibu tercinta, terima kasih telah rela berkorban menguras tenaga dan keringatnya serta doa yang tiada henti demi tercapainya pendidikan di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Kakek dan Nenek tercinta, yang senantiasa mencurahkan doa dan kasih sayangnya selama ini untuk keberhasilan penulis.

3. Adik tersayang, yang selalu memberikan keceriaan bagi hidup penulis. 4. Abang tercinta, yang tiada henti memberikan motivasi dan dukungannya

untuk penulis.

5. Sahabat-sahabatku Lia, Retna, Sari, dll yang selalu memberikan bantuan dan motivasinya untuk penulis.

6. Teman-teman FAI angkatan 2010. 7. Almamaterku tercinta.

(7)

vii ABSTRAK

Pengaruh Pemakaian Jilbab Terhadap Perilaku Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri

ONE RESTIA YUNIAR G000100080

Jilbab merupakan kain yang digunakan untuk menutupi aurat seorang wanita muslimah. Seorang wanita muslimah dengan jilbab yang mereka pakai berarti telah menjalankan syari’at Islam. Jilbab yang dipakai berdasarkan atas kesadaran dapat membentuk perilaku dan pribadi seorang wanita yang berakhlak mulia.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apa faktor-faktor yang mendorong siswi kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri untuk memakai jilbab? dan bagaimana pengaruh pemakaian jilbab terhadap perilaku siswi kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong siswi kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri untuk memakai jilbab dan untuk mendeskripsikan pengaruh pemakaian jilbab terhadap perilaku siswi kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mempelajari secara langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh kejelasan tentang realita sosial yang ada. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa faktor pendorong yang mempengaruhi siswi untuk berjilbab adalah faktor keluarga, pendidik, diri sendiri dan lingkungan. Dan ada pengaruh dari pemakaian jilbab terhadap perilaku siswi kelas XI SMA Negeri Jatisrono Wonogiri sekalipun tidak menyeluruh dan sepenuhnya. Mereka yang berjilbab lebih santun dalam bertutur kata dan berperilaku, lebih pandai menjaga sikap dalam pergaulan dengan lawan jenis, dan lebih mengontrol sikap dan perbuatan, tidak melakukan perbuatan yang melanggar syariat Islam.

(8)

viii KATA PENGANTAR









ﺎَﻠﱠﺼﻟاَو َﻦْﯿِﻤَﻟ ﺎَﻌْﻟا ﱢبَر ِﷲ ُﺪْﻤَﺤْﻟَا

ﺎَﻠﱠﺴﻟاَو ُة

ِﻠَﺳْﺮُﻤْﻟاَو ِءﺎَﯿِﺒْﻧ َﺄْﻟا ِفَﺮْﺷَا ﻰَﻠَﻋ ُم

ْﯿ

َﻦ

َو

َﻋ

َﻠ

َاِﻟ

ِﮫ

َو

َا

ْﺻ

َﺤ

ِﺑﺎ

ِﮫ

َا

ْﺟ

َﻤ

ِﻌ

ْﯿ

َﻦ

َا

ﱠﻣ

َﺑﺎ

ْﻌ

ُﺪ

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, nikmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini, yang merupakan salah satu syarat guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam pada Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan ke hadirat junjungan kita Nabi Muhammad SAW, para sahabatnya serta seluruh pengikutnya.

Dalam skripsi yang penulis susun dengan judul Pengaruh Pemakaian

Jilbab Terhadap Perilaku Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri ini

mendeskripsikan tentang pengaruh dari pemakaian jilbab terhadap perilaku dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong siswi kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri untuk memakai jilbab.

Bukanlah suatu hal yang mudah bagi penulis untuk menyelesaikan skripsi ini, karena terbatasnya pengetahuan dan sedikitnya ilmu yang dimiliki penulis. Akan tetapi berkat rahmat Allah SWT dan dukungan serta bantuan dari

(9)

ix

berbagai pihak, maka skripsi ini dapat diselesaikan. Oleh karena itu, penulis dengan tulus menyampaikan rasa terima kasih kepada :

1. Prof. Dr. Bambang Setiaji, selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Dr. M. Abdul Fattah Santoso, M.Ag., selaku Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Drs. Zainal Abidin, M.Pd., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan sekaligus menjadi dosen pembimbing II, atas segala nasehat dan kesabaran selama membimbing penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

4. Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag., selaku Sekretaris Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan sekaligus menjadi dosen pembimbing I, atas segala bimbingan, arahan, nasehat dan kesabaran selama membimbing penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikain skripsi ini dengan baik.

5. Dra. Endang Sunarsih, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri yang telah memberikan izin kepada penulis untuk mengadakan penelitian.

6. Sutrisno, S.Ag., selaku guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri, atas waktu dan kesediaannya dalam memberikan informasi dan masukan yang baik.

(10)

x

7. Suparjo, S.Pd. dan Harmawan Indrianto, S.Psi., selaku guru BP/BK di SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri, atas waktu dan kesediaannya dalam memberikan informasi kepada penulis.

8. Siswi-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri, atas waktu dan kesediaannya menjadi subjek penelitian dan membantu penulis dalam proses penelitian.

9. Staff TU dan staff guru SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri, atas waktu dan kesediaannya dalam membantu penulis selama penelitian berlangsung.

Semoga amal kebaikan mereka dapat diterima serta mendapat balasan dari Allah SWT dan semoga dicatat sebagai amal yang shaleh dan bermanfaat. Besar harapan penulis, semoga skripsi ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan bagi penulis pada khususnya.

Walaupun dalam penulisan skripsi ini penulis telah mencurahkan segala kemampuan, namun penulis mengakui masih banyak kekurangan dan kekhilafan di dalam penyusunan skripsi ini. Kepada semua pihak yang mendapati ketidak sempurnaan dalam penyusunan skripsi ini, dengan rendah hati penulis mohon bimbingan untuk kemajuan di masa mendatang.

Akhirnya hanya kepada Allah SWT, penulis senantiasa memohon ampunan dan ridho-Nya atas penyusunan dan penulisan skripsi ini, Amin Ya Robbal Alamin.

Surakarta, 7 Februari 2014

(11)

xi DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……… i

HALAMAN NOTA DINAS PEMBIMBING………. ii

HALAMAN PENGESAHAN………. iii

HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN……… iv

HALAMAN MOTTO………... v

HALAMAN PERSEMBAHAN………... vi

HALAMAN ABSTRAK……….. vii

KATA PENGANTAR……….. viii

DAFTAR ISI………. xi

DAFTAR TABEL………. xiv

DAFTAR LAMPIRAN………. xv

BAB I : PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah………...……….. 1

B. Penegasan Istilah………. 4

C. Rumusan Masalah……… 6

D. Tujuan dan Manfaat Penelitian……… 6

E. Kajian Pustaka………. 7

F. Metode Penelitian……… 10

(12)

xii

BAB II : PERMASALAHAN JILBAB DAN PENGARUH JILBAB TERHADAP PERILAKU

A. Permasalahan Jilbab……… 15

1. Definisi Jilbab………. 15

2. Pandangan Islam tentang Jilbab……….. 17

3. Syarat dan Ketentuan Berjilbab……...……….... 21

4. Motivasi Memakai Jilbab……...……….. 25

5. Manfaat dan Nikmat Berjilbab………...……….. 27

B. Pengaruh Jilbab terhadap Perilaku………..……… 28

1. Permasalahan Perilaku……….. 28

2. Pengaruh Jilbab terhadap Perilaku………... 29

BAB III : FAKTOR PEMAKAIAN JILBAB DAN PERILAKU SISWI KELAS XI SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI A. Gambaran Umum SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri….. 32

1. Sejarah Berdiri……….. 32

2. Letak Geografis………..……….. 34

3. Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah……….………… 35

4. Struktur Organisasi………..……….. 36

5. Sarana dan Prasarana……….……… 38

B. Faktor Pemakaian Jilbab dan Perilaku Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri…………..……… 45

1. Faktor Pemakaian Jilbab Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri……….……… 45

(13)

xiii

2. Perilaku Siswi Berjilbab di SMA Negeri 1 Jatisrono

Wonogiri……….……… 47

BAB IV: ANALISIS DATA A. Faktor-faktor yang Mendorong Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri untuk Memakai Jilbab…… 52

B. Pengaruh Pemakaian Jilbab terhadap Perilaku Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri……… 57

C. Manfaat Memakai Jilbab bagi Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri……… 59

BAB V : PENUTUP A. Kesimpulan…...……… 62 B. Saran………...………….. 63 C. Kata penutup………...………. 64 DAFTAR PUSTAKA……….. 66 LAMPIRAN-LAMPIRAN

(14)

xiv

DAFTAR TABEL

Tabel 1 Jumlah siswa SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri

Tabel 2 Jumlah siswi yang berjilbab di SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri Tabel 3 Daftar guru SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri

Tabel 4 Daftar karyawan SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri

Tabel 5 Perubahan perilaku siswi kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri sebelum berjilbab dengan setelah berjilbab

(15)

xv

DAFTAR LAMPIRAN

- Pengajuan judul skripsi

- Permohonan menjadi pembimbing - Permohonan ijin riset

- Surat keterangan penelitian - Daftar pertanyaan

- Lembar hasil wawancara - Berita acara konsultasi skripsi - Daftar riwayat hidup

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :