BAB I PENDAHULUAN. Dalam era globalisasi serba cepat seperti sekarang ini, perkembangan perekonomian

Teks penuh

(1)

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam era globalisasi serba cepat seperti sekarang ini, perkembangan perekonomian suatu negara berkatian erat dengan kegiatan ekonomi yang bergerak bebas didalam masyarakatnya. Baik Perusahaan besar, menengah dan kecil dalam perkembangannya cenderung sangat dipengaruhi oleh pengimplementasian Teknologi Informasi pada perusahaan dan sumber daya manusia yang baik.

Ricky L Studio Foto menyediakan jasa foto studio, wedding photography, graduation photography, family photography , fashion photography, kiddy photography, dan journalism photography. Dengan kualitas terbaik, RICKY L Studio Foto mencoba untuk bersaing dengan kompetitornya. Seperti halnya dengan perusahaan-perusahaan besar yang berkompetisi meraih pasar, RICKY L foto studio mengimplementasikan Teknologi Informasi ke dalam perusahaan.

Pendayagunaan teknologi informasi telah memacu persaingan dunia dan mendudukan profesionalisme dalam spesialisasi usaha di segala bidang pada tingkat tertinggi. Sehingga sesuai dengan ciri teknologi yang selalu up-to-date dapat memacu perusahaan dalam meningkatkan kinerjanya dengan mendorong karyawannya untuk menggunakan teknologi informasi itu sendiri. Pengimplementasian Teknologi yang sudah dilakukan oleh RICKY L yaitu :

(2)

1. Sistem Informasi Ricky L

Sistem Informasi Ricky L digunakan untuk kegiatan internal perusahaan, proses produksi, keuangan, kegiatan operasional perusahaan.

Sistem ini menghasilkan laporan keuangan harian dan bulanan yang diharapkan dapat mempermudah pemilik untuk mengambil keputusan-keputusan krusial untuk perusahaan.

2. SMS INVITATION

SMS INVITATION merupakan program yang diberikan secara gratis oleh RICKY L untuk customer-nya khususnya untuk Calon Pengantin, dimana RICKY L akan mengirimkan SMS (Short Message Service) kepada undangan dari calon pengantin sebagai reminder untuk menghadiri pesta pernikahan mereka. Biasanya SMS ini dikirimkan 1 atau 2 hari sebelum hari H.

SMS INVITATION menggunakan aplikasi Vinno Engine, seperangkat Handphone dan pulsa prabayar.

3. WEDDING WEBSITE

RICKY L memberikan fasilitas Wedding Website, pada website HTTP://WWW.RICKY-L.COM/, dimana pada website ini user dapat mengakses foto – foto pre-wedding mereka dan memilih secara online langsung dari komputer pribadi member.

4. RbR-NET

RbR merupakan akronim dari Reward By Refferal yang dalam bahasa Indonesia berarti Hadiah atas referensi. Sebagai ungkapan terimakasih atas loyalitas member yang telah mereferensikan customer, member dapat mengikuti program RbR ini.

(3)

RbR-NET merupakan link dari website HTTP://WWW.RICKY-L.COM/, dimana dapat diakses langsung melalui HTTP://WWW.RBRNET.CO.ID/ .

Seluruh Teknologi Informasi yang diterapkan oleh Ricky L Studio Foto ini harus didukung oleh Sumber Daya Manusia yang baik agar dapat menghasilkan hasil yang baik pula. Sumber Daya Manusia atau user. Dimana faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja user adalah keterampilan yang dimilikki, kemampuan dasar, usaha yang dilakukan, insentif (pemberian hadiah), lingkungan kerja yang mendukung,adanya motivasi yang tinggi dan sarana atau alat kerja yang memadai seperti sistem informasi.

1.2 Identifikasi Masalah

Kinerja di dalam suatu organisasi dilakukan oleh segenap sumber daya manusia, baik unsur pimpinan maupun karyawan. Kinerja user merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan organisasi, karena kinerja user tersebut menentukan produkivitas suatu organisasi. Banyak sekali faktor yang dapat berhubungan dengan user dalam menjalankan kinerjanya antara lain : kepemimpinan, sarana atau alat kerja seperti sistem informasi, imbal jasa (gaji/bonus) dan penghargaan serta lingkungan kerja atau situasi kerja.

Kepemimpinan dalam suatu organisasi sangat berperan penting didalam menunjang kinerja user. Apabila seorang pemimpin menginginkan karyawan melakukan apa yang mereka katakan, maka pemimpin tersebut harus dapat memberikan contoh. Pada dasarnya seorang pemimpin merupakan panutan, contoh dan teladan bagi karyawannya sehingga apabila pemimpin melakukan pekerjaan dengan baik, maka hal tersebut akan diikuti oleh bawahannya.

(4)

Sarana atau alat kerja merupakan sumber daya yang dapat dipergunakan oleh user untuk membantu pencapaian tujuan dengan sukses. Sarana atau alat kerja merupakan faktor penunjang untuk pencapaian tujuan dan peningkatan kinerja user. Tanpa dukungan sarana atau alat kerja yang memadai, maka user tidak dapat memberikan kinerja terbaiknya sebab tugas dari pekerjaan yang spesifik tidak dapat dilakukan dan tujuan tidak dapat diselesaikan sebagaimana seharusanya. Pengimplementasian sistem informasi dari perusahaan diharapkan sistem akan dapat membantu user untuk bekerja secara lebih efisien dan efektif karena proses kerjanya lebih ringkas dan terintegrasi.

Hal-hal yang mempengaruhi kinerja user lainnya yaitu, kenaikan gaji, tambahan bonus, pemberian penghargaan. Kesesuaian antara nilai / penghargaan yang diberikan dengan hasil kerja yang diberikan oleh karyawan akan dapat meningkatkan kinerja user, begitupun sebaliknya. Penting bagi organisasi untuk meperhatikan kesehjateraan karyawan sehingga karyawan akan lebih loyal dan produktif dalam bekerja.

Lingkungan kerja juga mempengaruhi tingkat kinerja user . Karyawan akan dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik apabila ia merasa nyaman dengan lingkungan kerjanya. Disamping itu kondisi hubungan yang harmonis antara karyawan dengan karyawan lainnya, maupun antara atasan dan bawahan dapat menjadi pendorong bagi karyawan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik lagi.

1.3 Pembatasan Masalah

Berdasarkan identifikasi permasalahan tersebut diatas, maka penelitian ini dibatasi pada hubungan antara efektivitas sistem informasi Ricky L dengan kinerja user (karyawan PT. Ricky L Mitra Nasional). Sistem informasi Ricky L digunakan oleh user (karyawan

(5)

PT.Ricky L Mitra Nasional) sebagai sarana untuk membantu proses pencatatan, kegiatan internal perusahaan, proses produksi, keuangan, kegiatan operasional perusahaan.

Penerapan sistem informasi Ricky L berhubungan erat dengan tingkat kinerja user sebagai pengguna dari sistem tersebut, karena sistem informasi Ricky L memberikan peningkatan kehandalan dalam proses pencatatan, kegiatan internal perusahaan, proses produksi, keuangan, kegiatan operasional perusahaan, sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang valid dan up to date dan tentunya akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, maka dapat disimpulakan bahwa sistem informasi Ricky L sekarang ini merupakan faktor penting yang menunjang perusahaan, dan pekerjaan dari user.

Dalam penelitian ini, cakupan user sistem informasi Ricky L adalah seluruh karyawan Ricky L yang menggunakan sistem ini, baik kasir, sales, marketing,accounting, customer service, personalia, dan pihak managerial. Untuk itu, maka perlu dilakukan sistem penelitian yang membahas tentang Korelasi antara Efektivitas Sistem Informasi Ricky L dengan Kinerja User pada PT.Ricky L Mitra Nasional.

1.4 Perumusan Masalah

Berdasarkan pembatasan permasalahan tersebut diatas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut : “Adakah Hubungan antara Efektivitas Sistem Informasi Ricky L dengan Kinerja User pada PT. Ricky L Mitra Nasional ?”.

(6)

1.5 Ruang Lingkup

Ruang Lingkup dalam Penelitian adalah :

1. Obyek penelitian ini adalah sistem informasi yang digunakan oleh PT. Ricky L Mitra Nasional yang dinamakan Sistem Informasi Ricky L.

2. Aplikasi sistem informasi Ricky L digunakan Oleh PT. Ricky L Mitra Nasional untuk memenuhi kebutuhan user dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja perusahaan.

3. User sistem informasi Ricky L adalah seluruh karyawan Ricky L yang menggunakan sistem ini, kasir, sales, marketing,accounting, customer service, personalia, dan pihak managerial.

1.6 Tujuan dan Manfaat 1.6.1 Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan atau korelasi antara sistem informasi dengan kinerja user pada PT. RICKY L MITRA NASIONAL.

1.6.2 Manfaat

Manfaat yang diharapkan di dapat dari penelitian ini adalah :

Diperolehnya dokumentasi mengenai proses dan hasil penelitian dan kesimpulan yang terjadi berkaitan dengan penelitian. Agar dapat digunakan oleh PT. RICKY L MITRA NASIONAL sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam menganalisis Sistem

(7)

Informasi yang digunakan dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi dan efektivitas perusahaan, sebagai studi banding antara teori dengan kenyataan yang terjadi di perusahaan.

1.7 Sistematika Penulisan

Penulisan penelitian ini dibagi menjadi lima bab yang disusun secara sistematis sebagai berikut :

Bab 1 PENDAHULUAN

Dalam Bab ini penulis mengemukakan latar belakang penelitian, perumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, serta sistematika penulisan.

Bab 2 LANDASAN TEORI

Dalam Bab ini penulis menguraikan definisi – definisi dan teori – teori yang ada hubungannya dengan topik yang diambil, baik teori umumnya maupun teori khususnya.

Bab 3 METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini menguraikan tentang gambaran umum objek penelitian seperti sejarah perusahaan PT.RICKY L MITRA NASIONAL, struktur organisasi, tayangan sistem yang akan diteliti, waktu dan tempat penelitian , konstelasi variabel penelitian, definisi operasional, populasi dan sampel penelitian, pengujian instrumen, metode pengumpulan data, dan metode pengolahan data dan metode analisis data.

(8)

Bab 4 HASIL PENELITIAN

Pada Bab ini diuraikan hasil dari pengimplementasian Sistem Informasi pada PT.RICKY L MITRA NASIONAL serta analisis terhadap hasil uji kepuasan user.

Bab 5 SIMPULAN DAN SARAN

Dalam Bab ini akan disimpulkan secara singkat mengenai hasil analisis data yang sudah dilakukan. Selain itu penulis juga mencoba untuk memberikan saran – saran yang diharapkan dapat membantu dan bermanfaat bagi perusahaan yang bersangkutan. Bab 5 ini merupakan bagian terakhir dari skripsi penulis yang juga merupakan Bab penutup.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :