TUGAS MAKALAH JENIS JENIS KOMPUTER PROCE

18  86 

Teks penuh

(1)

TUGAS MAKALAH

JENIS – JENIS KOMPUTER PROCESSOR INTEL

oleh KELOMPOK 2

DWI PUTRI DONARO 141910201001

EDWIN ANDI LELONO 141910201059

RENDRA WISNURANDY 141910201012

IKA ALFIANA FAUZIAH 141910201071

RAMADHANIAR EKA W 141910201078

MUHANDIS AL FARHANY 141910201082

Program Studi TEKNIK ELEKTRO

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI FAKULTAS TEKNIK

(2)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat, karunia-Nya, rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makallah dengan judul “JENIS – JENIS KOMPUTER PROCESSOR INTEL”.

Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen untuk memahami perihal perencanaan dengan harapan mendapatkan manfaat dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa.

Dalam proses pendalaman materi ini, tentulah masih menyimpan kekurangan karena keterbatasan waktu dan latar belakang keilmuan yang kami miliki namun segala kekurangan tersebut adalah hal yang wajar sebagai tahap awal untuk terus menuju kesempurnaan dalam pembuatan makalah ini.

Demikian makalah ini kami buat semoga dapat memberikan manfaat.

Hormat kami,

(3)

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang

Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bkerja otomatatis. Istilah komputer (computer) di ambil dari bahasa latin computer yang berarti menghitung (to comaipute/to reckon). Kunci kesuksesan dalam belajar pengantar teknologi informasi ini adalah pada kemampuan memahami tiga hasil pokok pengantar teknologi informasi, yaitu kegunaan, jenis – jenisnya dan cara kerjanya. Dengan penjelasan ini maka kami di tujukan untuk pembuatan makalah pengantar teknologi informasi yang bertema prosessor/CPU.

Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem computer dan di gunakan sebagai pusat /otak dari computer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah di sediakan oleh motherboard, dan dapat sesui dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan computer tergantung dari jenis dan 4. Untuk mengetahui fungsi dan jenis-jenis processor Intel 5. Untuk mengetahui cara kerja processor

(4)

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Processor

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :

 Aritcmatics Logical Unit (ALU)

 Control Unit (CU)

 Memory Unit (MU)

(5)
(6)

2.2 Bagian – Bagian Processor

1. Unit Control, adalah unit utama dari sebuah processor yang berfungsi mengatur peralatan input dan output.

2. Register, adalah sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang proses.

3. Alu, adalah unit yang melakukan penghitungan aritmatika dasar dan operasi logika boolean. jadi alu dibagi menjadi dua unit yaitu unit aritmatika dan unit boolean. ALU juga berfungsi mengambil keputusan terhadap operasi logoka yang diproses.

Terdapat 2 kelas processor yang diedarkan :

1. Kelas Mainstream / power / performance / high-end processor yang diwakili oleh keluarga processor Pentium (II, III, & 4) dari Intel dan keluarga Atlon (Thunderbird, XP, Sempron) dari AMD.

2. Kelas Value / low-end Processor diwakili oleh intel celeron, AMD Duron, VIA Cyrix dan Transmeta.

Yang menjadikan perbedaan kelas tersebut adalah kecepatan, fitur serta jumlah cache memory.

1. L1 Cache yaitu sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintergrasi didalam modul yang sama pada processor. Berfungsi untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data sementara memastikan processor mempunyai supaly data yang stabil untuk diproses, sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.

(7)

2.3 Sejarah Perkembangan Processor Intel

Prosesor adalah jantung dari sebuah komputer dan banyak diantara pengguna teknologi terutama komputer pribadi mengetahui bahwa perangkat yang mereka gunakan mengandung “Intel Inside“. Intel adalah pembuat mikroprosesor yang tersebar luas sejak empat dasa warsa yang lalu dan sampai saat ini merupakan arsitektur yang paling banyak digunakan untuk menjalankan platform sistem operasi Linux dan secara eksklusif digunakan untuk Windows.

Awal Berdirinya Perusahan Intel

Pada tahun 1968, Robert Noyce dan Gordon Moore adalah dua insinyur bahagia bekerja pada Perusahaan Semikonduktor Fairchild yang memutuskan hengkang untuk membangun perusahaan mereka sendiri di saat banyak karyawan Fairchild melakukan yang serupa dan membuat start-up. Semua mantan karyawan Fairchil seperti Noyce dan Moore mendapatkan julukan “Fairchildren”.

Robert Noyce hanya mengetik satu halaman yang menjelaskan ide-nya tentang apa yang ia ingin lakukan dengan perusahaan barunya, dan hal itu ternyata cukup untuk meyakinkan kapitalis ventura Art Rock di San Francisco untuk mendukung usaha baru dari Noyce dan Moore. Rock kemudian menyertakan modal sebesar US $ 2,5 juta dalam waktu kurang dari 2 hari dengan menjual obligasi konversi.

Pada tahun 1969 Intel merilis produk perdananya berupa RAM statik 1101, merupakan MOS (metal oxide semi-conductor) pertama di dunia. Produk pernama yang menghasilkan uang juga dirilis pada tahun 1969, berupa Schottky bipolar 64-bit static random access memory (SRAM) 3101. Satu tahun kemudian pada tahun 1970, Intel memperkenalkan memori chip DRAM 1103, sebelum perusahan ini membidani mikroprosesor pertama pada tahun 1971.

(8)

Intel kemudian merancang satu set terdiri dari empat chip yang dikenal sebagai MCS-4. Set ini terdiri dari central processing unit (CPU) berupa chip 4004, yang didukung chip memori read-only (ROM) mengandung program aplikasi khusus, chip memori random-access (RAM) untuk pengolahan data, dan sebuah chip shift-register yang ditugaskan menangani port input/output (I/O). Agar dapat memanfaatkan rancangan tersebut untuk pelanggan lainnya, Intel kemudian membeli hak atas disain itu dari NCMC.

2.4 Jenis – Jenis dan Fungsi Processor Intel

Empat puluh dua tahun yang lalu, pada tanggal 15 November 1971, Intel meluncurkan prosesor empat bit Intel®4004 dan set chip disekitarnya. Intel 4004 telah menjadi mikroprosesor pertama yang di jual untuk umum disamping menjadi CPU pertama yang dijalankan di atas sebuah chip. Dalam iklan yang disebarkan di Electronic News, Intel mendeklarasikannya sebagai “Sebuah Era Baru Dalam Elektronik Terpadu.”

Menyusul sukses besar 4004, Intel meluncurkan generasi penerusnya pada bulan April 1972, berupa mikroprosesor 8008, kemudian 8080 dengan arsitektur 8 bit yang disambut pasar sangat baik. Perusahan Seiko misalnya langsung memesan chipset ini untuk ditanam dalam kalkulator mereka. Sebagai penerus 8008, Intel 8080 diluncurkan pada bulan April 1974. Chip ini jugalah yang dipasang di Altair 8800, yaitu merupakan PC pertama dalam sejarahnya. Ketenaran mikroprosesor ini, dan meluasnya program aplikasi yang menyokong 8080 telah membangkitkan minat perusahan semikonduktor lainnya untuk membuat tiruannya. Ide yang ditawarkan oleh generasi 4004 dan 8008, telah diwujudkan berupa Intel 8080 sebagai sebagai sebuah mikroprosesor idaman banyak penggunanya.

Pada tahun 1976 Intel memperkenalkan dua jenis prosesor baru secara berurutan, yaitu Intel 8085 yang diluncurkan pada bulan Maret disusul Intel 8086 pada bulan Juni. Angka “5” di nama kode “8085” berasal dari ciri khas prosesor ini yang hanya membutuhkan daya sebesar 5 volt, cukup rendah jika dibandingkan dengan prosesor sebelumnya yang membutuhkan daya kombinasi daya hingga 12 volt. Tipe Intel 8085 sangat pas digunakan sebagai mikrokontroler dibandingkan penggunaan sebagai prosesor. Dalam salah satu aplikasi misi NASA pada awal tahun 2000-an disebutkan telah memberdayakan mikrokontroler Intel 8085.

(9)

Untuk mengantisipasi kebutuhan PC, pada bulan Juni 1979 Intel meluncurkan tipe 8088, yang juga menjadi chipset pertama untuk khusus digunakan di sektor ini. Pilihan 8088 didasarkan atas pertimbangan nilai ekonomis.

Selanjutnya, Intel 80286, yang sering kali disebut 286, adalah chip pertama yang bisa benar-benar disebut “prosesor”. Chip inilah yang memperkenalkan kemampuan untuk multitasking, menjalankan beberapa program sekaligus. Kelebihan ini tidak terasa saat sistem operasi yang digunakan masih DOS, namun sistem operasi yang dikembangkan setelahnya, seperti Windows, benar-benar merasakan nilai lebih dari kemampuan ini.

Intel mulai memproduksi 80386 dari keluaga mikroprosesor ini pada bulan Oktober 1985. Namun chip yang sering kali disebut dengan nama i386 itu belum dijual bebas hingga awal tahun 1986. Tipe i386 yang dikenal baik sampai hari ini, merupakan set chip pertama yang memenuhi semua persyaratan mendasar untuk menjalankan sistem operasi modern seperti Windows dan Linux.

Didorong oleh keinginan untuk mendisain chipset yang lebih terjangkau, Intel kemudian meluncurkan tipe 80486 pada tahun 1989. Sistem yang menggunakan CPU Intel 80486 menunjukkan kinerja yang lebih baik, lebih cepat. Dengan tersedianya 80486, pengguna PC mulai bisa menjalankan program dengan “klik”, tanpa perlu mengetikkan perintah satu per satu. Chipset ini juga mendukung tampilan layar berwarna dan dioperasikan relatif cepat.

Seiring dengan pertumbuhan perusahan semikonduktor ini, Intel aktif mendisain serangkaian mikroprosesor baru secara beruntun, dengan kinerja yang ditingkatkan. Pada tanggal 2 Maret 1992, Intel meluncurkan 486DX2 dengan kemampuan ganda sehingga kemampuan operasional CPU pun bisa jauh lebih tinggi.

(10)

Merek dagang Pentium pun dengan cepat mendunia dan hingga kini masih dirasakan keberdaannya.

Kejayaan Pentium dilestarikan dengan peluncuran Intel Pentium Pro pada musim gugur 1995. Disain mikroprosesor ini ditargetkan untuk menjawab tuntutan dunia bisnis pada perkatoran dan sebagai sebuah stasiun kerja engineering.

Memenuhi keinginan pasar, Intel mulai menciptakan prosesor unik untuk segmen pasar yang spesifik. Pentium II Xeon yang hadir pada tahun 1998 mengandung inovasi teknis yang dirancang khusus untuk mengakomodasi kebutuhan komputer server, disamping untuk menjalankan program-program bisnis yang membutuhkan kinerja lebih baik untuk proses seperti mengakses internet dan penyimpanan pada basis data.

Untuk pangsa pasar yang spesifik lainnya, Intel meneruskan mengembangkan prosesor tipe khusus, dan pada tanggal 4 Januari 1999 meluncurkan Intel Celeron untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap CPU dengan harga lebih terjangkau. Prosesor ini menyediakan kemampuan dengan rasio kinerja dan harga yang baik dan mampu bersaing untuk digunakan menjalankan game dan program-program pendidikan.

Menyusul satu bulan setelahnya, pada tanggal 26 Februari 1999, Intel meluncurkan Intel Pentium III dengan kemampuan lebih ditingkatkan untuk pengolahan gambar, 3D, audio dan video. Prosesor ini dirancang khusus untuk membuat pengalaman berinternet menjadi lebih nyaman, membuat pangguna bisa menelusuri lorong-lorong museum maya, dan mengunduh video berkualitas lebih tinggi.

(11)

Intel kembali meluncurkan prosesor terbarunya pada tanggal 3 Januari 2001 berupa prosesor Pentium IV dengan kecepatan 1.3 GHz. Menggunakan prosesor Pentium IV, para pengguna PC diberikan kemampuan yang memungkinkan pembuatan film berkualitas profesional, melalui internet mengirimkan video berkualitas TV, berkomunikasi menggunakan video dan suara secara instan, mengontrol rendering grafis 3D lebih baik, mengubah musik menjadi file yang bisa diputar di Mp3 player, dan menjalankan beberapa program multimedia secara simultan sementara terhubung ke internet. Andaikan peningkatan kinerja dapat dibandingkan seperti kemajuan pada industri penerbangan, maka waktu yang diperlukan untuk melintasi jarak yang sama, misalnya antara San Francisco menuju New York (lebih dari 4.000 mil), yang biasanya di tempuh dalam waktu 6.5 jam, kini bisa ditempuh dalam waktu hanya 13 detik.

Pada tahun yang sama diluncurkan tipe Pentium IV Xeon yang ditagetkan untuk komputer kelas menengah berkinerja tinggi. Menggunakan mikroprosesor ini, pengguna bisa memilih sistem operasi yang mereka inginkan, dengan harga lebih terjangkau. Tergantung program yang dijalankan di komputer yang dioperasikan menggunakan Intel Xeon, akan menuai peningkatan kinerja antara 30% hingga 90% lebih baik dibandingkan yang ditawarkan adiknya Pentium III Xeon. Pentium IV Xeon menggunakan arsitektur NetBurst yang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan aplikasi video dan audio, teknologi internet yang lebih canggih dan grafis 3D yang lebih kompleks.

Selanjutnya, pada tahun 2002, Intel meluncurkan Prosesor Intel Pentium M, yang merupakan salah satu komponen teknologi mobile Centrino. Teknologi mobile Intel Centrino dirancang khusus untuk komputer portabel dengan perangkat nirkabel tertanam pada komputer laptop berikut beberapa kinerja mobile unggulan. Prosesor tipe ini membuat laptop bisa menjadi lebih ringan, lebih kompak dan beroperasi lebih lama menggunakan batere.

(12)

Mulai tahun 2006, Intel mengeluarkan tipe prosesor Pentium D, merupakan jajaran mikroprosesor yang menanamkan dua inti (dual core) ke dalam chip-nya. Dua jenis Pentium D yang diedarkan dipasaran adalah Smithfield, yaitu Pentium D dengan inti berbasis Prescott (90 nm), dan Prester, merupakan Pentium D dangan init berbasis Cedar Mill (65 nm). Prosesor Intel Core 2 Duo, diluncurkan pada tanggal 21 Januari 2007 memiliki, baik kinerja komputer maupun efisiensi daya yang ditingkatkan hingga 40% jika dibandingkan dengan Prosesor Intel generasi sebelumnya.

Pada tanggal 11 Agustus 2008, prosesor untuk komputer desktop yang sebelumnya sudah diberi nama Nehalem, secara resmi hadir dengan sebagai Intel Core i7. Nama ini diambil dari identifier i7, yaitu teknologi terbaru yang dihadirkan Intel pada saat itu. Intel Core i7 dengan teknologi proses 45 nm meningkatkan kinerja komputer sekaligus membuat komputer makin hemat energi. Teknologi ini menghasilkan kualitas tampilan gambar yang jauh lebih baik, khususnya saat memutar video definisi tinggi.

(13)

Intel Core iSeries diluncurkan pada tanggal 19 Januari 2010. Prosesor ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan individual secara otomatis. Dengan chipset ini laptop maupun PC menjadi lebih cepat kinerjanya dan lebih pintar, sementara tetap hemat energi. Prosesor ini menggabungkan 4 komponen dalam sebuah chip yaitu CPU, prosesor grafis, system agent, dan pengontrol memori. Intel Core iSeries memperbaiki tanyangan konten 3D, game yang umum dan multimedia dengan berkualitas tinggi.

Sepanjang tahun 2011, Intel meluncurkan prosesor bernama Sandy Bridge pada tanggal 6 Januari 2011 yang membawa peningkatan kinerja komputer dalam hal mengelola bandwidth dan data lebih efisien. Pada kuartal kedua 2012, Intel meluncurkan Ivy Bridge yang kinerjanya jauh lebih cepat, seraya memangkas kebutuhan daya. Ship ini adalah yang pertama menggunakan teknologi transistor untuk mengolah grafis 3D yang semuanya dibenamkan dalam sebuah chip. Chip ini ditargetkan untuk digunakan mendukung produk jenis ultrabook yang kompak, karena tidak lagi membutuhkan komponen VGA tambahan

Langkah Intel untuk melahirkan prosesor andal tidak berhenti disitu. Chipset Intel Haswell, diluncurkan pada tahun ini, menjanjikan lompatan raksasa dalam hal efisiensi dan kinerja secara keseluruhan. Chipset ini memanfaatkan arsitektur baru yang dirancang dan diproduksi menggunakan proses 22nm.

Chip Haswell akan memiliki 3 status pengendalian daya, dibandingkan hanya dua pada Ivy Bridge pendahulunya, yaitu aktif, tidur, dan Idle aktif. Intel mengklaim penghematan daya meningkat 20x dibandingkan generasi chip sebelumnya.

(14)

Awal Berdirinya Perusahan Intel

Pada tahun 1968, Robert Noyce dan Gordon Moore adalah dua insinyur bahagia bekerja pada Perusahaan Semikonduktor Fairchild yang memutuskan hengkang untuk membangun perusahaan mereka sendiri di saat banyak karyawan Fairchild melakukan yang serupa dan membuat start-up. Semua mantan karyawan Fairchil seperti Noyce dan Moore mendapatkan julukan “Fairchildren”.

Robert Noyce hanya mengetik satu halaman yang menjelaskan ide-nya tentang apa yang ia ingin lakukan dengan perusahaan barunya, dan hal itu ternyata cukup untuk meyakinkan kapitalis ventura Art Rock di San Francisco untuk mendukung usaha baru dari Noyce dan Moore. Rock kemudian menyertakan modal sebesar US $ 2,5 juta dalam waktu kurang dari 2 hari dengan menjual obligasi konversi.

Pada tahun 1969 Intel merilis produk perdananya berupa RAM statik 1101, merupakan MOS (metal oxide semi-conductor) pertama di dunia. Produk pernama yang menghasilkan uang juga dirilis pada tahun 1969, berupa Schottky bipolar 64-bit static random access memory (SRAM) 3101. Satu tahun kemudian pada tahun 1970, Intel memperkenalkan memori chip DRAM 1103, sebelum perusahan ini membidani mikroprosesor pertama pada tahun 1971.

2.5 Cara Kerja Processor

Prosesor (CPU disebut, untuk Central Processing Unit) adalah sebuah sirkuit elektronik yang beroperasi pada kecepatan suatu berkat clock internal untuk sebuah kristal kuarsa yang, ketika mengalami sebuah kismis listrik, kirim pulsa, yang disebut “puncak”.Clock speed (juga disebut siklus), sesuai dengan jumlah pulsa per detik, ditulis dalam Hertz (Hz). Dengan demikian, komputer 200 MHz memiliki jam yang mengirimkan pulsa 200.000.000 per detik. Jam frekuensi umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem (FSB, Front-Side Bus), yang berarti kelipatan dari motherboard frekuensi.

(15)

2.6 Keunggulan dan Kelemahan Processor Intel Keunggulan

Pada beberapa jenis prosesor intel di atas sebenarnya sudah diberikan beberapa penjelasan tentang keunggulan intel sesuai dengan spesifikasinya. Namun secara umum prosesor intel memiliki enggulan antara lain:

1. Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas.

2. Pipeline pada intel lebih panjang dibanding prosesor lain seperti AMD 3. Intel menang di brand image dan marketnya.

4. Pada prosesor Intel Pentium 4 harga standard, kinerjanya lumanyan cepat.

5. Beberapa uji joba permorma ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun disbanding prosesor lain (AMD).

6. Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia,

(16)

Maksimum Memory pada RAM hingga 16GB ( Maksimum memory tergantung dari

masing – masing tipe processor ).

Sudah menggunakan module DDR3 dengan FSB 1066 MHz.

 Core i3 = Pada core i3 hanya memiliki 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way )

 Core i5 = Pada core i5 memiliki 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way ) dan Turbo Boost

 Core i7 = Pada core i7 memiliki 4 Core, Hyperthreading ( 8 Way ) dan Turbo Boost Core i9 lebih dingin hampir 8 derajat dibandingkan Core 2 Quad, Core i5 dan Core i7. Untuk gaming kelas FPS, Core i9 memiliki angka relatif. Test benchmark game FarCry 2 dan Unreal Tournament dipegang oleh Core i9, disusul Core i7, Corei 5, Core 2 Quad dan terakhir Phenom II X4. Game Left 4 Dead unggul oleh Core i5, diisusul Core 2 Quad, Phenom II X4, Core i9 (Gulftown) dan terakhir Corei7.

Kelemahan

1. Lemah untuk urusan grafis , gaming dan program 3D bila dibanding dengan AMD misalnya.

(17)

BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan

Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.

Perkembangan processor diawali oleh processor intel pada saat itu hanya satu-satunya microprocessor yang ada. Tetapi pada saat ini sudah banyak beredar processor dari produsen yang lain, sehingga user sudah bisa mendapatkan processor yang beragam.

Dengan setiap puncak jam, prosesor melakukan tindakan yang sesuai untuk sebuah instruksi atau bagian daripadanya. mengukur yang disebut CPI (Siklus Per Instruksi) memberikan representasi dari rata-rata jumlah siklus clock yang diperlukan untuk microprocessor untuk mengeksekusi instruksi

3.2 Saran

(18)

DAFTAR PUSTAKA

http://0912511185.takeforum.com/pengertian-processor/ (2 September 2014)

http://information-nex.blogspot.com/2013/02/pengertian-processor-intel-dan-amd.html/

(2 September 2014)

http://gudanglinux.wordpress.com/2013/11/05/sejarah-prosesor-intel/ (2 September 2014)

http://www.blogreview.biz/2014/01/jenis-prosesor-intel-kelebihan-dan.html/

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...