Nuril Hilaliyah Trend Jual Beli Online E Commerce

Download (0)

Teks penuh

(1)

TREND JUAL BELI ONLINE (E-COMMERCE)

Nuril Hilaliyah

nurilhilaliyah07@gmail.com

Abstrak

Sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, membawa pengaruh dalam dunia transaksi. Jika beberapa tahun lalu transaksi masih dilakukan dengan cara customer mendatangi penjual atau store, maka saat ini customer dapat membeli barang dengan cara memanfaatkan koneksi internet, istilah ini disebut dengan E-commerce. Perusahaan E-commerce yang mulai marak di Indonesia bersaing dengan terus memperbarui kualitas, product, tampilan website mereka, dll. Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, Lazada, dll merupakan E-commerce yang sedang popular di Indonesia. Dengan adanya E-commerce maka banyak manfaat yagn dirasakan oleh pembeli, salah satunya memudahkan bagi para pelanggan untuk bertransaksi dimana saja dan kapan saja asalkan dapat terhubung dengan jaringan internet. Namun, disamping manfaat tersebut, ada juga kelemahan dari adanya E-commerc, yaitu kesempatan para penjual untuk membohongi customer. Oleh karena, peusahaan E-commerce diharapkan dapat meningkatkan security pada setiap transaksi yang ada pada E-commerce mereka.

Kata Kunci: E-commerce, Transaksi, Online

Pendahuluan

(2)

mengetahui kekurangan dan kelebihan dari adanya sistem jual beli online, sehingga kita dapat lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi online. Disamping dari tujuan tersebut manfaat yang dapat diperoleh dari artikel Trens jual beli online (E-commerce) ini adalah supaya wawasan dan pengetahuan kita dalam dunia transaksi jual beli online bertambah dan berkembang. Target untuk para pembaca supaya nantinya yang tidak tahu menjadi tahu dan yang sudah tahu menjadi lebih tahu serta dapat menjadi customer ataupun seller yang selalu up to date terhadap perkembangan transaksi jual beli.

Pembahasan

Jika dahulu transaksi dilakukan dengan cara customer datang ke toko penjual, maka seiring dengan perkembangan zaman, maka saat ini pembeli dapat membeli barang yang mereka inginkan dari berbagai penjuru daerah hanya dengan memanfaatkan koneksi internet, jadi tidak perlu repot-repot untuk mendatangi store penjual.

Istilah ini dikenal dengan nama E-commerce, E-commerce adalah sistem jual beli online. Saat ini E-commerce sangat marak di dunia, bahkan di Indonesia. Dengan membuka website E-commerce maka pembeli bisa melakukan transaksi dengan cara mengklik proudct yang mereka inginkan.

Berikut langka-langkah berbelanja online : 1. Buka website E-commerce

2. Ketik nama product yang diinginkan.

3. Akan tampil product yang diinginkan dari berbagai macam store, lalu klik pada gambar product tersebut.

4. Akan tampil tampilan product layar penuh, lalu klik " Beli / Order" 5. Lalu lakukan pembayaran

(3)

Tokopedia

Tokopedia.com merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan mall online. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online.

Bukalapak

Seperti halnya situs layanan jual - beli daring (online) dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak.

Banyak keuntungan yang didapat dalam berbelanja online diantaranya : 1. Dapat dengan mudah membeli product yang diinginkan

2. Tidak perlu repot mengunjungi store (penjual) 3. Hemat waktu dan tenaga

4. Dapat membandingkan kualitas product yang sama antar beda toko 5. Dapat membandingkan harga product dengan store lain

(4)

Namun, dengan adanya E-commerce tidak menutup kemungkinan adanya kekuranga atau kelemahan-kelemahan seperti :

1. Penipuan-penipuan yang dilakukan oleh penjual, seperti pengiriman product yang tidak sesuai dengan pesanan, dll

2. Ketidak sesuaian gambar product

3. Kecurangan pembeli, seperti barang sudah diterima dengan baik namun komplain barang tidak sesuai

4. Lamanya proses pengiriman (karena jarak yang jauh)

5. Lamanya proses retur barang (jika jarak jauh antara pembeli dan penjual)

Dalam jual beli online sangat diperlukan adanya kejujura dan kepercayaan dari kedua belah pihak. Dengan adanya dua poin tersebut maka transaksi online dapat berjalan dengan lancar.

Penutup

Demikian artikel yang dapat penulis sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf, jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silahkan hubungi penulis melalui alamat email di bawah ini.

Referensi

Referensi Diri Sendiri

(5)

FOTO

Biografi

Hai saya Nuril Hilaliyah, lahir pada 12 Oktober 1996, saat ini saya mahasiswi disalah satu perguruan tinggi di Tangerang. Jurusan yang sedang saya jalani Sistem Informasi Konsentrasi Komputer Akuntansi. Be Good and Good Will Come to You. Salam

Figur

Memperbarui...

Referensi

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di