ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA SURAT DINAS DI BALAI DESA BUTUH KRAJAN, KECAMATAN TENGARAN Analisis Kesalahan Ejaan Pada Surat Dinas Di Balai Desa Butuh Krajan, Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang.

12 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA SURAT DINAS DI

BALAI DESA BUTUH KRAJAN, KECAMATAN TENGARAN

KABUPATEN SEMARANG

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat Sarjana S-1

Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah

Disusun Oleh :

WAHYU DESI NATALIASARI

A 310 080 253

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

HALAMAN PERSETUJUAN

ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA SURAT DINAS DI BALAI

DESA BUTUH KRAJAN, KECAMATAN TENGARAN

KABUPATEN SEMARANG

Diajukan Oleh:

WAHYU DESI NATALIASARI

A 310 080 253

Telah Disetujui dan Disahkan di Depan Dewan Penguji Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mengetahui

Pembimbing I, Pembimbing II,

(3)

PENGESAHAN

ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA SURAT DINAS DI BALAI DESA BUTUH KRAJAN, KECAMATAN TENGARAN

KABUPATEN SEMARANG

Yang dipersiapkan dan disusun oleh :

WAHYU DESI NATALIASARI A 310 080 253

Telah dipertahankan didepan Dewan Penguji Pada tanggal Mei 2013

Dan dinyatakan memenuhi syarat. Susunan Dewan Penguji :

1. Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. ( )

2. Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. ( )

3. Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. ( )

Surakarta, Mei 2013

Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dekan,

Dra. Nining Setyaningsih, M.Si

(4)

PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan disuatu perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah diterbitkan oleh orang lain. Kecuali secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Apabila ternyata kelak di kemudian hari terbukti ada ketidakbenaran pernyataan saya di atas, maka saya akan bertanggungjawab sepenuhnya.

Surakarta, Mei 2013

(5)

MOTTO

“Sesungguhnya benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita miliki sampai kita

kehilangan, tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa yang

belum pernah kita miliki sampai kita mendapatkannya”

(Kahlil Gibran)

“Kesempatan untuk sukses di setiap kondisi selalu dapat diukur oleh

seberapa besar kepercayaan anda pada diri sendiri”

(6)

PERSEMBAHAN

Dengan segala doa dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karya ini kupersembahkan teruntuk :

1. Bapak dan ibu tercinta, tiada kata lain yang bisa diucapkan selain terima kasih yang tak terkira atas kasih sayang, motivasi, pengorbanan dan doa yang selalu mengiringi langkahku.

2. Kakakku tersayang, Purwaningtyas Mustiko Endah yang selalu berbagi keceriaan, berbagi kasih sayang dan dukungan lahir maupun batin selama ini. 3. Adikku tersayang Dwi Putri Puspitasari yang selalu meramaikan suasana di

rumah.

4. Suhardinata, setiap curahan kasih sayang, doa dan kesabaran dalam penyelesaian skripsi ini merupakan motivasi untukku.

5. Sahabat-sahabatku (Veny, Utami Rahayu, Ayu, Rina, Radit, Oby, Kristin, Happy, Lina, Cahya, dan Erni) terima kasih atas segala dukungan dan segala tawa.

(7)

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr. wb.

Segala puji syukur senantiasa penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat kesehatan, kekuatan, serta hidayah dan kesabaran, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi yang berjudul “ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA SURAT DINAS DI BALAI DESA BUTUH KRAJAN, KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG”.

Penyusunan Skripsi ini untuk memenuhi syarat dalam rangka mencapai gelar sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Proses penulisan skripsi ini tidak banyak kendala yang menghambat, namun diperlukan perjuangan dan kerja keras untuk dapat menyelesaikan skripsi ini. Penulis menyadari bahwa Skripsi ini terwujud berkat adanya bimbingan bantuan serta kerjasama dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini perkenankanlah penulis mengucapkan terima kasih kepada.

1. Dra. Nining Setyaningsih, M.Si., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan UMS yang telah memberikan motivasi dan bimbingan kepada penulis untuk melakukan penelitian.

(8)

3. Drs. Yakub Nasucha, M.Hum., selaku pembimbing 1 dengan disiplin memberikan motivasi dan bimbingan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.

4. Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum., selaku pembimbing II yang berkenan memberikan bimbingan, petunjuk, dan saran-saran dalam penyusunan skripsi ini. 5. Prof. Dr. Hj. Markhamah, M.Hum., selaku penguji III yang telah bersedia

meluangkan waktunya guna menguji skripsi ini.

6. Bp. Rinardi, selaku Kepala Desa Butuh Krajan, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, yang telah membantu penulis dalam hal data-data yang dibutuhkan penulis dalam menyelesaikan penulisan skripsi ini.

7. Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu atas bantuannya dalam menyelesaikan skripsi ini.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna, untuk itu diharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi kesempurnaan skripsi ini. Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Wassalamualaikum. wr. wb

(9)

DAFTAR ISI

(10)

2. Ejaan Yang Disempurnakan ... 16

3. Pengertiandan Fungsi Bahasa ... 16

4. Surat ... 20

5. Surat Dinas ... 35

BAB III METODE PENELITIAN ... 37

A. Tempat dan Waktu Penelitian ... 37

B. Sumber Data ... 37

C. Metode Pengumpulan Data ... 38

D. Teknik Analisis Data ... 39

E. Penyajian Hasil Analisis ... 40

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ... 41

A. Deskripsi Data ... 41

B. Pembahasan ... 60

BAB V PENUTUP ... 63

A. Kesimpulan ... 63

B. Saran ... 64 DAFTAR PUSTAKA

(11)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Kesalahan penulisan kata yang huruf awalnya tidak perlu ditulis dengan huruf kapital, penulisan kata yang huruf kapital pada penulisan nama tempat yang huruf awalnya tidak perlu ditulis dengan huruf kapital dan penulisan huruf kapital semua

Lampiran 2 Kesalahan penulisan kata tidak baku Lampiran 3 Kesalahan penulisan nama gelar Lampiran 3 Kesalahan penulisan nama orang

Lampiran 5 Kesalahan Penulisan Nama Hari dan Bulan

Lampiran 6 Kesalahan penulisan tanda baca dan Kesalahan penulisan perihal surat dan alamat surat

Lampiran 7 Kesalahan Penulisan Tanda Koma (,) Lampiran 8 Kesalahan Penulisan Garis Miring (/)

(12)

ABSTRAK

ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA SURAT DINAS DI BALAI DESA BUTUH KRAJAN, KECAMATAN TENGARAN

KABUPATEN SEMARANG

Wahyu Desi Nataliasari, A 310 080 253, Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 66 halaman

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penulisan huruf yang ada pada surat dinas di Balai Desa Butuh Krajan, kecamatan Tengaran, kabupaten Semarang. (2) mendeskripsikan pemakaian tanda baca yang ada di Balai Desa Butuh Krajan, kecamatan Tengaran, kabupaten Semarang

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simak dan catat karena cara yang digunakan untuk memperoleh data dilakukan dengan menyimak penggunaan bahasa. Dimaksud teknik simak dan catat adalah mengadakan penyimakan terhadap pemakaian bahasa lisan yang bersifat spontan dan mengadakan pencatatan terhadap data relevan yang sesuai dengan sasaran dan tujuan penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif. Tiga komponen dalam analisis interaktif ini adalah reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses ini pengumpulan data sebagai suatu proses siklus.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai Analisis Kesalahan Ejaan Pada Surat Dinas di Balai Desa Butuh Krajan, kecamatan Tengaran kabupaten Semarang dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) pemakaian bahasa Indonesia pada surat dinas di Balai Desa Butuh Krajan masih banyak mengalami kesalahan dari segi penulisan huruf, meliputi : (a) kesalahan penulisan huruf kapital, (b) kesalahan penulisan huruf dalam suku kata, (c) kesalahan penulisan huruf awalan Se-, (d) kesalahan penulisan huruf singkatan dan akronim, (e) kesalahan penulisan nama orang, (f) kesalahan penulisan lambang bilangan, (g) kesalahan penulisan nama hari dan bulan, (h) Kesalahan penulisan huruf gabungan kata, (i) Kesalahan penulisan huruf kata depan, (j) kesalahan penulisan huruf kata ulang. (2) pemakaian bahasa Indonesia pada surat dinas di Balai Desa Butuh Krajan segi pemakaian tanda baca, meliputi: (a) Kesalahan penulisan tanda baca titik, (b) kesalahan penulisan huruf tanda titik dua se, (c) kesalahan penulisan apostrop, (d) kesalahan penulisan tanda koma, (e) kesalahan penulisan garis miring, (f) kesalahan penulisan tanda hubung

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...