Alih Kode Tuturan Penjual Dan PembeliDi Pasar Puan Maimun Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau

10 

Teks penuh

(1)

SKRIPSI

OLEH :

SAYDAH FITRIANA SARI NIM 110701054

DEPARTEMAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(2)

ALIH KODE TUTURAN PENJUAL DAN PEMBELI

DI PASAR PUAN MAIMUN TANJUNG BALAI KARIMUN KEPULAUAN RIAU

SKRIPSI

Oleh:

Saydah Fitriana Sari NIM 110701054

Skripsi ini diajukan untuk melengkapi persyaratan memperoleh gelar kesarjanaan sastra dan telah disetujui oleh:

Pembimbing I, Pembimbing II,

Drs. Asrul Siregar, M.Hum. Drs. Pribadi Bangun, M.Hum. NIP 19590502 198601 1 001 NIP 19581019 198601 1 002

Departemen Sastra Indonesia Ketua,

(3)

atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. Apabila pernyataan yang penulis perbuat ini tidak benar, penulis bersedia menerima sanksi berupa pembatalan gelar kesarjanaan yang penulis peroleh.

Medan, Maret 2017

Penulis,

Saydah Fitriana Sari

(4)

ALIH KODE TUTURAN PENJUAL DAN PEMBELI

DI PASAR PUAN MAIMUN TANJUNG BALAI KARIMUN KEPULAUAN RIAU

SAYDAH FITRIANA SARI (Fakultas Ilmu Budaya USU)

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan kajian tentang alih kode tuturan penjual dan pembeli di Pasar Puan Maimun Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah (a) bagaimana bentuk alih kode pada tuturan penjual dan pembeli di pasar Puan Maimun Tanjung Balai Karimun, (b) apakah faktor penyebab terjadinya alih kode pada tuturan penjual dan pembeli di pasar Puan Maimun Tanjung Balai Karimun. Tujuannya adalah (a) mendeskripsikan bentuk alih kode yang terjadi antara penjual dan pembeli di pasar Puan Maimun Tanjung Balai Karimun, (b) mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya alih kode di pasar Puan Maimun Tanjung Balai Karimun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Etnografi komunikasi. Metode yang digunakan adalah metode simak dan metode bebas libat cakap, sedangkan metode pengkajian data adalah metode padan. Teknik yang digunakan adalah teknik pilah unsur dan hubung banding membedakan bahasa yang digunakan dan yang dituturkan oleh peserta tutur dalam peristiwa tutur. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (a) bentuk alih kode yang terjadi di pasar Puan Maimun yaitu alih bahasa dari bahasa Melayu ke bahasa Indonesia dan alih bahasa dari bahasa Indonesia ke bahasa Melayu yang berwujud frasa, kalusa, dan kalimat. (b) penyebab terjadinya alih kode tuturan penjual dan pembeli di pasar Puan Maimun yaitu pembicara atau penutur, penutur atau mitra tutur, hadirnya orang ketiga, perubahan topik pembicaraan.

(5)

Adapun tujuan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini adalah untuk memenuhi persyaratan kegiatan akhir akademik pada Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Sumatera Utara Medan. Adapun judul skripsi ini adalah ‛‛ALIH KODE TUTURAN PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR PUAN MAIMUN TANJUNG BALAI KARIMUN KEPULAUAN RIAU’’.

Selama penulisan skripsi ini, penulis menyadari bahwa telah banyak pihak yang membantu baik berupa bimbingan, pengarahan, motivasi dan bantuan berupa materi secara langsung atau tidak langsung kepada penulis. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada

1. Bapak Dr. Budi Agustono, M.S. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

2. Bapak Drs. Haris Sutan Lubis, M.S.P. sebagai Ketua Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara. 3. Bapak Amhar Kudadiri, M.Hum. sebagai Sekretaris Departemen

Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara. 4. Bapak Drs. Asrul Siregar, M.Hum. sebagai Dosen Pembimbing I yang

(6)

5. Bapak Drs. Pribadi Bangun, M.Hum. sebagai Dosen Pembimbing II yang telah banyak memberi bimbingan, arahan, dan masukan yang positif, selama penulisan skripsi.

6. Pak Slamet yang telah memudahkan penulis untuk penyelesaian semua administrasi selama penulisan skripsi.

7. Ayahanda Said Nashar dan Ibunda Linda (Almh), bapak dan mamak yang sangat penulis sayangi selaku orangtua yang begitu sabar membesarkan dan telah memberikan semangat, moral, perhatian penuh dan materi kepada penulis.

8. Kakak penulis Lisa Kartika, Adik-adik penulis Saydah Maria Permata Sari dan Said Almer Ramadhani Karena telah memberikan motivasi dan doa kepada Penulis.

9. Teman-teman seperjuangan stambuk 2011, Miranti, Sri Ayu, Adik stambuk 2012 dan kepada teman yang lainnya yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu yang telah membantu penulis dalam penyelesaian skripsi sampai selesai.

10. Teman-teman penulis Lutia Nazla, Siti jamilah, Risa juliana Nasution, Ira Maulani Lubis yang memberi semangat dan motivasi kepada penulis.

11. Teman-teman kost Riza fadla lubis, Lailan Sofinah Harahap, Lasni yang memberi semangat dan selalu mengingatkan penulis dalam penyelesaian skripsi sampai selesai.

(7)

pembaca. Sekian dan terima kasih.

Medan, Maret 2017

Penulis,

(8)

DAFTAR ISI

BAB II KONSEP, LANDASAN TEORI DAN TINJAUAN PUSTAKA ... 8

2.1 Konsep ... 8

BAB III METODE PENELITIAN ... 20

3.1 Lokasi Penelitian dan Waktu Penelitian ... 20

3.1.1 Lokasi Penelitian ... 20

3.1.2 Waktu Penelitian ... 20

3.2 Sumber Data ... 20

3.3 Metode dan Teknik Pengumpulan Data ... 21

3.4 Metode dan Teknik Analisis Data ... 21

(9)

BAB V SIMPULAN DAN SARAN ... 63

5.1 Simpulan ... 63

5.2 Saran ... 63

DAFTAR PUSTAKA ... 65

(10)

DAFTAR SINGKATAN

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...