• Tidak ada hasil yang ditemukan

BAB IV. Profil Radio Elisa Fm Salatiga

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "BAB IV. Profil Radio Elisa Fm Salatiga"

Copied!
14
0
0

Teks penuh

(1)

BAB IV

Profil Radio Elisa 103.9 Fm Salatiga

4.1 Sejarah Radio Elisa 103.9 Fm Salatiga

Awal gagasan didirikan Radio Elisa Fm dimulai dari sebuah pertemuan beberapa orang yang ingin memberikan kontribusi yang positif di kota Salatiga dan sekitarnya sehubung dengan adanya perubahan yang sangat mengglobal dan keadaan ini sangat berpengaruh terhadap kemrosotan moral bangsa. Maka pada tanggal 19 Mei 2004 resmi didirikan Radio Elisa Fm yang menempati frekuensi 103,9 MHz dengan kanal 164. Atas dasar keyakinan bahwa melalui siaran yang bermuatan hiburan, informasi, dan pendidikan yang mengedepankan moral, kasih dan keteladanan maka diharapkan Radio Elisa Fm memberi warna baru di dunia ke-radio-an kota Salatiga. Juga diharapkan dapat mewujudkan kontribusi yang positif bagi kota Salatiga dan sekitarnya yang mendapat jangkauan frekuensi dari Radio Elisa Fm.

Pemberlakuan kebijakan perubahan frekwensi stara merupakan re-starting point, yang seolah-olah mengembalikan situasi persaingan ke titik awal. Situasi ini menjadi nilai tambah bagi Radio Elisa FM Salatiga yang saat itu masih berumur belia, karena dengan situasi ini berarti telah membuka kesempatan bagi Radio Elisa untuk bersaing dengan radio lain, untuk lebih meningkatkan kinerja yang lebih profesional dan marketing campaign guna merebut pasar. Apalagi dari sisi teknologi dan peralatan, Elisa FM bisa dikatakan memiliki kelebihan dibandingan dengan radio-radio lainnya di Salatiga

Perkembangan radio di Salatiga memang cukup kompetitif tingkat persaingannya, tetapi ketika membahas soal format, keberadaan Radio Elisa FM mampu memberikan alternatif yang berbeda dan mampu bersaing dengan para competitor yang tetap eksis lebih dahulu. Radio Pesona misalnya yang merupakan radio swasta yang berdiri terlebih dahulu adalah competitor langsung dengan Radio Elisa FM berdasarkan segmentasi, format siaran, dan komposisi siaran. Berdasarkan hasil research dan quesioner yang Radio Elisa bagikan secara acak kepada pendengar dengan perbandingan 1 jumlah penduduk Salatiga mewakili 15 orang (1:15) dengan asumsi penduduk Salatiga pada waktu Radio Elisa research berjumlah 150.000 jiwa. Ditemukan kesimpulan bahwa pendengar Radio Pesona FM tidak cukup signifikan jumlahnya dan tentunya

(2)

masih memberikan ruang gerak yang sangat luas untuk Radio Elisa FM Salatiga untuk merebut pangsa yang luas.

Dari interaksi dengan sebagian pengelola radio di Salatiga, rata-rata radio di Salatiga sudah mengenal manajemen siaran modern (contoh: Radio Zenith). Tapi fakta juga masih ada yang terlihat menggunakan manajemen pola lama (contoh paling sederhana: Suara Agape, Qolbu). Begitu juga dalam strategi pemasaran masih ada juga yang berpola hanya menunggu, tidak banyak yang melakukan ‘jemput bola’. Maka dengan demikian masih sangat terbuka bagi Radio Elisa FM untuk dapat merebut hati pendengar Salatiga tentunya berbekal pola manejemen siaran yang modern yang peka dengan situasi dan kondisi masyarakat dan sistem pemasaran agresif yang mempertimbangan aspek keberpihakan kepada pemodal kecil yang berniat untuk memberikan kontribusi dunia usaha kecil di Salatiga.

Berdasarkan kesadaran pengguna ranah public, maka Radio Elisa Fm bermaksud untuk berusaha di bidang penyiaran (Radio Siaran Swasta) secara profesional dalam mengemban fungsi sosial yang diamanatkan dalam Undang-Undang Penyiaran dan sesuai dengan visi dan misi yang ada. Sehingga perseroan dapat melakukan usaha dalam bidang penyiaran radio swasta. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan usaha dapat meliputi; menyelenggarakan siaran radio yang bermuatab hiburan, informasi, dan pendidikan; mempertanggung jawabkan penyajian siaran dan hiburan yang bermutu; Radio siaran tersebut bersifat komersial. Sejak berdirinya sampai saat ini, Radio Elisa Fm meiliki visi dan misi yaitu sebagai berikut :

a. Visi

Pembawa suara kemenangan b. Misi

- Membangun New Image” bagi setiap pendengar bahwa kita diciptakan dengan suatu tujuan Ilahi untuk mengelola suatu kehidupan yang lebih bertanggung jawab.

- Membangun “New Attitude” bahwa kita diciptakan untuk dapat bersikap hati bahwa segala sesuatu dapat dilakukan untuk suatu kehidupan yang lebih baik.

(3)

- Membangun “New Habit” bahwa kita diciptakan untuk berperilaku sebagai pemenang dan teladan bagi suatu kehidupan yang lebih bermakna.

1. Mewujudkan visi dari segi program

Menyajikan infomasi yang bisa dipertanggungjawabkan, melalui kemasan program-program hiburan bermutu yang dapat memberikan inspirasi bagaimana menumbuhkan kasih, semangat dalam hidup, dan keteladanan secara inovatif, aktraktif, interaktif

2. Mewujudkan visi dari segi teknis.

- Mengembangkan kualitas audio yang lebih baik di masa-masa mendatang. - Mengembangkan audio modulasi yang berbasis pada digital audio.

- Mengembangkan kecepatan memperoleh informasi. 3. Mewujudkan visi dari segi managemen

- Menjalankan perusahaan dengan efektif dan efisien, yang ditunjang oleh seluruh karyawan sebagai team work yang solid.

4. Berdasarkan latar belakang

- Perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat.

- Perkembangan di bidang teknologi informasi yang sangat cepat. - Adanya perubahan lifestyle atau gaya hidup.

- Semakin ketatnya persaingan di dalam bisnis radio yang ditunjukkan dengan banyak berdirinya radio-radio baru.

Tantangan perkembangan zaman yang terus melaju dan berkembang, membuat para pemilik media dan kru Radio Elisa Fm ini terus berjuang mengasah kemampuan untuk selalu menyajikan yang terbaik kepada masyarakat Salatiga dan sekitarnya.

(4)

Radio Elisa Fm juga sma seperti radio-radio lainnya yang memiliki visi dan misi, program acara, dan syarat-syarat yang ada dalam sebuah radio. Berikut ini adalah jadwal program acara selama satu minggu di Radio Elisa Fm :

2.1. JADWAL PROGRAM SIARAN ELISA FM TAHUN 2013 – 2014 Setiap hari Senin – Minggu, pukul 05.00 WIB – 24.00 WIB

Time Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Time Minggu

05.00-06.00 Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi 05.00-06.00 Suara Elisa Pagi 06.00-08.00 Pagi Beraksi Pagi Beraksi Pagi Beraksi Pagi Beraksi Pagi Beraksi Pagi Beraksi 06.00-09.00 Sungai Sukacita

08.00-10.00 Intips Intips Intips Intips Intips Intips

09.00-11.00 911

10.00-11.00 JLC JLC JLC JLC JLC JLC

11.00-13.00 Badut Badut Badut Badut Badut Badut

11.00-12.00 SERUNYA SM (Sepuluh Request Terbanyak) * 13.00-15.00 Simfoni Nostalgia Simfoni Nostalgia Simfoni Nostalgia Simfoni Nostalgia Simfoni Nostalgia Simfoni Nostalgia 12.00-15.00 Gayeng Sari 15.00-17.00 Leyeh-Leyeh Leyeh-Leyeh Leyeh-Leyeh Leyeh-Leyeh Leyeh-Leyeh Leyeh-Leyeh 15.00-17.00 Du Di Dam

17.00-19.00 Lampion Lampion Lampion Lampion Lampion Lampion

17.00-19.00 Realita Hidup * 19.00-22.00 Salam Manis Salam Manis Salam Manis Salam Manis Salam Manis Salam Manis 19.00-22.00 Me & My Friends 22.00-24.00 Nuansa Malam Nuansa Malam Nuansa Malam Nuansa Malam Nuansa Malam Nuansa Malam 22.00-24.00 Magical Words

4.2.2 Deskripsi Program Acara Elisa Fm Salatiga 2013 - 2014

Acara Deskripsi Acara Deskripsi

(5)

Pagi hari dengan doa dan ucapan syukur kepada Tuhan.

menyuguhkan lagu-lagu campursari dan karawitan. Sekaligus sebagai program acara yang bermuatan budaya lokal. Pagi Beraksi (Sapaan Pagi, Berita, Rekues & Informasi)

Memberikan semangat kepada Sahabat Elisa dalam mengawali aktivitas pagi hari, ditemani dengan lagu-lagu Pop Indo & Barat up beat tahun 2000-an.

Lampion

Menghibur Sahabat Elisa dengan menyuguhkan lagu-lagu Mandarin lama. Diselingi dengan berita terhangat serta Cahaya Lampion (cerita bijak Tiongkok).

Intips (Informasi &

Tips)

Menemani ibu rumah tangga dan

pendengar putri dalam beraktivitas di pagi hari. Menyuguhkan aneka tips kesehatan dan keluarga serta lagu-lagu Pop Indo & Barat tahun 1980-an – 1990-an.

Simfoni Nostalgia

Menghibur Sahabat Elisa dengan menyuguhkan lagu-lagu lama.

Diselingi dengan Info Sang Legendaris (informasi seputar penyanyi atau grup band legendaries)

JLC (Jendela Lumbung

Cinta)

Menemani dan menghibur sahabat Elisa dengan menyuguhkan talk show yang bermanfaat untuk sahabat Elisa di pagi hari dengan menyuguhkan lagu pop campuran indo dan barat

Salam Manis

Menghibur Sahabat Elisa dengan menyuguhkan lagu-lagu hits terbaru. Diselingi dengan Info Manca Negara, Info Dalam Negeri, Hottest News, Elisapedia.

Badai Dangdut

Menghibur Sahabat Elisa dengan menyuguhkan lagu-lagu dangdut dan pantun jenaka.

Nuansa Malam

Menghibur Sahabat Elisa dengan menyuguhkan lagu-lagu penghantar tidur. Segmen Mood Level disuguhkan sebagai ajang introspeksi diri.

Acara Deskripsi Acara Deskripsi

Sungai Sukacita

Menghibur Sahabat Elisa dengan menyuguhkan lagu-lagu rohani.

Realita Hidup

Membagikan kisah nyata untuk membangkitkan semangat Sahabat Elisa.

Serunya Salam Manis

Sepuluh Request Terbanyak Salam Manis. Merupakan tangga lagu Pop Indo & Barat berdasarkan request dari pendengar.

Me & My Friends

Bertujuan untuk menjadikan Radio Elisa sebagai sahabat bagi pendengar. Terdapat segmen curhat (Me & My Love), tips berteman dan SECT (Sahabat Elisa Cari Teman).

Gayeng Sari

Menghibur Sahabat Elisa dengan

menyuguhkan lagu memutarkan lagu-lagu campur sari.

Magical Words

Membagikan kata-kata bijak yang menginspirasi. Terdapat segmen Weekly Word, Wisdom in Story, The King of Words.

Du Di Dam

Menghibur Sahabat Kecil Elisa dengan menyuguhkan lagu-lagu anak-anak, dongeng dan pembelajaran ringan.

(6)

4.2.3 JADWAL PROGRAM SIARAN ELISA FM TAHUN 2015

Setiap hari Senin – Minggu, pukul 05.00 WIB – 24.00 WIB

PUKUL SENIN SELASA RABU KAMIS JUMAT SABTU MINGGU 05.00-05.05 Lagu Indonesia Raya Lagu Indonesia Raya Lagu Indonesia Raya Lagu Indonesia Raya Lagu Indonesia Raya Lagu Indonesia Raya Lagu Indonesia Raya 05.05-06.00 Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi Suara Elisa Pagi 06.00-08.00 Pagi Beraksi Pagi Beraksi Pagi Beraksi Pagi Beraksi Pagi Beraksi Pagi Beraksi Sungai Sukacita (06.00-09.00)

08.00-10.00 Intips Intips Intips Intips Intips Intips 10.00-11.00 Pop In The Air Pop In The Air Pop In The Air Pop In The Air Pop In The Air Pop In The Air 911 (09.00-11.00) 11.00-13.00 Badai Dangdut Badai Dangdut Badai Dangdut Badai Dangdut Badai Dangdut Badai Dangdut Serunya Salam Manis (11.00-12.00) 13.00-15.00 Mandarin Siang-Siang Mandarin Siang-Siang Mandarin Siang-Siang Mandarin Siang-Siang Mandarin Siang-Siang Mandarin Siang-Siang Gayeng Sari (12.00-15.00) 15.00-17.00 Leyeh-Leyeh Leyeh-Leyeh Leyeh-Leyeh Leyeh-Leyeh Leyeh-Leyeh Leyeh-Leyeh Dudidam 17.00-19.00 Simfoni Nostalgia Simfoni Nostalgia Simfoni Nostalgia Simfoni Nostalgia Simfoni Nostalgia Simfoni Nostalgia Realita Hidup 19.00-22.00 Salam Manis Salam Manis Salam Manis Salam Manis Salam Manis Salam Manis Indonesian Delight 22.00-23.55 Rocker’s Night Rocker’s Night Reggae Mania Reggae Mania Nuansa Malam Nuansa Malam Sunday Reggae 23.55-00.00 Lagu Wajib Nasional Lagu Wajib Nasional Lagu Wajib Nasional Lagu Wajib Nasional Lagu Wajib Nasional Lagu Wajib Nasional Lagu Wajib Nasional Sumber : Radio Elisa Fm Salatiga 2015

4.2.4 Deskripsi Program Acara Elisa Fm Salatiga 2015

DAFTAR

ACARA JAM SIAR

TARGET

PENDENGAR DESKRIPSI PROGRAM Acara Hari Senin – Sabtu

Suara Elisa Pagi 05.00 – 06.00

Dewasa dan Orang Tua

Acara yang menjadi pembuka siaran diisi dengan materi kerohanian Kristen dan

(7)

dibawakan oleh penyiar yang mempunyai kapabilitas dalam bidang kerohanian.

Pagi Beraksi 06.00 – 08.00

Anak Muda Acara bagi anak muda, yang memutarkan lagu pop masa kini, dengan memberikan informasi seputar kegiatan pagi hari, informasi dalam dan luar negeri, dan segment Hari Ini Dalam Sejarah.

Intips 08.00 –

10.00

Ibu Rumah Tangga dan Remaja Putri

Acara bagi kaum perempuan, khususnya Ibu rumah tangga dan remaja putri, diisi dengan informasi dan tips seputar perempuan dan keluarga, diakhiri dengan kata-kata mutiara. Pop In The Air 10.00 – 11.00 Dewasa Muda Memutarkan lagu-lagu tahun ‘90an akhir. Badai Dangdut 11.00 – 13.00 Dewasa dan

Orang Tua

Program acara musik dangdut, dengan diselingi pantun jenaka, informasi seputar tanaman obat dan resep obat tradisional.

Mandarin Siang Siang

13.00 – 15.00

Orang Tua Acara musik Mandarin, yang diisi informasi tentang Negeri Tirai Bambu dan kata-kata bijak khas Tiongkok.

Leyeh-leyeh 15.00 – 17.00

Dewasa dan Orang Tua

Memutarkan lagu campur sari dan langgam. Simfoni Nostalgia 17.00 – 19.00 Dewasa dan Orang Tua

Acara yang menyuguhkan lagu-lagu nostalgia era tahun 50’an – 80’an, diisi informasi seputar kota Salatiga.

Salam Manis 19.00 – 22.00

Anak Muda Acara yang menghadirkan lagu-lagu pop dari dalam dan luar negeri yang diisi dengan informasi dalam dan luar negeri, tips bagi anak muda.

Rocker’s Night 22.00 – 24.00

(Senin-Selasa)

Anak Muda dan Dewasa

Acara yang memutarkan lagu-lagu slow rock.

Reggae Mania 22.00 – 24.00

(Rabu-Kamis)

Anak Muda Acara yang memutarkan lagu-lagu reggae.

Nuansa Malam 22.00 – 24.00

(Jumat-Sabtu)

Anak Muda dan Dewasa Muda

Memutarkan lagu-lagu slow beat dari era ‘90an – 2000an.

(8)

Acara Hari Minggu

Sungai Sukacita 06.00 – 09.00

(Minggu)

Dewasa Kristen Acara rohani yang memutarkan lagu rohani Kristen.

911 09.00 – 11.00 Anak Muda Memutarkan lagu-lagu terbaru diselingi informasi untuk anak muda.

Serunya Salam Manis

11.00 – 12.00 Anak Muda Acara yang menghadirkan sepuluh tangga lagu terbaik dan paling sering di-request oleh pendengar.

Gayeng Sari 12.00 – 15.00

Dewasa dan Orang Tua

Memutarkan lagu-lagu campur sari. Du Di Dam 15.00 –

17.00

Anak-anak Acara yang khusus memutarkan lagu anak-anak, dengan nuansa ceria, diisi dengan dongeng dan tips untuk anak.

Realita Hidup 17.00 – 19.00

Dewasa Acara yang menyuguhkan kisah nyata, di mana pendengar dapat mengambil hikmah dari kisah tersebut.

Indonesian Delight

19.00 – 22.00

Anak Muda Khusus memutarkan lagu pop Indonesia, dan membahas banyak hal tentang Indonesia, seperti kuliner, tempat wisata, atau tokoh Indonesia. Sunday Reggae 22.00 –

24.00

Anak Muda Acara yang memutarkan lagu-lagu reggae.

Sumber : Radio Elisa Fm Salatiga 2015

Dalam tabel program acara dan deskripsi acara di atas dapat dilihat bahwa dari keseluruhan jadwal acara selama seminggu di Radio Elisa Fm terdapat format siaran yang mayoritas adalah hiburan dan informasi dengan menitik beratkan pada hiburan dan music sebesar 40%. Ciri khas dari Radio Elisa Fm sendiri adalah menjadi radio keluarga, karena hampir semua acaranya disesuaikan dengan anggota keluarga.

Itu yang menjadi alasan kenapa peneliti ingin meneliti program – program yang ada di Radio Elisa dari tahun 2013, 2014, 2015 apakah sudah sesuai dengan visi dan misi dari Radio Elisa Fm sendiri dengan menjabarkan diskripsi program acara Radio Elisa Fm dari tahun 2013 , 2014, 2015.

Pertumbuhan target segmentasi Radio Elisa sangatlah menjanjikan mengingat radio Elisa Fm dengan segmentasi yang jelas yaitu keluarga, sangatlah tepat apabila dipilih oleh perusahaan

(9)

(klien pemasang iklan) untuk dijadikan salah satu media promosi untuk produk-produk mereka. Karena pada dasarnya hampir semua produk yang beredar di pasaran diproyeksikan untuk keluarga. Melihat hal tersebut, Radio Elisa Fm yakin dengan segmentasi target yang telah Radio Elisa Fm tetapkan yaitu anak-anak usia 5 – 14 tahun (5%), remaja usia 15 – 24 tahun (50%), dewasa usia 25 – 39 (30%), lanjut usia 40 tahun – ke atas (15%), Radio Elisa FM akan mampu memenuhi kebutuhan utama mereka untuk menjadi sahabat yang mampu memberikan hiburan, informasi, trend dan lifestyle terkini.

Radio Elisa Fm mengedepankan hiburan dan musik untuk menarik pendengar sebanyak mungkin, Elisa FM menyajikan berbagai genre musik-musik yang sangat diminati oleh masyarakat. Selain itu Elisa FM juga banyak menyajikan informasi-informasi nasional yang sedang berkembang sehingga menumbuhkan semangat, kepekaaan dan cinta terhadap bangsa. Juga tidak ketinggalan Elisa FM menyajikan berita-berita lokal untuk memberikan informasi daerah setempat yang tidak didapatkan di media massa atau di media elektronik berskala nasional.

(10)

2.5. TABEL KOMPOSISI SIARAN

Sumber : Radio Elisa Fm Salatiga 2015

DATA SIARAN

S.E.S USIA Jenis Kelamin PROFESI MUSIC

A: 10 % B: 20 % C: 50 % D: 20 % 05 – 15 thn : 5 % 15 – 25 thn : 15 % 25 – 35 thn : 25 % 35 – 45 thn : 30 % 45 thn & up : 25 % Pria : 40 % Wanita: 60 % ­ Pelajar ­ Mahasi swa, ­ Ibu Rumah Tangga ­ PNS Karyawan ­ Wirasw asta ­ Pop Indonesia ­ Pop Barat ­ Dangdut ­ Campurs ari ­ Mandarin ­ Keronco ng ­ Rohani : 30% : 25% : 10% : 10% : 10% : 10% : 5%

Sumber : Radio Elisa Fm Salatiga 2015

3. Target Pendengar Radio Elisa Fm Berdasarkan Jenis Kelamin Sumber : Radio Elisa Fm Salatiga 2015

(11)

4. Target Pendengar Radio Elisa FM berdasarkan umur

Sumber : Radio Elisa Fm Salatiga 2015

Secara geografis, SES, umur, pendidikan, budaya dan perilaku segmentasi target pendengar radio pada umumnya sudah sangat jelas, mayoritas pendengar radio adalah anggota keluarga dengan kisaran usia 5 tahun s/d 40 tahun ke atas dengan status ekonomi menengah atas – menengah – menengah bawah. Karena itu Radio Elisa FM berusaha menjaring target pendengar dengan memberikan program-program hiburan dan informasi yang sesuai dengan kebutuhaan mereka.

Target Audience : Keluarga

Usia : 5-40 tahun keatas

Starta ekonomi sosial : Menengah keatas sampai menengah bawah

Psychograpic : Keluarga, karyawan, pengusaha, pelajar, ibu rumah tangga, smart, dinamis, dan modern

4.5 KOMPOSISI SIARAN

4.5.1 Kolerasi Dengan Segmentasi

Jadwal siaran Radio Elisa Fm disesuaikan dengan segmentasi pendengar. Misalnya untuk acara-acara segmentasi dewasa atau orang tua, Radio Elisa Fm ditempatkan pada jam yang tepat dengan pembawa acara dewasa muda yang mempunyai wawasan yang smart dan modern. Dan untuk segmentasi remaja Radio Elisa Fm menempatkan pada jam-jam yang sesuai dengan keberadaan remaja bisa mendengarkan radio, dengan dibawakan oleh penyiar muda yang smart, kreatif dan interaktif.

4.5.2 Korelasi dengan format siaran

Jadwal siaran Radio Elisa Fm disesuaikan dengan format acara, untuk format acara campursari Radio Elisa Fm menempatkan penyiar yang mempunyai kemampuan di bidang campursari. Untuk format acara talkshow atau diskusi, atau acara-acara dialog ditempatkan penyiar yang mempunyai wawasan yang luas dan smart. Atau ketika mendatangkan bintang tamu Radio Elisa Fm juga menghadirkan bintang tamu yang benar-benar ahli di bidangnya, misal Jajaran Pemkot, Kepolisian, Dokter, Guru, Dosen atau tokoh Masyarakat

(12)

4.5.3 . Korelasi Dengan Komposisi Siaran

Jadwal siaran Radio Elisa Fm sesuaikan dengan komposisi siaran hiburan, berita, layanan masyarakat, pendidikan, kebudayaan dan agama.

4.5.4 Disesuaikan dengan P3-SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran Dan Standar Program Siaran)

Jadwal siaran Radio Elisa Fm sesuaikan dengan P3-SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran Dan Standar Program Siaran) yang sudah disepakati oleh pihak managemen serta peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia tanpa menyinggung SARA.

4.6 SUMBER MATERI SIARAN

4.6.1 Sumber materi siaran 90% adalah Inhouse Production (alat, SDM, dan biaya ditanggung sendiri)

4.6.2 Bentuk materi setiap siaran berupa script atau naskah siaran, juga insert dari narasumber.

4.6.3 Bentuk Fisik:

Script 1 (Elisa news atau berita)

Tune buka: Sahabat Elisa/ Agung Setiawan dan Prameswari Ningtyas terpilih sebagai Duta Wisata kota Salatiga// Pemilihan putra putri duta wisata tersebut diselenggarakan di GPD Salatiga yang dihadiri oleh Walikota Salatiga Bapak John Manopo beserta kepala Dinas Pariwisata Salatiga// Adapun kriteria pemilihan duta wisata Salatiga adalah kemampuan berbahasa inggris, pengetahuan yang luas/ kepribadian yang luwes//

6.4. Hak dasar dimiliki Radio Elisa 7. Potensi Pendengar

a. Data Daerah Layanan

Daerah layanan Radio Elisa FM adalah: Salatiga, Bandungan, Ambarawa, perbatasan Salatiga Ampel, perbatasan Ungaran Semarang. Khusus untuk Salatiga, jangkauan siaran Radio Elisa FM meliputi kecamatan-kecamatan berikut: Kecamatan Argomulyo, Kecamatan Sidomukti, Kecamatan Sidorejo, Kecamatan Tingkir.

(13)

Potensi pendengar Radio Elisa FM untuk usia 5 – 50 tahun ke atas, SES BCD mencapai 75 % dari populasi jumlah penduduk di daerah layanan: Salatiga, Bandungan, dan sekitarnya atau berjumlah sekitar 800.000 jiwa

Penduduk Jawa Tengah Menurut Kabupaten dan Jenis Kelamin Tahun 2014

Kab./Kota Laki-laki Perempuan Jumlah

Kab. Semarang 468.328 481.487 949.815

Kota Salatiga 88.612 92.581 181.193

Total 556.940 574.068 1.131.008

Penduduk Jawa Tengah Menurut Kabupaten dan Kelompok Umur Tahun 2014

Kab./Kota 0 - 14 15 – 64 65+ Jumlah

Kab. Semarang 218.457 664.871 66.487 949.815

Kota Salatiga 41.672 127.216 12.305 181.193

Total 260.129 792.087 78.792 1.131.008

Sumber : Radio Elisa Fm Salatiga 2015

8. Bagan struktur organisasi

(14)

Referensi

Dokumen terkait

[r]

Berdasarkan hasil evaluasi prakualifikasi pada pekerjaan Perencanaan Pengembangan Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang, telah didapatkan hasil 5 (Lima) daftar pendek calon penyedia

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengimplementasian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan efek dari pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini pada

• RAKG atau Rencana Anggaran Kas Gampong adalah dokumen yang memuat arus kas masuk dan keluar yang digunakan untuk mengatur penarikan dana dari rekening kas gampong

Bertolak dari masalah ini, seharusnya warga di Kelurahan Sewu dapat belajar untuk peduli terhadap kondisi kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya, serta

Jumlah informan sebanyak 15 orang.Teknik analisa data melalui data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verifikasi data. Berdasarkan hasil

Pelaksanaan Sistem Registrasi dan Identifikasi (Regident) Kendaraan Bermotor dalam kaitannya dengan Pendapatan Asli Daerah Provinsi Lampung adalah fungsi Kepolisian

Pada intinya, lulusan program ini harus mampu mengembangkan produk/jasa sistem dan teknologi informasi yang berkualitas