PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) SEJAHTERA

Teks penuh

(1)

Nomor : 060/PSAA/K-05/2018 Lampiran : 1 (Satu) Proposal

Perihal : Mohon Bantuan Permakanan

Kepada:

Yth. Bupati Bandung Barat Melalui Kepala Dinas Sosial Kab Bandung Barat

Di Ngamprah

ميح رلا محرلا للها مسب

Seraya memuji ke hadlirat Alloh swt., serta sholawat dan salam kepada Rasulullah saw, keluarga dan para sahabatnya. Kami pengurus PSAA SEJAHTERA yang berdomisili di Kmp. Pasanggrahan RT/RW 01/01 Desa Sirnajaya Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat bergerak dibidang sosial-pendidikan, mengembangkan kualitas SDM yatim yang ada di dalam panti.

Selama ini program pembinaan adalah berupa pendidikan terpadu (umum dan agama) dan keterampilan dalam bidang pertanian, dan perikanan. Program tersebut bertujuan, agar anak yatim dapat mampu hidup mandiri untuk mencukupi dirinya sendiri di hari kemudian. Dalam praktiknya masih banyak kendala yang ditemukan, terutama dana untuk Permakanan Dengan demikian ini, kami ajukan permohonan bantuan dana untuk Permakanan bagi para yatim di PSAA SEJAHTERA. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kami sertakan pula proposal lengkap dan nama-nama dan data anak yatim PSAA SEJAHTERA.

Demikianlah permohonan ini disampaikan, kami atas nama keluarga besar PSAA SEJAHTERA mengucapkan terima kasih dan semoga permohonan ini dapat dikabulkan.

ةـت اـكرـبو للها ةمحرو مكيلع ملاــسلاو

Bandung Barat, 28 Mei 2018 Mengetahui Ketua PSAA SEJAHTERA Kepala Desa Sirnajaya Ketua

( Asep Supriadi ) Dr. H. Agus Supriatna, M.Pd.

Tembusan:

1. Dinas Sosial Prov. Jawa Barat 2. Arsip

Kmp. Pasanggrahan RT/RW 01/01 Desa Sirnajaya Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat

Tlp. 0226950343Email:PSAA.Sejahtera2010@gmail.com.Website:http://psaasejahtera2010.wordpress.com

(2)

PROPOSAL

MOHON BANTUAN PERMAKANAN

PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) SEJAHTERA TAHUN 2018

I. LATAR BELAKANG DAN PERMASALAHAN

Berangkat dari pemikiran bahwa pendidikan tidak boleh dipandang enteng. Sesulit apapun keadaannya, pendidikan harus dinomorsatukan agar tidak meninggalkan generasi penerus yang lemah yang hanya menambah keterpurukan. Sampai saat ini, tidak dapat ditampik bahwa bagi sebagian besar masyarakat, pendidikan masih tergolong “barang mahal”, karena di atas pendidikan, sebagian masyarakat masih pusing memikirkan kesulitan hidup, terutama masalah ekonomi.

Belum lagi keadaan masyarakat yang semakin membutuhkan penanganan serius akibat dampak negatif perkembangan zaman, seperti siaran telivisi yang tidak mendidik, VCD tanpa sensor, internet, pengaruh tempat hiburan dan lain-lain. Anak-anak yang notabene adalah generasi penerus, dengan tanpa reserve akan hanyut dalam kegiatan tersebut, karena kegiatan tersebut tidak jauh, bahkan berada di lingkungannya. Ditambah potensi orang tua selama ini yang kebanyakan masih tertumpu pada kebutuhan sehari-hari (makan), dimana kebutuhan pendidikan, moral, agama dan keterampilan secara merata belum mendapat perhatian serius.

Melihat realita tersebut, Yayasan Al-Mamakmur Mansyuriah mengambil peran mencari pemecahannya, yaitu dengan memberikan pendidikan kepada anak-anak yatim piatu dan anak yang tidak mampu dalam wadah PSAA SEJAHTERA. Tujuan dari pembentukan wadah tersebut sebagai upaya mengembangkan kualitas SDMkelayan, dengan membina melalui pendidikan terpadu (umum dan agama) dan membekali kelayan keterampilan agar mampu hidup mandiri,.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap kelayan, kami membuka peluang usaha ekonomi produktif, namun dalam perjalanannya kedala modal sangat berpengaruh terhadap berkembangnya usaha kami.

II . LANDASAN PROGRAM

Program-program PSAA SEJAHTERA didasarkan pada firman Allah swt dan hadits Nabi saw:

1. Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? itulah orang yang menghardik yatim, dan orang yang tidak menganjurkan memberi makan kepada orang miskin (QS.Al-Ma’un 1-3).

2. Dan pada harta-harta mereka terdapat hak untuk orang yang meminta dan orang-orang miskin yang tidak mendapat bagian (orang miskin yang tidak meminta) (QS. Al-Dzariyat 19)

(3)

3. Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka.

Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar (QS. Al-Nisa 9).

4. Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, lalu ia berkata: ”Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh?” (QS. Al-Munafiqun 10).

5. Aku (Muhammad) dan orang yang menanggung anak yatim berada dalam surga seperti ini (berdampingan ibarat jari telunjuk dan jari tengah) (HR. Bukhari).

B. UU No. 8

Tentang ketentuan-ketentuan pokok Kesejahteraan Sosial , yang Isi serta jiwanya menegaskan antara lain bahwa Pembangunan Bidang Kesejahteraan sosial pada hakikatnya adalah tanggung jawab bersama.

III. VISI PROGRAM

Menjadi lembaga terpercaya dan profesional dalam mengembangkan kualitas SDM yatim IV. TUJUAN PROGRAM DAN MISI

A. Tujuan

Mengembangkan kualitas SDM yatim, dengan membina yatim melalui pendidikan terpadu (umum dan agama) dan membekali yatim keterampilan agar mampu hidup mandiri, serta menyediakan sarana dan prasarana yang representative.

B. Misi

1.Mengupayakan fasilitas dan pendanaan untuk pembinaan yatim.

2.Memberikan pendidikan yang memadukan pengetahuan umum dan agama untuk yatim.

3.Membekali yatim keterampilan dan kecakapan hidup agar dapat mandiri

V .POLA PENDEKATAN

1.Kuratif :Yaitu upaya maksimal untuk memulihkan mereka yang menderita gangguan psikis ke arah hidup yang utuh dan menjadi individu ynag mampu berinteraksi sosial secara normal.

2. Rehabilitatif :Mendidik, membina anak asuh agar menjadi manusia yang yang be- rilmu, manidiri, dan bertanggung jawab.

(4)

3. Inovatif :Mendorong dan menggali potensi diri pada anak sehingga bisa mengem- bangkan kretifitasnya yang lebih tinggi untuk melahirkan daya manfaat baik bagi dirinya, lingkungannya dan sekitarnya.

VI. PENGHUNI PANTI

Jumlah seluruh 99 orang diantaranya 44 anak yang tinggal di dalam panti dan sisanya 45 anak di luar panti (tinggal di pontren putra/putri, dan santri “ngalong”) yang berasal dari daerah sekitarnya serta dari luar daerah (Bandung, Cianjur, Sukabumi, Majalengka) yang terdiri dari anak yatim, anak piatu, anak yatim piatu, anak terlantar, anak dari keluarga tidak mampu.

VII. SISTIM PEMBINAAN

1. TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an)

Didirikannya Taman Pendidikan Al-Qur’an ini untuk mengenalkan al-Qur’an kepada anak asuh, mempelajari tata cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar dan mendalami kandungannya. Mengingat Rasulullah saw bersabda ”Berapa banyak orang yang membaca al-Qur’an, tetapi al-Qur’an melaknatnya”.

2. Madrasah DiniyahdanSMP Terpadu

Madrasah Diniyah dan SMP Terpadu ditujukan untuk mencetak generasi Islami yang militan dan mempunyai pengetahuan agama yang luas dan mendalam. Sistem pendidikannya dilakukan secara mulazamah oleh para ustadz yang berkompeten. Materi yang diberikan meliputi Aqidah, Fiqih, Akhlaq, Bahasa Arab, Nahwu, Sharaf dan lain-lain.

3. Bimbingan Belajar

Untuk meningkatkan kualitas intelektual yatim dengan meningkatkan pengetahuan melalui pembelajaran di luar sekolah formal. Bimbingan belajar ini berguna agar anak asuh lebih mendalami dan memahami pelajaran-pelajaran yang diperoleh di bangku sekolah.

4. Pelatihan dan Pengajian Kitab Kuning

Diadakannya pelatihan dan pengajian kitab kuning adalah untuk lebih mendalami gramatika bahasa Arab. Lain dari pada itu pengajian kitab kuning juga untuk mengimbangi dan meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan zaman

VIII. FASILITAS PENDUKUNG

Di samping pontren Al-Jihad, fasiltas pendukung lainnya adalah asrama Panti putra dan putri, Bangunan TK, SMP Terbuka, lab komputer, perpustakaan, madrasah, dan sawah dengan luas 2 ha dan kolam yang dikelola oleh ustad dan santri. Berikut rincian fasilitas di komplek pesantren Al Jihad di bawah Yayasan Al Makmur Masyuriah:

(5)

NO. J E N I S KWANTITAS & KETERANGAN

1.

2.

Areal Komplek

Fasilitas

a. Pondok pesantren b. Asrama Putra c. Asrama Putri d. Madrasah

e. Ruang belajar SMP Terbuka f. Ruang bermain TK

g. Ruang perkantoran h. Ruang komputer i. Ruang keterempilan j. Dapur umum k. Gudang

l. Lapang Olah raga

m. Lahan pelatihan pertanian n. Lahan pelatihan perikanan o. Komputer

p. Mesin Tik q. Mesin Jahit

Luas 1 hektar sebagai wakaf dari keluarga

1 bangunan 1 bangunan

1 bangunan ukuran 6 x 21 M 1 bangunan ukuran 6 x 20 M 1 unit

1 unit 1 unit 1 unit 1 buah I buah 1 bangunan Lapang Volley

Sebidang sawah seluas 2 ha Kolam air deras

5unit 2 buah 5unit IX. PROGRAM UMUM

A. Bidang Pendidikan :

1. Memberikan pendidikan anak asuh yang berprestasi tinggi sampai tingkat perguruan tinggi.

2. Mengarahkan anak asuh yang prestasi belajarnya sedang pada sekolah kejuruan, untuk

bekal hidup mandiri.

3. Merencanakan pengembangan asrama anak asuh, kantor dan musholla yang presentatif dan strategis.

4. Pembentukan pemodalan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk mempersiapkan kemandirian anak purna asuh. Panti

B. Bidang Ekonomi

1. Mengembangkan unit usaha guna menunjang kegiatan Panti 2. Membantu dan membangun kelompok Usaha Kecil bagi Alumni.

C. Kesehatan / Lingkungan

1.Membantu keluarga anak penghuni Panti dibidang perbaikan lingkungan dan kesehatan.

2. Advokasi pelayanan kesehatan bagi keluarga prasejahtra

(6)

X. PEMBINA

Kehadiran Panti Sosial Asuhan AnakPSAA SEJAHTERAsudah memperoleh legalitas dari instansi terkait dan berada di bawah binaan Yayasan Al Makmur Masyuriah

XI. PROFIL YAYASAN

Tahun Berdiri : Maret 2002

Notaris : Nomor : 20/2002 Tanggal : 13 Maret 2002 Ny. Hj. Imas Tarwiah Soedrajat, S.H., M.H

Alamat : Kp. Pasanggrahan Rt 01 Rw 01 Desa Sirnajaya Kec.Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Jenis Kegiatan :

1. Pendidikan:

A.Pendidikan Formal 1. Pendidikan Umum

a. Memberikan pendidikan untuk yatim mulai jenjang TK, SD, SMP dan SMA. Bagi yang berprestasi dilanjukan sampai Perguruan Tinggi (S1)

b. Mengadakan bimbingan belajar secara intensif untuk menambah dan lebih mendalami keilmuan bagi yatim.

c. Memberikan keterampilan-keterampilan agar kelak yatim dapat hidup mandiri.

d. Melakukan interaksi dengan pihak sekolah tempat belajar anak asuh tentang prestasi dan perilaku mereka.

2. Pendidikan Diniyah

a. Mengadakan pengajian al-Qur’an (TPA).

b. Menyelenggarakan Madrasah Diniyah.

c. Pengajian kitab kuning.

d. Pelatihan seni baca al-Qur’an.

e. Pembinaan seni kaligrafi.

f. Pelatihan hadrah / Marawis

B. Pendidikan Pelatihan Keterampilan

Bidang : Pertanian, Perikanan, dan Keterampilan Menjahit

2. Sosial : Panti anak yatim,Terlantar, Jompo, dan pembinaan anak terlantar

3. Lingkungan dan Kesehatan :

Poliklinik dan Bantuan Kesehatan bagi Masyarakat Miskin , Kegiatan Khitanan Masal Rutin.

(7)

PROPIL YAYASAN AL MAKMUR MASYURIAH 1. Nama dan Alamat Pengurus Yayasan

a. Ketua : Drs. H. Agus Indra, M.M.

Alamat : Jl. Bukit Pondok Indah Rt 02 Rw 19

Desa Bojongherang Kec. Cianjur Kab. Cianjur Telepon : (022) 5204250

b. Sekretaris : Sofyan Iskandar, S.E.

Alamat : Komp. Perum Cijerah II, Blok XII, Gg Nusa Indah 1, No 68 RT 02/17, Kel.Melong, Kec.Cimahi Selatan, Kota.Bandung

Telepon : (022) 6950414 c. Bendahara : An-An Diana

Alamat : Jl. Muara Sari III No.3 Rt 04 Rw 11 Kel. Kebonlega Kec. Bojongloa Kidul Kota Bandung

Telepon : (022) 5222939 2. Pengurus Panti :

Ketua : Dr. H. Agus Supriatna, M.Pd.

Sekretaris : Ir. H. Tatang, M.ST.

Bendahara : Drs. Asep Saepul Anwar Sie:

Pendidikan :Baihilda Akomodasi :Zenal Mutaqin

Konsumsi : Yayah

STRUKTUR ORGANISASI

PENGURUS PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK SEJAHTERA

PEMBINA Drs. H. Agus Indra, M.M.

SEKSI AKOMODASI Zenal Mutaqin

BENDAHARA Drs. Asep Saepul

Anwar KETUA

Dr. H. Agus Supriatna, M.Pd.

SKRETARIS Ir. H. Tatang, M.ST.

SEKSI PENDIDIKAN

Baihilda

SEKSI KONSUMSI

Yayah

(8)

XII . PERMASALAHAN

Masalah rutin yang belum terpercahkan berupa biaya bulanan untuk kebutuhan makan, kesehatan dan pendidikan Anak Panti dengan rincian sbb .

Hal Uraian Jumlah Total

Makanan a. Sarapan Pagi b. Makan Siang c. Makan Sore d. Snack e. Minuman

30 h x 34 orgx Rp. 1. 500 30 h x 34 orgx Rp. 3. 500 30 h x 34 org x Rp 3. 500 30 h x 34 org x Rp. 1. 000 6 Dus

Rp. 1.530.000- Rp. 3.570.000,- Rp. 3.570.000,- Rp. 1.020.000,- Rp. 310.000,- Rp.10.000.000,-

Pendidikan Iuran Sklh Anak SD Iuran Sklh AnakSLTP Uang kuliah Anak PT

40orgx 10 bl x Rp. 15.000, 19orgx 10 bl xRp. 20.000,- 1 orgx2 smt x Rp.1.750.000,-

Rp. 6.000.000,- Rp . 3.800.000,- Rp. 3.500.000,- Rp.13.300.000,- Seragam -Anak SD

- Anak SLTP 40 x Rp. 45.000,

19 x Rp. 60.000,- Rp. 1.800.000,- Rp. 1.400.000,- Rp. 3.200.000,- Kesehatan. Sabun mandi dan Cuci dll. bagi

60 anak x 10.000 Rp. 600.000,-

JUMLAH Rp.27.100.000,-

XIII. Gambaran kebutuhan pokok dalam bentuk natura

Hal Uraian Qnty

Pendidikan 1. Buku Tulis 2. Pinsil 3 Ballpoint

Untuk semua tingkat selama 1 tahun 1400 buah Untuk semua tingkat selama 1 tahun 12 Lusin Untuk semua tingkat selama 1 tahun 13 Lusin Bahan pokok 1. Beras

2. Garam 3. Kecap 4. Gula pasir 5. Telur 6 . Mie instant 6. Ikan Asin 7. Terasi

2.500 kg.

10 kg

60 botol 600 cc 61 kg

62 kg 63 doos 90 kg 3 kg

Kesehatan Sabun Mandi Sabun cuci cream Pasta gigi Sikat gigi

1800 buah 300 kg 1800 buah

450 buah

(9)

XIV. SUMBER PEMASUKAN DANA

Untuk menanggulangi guna pembiayaan bulanan Anak asuh yang di luar panti selama ini hanya mengandalkan uluran tangan para donatur.

Jumlahnya selain tidak memenuhi anggaran juga bersifat tidak tetap sehingga berakibat tingkat pelayanan Yayasan terhadap kelayan menjadi sangat minim begitu pula tingkat pe- rawatan terhadap sarana yang tersedia atau pembangunan tambahan sarana penunjang menjadi terbengkalai.

V. INFORMASI

Nama LKSA/PSAA : PSAA SEJAHTERA

Alamat : Kmp. Pasanggrahan RT/RW 01/11 Desa Sirnajaya Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat Tlp.( 022) 6950343 / HP:085860067206 / 085223043092

Email:PSAA.Sejahtera2010@gmail.com.

Website:http://psaasejahtera2010.wordpress.com NPWP : 78.123.271.5-422.000

SIOP Nomor : 460 /13 / Binkesos

Nama Bank : BJB

No Rekening : 0057275308100

(10)

DAFTAR KEBUTUHAN BARANG

PER BULAN BAGI ANAK ASUH DI LUAR PANTI PSAA SEJAHTERA

NO. NAMA BARANG VOLUME HARGA SATUAN

(@Rp.)

JUMLAH ( Rp )

1. Aneka merek alat tulis satuan 500.000,-

2. Gula pasir 40 kg 400.000 400.000,-

3. Minyak goreng 50 kg 9500 475.000,-

4. Obat-obatan warung satuan 96.000,-

5. Aneka merek kopi dan susu 25 pak 9000 255.000,-

6. Makanan ringan pak 500.000,-

7. Aneka merek mie instant 15 dus 52.000 780.000,-

8. Aneka merek pasta gigi 3 gros 2800 168.000,-

9. Aneka merek alat kecantikan satuan 500.000,-

10. Aneka merek sikat gigi 2 gros 1750 76.000,-

11. Terigu 2 bal 175.000 350.000,-

12. Service kulkas 2 buah 450.000 900.000,-

13. Minuman dus 100.000,-

14. Aneka diterjen satuan 150.000,-

15. Aneka merek sabun mandi satuan 100.000,-

16. Kue-kue kering pak 150.000,-

Jumlah 5.500.000,-

Bandung Barat, 28 Mei 2018 Pengurus PSAA SEJAHTERA

Ketua

Dr. H. Agus Supriatna, M.Pd.

(11)

PROPOSAL

MOHON BANTUAN PERMAKANAN PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) SEJAHTERA

TAHUN 2018

PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA)

SEJAHTERA

Jl. Muarasari V/E 8 Tlp (022) 5204250 Bandung

Kmp. Pasanggrahan RT/RW 01/01 Desa Sirnajaya Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat Tlp. 0226950343

Email:PSAA.Sejahtera2010@gmail.com.Website:http://psaasejahtera2010.wordpress.com

BANDUNG BARAT

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :