Makalah Word Microsoft Word

17  1168  Download (0)

Teks penuh

(1)

Makalah Word

Makalah Microsoft Word 2010

“ MAKALAH MICROSOFT WORD 2010 ”

Disusun Oleh:

Amrizal Hanif (XI TAV / 05 ) SMK N 2 DEPOK

Mrican, Caturtunggal , Depok , Sleman

(2)

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul Microsoft Word 2010 .

Makalah ini berisikan tentang informasi Microsoft Word atau yang lebih khususnya membahas penerapan pengoperasian Microsoft Word 2010 , Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Microsoft Word. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

(3)

PENDAHULUAN LATAR BELAKANG

Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.

Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satubagian dari microsoft office adalah mincrosoft office word.

Tujuan

Setelah membaca makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :

Memehami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak microsoft office word 2010 .

Mengoperasikan fungsi menu-menu microsoft office word 2010. Mengoperasikan perintah cetak pada microsoft office word 2010.

Mampu menggunakan / mengaplikasikan penggunaan microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat

Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan untuk dapat : Memahami cara mengoperasikan.

(4)

Menggunakan fungsi mencetak hasil pengolahan. A. Pengertian Microsoft Word

Microsoft offfice 3,0. Ternyata yang pertama dirilis adalah versi 3.0. pada versi inihanya tersedsia untuk OS windows.

Microsoft office 4.0 dirilis pada tahun 1994, berisi word 6.0, Exel 5.0,powerpoint4.0, Mail dan Access.

Microsoft office 4.3. seri ini merukan seri dengan 16 bit terakhir dan juga versiterakhir yang mendukung windows 3.x. windows NT 3.1 dan windows NT 3.5.

Microsoft office 95 atau juga dikenal dengan versi 7.0. vers ini menggunakan 32 bit agar cocok dengan windows 95 profesional. Yang versi standar terdiri dari word 7.0 dan Exel 7.0, powerpoint 7.0 dan schedule +7.0. versi profesional terdiri dari semua yang ada di standar ditambah dengan access 7.0.

Microsoft office 97. (office 8.0), versi ini dirilis dengan banyak fitur dan perkembangan dibanding versi sebelumnya. Pengenalan terhadap commandbar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar di buat lebih mirip dengan visual designya. Office 97 juga memiliki fitur natural language sistem dan sophisticated grammar chekking. ini versi yang pertam kalinya menggunakan office assistant.

(5)

dimunculkan. Salah satunya adalah macro. Mengapadisembunyikan ?. karna dapat menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah persi terakhir yang dapat dijalankan di windows 95. Pada versi ini juga tidak ada pruduct activation. Enak kan ? produk activation mulai ada di versi selanjutnya.

Microsoft office XP. Bisa disebut sebgai versi 10.0 atau office 2002, merupakan upgrate besar-besaran dengan banyak perkembangan dan perubahan. Office XP mengenalkan fitur safe mode. Memungkinkan aplikasi contohnya outlook untuk bisa booting ketika terjadi kesalahan system, seperti registry yang corrupt, lalau adanya fitus smart tag yang memungkinkan mengingatkan user bila ada pengetikan yang salah ejaan. Tetapi pada office ini smart tag hanya bisa digunakan di word dan Excel. Office Xp juga terintegrasi dengan perintah suara dan pendiktean kata, seperti sebaik mungkin seperti tukisan tangan.di pruduct ini ada juga product activation. Office Xp mendukung windows 98, ME< NT 4.0. office Xp juga dikenal sebagai yang pertama untuk versi office yang bisa berjalan baik di OS vista.

(6)

2000. Versi ini juga versi yang paling banyakdipakai di indonesia terutama untuk rental dan warnet dalam kurun waktu terkhir 2009.

Microsoft office 2007. (office 12.0) versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga ada groove, sebuah aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki desighn tampilan baru yang bernama fluen user interface. Lalu ada Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar. Untuk menginstallnya membutuhkan minimal windows XP Sp2. Pada tahun 2009 office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan office 2003. Indonesia memang agak lambat dalam menyesuaikan perkembangan teknologi.

Microsoft office 2010.(office 14.0)untuk sekarang sedang dalam perkembangan. Kemungkinan dirilis adalah pada tahun 2010. Versi 13.0 dilewati karna adanya tahayul terhadap nomor 13.

.Perkembangan Microsoft

Microsoft word atau microsoft office word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama multi-tool word untuk Xenix, versi-versi lain juga dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), apple macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan microsoft windows (1989). Setelah menjadi bagian dari microsoft office sistem 2003 dan 2007 diberi nama microsoft office word.

(7)

Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xeros PARC dan beralih ke microsoft pad 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dar PARC pad 1 februari 1983, perkembangan multi tool dimulai.

(8)

Versi selanjutnya dari word for macintosh, adalah word 3,0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencangkup bnyak peningkatan dan fitur baru dan memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, microsoft mengganti word 3,0 dengan word 3,01 yag jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari word 3,0 dikirimi surat yang berisi salinan word 3,01 secara gratis, sehingga menjadikan ini kesalahan microsft paling mahal untuk di tebus pada waktu itu. Word 4,0 yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil degunakan.

Pada rentang tahun ini, word for windows diluncurkan. Versi pertama dari word for windor dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 dollar amerika serikat. Dengan dirilisnya microsoft windos 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat word for windows 1.0 didesain untuk windows 3.0 dan performanya sangat uruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis word 2.0 untuk mengukuhkan microsoft word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

Tugas Makalah Microsoft Word

KATA PENGANTAR

(9)

menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul Microsoft Word.

Makalah ini berisikan tentang informasi Microsoft Word atau yang lebih khususnya membahas penerapan pengoperasian Microsoft Word, Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Microsoft Word. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

DAFTAR ISI

(10)

Daftar isi...ii

BAB I Pendahuluan...1

Latar Belakang...1

Rumusan Masalah...2

Tujuan Pembahasan...2

BAB II Pembahasan...3

Mengenal Microsoft Word...3

Mengoperasikan Microsoft Word...4

Mengenal Jendela Elemen Word...6

BAB III Penutup...10

Kesimpulan...10

Saran...10

PENDAHULUAN

(11)

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Microsoft Word adalah suatu software pengolah kata dengan menggunakan system operasi Windows yang cukup handal memberikan kemudahan bagi para pemakai. Selain mudah dalam pengoperasian, variasi dan gaya huruf menggunakan model fullgrafik. Dalam Microsoft Word, penggunaan perintah biasanya lebih dari satu. Bisa anda lakukan melalui menu dan toolbar dalam aplikasi program ataupun melalui mouse dan keyboard. Microsoft Word merupakan salah satu anggota dari Microsoft Office yang sering digunakan dalam hal pengolahan kata yang paling cangih saat ini. Penggunaan Microsoft Word saat ini hanya sebagian fungsi yang digunakan masih banyak yang belum digunakan secara maksimal. Banyak orang yang mengetik hanya dengan mengandalkan kemampuan jarinya sebenarnya Microsoft Word sudah menyediakan fitur-fitur yang bisa membuat kita lebih cepat lagi dalam mengetik.

(12)

software ini menunjang berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax. Microsoft word 2007 merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office 2007. Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis ,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih baik.

Rumusan Masalah

Apa Microsoft Word itu?

Bagaimana cara mengoperasikan Microsoft word?

Apa saja elemen yang ada pada jendela Word?

Tujuan Pembahasan

Agar dapat mengetahui dan mengenal Microsoft Word

Agar dapat mengoperasikan Microsoft Word

(13)

BAB II

PEMBAHASAN

Mengenal Microsoft word

Microsoft Word adalah suatu software pengolah kata dengan menggunakan system operasi Windows yang cukup handal memberikan kemudahan bagi para pemakai. Selain mudah dalam pengoperasian, variasi dan gaya huruf menggunakan model fullgrafik. Dalam Microsoft Word, penggunaan perintah biasanya lebih dari satu. Bisa anda lakukan melalui menu dan toolbar dalam aplikasi program ataupun melalui mouse dan keyboard. Microsoft Word merupakan salah satu anggota dari Microsoft Office yang sering digunakan dalam hal pengolahan kata yang paling cangih saat ini. Penggunaan Microsoft Word saat ini hanya sebagian fungsi yang digunakan masih banyak yang belum digunakan secara maksimal. Banyak orang yang mengetik hanya dengan mengandalkan kemampuan

(14)

Microsoft Word 2007 merupakan program pengolah kata terbaru dari Microsoft.

Berikut ini adalah beberapa istilah yang akan dipakai dalam mengoperasikan Microsoft Word 2007:

Hotkey / shortcut

Berupa kombinasi beberapa tombol tertentupada keyboard yang menyebabkan program aplikasi yang sedang berjalan untuk melakukan suatu proses tertentu

Toolbar (pada Mic. Word 2007 disebut ribbon)

Pada Mic. Word 2007, perintah-perintah sudah ditampulkan dalam grup-grup terpisah

Rulermargin (Indent)

Digunakan untuk mengatur batas kiri dan kanan dari suatu halaman

First Line Indent

Digunakan untuk mengatur posisi huruf pertama pada setiap awal paragraf

(15)

Digunakan untuk mengatur posisi huruf setelah baris pertama pada suatu paragraf

Left Indent

Digunakan untuk mengatur batas kiri untuk semua teks

Right Indent

Digunakan untuk mengatur batas kanan untuk semua teks

Mengoperasikan Microsoft Word

Membuka Microsoft Word

Untuk membuka Microsoft Word ada 2 cara, yaitu :

Double Click icon Microsoft Word pada Desktop

Click Start Programs Microsoft Office Microsoft Word 2007

Membuat Dokumen Baru

Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada 2 cara yang dapat menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.

(16)

Tekan Ctrl+N pada keyboard

Membuka File yang sudah Tersimpan

Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam folder komputer kalian, antara lain :

ekan Alt+F

Tekan Ctrl+O pada keyboard

Dari ketiga cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak dialog Open File, pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.

Menyimpan Dokumen

Segera setelah memulai penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini bertujuan untu menghindari dari hilangnya dokumen.

Ada beberapa cara untuk menyimpan file dalam folder komputer kalian, antara lain:

ekan Alt+F Save As

(17)

Tekan Ctrl+S pada keyboard

Kemudian akan ditampilkan kotak Dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen anda,

dan Click Save.

Menutup File Dokumen

ekan Alt+F Close

Klik icopada ribbon

Menutup Jendela Microsoft Word

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...