KAJIAN PENGATURAN PROGRAM PENILAIAN PERINGKAT KINERJA PERUSAHAAN DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (PROPER) SEBAGAI INSTRUMEN PENAATAN HUKUM LINGKUNGAN.

Download (0)

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

iv ABSTRAK

Kajian Pengaturan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Sebagai Instrumen

Penaatan Hukum Lingkungan

Aisyah Hanifati 110110120329

Penaatan hukum lingkungan di Indonesia diawali dengan pendekatan Atur dan Awasi (ADA) yang sifatnya statis karena terlalu terikat pada peraturan perundang-undangan dan terlalu birokratis sehingga muncul pendekatan Atur Diri Sendiri (ADS) untuk mendampingi ADA. Kemudian Kementerian Lingkungan Hidup menciptakan Program Penilaian Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) sebagai bentuk instrumen ekonomi lingkungan yang memberikan insentif dan disinsentif dengan pemberian penghargaan berupa citra baik atau buruk perusahaan yang bergantung pada tingkat ketaatannya. Meskipun PROPER sudah berjalan selama dua dekade, pengaturan mengenai program ini masih dianggap memiliki celah.

Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yang dilakukan dengan menelaah berbagai peraturan perundang-undangan yang ada kaitannya dengan PROPER dan pelaksanaannya, juga pendekatan empiris untuk menelaah keadaan lapangan dan kendala-kendalanya. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis yang mendeskripsikan secara menyeluruh permasalahan dari pengaturan PROPER kemudian menganalisisnya.

Berdasarkan penelitian, dapat diketahui bahwa pengaturan PROPER belum sesuai dengan keadaan penaatan di Indonesia. Seperti pengaturan mengenai penetapan peserta. Hal tersebut dibutuhkan agar mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkakan ketaatan pada lingkungan dan PROPER dapat terlaksana dengan baik.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di