BAB II DATA DAN ANALISA. Data data yang diperoleh melalui :

Teks penuh

(1)

BAB II

DATA DAN ANALIS A

2.1 Data

Data – data yang diperoleh melalui : - Studi Pustaka

- Survey lapangan - Kuisioner

- Literatur dari internet - Blogger

2.1.1 Definisi Zodiak

Astrologi adalah ilmu yang mempelajari pergerakan benda-benda langit seperti matahari, bulan, planet-planet dan bintang-bintang, yang dipercayai memberi dampak atau pengaruh kepada kehidupan seseorang, dan berhubungan dengan kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupan manusia. Astrologi mencoba meramal masa depan dengan cara meneliti letak dan gerakan relatif benda-benda langit. Astrologi bukan hanya meramal masa depan suatu bangsa tetapi juga meramal karakter atau keberuntungan seseorang. Ilmu astrologi tidak didasarkan pada prinsip-prinsip ilmu pengetahuan (scientis), tetapi pada prakteknya astrologi memakai ilmu pengetahuan sejati astronomi untuk mempelajari benda-benda langit. Susunan langit di mana matahari, bulan, bintang bergerak, seperti terlihat dari bumi zodiak. Zodiak dibagi menjadi 12

(2)

bagian yang mana tiap bagian mempunyai susunan bintang atau konstelasi (kumpulan susunan bintang yang namanya diambil dari nama-nama binatang, orang, atau obyek). 12 lambang zodiak (Aries, Taurus, Gemini, Cancer Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn Aquarius, dan Pisces). Sering kita lihat di majalah-majalah umum, pada kolom ramalan. Disamping itu ada 7 lambang untuk benda langit (Saturnus, Yupiter M ars, M atahari, Venus, M erkurius, dan Bulan). Diagram astrologi berbentuk lingkaran dan terbagi dalam 12 sektor sesuai dengan zodiak. Dalam tiap sektor tercantum berbagai kondisi kehidupan. M isalnya: Harapan dan persahabatan, kemitraan, kematian dan warisan, persaudaraan, layanan dan kesehatan, pengetahuan dan keuangan, dan sebagainya. Diagram tersebut digunakan dalam mengemukakan suatu horoskop.

Diagram benda-benda langit yang menunjukkan posisi relatif benda langit seperti matahari, bulan, dan planet yang dipakai untuk meramal nasib seseorang dinamakan horoskop. Untuk memperoleh horoskop seseorang, tempat hari dan tanggal lahir orang itu harus diketahui. Dengan mempelajari letak relatif benda langit menurut hari kelahiran orang itu, maka para astrolog “bisa” meramal nasib orang itu dan memberikan langkah langkah tepat yang seharusnya diambil.

Sistem. yang digunakan untuk menggambar horoskop dalam astrologi didasarkan atas pandangan mengenai alam semesta. Empat unsur dalam pandangan ini adalah (1) bumi (2) p1anet, (3) zodiak, (4) rumah.

(3)

a. Bumi.

Dalam menggambar horoskop seseorang, astrolog menempatkan bumi di pusat tata surya. Semua benda langit berputar mengelilingi bumi dan bukannya matahari. Astrolog menggunakan tata. letak ini untuk menentukan posisi benda-benda langit terhadap bumi. M ereka percaya dengan mempelajari posisi tersebut mereka akan dapat mengetahui watak dan masa depan seseorang.

b. Planet.

Dalam astrologi bulan dan matahari dipandang sebagai planet di samping Yupiter M ars Merkurius, Neptunus Pluto, Saturnus, Uranus dan Venus. Setiap planet mewujudkan suatu daya yang mempenganihi manusia dengan cara tertentu. M enurut para astrolog, manusia lebih terpengaruh oleh planet-planet itu daripada benda-benda langit yang lain.

c. Zodiak.

Adalah sejalur bintang yang kelihatan mengelilingi bumi. Zodiak terbagi menjadi 12 bagian sama besar yang disebut tanda. Setiap tanda Zodiak memiliki ciri khas yang ditentukan oleh suatu planet tertentu dan beberapa faktor lain. M enurut keyakinan para astrolog tanda tanda Zodiak menyatakan bagaimana planet mempengaruhi watak seseorang.

(4)

d. Rumah.

Seperti zodiak , permukaan bumi ini terbagi menjadi 12 bagian. Tiap bagian, yang dinamakan rumah, mewujudkan beberapa ciri khas seseorang. Astrolog percaya bahwa rumah-rumah itu menentukan bagaimana planet dan tanda tanda Zodiak mempengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang.

Di bola langit terdapat garis khayal yang disebut dengan lingkaran ekliptika. Jika diamati dari bumi, semua benda tatasurya (planet, Bulan dan M atahari) beredar dilangit mengelilingi lingkaran ekliptika. Keistimewaan dari keduabelas zodiak dibanding rasi bintang lainnya adalah semuanya berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika. Jadi dapat disimpulkan zodiak adalah semua rasi bintang yang berada disepanjang lingkaran ekliptika. Rasi-rasi bintang tersebut adalah:

1. Capricornus: Kambing laut, M atahari berada di depan rasi ini selama 21 Des – 19 Jan.

2. Aquarius: Pembawa Air, M atahari berada di depan rasi ini selama 20 Jan – 17 Feb.

3. Pisces: Ikan, M atahari berada di depan rasi ini selama 18 Feb – 20 M ar.

4. Aries: Domba, M atahari berada di depan rasi ini selama 21 M ar – 19 Apr.

(5)

5. Taurus: Kerbau, M atahari berada di depan rasi ini selama 20 Apr – 19 M ei.

6. Gemini: Si Kembar, M atahari berada di depan rasi ini selama 20 M ei – 20 Jun.

7. Cancer: Kepiting, M atahari berada di depan rasi ini selama 21 Jun – 21 Jul.

8. Leo: Singa, M atahari berada di depan rasi ini selama 22 Jul – 22 Aug.

9. Virgo: Gadis Perawan, M atahari berada di depan rasi ini selama 23 Aug – 21 Sep.

10. Libra: Timbangan, M atahari berada di depan rasi ini selama 22 Sep – 22 Okt.

11. Scorpius: Kalajengking, M atahari berada di depan rasi ini selama 23 Okt – 21 Nov.

12. Sagitarius : Si Pemanah, M atahari berada di depan rasi ini selama 22 Nov – 20 Des.

2.1.2 Sejarah Zodiak

2.1.2.1 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Aquarius

Penjelmaan Catamite alias Ganymede, putra King Tros dari Troy dari Callirhoe.Konon Catamite memiliki perawakan dan wajah yang sangat rupawan sehingga Jupiter jatuh hati padanya sehingga mengutus rajawalinya, Aquila untuk menculik Catamite

(6)

dan membawanya ke Olympus saat menggembalakan ternak ayahnya di lereng Gunung Ida untuk dijadikan pembawa cawan pribadi dan kekasih Jupiter.Sebagai gantinya Jupiter menganugerahkan kuda-kuda perkasa dan pohon batu mulia kepada King Tros.Ketika Juno memperlihatkan rasa cemburu dan ketidaksukaannya kepada Catamite, Jupiter justru menjadikannya rasi bintang Aquarius. Jupiter juga menjadikan Aquila rasi bintang dan menempatkannya di dekat rasi bintang Aquarius untuk menjaga Catamite dan untuk mengenang peristiwa penculikannya.Konon bangsa M esir kunolah yang menamai rasi bintang ini demikian sebab kemunculannya di langit menandai tibanya saat Sungai Nile meluap membanjiri pesisirnya dan membawa lumpur hitam yang menyuburkan tanah M esir.

2.1.2.2 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Capricornus

Saturn merajai alam setelah menumbangkan kekuasaan ayahnya sendiri, Caelus. Dia mengawini salah seorang saudarinya sendiri, Cybele. Dari perkawinan ini lahirlah lima orang anak, yaitu Vesta, Juno, Ceres, Neptune, dan Pluto. Namun teringat akan kutukan ayahnya, Saturn menelan semua anaknya begitu mereka dilahirkan untuk menghindari bencana bagi dirinya.

Pada saat kehamilannya yang keenam Cybele yang berduka oleh ulah Saturn terhadap anak-anak mereka sendiri kemudian

(7)

pergi ke lereng Gunung Dicte di Crete untuk melahirkan bayinya agar selamat dari incaran suaminya. Sekembalinya ke istana Saturn, Cybele berpura-pura mengerang sakit hendak melahirkan. Setelah persalinannya selesai dia menyerahkan bungkusan bayinya kepada Saturn untuk ditelan. Tanpa memeriksa lagi Saturn menelan bungkusan yang diberikan oleh istrinya yang ternyata berisi sebongkah batu.

Putra keenam Saturn dan Cybele yang selamat dari kebuasan ayahnya diasuh oleh para peri di hutan lereng Gunung Dicte, terutama M elia dan Adrastea. M ereka menamai bayi itu Jupiter. Para makhluk menyayangi dewa kecil itu seolah mereka tahu bahwa kelak Jupiterlah yang akan membebaskan mereka dari cengkeraman sang tiran Saturn. Seekor kambing betina, Amalthea, setiap hari memberikan air susunya kepada Jupiter dengan kasih sayang seorang ibu, kelak setelah Jupiter berkuasa Amalthea ditempatkan di angkasa di antara para bintang menjadi rasi bintang Capricorn.

Ada juga versi yang menceritakan bahwa rasi bintang Capricorn adalah penjelmaan dari Aegipan, putra Jupiter dari Aix, seekor kambing betina, yang berwujud kambing.

Ketika monster Typhoon menyerang Olympus dan memotong urat-urat Jupiter, para dewa-dewi melarikan diri dan

(8)

menjelma menjadi hewan-hewan untuk menyelamatkan diri. Aegipan sendiri meski sudah berwujud sebagai hewan menjelma menjadi ikan, oleh karena itu rasi bintang Capricorn kerap kali dilukiskan sebagai kambing berekor ikan.

Kemudian M ercury bersama Aegipanlah yang berhasil mencuri urat-urat Jupiter dari Typhoon dan mengembalikannya kepada ayah mereka yang kemudian mengalahkan Typhoon. Sebagai tanda terima kasihnya Jupiter mengabadikan putranya sebagai rasi bintang Capricorn

2.1.2.3 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Pisces

Penjelmaan Venus & putranya, Cupid, saat monster Typhoon menyerang Olympus dan memotong urat-urat Jupiter.M ereka berdua menjelma menjadi sepasang ikan dan untuk menjaga agar mereka tidak sampai terpisah mereka mengikat ekor mereka berdua menjadi satu saat berenang di lautan bintang di Via Galactea alias Galaksi Bima Sakti.

(9)

2.1.2.4 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Aries

Berasal dari domba berbulu emas yang dikirim oleh Nephele untuk menyelamatkan putra-putrinya Phrixus dan Helle yang hendak dihukum mati oleh ayahnya, King Athamas, atas hasutan ibu tiri mereka, Ino.

Domba tersebut membawa Phrixus & Helle terbang meninggalkan Boeotia menuju ke Colchis di Caucasus. Tetapi dalam perjalanan Helle jatuh ke laut dan tenggelam ke laut yg sejak saat itu dinamai Hellespont (Greek: pontus —> laut).

Sesampainya di Colchis Phrixus diterima oleh King Aetes yang menikahkannya dengan putri sulungnya. Sebagai tanda terima kasih kepada para dewa-dewi yang telah melindunginya selama perjalanan, Phrixus mengorbankan domba tersebut dan memberikan bulu emasnya kepada mertuanya.

2.1.2.5 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Cancer

Berasal dari domba berbulu emas yang dikirim oleh Nephele untuk menyelamatkan putra-putrinya Phrixus dan Helle yang hendak dihukum mati oleh ayahnya, King Athamas, atas hasutan ibu tiri mereka, Ino.

Domba tersebut membawa Phrixus & Helle terbang meninggalkan Boeotia menuju ke Colchis di Caucasus. Tetapi

(10)

dalam perjalanan Helle jatuh ke laut dan tenggelam ke laut yg sejak saat itu dinamai Hellespont (Greek: pontus —> laut).

Sesampainya di Colchis Phrixus diterima oleh King Aetes yang menikahkannya dengan putri sulungnya. Sebagai tanda terima kasih kepada para dewa-dewi yang telah melindunginya selama perjalanan, Phrixus mengorbankan domba tersebut dan memberikan bulu emasnya kepada mertuanya.

2.1.2.6 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Leo

Jelmaan dari Nemean Lion yang dibunuh Hercules. Juno dalam kebenciannya terhadap Hercules membuatnya gila sehingga membunuh ketiga putranya dari Princess M egara of Thebes.Untuk menebus kesalahannya Hercules harus mengabdi kepada King Eurystheus of Mycaena serta menunaikan dua belas tugas berat. Tugas pertama yang harus ditunaikan adalah membunuh Nemean Lion yang telah membuat penduduk Nemea selama bertahun-tahun hidup tercekam ketakutan.Nemean Lion memiliki kulit yang kebal senjata sehingga Hercules mengalami kesulitan menghadapinya, namun akhirnya ketika sang singa lelah Hercules berhasil mencekik lehernya sampai mati. Setelah itu dengan menggunakan cakar sang singa sendiri Hercules menguliti sang singa dan mengenakan kulitnya sebagai busana pelindung yang membuat Hercules sulit dilukai senjata apapun.

(11)

2.1.2.7 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Gemini

Jupiter yang terpikat oleh kejelitaan Queen Leda of Sparta mendatanginya dalam wujud angsa putih, padahal Queen Leda of Sparta sudah bersuamikan King Tyndareus.Dari hasil hubungan mereka, Queen Leda of Sparta melahirkan dua butir telur. Dari dua butir telur tersebut menetaslah empat bayi: Clytaemnestra, Castor, Pollux, dan Helen.

Clytaemnestra dan Castor adalah putri dan putra dari King Tyndareus, karena itu mereka dapat binasa, sedangkan Pollux dan Helen adalah benih dari Jupiter karena itu mereka bersifat abadi.Setelah dewasa Castor & Pollux menjadi dua saudara yang saling menyayangi dan tak terpisahkan. M ereka juga pendekar-pendekar yang gagah berani, mereka ikut dalam expedition mencari bulu domba emas di Colchis bersama para Argonauts dan membuktikan merekalah yang terbaik dalam adu tinju.

King Leucippus menjanjikan kedua putrinya untuk menjadi istri-istri mereka namun kemudian malah menikahkan mereka kepada putra-putra King M essenia: Idas & Lynceus.Akibatnya terjadi pertempuran di antara mereka.Dalam pertempuran itu Castor tewas oleh Idas yang kemudian dibinasakan oleh petir Jupiter, sementara Pollux menewaskan Lynceus.Pollux begitu berduka ditinggal oleh Castor sehingga memohon kepada Jupiter

(12)

mencabut keabadiannya agar dapat menyusul Castor ke Hades. Jupiter yang terharu menyaksikan cinta Pollux pada saudaranya kemudian mengangkat mereka berdua menjadi rasi bintang Gemini di angkasa.

2.1.2.8 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Taurus

Dilambangkan oleh sapi jantan. Taurus berasal dari kata Taureau yang artinya sapi jantan. Sapi ini adalah jelmaan dari dewa Zeus (Yupiter). Konon menurut ceritanya dewa Zeus paling suka dengan gadis-gadis cantik. Ia juga terkenal sebagai dewa yang paling banyak istrinya. M aka, ketika ia melihat kecantikan putri Eropa, yang cantiknya tiada tara, ia mengubah dirinya menjadi sapi jantan agar dapat menculik putri Eropa.

2.1.2.9 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Virgo

Lambangnya adalah seorang putri yang sangat cantik. Putri ini adalah jelmaan putri Astrea yang hidup di zaman emas. Pada waktu itu ia turun dari langit ke bumi. Tetapi ia tak tinggal di bumi, karena tidak tahan melihat penderitaan dan kejahatan yang dilakukan manusia di bumi. M aka ia kembali ke langit dan menjelma menjadi bintang. Orang Yunani membagi zaman ini menjadi 4, yaitu zaman emas, perak, perunggu dan besi

(13)

2.1.2.10 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Libra

Dilambangkan dengan neraca atau timbangan. M erupakan simbol dari keadilan. Putri yang menguasai keadilan adalah putri Justicia.

2.1.2.11 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang S corpio

Lambangnya adalah kalajengking. M empunyai asal-usul yang sangat menarik. Yaitu, terjadi cinta segi 4.Antara Orion ( pemuda yang tampan), Diana (dewi bulan), Venus (dewi kecantikan) dan Aurora (dewi fajar). Karena ketampanan Orion, ia dicintai 3 wanita sekaligus. Karena cemburu kepada kedua rivalnya, Diana mengirim kalajengking kepada Orion. Kalajengking itu menggigitnya hingga mati. Diana menyesal atas perbuatannya. Dan memohon kepada dewa Zeus agar Orion dijadikan bintang. Karena ia tidak bersalah, maka dewa Zeus mengangkatnya menjadi bintang dalam gugusan bintang scorpio.

2.1.2.12 Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Sagittarius

Lambangnya adalah makhluk berbadan kuda, berkepala manusia yang sedang memanah. M akhluk ini diberi nama Centaurus. Sebenarnya Centaurus adalah para monster, musuh para dewa dan manusia. kecuali Centaurus bernama Chyron

(14)

adalah sahabat serta guru para dewa dan manusia. ia mengajarkan cara menggunakan senjata dan memanah dengan baik. Karena jasa inilah, ia diangkat menjadi bintang.

2.2 Gambaran Masyarakat Indonesia Mengenai Zodiak

Zodiak tidak hanya digunakan di Indonesia saja, namun negara lain juga menggunakan zodiak. Seperti contohnya di negara Jepang dan Korea, zodiak ini sering terlihat dalam majalah, acara tv dinegara itu. Begitu juga di Indonesia, Zodiak dimuat secara harian dan juga mingguan dalam majalah, tabloid, internet, ataupun acara televisi, zodiak sangat digemari oleh ibu – ibu ataupun anak remaja wanita.

M inimnya buku yang menjelaskan mengenai zodiak, mengakibatkan minimnya pengetahuan masyarakat mengenai zodiak. Yang mereka tahu, zodiak hanyalah sebuah astrologi perbintangan yang dapat meramalkan kehidupan kita, melalui tahun lahir dan unsurnya. M asih sedikit orang yang mengetahui asal usul zodiak, sehingga timbul banyak pertanyaan sejenis di benak masyarakat. Pertanyaan seperti, mengapa ada 12 lambang yang digunakan untuk melambangkan 12 zodiak tersebut, atau bagaimana awal mula terpilihnya 12 lambang tersebut untuk menjadi lambang dalam 12 zodiak, atau juga bagaimana asal usulnya urutan dari 12 zodiak tersebut. Banyak pertanyaan dibenak masyarakat, yang masih belum terjawab secara pasti.

(15)

2.3 Target Audience

Target Audience buku zodiak ini adalah remaja wanita, berumur 13 – 17 tahun,masyarakat golongan ekonomi A – B, yang menyukai zodiak dan ingin mengetahui zodiak secara lengkap, yang belum diketahui melalui majalah atau media cetak lainnya.

2.4 Faktor Pendukung

* M asyarakat yang menyukai berbagai bentuk astrologi.

* M asih kurangnya media (buku) yang mengungkap tentang Zodiak. * Rasa ingin tahu masyarakat mengenai Zodiak.

* Zodiak dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari (keuangan, cinta, karir,dsb)

* Zodiak tidak memiliki jangka waktu berlaku seperti shio, dan universal, tidak untuk ras tertentu.

2.5 Faktor Penghambat

* Sulitnya mencari informasi yang lebih.

* M inat M asyarakat untuk membeli buku zodiak masih kurang.

2.6 S pesifikasi Buku

Penulis : Neno Sanjaya

(16)

Illustrasi : Sianne Kusumawati

Penerbit : M ediaKita

Spesifikasi : Full Color

Tebal : 76 Halaman Harga : Rp 40.000 • Cover Luar • Cover Dalam • Daftar Isi • Zodiak 2.1 Capricornus 2.2 Aquarius 2.3 Pisces 2.4 Aries 2.5 Taurus 2.6 Gemini 2.7 Cancer 2.8 Leo 2.9 Virgo 2.10 Libra 2.11 Scorpio 2.12 Sagittarius

(17)

2.7 Data Penerbit

Jl.H M ontong no 57 Ciganjur, Jagakarsa Jakarta Selatan Indonesia 12630

Telephone : 021 78883030, 021 7270996

Pada awalnya, mediakita adalah lembaga yang memusatkan diri pada bisnis media. mediakita terlibat dalam beberapa proyek pengembangan dan pendidikan di bidang media. Dan sekarang mediakita memusatkan perhatian pada beberapa divisi:

• Divisi Penerbitan Buku, menjalankan kegiatan penerbitan buku-buku komputer, fiksi, dan buku umum lainnya, serta menangani penerbitan majalah.

• Divisi Pendidikan, Jakarta School, menyelenggarakan program-program kepenulisan

• Divisi Layanan Web, memberikan layanan pengembangan web untuk keperluan online marketing dan web publishing

(18)

2.8 Buku Pembanding Sejenis

Buku Pintar Lengkap Zodiak & S hio

Gambar 2.1 Buku Zodiak Shio

Pengarang : Elizabeth Tao & Robert Tara

Penerbit : Pustaka Gardena

Harga : Rp 50.000

Setiap manusia punya nasib berbeda. M engenal watak sendiri tidaklah semudah menilai watak orang lain. Semakin banyak muncul buku perbintangan, akan mempermudah anda mengenal lebih dekat diri sendiri. Anda akan mampu membagi manusia menurut tahun, bulan dan tanggal lahirnya. Anda akan mampu menguraikan kelemahan diri, dan akan mampu pula memperbaikinya. Dengan begitu, anda telah maju selangkah manuju kesuksesan.

(19)

2.9 Buku Kompetitor

Diet Sesuai Zodiak

Gambar 2.2 Buku Diet sesuai zodiak

Pengarang : Inti Krisnawati

Ukuran : 15 x 18.5 cm

Tebal : 88 halaman

Terbit : Oktober 2008

Setiap orang memiliki makanan favoritnya masing-masing. M akanan favorit Anda belum tentu sama dengan makanan favorit teman atau bahkan mungkin saudara Anda sekalipun. Tapi, tahukah Anda bahwa karakter khas setiap zodiak ternyata turut mempengaruhi gaya hidup dan kecenderungan masing-masing orang ketika memilih makanan? Buku ini dapat membantu mengenali karakter khas dan makanan favorit orang-orang di sekeliling Anda dari zodiak mereka. Bagi Anda yang ingin membentuk tubuh sehat dan ideal, buku ini juga bisa membantu Anda mengingat kembali berbagai potensi alami Anda berdasarkan zodiak, dengan segala kelemahan dan kekuatannya. Sehingga

(20)

akan memudahkan Anda untuk memilih dan menjalani pola makan sehat yang benar-benar sesuai dengan kondisi Anda.

Mengungkap Hidup, Nasib,Karir & asmara dari garis tangan & zodiak

Gambar 2.3 Buku Garis Tangan & Zodiak

Pengarang :Hanna Amalia

Penerbit : Penebar Plus

Harga : Rp 38.000

Zodiak Meramal Kehidupan Melalui Binatang Asia

Gambar 2.4 Buku Zodiak : M eramal Kehidupan melalui Binatang Asia

(21)

Penerbit : Prestasi Asia Pustaka

Harga : Rp 30.000

2.10 Analisa

2.10.1 S trength

1. Zodiak bentuknya universal, tidak mempunyai batas waktu berlaku seperti Shio.

2. Banyak cerita menarik yang bisa dibahas dari Zodiak, baik menurut perputaran bintangnya, mitologi nya, yang belum pernah dibahas oleh media lain ( terutama buku ).

3. Ramalan Zodiak dapat diterapkan di kehidupan sehari hari masyarakat ( Cinta, Karir, Keuangan, Kesehatan, Warna Keberuntungan).

2.10.2 Weakness

• Zodiak sudah terlalu umum, dimuat dalam berbagai media cetak sehingga minat masyarakat untuk membeli buku zodiak berkurang. • Pemikiran yang ada kurang bisa diterima masyarakat karena dianggap

tidak nyata / fiksi karena sumbernya sudah sangat lama ( dari jaman Yunani kuno ).

(22)

2.10.3 Opportunity

• Belum adanya buku Lokal yang memuat zodiak secara lengkap dan berillustrasi menarik.

• Zodiak sudah sangat melekat dengan masyarakat terutama wanita, dengan USP yang tepat dan gaya visual yang menarik akan meningkatkan penjualan buku ini.

2.10.4 Threat

• Zodiak sudah banyak dimuat di berbagai media sehingga minat membeli buku kurang.

• Sudah banyak buku zodiak dari luar negeri yang tampilannya jauh lebih menarik daripada buku lokal.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :