TUGAS-AKHIR-M2-PENGEMBANGAN-PROFESI-GURU-docx(1).docx

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

TUGAS AKHIR MODUL 2 PENGEMBANGAN PROFESI GURU TUGAS AKHIR MODUL 2 PENGEMBANGAN PROFESI GURU  NAMA

 NAMA : EDITENDIS DERAN BALI: EDITENDIS DERAN BALI  NOMOR PESERTA

 NOMOR PESERTA : 19246009710018: 19246009710018 KELAS

KELAS /PRODI /PRODI PPG PPG : : B B ( ( IPA IPA )) SEKOLAH

SEKOLAH : : SMP SMP NEGERI NEGERI 2 2 KUPANGKUPANG

Instructions Instructions

Setelah mempelajari semua kegiatan belajar, silahkan Ibu/Bapak kerjakan tugas akhir Setelah mempelajari semua kegiatan belajar, silahkan Ibu/Bapak kerjakan tugas akhir berikut:

berikut: 1.

1. Rumuskanlah kompetensi guru secara utuh?Rumuskanlah kompetensi guru secara utuh? a.

a. Kompetensi pedagogic Kompetensi ini terdiri dari,Kompetensi pedagogic Kompetensi ini terdiri dari, a)

a) Pemahaman terhadap peserta didikPemahaman terhadap peserta didik  b)

 b) Pemahaman materi pembelajaranPemahaman materi pembelajaran c)

c) Pemahaman kurikulum sekolahPemahaman kurikulum sekolah d)

d) Mampu melakukan pengembangan yang mendidikMampu melakukan pengembangan yang mendidik e)

e) Penguasaan teknologiPenguasaan teknologi f)

f) Mampu mengembangkan potensi peserta didikMampu mengembangkan potensi peserta didik g)

g) Mampu berkomunikasi efektifMampu berkomunikasi efektif h)

h) Evaluasi proses dan hasil belajarEvaluasi proses dan hasil belajar i)

i) Mampu melakukak tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaranMampu melakukak tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

Pada pembelajaran dapat diberi arti sebagai kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk Pada pembelajaran dapat diberi arti sebagai kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk membantu siswa agar dapat mencapai tujuannya. Karena kegiatan mendidik, membimbing anak membantu siswa agar dapat mencapai tujuannya. Karena kegiatan mendidik, membimbing anak merupakan bgian dari proses tujuan pendidikan.

merupakan bgian dari proses tujuan pendidikan.  b.

 b. Kompetensi kepribadianKompetensi kepribadian

Guru itu mempunyai kepribadian yang berbeda-beda, mempunyai ciri-ciri masing-masing Guru itu mempunyai kepribadian yang berbeda-beda, mempunyai ciri-ciri masing-masing yang dapat dilihat dari penampilan, tindakan, ucapan, cara berpakaian, cara menghadapi yang dapat dilihat dari penampilan, tindakan, ucapan, cara berpakaian, cara menghadapi  persoalan, dan lai lain. Salah satu sebagai berikut:

 persoalan, dan lai lain. Salah satu sebagai berikut: a)

a) Bertindak sesuai norma yang berlakuBertindak sesuai norma yang berlaku  b)

 b) Jujur, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didikJujur, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik c)

c) Mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawaMantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa d)

d) Bertanggung jawab dan percaya diriBertanggung jawab dan percaya diri c.

c. Kompetensi sosial, kompetensi ini meliputi kemampuan untuk beradapatasi denganKompetensi sosial, kompetensi ini meliputi kemampuan untuk beradapatasi dengan  pesertadidik, t

 pesertadidik, tenaga pendidik, tenaga enaga pendidik, tenaga kependidikan yang lain, kependidikan yang lain, wali murid wali murid pesertadidik, danpesertadidik, dan masyarakat sekitar. Guru mampu memikul dan melaksanakan tangugung jawab sebagai masyarakat sekitar. Guru mampu memikul dan melaksanakan tangugung jawab sebagai

(2)

guru keada siswa

guru keada siswa,,orang tua, masyarakat, bangsa, negara, dan agamanya. Tanggung jawaborang tua, masyarakat, bangsa, negara, dan agamanya. Tanggung jawab  pribadi yang mandiri yang mampu memahami dirinya, mengelola dirinya, mengendalikan  pribadi yang mandiri yang mampu memahami dirinya, mengelola dirinya, mengendalikan dirinya, dan menghargai serta mengembangkan dirinya. Tanggung jawab sosial dirinya, dan menghargai serta mengembangkan dirinya. Tanggung jawab sosial diwujudkan melalui kompetensi guru dalam memahami dirinya sebagai bagian yang tak diwujudkan melalui kompetensi guru dalam memahami dirinya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari lingkungan sosial serta memiliki kemampuan berinteraksi sosial. terpisahkan dari lingkungan sosial serta memiliki kemampuan berinteraksi sosial. Tanggung jawab intelektual diwujudkan melalui penguasaan berbagai perangkat Tanggung jawab intelektual diwujudkan melalui penguasaan berbagai perangkat  pengetahuan

 pengetahuan dan dan keterampilan keterampilan yang yang diperlukan diperlukan untuk untuk menunjang menunjang tugas-tugasnya.tugas-tugasnya. Tanggung jawab spiritual dan moral diwujudkan melalui penampilan guru sebagai Tanggung jawab spiritual dan moral diwujudkan melalui penampilan guru sebagai makhluk beragama yang perilakunya senantiasa tidak menyimpang dari norma agama dan makhluk beragama yang perilakunya senantiasa tidak menyimpang dari norma agama dan norma moral.

norma moral. d.

d. Kompetensi professional meliputi penguasaan dan pendalaman terhadap bidang studi yangKompetensi professional meliputi penguasaan dan pendalaman terhadap bidang studi yang dimiliki untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang optimal. Kecerdasan dimiliki untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang optimal. Kecerdasan intelektual harus diimbangi dengan kecerdasan moral, karena bila kecerdasan intelektual intelektual harus diimbangi dengan kecerdasan moral, karena bila kecerdasan intelektual tidak diimbangi dengan kecerdasan moral akan menghasilkan peserta didik yang hanya tidak diimbangi dengan kecerdasan moral akan menghasilkan peserta didik yang hanya mementingkan keberhasilan ketimbang proses. Oleh karena itu kecerdasan moral akan mementingkan keberhasilan ketimbang proses. Oleh karena itu kecerdasan moral akan mengawal kecerdasan intelektual sehingga akan mampu berlaku jujur dalam situasi mengawal kecerdasan intelektual sehingga akan mampu berlaku jujur dalam situasi apapun. Kejujuran adalah kunci keberhasilan dan kesuksesan.

apapun. Kejujuran adalah kunci keberhasilan dan kesuksesan.

2. Menghadapi abad 21 ini keterampilan belajar apa yang harus dimiliki oleh guru dan 2. Menghadapi abad 21 ini keterampilan belajar apa yang harus dimiliki oleh guru dan siswa?

siswa?

Sangat penting karena guru sebagai pengajar dimana dapat menampilan dirinya sebagai guru Sangat penting karena guru sebagai pengajar dimana dapat menampilan dirinya sebagai guru yang paham dalam menguasai ilmu bidang, dapat mencerminkan guru yng disiplin, dan yang paham dalam menguasai ilmu bidang, dapat mencerminkan guru yng disiplin, dan mngetahui bagaiman mengajarkan kepada oran lain. Guru juga harus dituntut utuk c

mngetahui bagaiman mengajarkan kepada oran lain. Guru juga harus dituntut utuk criticalritical thinking and problem solving. Dimana keterampilan atau kemampuan seorang guru untuk thinking and problem solving. Dimana keterampilan atau kemampuan seorang guru untuk menciptakan anak berpikir kritis. Berpikir kritis disini adalah mengaplikasikan rasional, kegiatan menciptakan anak berpikir kritis. Berpikir kritis disini adalah mengaplikasikan rasional, kegiatan  berpikir

 berpikir yang yang tinggi, tinggi, yang meliputi yang meliputi kegiatan kegiatan menganalisis, menmenganalisis, mensintesis, mengenai sintesis, mengenai permasalahanpermasalahan dan pemecahannya, menyimpulkan seran mengevaluasi atau secara singkatnya berpikir untuk dan pemecahannya, menyimpulkan seran mengevaluasi atau secara singkatnya berpikir untuk menyelesaikan masalah dengan tujuan untuk menjadi lebih baik.

menyelesaikan masalah dengan tujuan untuk menjadi lebih baik.

Selain itu guru juga harus dapat bekejasama dan berkolaborasi dengan baik Diana dalam artian Selain itu guru juga harus dapat bekejasama dan berkolaborasi dengan baik Diana dalam artian guru mampu berinteraksi dengan semua orang yang ada diduia, karena di abad 21 tidak ada guru mampu berinteraksi dengan semua orang yang ada diduia, karena di abad 21 tidak ada  pembatas antarguru sebab sudah menjelajah seluruh dunia.

 pembatas antarguru sebab sudah menjelajah seluruh dunia.

Guru juga harus dapat berfikir kreatifsert mmengembangkan model-model pembelajaran dikelas Guru juga harus dapat berfikir kreatifsert mmengembangkan model-model pembelajaran dikelas agarkondusi belajaryang nyaman. Sebab siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda di agarkondusi belajaryang nyaman. Sebab siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda di dalam kelsnya sehingga guru harus berfikir kreatif. Dimana tugas seorang guru harus dalam kelsnya sehingga guru harus berfikir kreatif. Dimana tugas seorang guru harus menumbuhkan sikap kreatifitas padasetiap siswanya.

menumbuhkan sikap kreatifitas padasetiap siswanya.

Guru juga harus mengembangkan potensi siswanya, dimana guru memahami potensi pada setiap Guru juga harus mengembangkan potensi siswanya, dimana guru memahami potensi pada setiap siswa dan kemudian mengembangkan potensi yang ada pad

siswa dan kemudian mengembangkan potensi yang ada pad a siswa. Selai meningkatkan guru jugaa siswa. Selai meningkatkan guru juga memberikan rasa kepercayaan diri pada siiswa sehingga di lebih terotivasi.

(3)

Sebagi guru tentunya juga harus mempunyai ketrampilan untuk dpat emahami dan mengunakan Sebagi guru tentunya juga harus mempunyai ketrampilan untuk dpat emahami dan mengunakan sumber belajar baik berupa buku cetak atau media elektronik. Atau dengan sumber belajar dari sumber belajar baik berupa buku cetak atau media elektronik. Atau dengan sumber belajar dari internet. Selain mengoperasikan tentunya guru jga harus memiliki kemampuan lainnya.

internet. Selain mengoperasikan tentunya guru jga harus memiliki kemampuan lainnya.

Pada pembelajaran abad 21 ini mengharuskan kita untuk mengintegrasikan teknologi informasi Pada pembelajaran abad 21 ini mengharuskan kita untuk mengintegrasikan teknologi informasi komunikasi, serta pengelolaan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Oleh karena kompetensi komunikasi, serta pengelolaan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Oleh karena kompetensi  pedagogi

 pedagogi guru guru abad abad 21 21 tidak tidak cukup cukup hanya hanya mampu mampu menyelenggarakan menyelenggarakan pembelajaran pembelajaran sepertiseperti  biasanya,

 biasanya, guru guru dituntut dituntut untuk untuk adaptif adaptif terhadap terhadap perkembangan perkembangan pengetahuan, pengetahuan, teknologi teknologi informasiinformasi dan komunikasi serta mampu memanfaatkannya proses pembelajaran, artinya kemampuan guru dan komunikasi serta mampu memanfaatkannya proses pembelajaran, artinya kemampuan guru khususnya digital perlu ditingkatkan.

khususnya digital perlu ditingkatkan.

3

3. Buatlah rancangan strategi pengembangan guru berkelanjutan?. Buatlah rancangan strategi pengembangan guru berkelanjutan?  Nama Sekolah: SMK MAARIF 5

 Nama Sekolah: SMK MAARIF 5 Nomor Statistik Sekolah: -Nomor Statistik Sekolah: -Alamat: Jl. Pendidikan

Alamat: Jl. Pendidikan  Nomor 9

 Nomor 9

Kecamatan:

Kecamatan: Kotagajah Kotagajah Kabupaten/Kota: Lampung Kabupaten/Kota: Lampung TengahTengah  Nama Guru: Akhmad

 Nama Guru: Akhmad Khafidz Khoiruddin Khafidz Khoiruddin

Tahun

Tahun Ajaran: Ajaran: 2017-2018 2017-2018 Tanggal: Tanggal: 24 24 November November 20182018 Dimensi

Dimensi Tugas Tugas Utama/Indikator Utama/Indikator Kinerja Kinerja Guru Guru Evaluasi Evaluasi diri diri terhadap terhadap kompetensi kompetensi terkait terkait (Kekuatan(Kekuatan dan kelemahan yang dimiliki guru terhadap dan kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi terkait) dalam pelaksanaan tugas utama kompetensi terkait) dalam pelaksanaan tugas utama dan jika ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan dan jika ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan

kelemahan tersebut kelemahan tersebut I. Perencanaan Pembelajaran

I. Perencanaan Pembelajaran 1.

1. RPP sesuai dengan kurikulum/silabus danRPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik memperhatikan karakteristik peserta didik

Saya kesulitan dalam memahami dan menuliskan Saya kesulitan dalam memahami dan menuliskan tujuan pembelajaran yang memperhatikan karakter tujuan pembelajaran yang memperhatikan karakter  peserta didik

 peserta didik 2.

2. Menyusun Menyusun bahan ajbahan ajar ar secara secara runut, runut, logis,logis, kontekstual dan mutakhir

kontekstual dan mutakhir

Saya belum terbiasa menyusun bahan ajar, selama ini Saya belum terbiasa menyusun bahan ajar, selama ini saya menggunakan buku dari penerbit

saya menggunakan buku dari penerbit 3.

3. Merencanakan kegiatan pembelajaran yangMerencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif

efektif

Saya sudah merencakan pembelajaran siswa yang aktif Saya sudah merencakan pembelajaran siswa yang aktif dan efektif

dan efektif 4.

4. Memilih sumber belajar/ media pembelajaranMemilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi sesuai dengan materi dan strategi  pembelajaran

 pembelajaran

Saya tidak mengalami kesulitan dalam memilih sumber Saya tidak mengalami kesulitan dalam memilih sumber  belajar,

 belajar, sudah sudah menggunakan menggunakan berbagai berbagai sumbersumber  belajar/media/alat peraga dll.

 belajar/media/alat peraga dll. II. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif Dan Efektif

II. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif Dan Efektif Kagiatan Pendahuluan

Kagiatan Pendahuluan 5.

5. Memulai Memulai pembelajaran pembelajaran dengan dengan efektif efektif Tidak Tidak merasa merasa kesulitan kesulitan dalam dalam memilih memilih strategi strategi untukuntuk membangkitlan motivasi siswa

membangkitlan motivasi siswa Kegiatan Inti

Kegiatan Inti 6.

6. Penguasaan Penguasaan materi materi pelajaran pelajaran Tidak Tidak ada ada masalah masalah dalam dalam penguasaan penguasaan materi materi pelajaranpelajaran karena secara rutin saya mengakses modul-modul karena secara rutin saya mengakses modul-modul maupun dari internet

maupun dari internet 7.

7. Menerapkan Menerapkan pendekatan/strategipendekatan/strategi  pembelajaran yang efektif

 pembelajaran yang efektif

Tidak ada masalah, hanya saja saya masih kebingungan Tidak ada masalah, hanya saja saya masih kebingungan dalam menuliskan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam menuliskan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam RPP

(4)

8.

8. Pemanfaatan sumber belajar/media dalamPemanfaatan sumber belajar/media dalam  pembelajaran

 pembelajaran

Sudah menggunakan berbagai sumber belajar/ media Sudah menggunakan berbagai sumber belajar/ media termasuk lingkungan sebagai sumber belajar

termasuk lingkungan sebagai sumber belajar 9.

9. Kemampuan memicu dan/atau memeliharaKemampuan memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran

keterlibatan siswa dalam pembelajaran

Tidak ada masalah, karena secara situasional saya Tidak ada masalah, karena secara situasional saya sering mengganti formasi tempat duduk dan sering mengganti formasi tempat duduk dan memperhatikan siswa secara individu, sehingga siswa memperhatikan siswa secara individu, sehingga siswa tertib dan aktif mengikuti pembelajaran dan mengecek tertib dan aktif mengikuti pembelajaran dan mengecek  bagaiman kondisi mereka saat dikelas

 bagaiman kondisi mereka saat dikelas 10.

10. Kemampuan Kemampuan bahasa bahasa yang yang benar benar dan dan tepattepat dalam pembelajaran

dalam pembelajaran

Menggunakan

Menggunakan bahasa bahasa Indonesia Indonesia untuk untuk memperjelasmemperjelas  pemahaman siswa

 pemahaman siswa Kegiatan Penutup

Kegiatan Penutup 11.

11. Ketrampilan Ketrampilan mengakhiri mengakhiri pembelajaranpembelajaran dengan efektif

dengan efektif

Melakukan refleksi dan menyampaikan materi yang Melakukan refleksi dan menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang serta akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang serta mengingatkan mereka dan memberikan masukan dari mengingatkan mereka dan memberikan masukan dari materi tersebut

materi tersebut III. Penilaian Pembelajaran

III. Penilaian Pembelajaran 12.

12. Perancangan Perancangan alat alat evaluasi evaluasi untuk untuk mengukurmengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik

didik

Masih binggung dalam memilih alat evaluasi yang Masih binggung dalam memilih alat evaluasi yang sesuai dengan materi pembelajaran dan terutama sesuai dengan materi pembelajaran dan terutama menyusun alat evaluasi untuk mengukur keberhasilan menyusun alat evaluasi untuk mengukur keberhasilan dalam ranah afektif

dalam ranah afektif 13.

13. Penerapan berbagai strategi dan metodePenerapan berbagai strategi dan metode  penilaian

 penilaian untuk untuk memantau memantau kemajuan kemajuan dandan hasil belajar peserta didik dalam mencapai hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP

tertulis dalam RPP

Menguasai dalam menerapkan metode penilaian tetapi Menguasai dalam menerapkan metode penilaian tetapi lupa untuk melaksanakannya

lupa untuk melaksanakannya

14.

14. Pemanfaatan Pemanfaatan berbagai berbagai hasil hasil penilaian penilaian untukuntuk memberikan umpan balik bagi peserta didik memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang

tentang kemajuan kemajuan belajarnya belajarnya dan dan bahanbahan  penyusunan

 penyusunan rancangan rancangan pembelajaranpembelajaran selanjutnya

selanjutnya

Saya sudah menggunakan hasil penilaian untuk umpan Saya sudah menggunakan hasil penilaian untuk umpan  balik, namun saya masih belum puas

 balik, namun saya masih belum puas

Berbagai hal terkait dengan pelaksanaan tugas Berbagai hal terkait dengan pelaksanaan tugas utama guru

utama guru 1.

1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untukUsaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi

memenuhi dan dan mengembangkan mengembangkan kompetensikompetensi (tugas utama guru) tersebut.

(tugas utama guru) tersebut.

Secara rutin saya berdiskusi dengan rekan sejawat dan Secara rutin saya berdiskusi dengan rekan sejawat dan aktif hadir di MGMBK SMA dan SMK Lampung aktif hadir di MGMBK SMA dan SMK Lampung Tengah untuk saling belajar dengan para senior

Tengah untuk saling belajar dengan para senior

2.

2. Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi danKendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan pelaksanaan tugas utama mengembangkan pelaksanaan tugas utama

Sering tidak focus dan lupa pada tugas Sering tidak focus dan lupa pada tugas

3.

3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikutiKeberhasilan yang saya capai setelah mengikuti  pengembangan keprofesian

 pengembangan keprofesian berkelanjutan untukberkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut

(tugas utama guru) tersebut

Belum banyak keberhasilan yang saya raih, masih Belum banyak keberhasilan yang saya raih, masih  biasa-biasa saja. Prestasi belajar siswa ada yang bagus,  biasa-biasa saja. Prestasi belajar siswa ada yang bagus,

namun beberapa masih ada yang kurang namun beberapa masih ada yang kurang

(5)

4.

4. Pengembangan keprofesian berkelanjutan yangPengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut.

guru) tersebut.

Saya membutuhkan materi pengembangan penilaian Saya membutuhkan materi pengembangan penilaian  pembelajaran

 pembelajaran dan dan pemantapan pemantapan dalam dalam menyusun menyusun RPPRPP yang sesuai dengan standar proses

yang sesuai dengan standar proses Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah

Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah 1.

1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untukUsaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi

memenuhi dan dan mengembangkan mengembangkan kompetensikompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah

untuk menghasilkan publikasi ilmiah

Belum ada Belum ada

2.

2. Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi danKendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah

menghasilkan publikasi ilmiah

Belum mencoba dan kebingungan Belum mencoba dan kebingungan

3.

3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikutiKeberhasilan yang saya capai setelah mengikuti  pengembangan keprofesian

 pengembangan keprofesian berkelanjutan untukberkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan publikasi ilmiah untuk untuk menghasilkan publikasi ilmiah

Belum ada Belum ada

4.

4. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untukUsaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah

untuk menghasilkan publikasi ilmiah

Terus belajar walau hasilnya kurang maksimal Terus belajar walau hasilnya kurang maksimal

Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif 1.

1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untukUsaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi

memenuhi dan dan mengembangkan mengembangkan kompetensikompetensi untuk menghasilkan karya inovatif

untuk menghasilkan karya inovatif

Saya mengembangakan beberapa media yang ada Saya mengembangakan beberapa media yang ada seperti membuat pohon karir dari kertas kartun be seperti membuat pohon karir dari kertas kartun bekaskas 2.

2. Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi danKendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif

menghasilkan karya inovatif

Dukungan dari sekolah, terutama pendanaan. Tetapi Dukungan dari sekolah, terutama pendanaan. Tetapi terkendala pada diri sendiri belum dapat membuat terkendala pada diri sendiri belum dapat membuat karya inovatif

karya inovatif 3.

3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikutiKeberhasilan yang saya capai setelah mengikuti  pengembangan keprofesian

 pengembangan keprofesian berkelanjutan untukberkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan karya inovatif

untuk untuk menghasilkan karya inovatif

Belum ada Belum ada

4.

4. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untukUsaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi

memenuhi dan dan mengembangkan mengembangkan kompetensikompetensi untuk menghasilkan karya inovatif

untuk menghasilkan karya inovatif

Mencoba menuliskan apa yang telah saya kerjakan Mencoba menuliskan apa yang telah saya kerjakan

Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan  pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)  pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)

1.

1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untukUsaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi

memenuhi dan dan mengembangkan mengembangkan kompetensikompetensi  penunjang

 penunjang pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran pembelajaran yangyang  berkualitas.

 berkualitas.

Sudah menggunakan TIK Sudah menggunakan TIK

2.

2. Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi danKendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang mengembangkan kompetensi penunjang  pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.  pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.

LCD di sekolah ada 4 rusak 1, ada9 kelas dan harus LCD di sekolah ada 4 rusak 1, ada9 kelas dan harus  bergentian dengan guru lain

 bergentian dengan guru lain 3.

3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikutiKeberhasilan yang saya capai setelah mengikuti  pengembangan keprofesian

 pengembangan keprofesian berkelanjutan untukberkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi memenuhi dan mengembangkan kompetensi  penunjang

 penunjang pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran pembelajaran yangyang  berkualitas

 berkualitas

Belum ada Belum ada

(6)

4.

4. Pengembangan keprofesian berkelanjutan yangPengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang mengembangkan kompetensi penunjang  pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas  pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas

Memperdalam program-program TIK untuk Memperdalam program-program TIK untuk  pengembangan

 pengembangan sumber sumber belajar belajar dan dan membuat membuat mediamedia missal tentanf flash

missal tentanf flash Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan

Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)

dsb)

--1.

1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untukUsaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi

memenuhi dan dan mengembangkan mengembangkan kompetensikompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

Saya berusaha memenuhi tugas ang diberikan oleh Saya berusaha memenuhi tugas ang diberikan oleh  pihak sekolah dan mengerjakan pada tepat waktunya  pihak sekolah dan mengerjakan pada tepat waktunya 2.

2. Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi danKendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

melaksanakan tugas tambahan tersebut

Kendala saya adalah ketika tidak ada referensi dalam Kendala saya adalah ketika tidak ada referensi dalam mengerjakan tugas apalagi sekolah kami baru berdiri mengerjakan tugas apalagi sekolah kami baru berdiri  belum lama

 belum lama 3.

3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikutiKeberhasilan yang saya capai setelah mengikuti  pengembangan keprofesian

 pengembangan keprofesian berkelanjutan untukberkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

Menambah wawasan dan pengetahun saya dalam Menambah wawasan dan pengetahun saya dalam  profesi berkelanjutan

 profesi berkelanjutan

4.

4. Pengembangan keprofesian berkelanjutan yangPengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

melaksanakan tugas tambahan tersebut

--Tanda tangan Guru: Tanda tangan Guru:

... ...

Tanda tangan Kepala Sekolah: Tanda tangan Kepala Sekolah:

... ...

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...