Tugas Analisis Kandungan Bahan dalam Suatu Makanan

22 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Tugas Analisis Kandungan Bahan dalam Suatu Makanan Mata Kuliah Ilmu Gizi

Nama : Audya Nurfadillah Hadayanti Kelas : Pendidikan Biologi A 2013 NIM : 1301282

1. Nama Bahan Makanan : Richeese Delis (Baked Potato Craker and Cheese)

2. Komposisi Bahan : - Tepung Kentang - Lemak Nabati - Gula

- Whey Bubuk

- Antioksidan Tokoferol - Askorbil Palmitat

- Pewarna kuning CFC Cl 15985

- Tartrazin Cl 19140 - Garam

- Pengmulsi Lesitin Kedelai - Pengembang Natrium Bikarbonat - Penguat rasa Mononatrium Glutamat - Vit (A, B1,B2,B3,B6,B12)

3. Deskripsi Bahan dan Efek samping Bahan terhadap Tubuh: a. Tepung Terigu :

- Deskripsi :

(2)

- Manfaat / Dampak Bagi Tubuh:

Terigu aman dikonsumsi. Biasa digunakan dalam membuat bahan makanan

b. Tepung Kentang : - Deskripsi :

Tepung yang dihasilkan oleh pengolahan kentang. - Manfaat / Dampak bagi tubuh:

Tepung kentang mengandung pati resisten. Pati resisten membantu menjaga pencernaan yang sehat dan dapat membantu dalam mencegah kanker usus besar. Menurut National Cancer Institute, bakteri di usus besar memfermentasikan pati resisten dan menghasilkan rantai pendek asam lemak, termasuk butirat. Butirat memiliki sifat anti-inflamasi dan immunoregulatory. Butirat juga memiliki efek anti-tumor karena tampaknya menghambat perkembangan sel tumor dan menyebabkan diferensiasi sel tumor dan kematian sel dalam sel kanker kolorektal

c. Lemak Nabati : - Deskripsi :

Lemak nabati adalah lemak yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan sebagai contoh kacang-kacangan, tahu, tempe dan santan kelapa yang mengandung lemak nabati.

- Manfaat / Dampak bagi tubuh:

Lemak nabati kebanyakan mengandung BHT atau BHA yang bisa mencegahnya cepat kadaluarsa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terlalu berlebihan mengonsumsi minyak ini bisa memicu infertilitas, kerusakan hati, dan menurunkan sistem imun.

d. Gula :

(3)

Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat

- Manfaat / Dampak bagi tubuh:

Jikan pengonsumsian gula terlalu banyak maka akan menyebabkan naiknya akadar gula dalam darah dana akan mengnyebabkan diabetes, dapat menyebabkan penyakit jantung, dan merursa organ hati.

e. Whey Bubuk :

- Deskripsi : whey merupakan limbah dari hasil pembuatan keju atau mentega.. jika whey tersebut bersal dari mentega biasanya penambahan gelating dilakukan untuk membuat tekstur lembut. Sedangkan jika bersal dari keju biasanya digunakan enzin renet, pepsin.

- Manfaat/Dampak Bagi tubuh : jika penggunaan whey berlebihan dapat menyebabkan

f. Antioksidan Tokoferol dan Askorbil Palmitat - Deskripsi :

merupakan antioksidan yang sering digunakan dalam makanan, terutama pada makanan kemasan.

- Manfaat/ Dampak bagi tubuh: Mencegah atau menghambat oksidasi

Melindungi komponen-komponen makanan yang bersifat tidak jenuh Mencegah ketengikan pada makanan akibat proses oksidasi lemak atau minyak pada makanan

Dampaknya : jika telalu banyak maka akan menyebabkan proses penuaan dan penyakit degeneratif seperti kanker, kardiovaskuler, penyumbatan pembuluh darah.

(4)

Nama lain tartrazine adalah CI Food Yellow 4, FD&C Yellow no. 5, CI 19140, INS No. 102. Nama kimia tartrazine adalah Trisodium 5-hydroxy-

1-(4-sulfonatophenyl)-4-(4-sulfonato-phenylazo)-H-pyrazole-3-carboxylate dengan rumus kimia C16H9N4Na3O9S2.

Tartrazin CI 19140 adalah suatu zat pewarna yang berfungsi untuk memperbaiki atau memberi warna pada minuman agar lebih menarik. Menurut indriyani Tartrazin (dikenal juga sebagai E102 atau FD&C Yellow 5) adalah bahan pewarna sintetik yang memberikan warna kuning pada bahan makanan maupun minuman. Tartrazin merupakan turunan dari coal tar yang merupakan campuran dari senyawa fenol, hidrokarbon polisiklik, dan heterosklik. Karena kelarutannya dalam air, tartrazin umum digunakan sebagai bahan pewarna minuman

- Manfaat / Dampak bagi tubuh:

tartrazin juga memberikan efek yang lebih beresiko pada dosis yang lebih tinggi karena dapat menginduksi stress oksidatif melalui pembentukan radikal bebas. Selain itu studi yang dilakukan oleh Amin et al. (2010) juga menemukan bahwa Tartrazin dapat memberikan pengaruh negatif dan mengubah beberapa penanda biokimia pada organ- organ penting seperti hati dan ginjal, baik pada dosis tinggi ataupun rendah

h. Garam : - Deskripsi

Garam atau yang sering disebut garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya garam dapur yang tersedia secara umum adalah Natrium klorida (NaCl) yang dihasilkan oleh air laut.

- Manfaat / Dampak bagi tubuh.

Mengonsumsi garan dengan kadar yang cukup dapat mencegah tubuh dari penyakin gondok, karena iodium yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi namun jika pengonsumsian bahan ini tertalu berlebih akan meningkatkan hipertensi.

(5)

Lesitin adalah istilah yang biasanya digunakan sebagai sinonim untuk fosfatidil kolina, suatu fosfolipid yang menjadi komponen utama fraksi fosfatida pada ekstrak kacang kedelai yang diisolasi secara mekanik, maupun kimiawi dengan menggunakan heksana.

- Manfaat / Dampak bagi tubuh

Terlalu banyak mengonsumsi bahan ini dapat mengalami kerusakan ginjal dan usus halus.

j. Pengembang Natrium Bikarbonat - Deskripsi :

Natrium bikarbonat atau hidrogen karbonat atau asam karbonat dengan rumus kimia NaHCO3, adalah bahan kimia berbentuk kristal putih yang larut dalam air

- Manfaat/ dampak bagi kesehatan:

Pengonsumsian bahan ini terlalu berlebihan dapat menyebabkan ekspansi volume intravaskular yang dapat mengakibatkan hypoaldosteronemia dan hyporeninemia,Dapat menyebabkan retensi edema, air dan penambahan berat badan yang bisa dipicu oleh hipernatremia,Dapat menekan jalur pernapasan karena konsentrasi karbon dioksida vena akan meningkat.

pengunaan berlebihan internal Natrium bikarbonat juga dapat menyebabkan pecah lambung dan pelepasan gas berlebih.

k. Penguat rasa Mononatrium Glutamat - Deskripsi

monosodium glutamat dan mononatrium glutamat merupakan asam glutamat (C5H9NO4) yang mengandung unsur sodium (Na). Atau asam glutamat yang mengikat 1 unsur Na(sodium) sehingga disebut monosodium atau mononatrium. Biasa digunakan dalm menyedapkan rasa makanan.

- Manfaat / Dampak bagi tubuh

(6)

Selain itu dapat menyebabkan kanker karena Glutamat dapat membentuk pirolisis akibat pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu lama. pirolisis ini sangat karsinogenik.

l. Vit (A, B1,B2,B3,B6,B12)

- Deskripsi : merupakan vitamin yang ditambahkan dalam makanan tersebut.

- Manfaat / Dampak bagi tubuh :  Vitamin B1 (Tiamin)

Fungsi: Mengubah zat karbohidrat dalam makanan menjadi energi.

 Vitamin B2 (Riboflavin)

Fungsi: Menjaga kesehatan mata dan kulit.

 Vitamin B3 (Niasin)

Fungsi: Untuk kesehatan kulit, meningkatkan nafsu makan, memperbaiki sistem pencernaan serta membantu mengubah makanan menjadi energi.

 Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Fungsi: Bersama-sama dengan jenis vitamin B lainnya, vitamin B5 berguna dalam proses pemecahan lemak, protein, karbohidrat menjadi energi. Manfaat lainnya adalah untuk pembentukan sel darah merah dan membuat vitamin D.

 Vitamin B6 (Piridoksin)

Fungsi: Diperlukan dalam proses asam amino dan lemak.

 Vitamin B7 (Biotin)

Fungsi: Membantu dalam proses pemecahan lemak, protein menjadi energi yang akan digunakan oleh tubuh.

 Vitamin B9 (Folat)

Fungsi: Bertugas agar sel-sel pada tubuh berkembang dengan benar, membentuk sel darah merah dan mencegah kerusakan saraf pada janin.

 Vitamin B12 (Kobalamin)

(7)

4. Sumber Rujukan

Anonym. 2015. Manfaat Tepung Kentang [online] Tersedia: http://www.teruskan.com/2240/manfaat-tepung-kentang-dan-kanker.html Diakses 25 Maret 2015

Anonym. 2015. Bahaya Minyak Nabati [online] Tersedia:

http://mawabeja.com/503/bahaya-menggunakan-minyak-nabati-bagi-kesehatan/ Diakses : 28 Maret 2015

Meli. 2015. Manfaat Lesitin Bagi Tubuh [online] Tersedia: http://melilea.web.id/manfaat-lesitin-bagi-tubuh/ Diakses : 28 Maret 2015

Rizka. 2015. Bahan Kimia dalam Pangan [online] Tersedia: http://kimiasinau.blogspot.com/2012/12/bahan-kimia-dalam-pangan.html Diakses : 28 Maret 2015

Ruslan. 2015. Bahaya Tartrazin [online] Tersedia: http://majalahkimia.blogspot.com/2011/12/tartrazin-awas-bahaya.html.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...