ini mengandung arti bahwa kita bisa mengungkapkan perasaan kita, bisa hidup dan bekerja

Teks penuh

(1)

Kepribadian Perawat Profesional Kemampuan Pribadi

Kemampuan ini terkait dengan apa yang biasanya disebut sebagai “inner self” (diri terdalam, batiniah). Dunia intrapribadi menentukan seberapa mendalamnya perasaan kita, seberapa puas kita terhadap diri sendiri dan prestasi kita dalam hidup. Sukses dalam kemampuan ini mengandung arti bahwa kita bisa mengungkapkan perasaan kita, bisa hidup dan bekerja secara mandiri, tegar, dan memiliki rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan dan keyakinan.

Pancaran kualitas melayani ini tercermin dalam 6 ujung bintang, sikap perawat yang senantiasa harus dapat menunjukkan pribadi sebagaiTanpa harus dibantah era globalisasi dan perkembangan ilmu dan teknologi memang menuntut perawat, sebagai suatu profesi harus memberi pelayanan kesehatan yang optimal, tidak menutup kemungkinan perawat luar juga akan ikut berkompetisi mengisi rumah sakit-rumah sakit berstandar internasional, yang saat ini sudah banyak berdiri di Indonesia. Bisa dibayangkan alangkah ruginya bagi perawat Indonesia, bila ternyata pasien lebih memilih dirawat oleh perawat luar, hanya karena mereka lebih ramah, sopan, peduli, lebih terampil dari perawat Indonesia itu sendiri.

Jenjang Karir

Jenjang karir merupakan sistem untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme, sesuai dengan bidang pekerjaan melalui peningkatan kompetensi. Dalam pengembangan sistem jenjang

(2)

karir profesional bagi perawat dapat dibedakan antara pekerjaan (job) dan karir (career). Pekerjaan diartikan sebagai suatu posisi jabatan yang diberikan/ditugaskan, serta ada keterkaitan hubungna antara atasan dan bawahan, dan mendapatkan imbalan berupa uang. Karir diartikan sebagai suatu jenjang yang dipilih oleh individu untuk dapat memenuhi kepuasan kerja perawat, dan mengarah pada keberhasilan pekerjaan (kinerja) sehingga pada akhirnya akan memberikan kontribusi terhadap bidang profesi yang dipilihnya. Pemilihan karir secara bertahap akan menjamin individu dalam mempraktikkan bidang profesinya, karena karir merupakan investasi dan bukan hanya untuk mendapatkan penghargaan/imbalan jasa.

Komitmen terhadap karir, dapat dilihat dari sikap perawat terhadap profesinya serta memotivasi untuk bekerja sesuai dengan karir yang telah dipilihnya. Dalam sistem jenjang karir professional diharapkan mampu berpikir rasional, mengakomodasi kondisi lingkungan, mengenal diri sendiri, belajar dari pengalaman dan mempunyai aktualisasi diri sehingga dapat meningkatkan jenjang karir profesinya. Jenjang karir perawat dapat dicapai melalui pendidikan formal dan pendidikan berkelanjutan berbasis kompetensi serta pengalaman kerja di sarana kesehatan.

Pengembangan karir profesional perawat bertujuan: meningkatkan moral kerja dan mengurangi kebuntuhan karir (dead and jobjob/career), menurunkan jumlah perawat yang keluar dari pekerjaan (turn-over), menata sistem promosi berdasarkan persyaratan dan kriteria yang telah ditetapkan sehingga mobilitas karir berfungsi dengan baik dan benar. Pengembangan sistem jenjang karir profesional perawat klinik ditujukan terutama bagi perawat yang bekerja sebagai perawat pelaksana di sarana kesehatan dan dimulai dari perawat professional pemula.

(3)

Seorang Perawat Profesional harus mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi, kenapa? karena kita pasti akan menghadapi berbagai karakter dari pasien tersebut,beruntunglah bila kita mendapatkan pasien yang sabar dan dapat mengerti profesi perawat, nah bagaimana bila kita

menemukan pasien yang kurang ramah,rewel dsb....

Dalam hal ini kita sebagai seorang perawat profesional harus mengerti kondisi dari pasien tersebut, dengan demikian kita sebagai perawat akan mampu menjalankan kewajiban kita dengan

lapang dada dan tanpa pamrih.

beberapa kondisi yang harus seorang perawat pahami dari pasien sbb: ♦ INGAT !!! pasien masuk adalah dalam kondisi sakit, mereka dalam kodisi tidak nyaman dan sangat frustasi,→ disini perawat harus mengerti dengan kondisi nya, seorang perawat profesional harus bisa menjadi tempat perlindungan bagi pasien tersebut dan dengarkan keluhan mereka berikan sebuah motivasi dan simpatik untuk mereka sehingga motivasi sembuh untuk pasien

tersebut dapat meningkat.

♦ Lakukan Action, yang perlu kita ketahui bahwa pasien dan keluarga nya datang ke rumah sakit adalah untuk mendapatkan sebuah pelayanan, berikanlah perhatian dengan melakukan sebuah action, sebagai contoh di ruang UGD → saat pasien datang apa yang terjadi bila "no action" mungkin pasien atau keluarga nya akan sangat marah besar berbeda dengan bila kita melakukan sebuah action seperti melakukan pengecekan tanda-tanda vital pasien, mungkin tindakan dasar tersebut akan memberikan respon positif dari pasien dan keluarga nya.

(4)

Sudah kita pahami bahwa seorang perawat profesional harus mampu memahami kondisi setiap pasien nya, dengan demikian pelayan secara menyeluruh dapat terlaksana dengan baik.

Pentingnya perawat mengetahui tipe kepribadian sendiri dan orang lain

Kepribadian adalah corakprilaku dan kebisaan an digunakan individu yang terhimpun dalam dirinya dan digunakan untuk bereksi dan menyesuaikan diri terhadap ranhsangan dari dalam maupun dari luar.

Maka dari itu pentingnya perawat mengetahui kepribadian dirinya dan orang lain.adalah

• Agar tidak terjadi kesenjangan dan kesalah pahaman antara perawat dengan pasien yang akan berpengaruh terhadap prosese keperawatan

• Agar seorang perawat mampu mengendalikan diri saat berhadapan dengan pasien yang mempunyai karakter berbeda dengan dirinya,dan juga saat terjadi proses keperawatan • Agar perawat mampu berintraksi dengan baik dengan pasien,maupun keluarga pasien

sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara perawa dan pasien

• Agar perawat mampu memenuhi kebutuhan pasien bukan hanya secara medical tapi juga secara social dan spiritual untuk mempercepat proses penyembuhan pasien.

• Agar perawat mampu membrikan service yang baik dan benar terhadap pasien dan keluarga pasien yang akan membrikan knyamanan bagi pasien

(5)

Pembentukan kepribadian

Kepribadian sesorang dipengaruhi oleh berbegai factor dintaranya:

Keluaga:

memiliki peran penting dalam mewujudkan kepribadian anak. Khususnya lingkungan lingkungan keluarga. Kedua orang tua adalah pemain peran ini. Peran lingkungan dalam mewujudkan kepribadian seseorang, baik lingkungan pra kelahiran maupun lingkungan keluarga.pengaruh pendidikan yang diajarkan kedua orang tua maupun keseharian keluarga tersebut.

Teman sepermainan

Teman snagat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang karena teman merupakan suatu wadah yang paling sering bermain dengan kita dan yang dekat dengan kita.bila kita bergaul dengan orang yang berkepribadian kasar dan tidak tau aturan maka kita juga akan tepengaruh begitu juga sebaliknya.teman merupakan penyumbang terbesar untuk pembentukan kepribadian seseorang apalalagi orang yang jauh dari keluarga

(6)

Pembentukan kpribadian juga di pengaruhi oleh keadaan lingkungan tempet tinggal karena orranr-orang dan kebisaan sehari-hari akan menjadi contoh yang sangat baik untuk menjadi pribadi yang ada di lingkungan tempat tinggal.

Kedekatan dengan Tuhan

Kperibadian kita juga di pengaruhi oleh sedekat apa kita dengan Tuhan karena kedekatan dengan sang pencipta akan membuat kita menjadi pribadi yang religius serta mampu menjadi teladan \Masalah-masalah yang sudah di hadapi

Dalam hidup kita tidak akan luput dari masalah tetapi sebenar nya tanpa kita sadari masalah-masalah yang kita hadapi turut andil dalam pembentukan kepribadian kita.yakni membuat kita lebih kuat,atau malah membuat kita menjadi kurang pergaulan da n pribad I yang cengeng.

Ciri-ciri pribadi perawat muslim maka dari Itu

Menjadi seorang perawat muslim harus mempunyai keunggulan dari perawat bias dan keunggulan itu bias di tunjukkan melalui sikap dan pribadi perawat itu sendiri.ciri-ciri sikap itu diantaranya:

Memiliki hati yang kaya dan bersih

Hati ibarat sebuah cermin ketika cermin itu jernih bersih dari karat dan kotoran maka terlihat bayangan dengan sempurna dan begitu juga sebaliknya.(AL GHAZALI)

Maka dari itu seorang perawat harus memiliki hati yang jerniih supaya selalu terpancar kebaikan dan ketulusan saat menjalankan tugas sebagai seorang perawat.

(7)

Berilmu bukan hanya teori tapi profesionalisme

Seorang perawat muslim harue mempunyai ilmu yang dapat di aplikasikan dalam peroses keperawatan,secara profesionalisme yakni mendahulukan kepentingan pasien tanpa memandang status sosial pasien tersebut dan mau mengorbankan kepentingan dirinya sendiri demi kesembuhan dan kenyamanan si pasien.

Penuh dengan kasih

Sebagai seorang perawat haruslah kita penuh dengan kasih karena kasih merupakan obat yang mujarap secara sikis selain itu bila kita di penuhi dengan kasih maka pasien kita akan merasa di sayangi dan di perhatikan dan sikap itu merupakan motivasi yang sangat penting untuk penyembuhan pasien,

Mengendalikan diri dan sabar

Bila kita mampu mengendalikan diri dan sabar menghadapi pasien dengan segala karakter dan kebutuhannya maka proses keperawatan akan berjalan dengan lancar.selain itu perawat yang sabar sudah membantu pasien untuk bertahan dan berjuang untuk kesembuhannya sendiri.

Tidak mudah menyarah

Seorang perawat tidak boleh mudah menyerah untuk memberikak konstribusi yana terbaik bagi pasiennya,selain itu perawat harus mempunyai motivasi yang luar biasa untuk pasien supaya pasien tetep semangat dan tidak memikirkan penyakit yang sedan mereka derita tapi berfikir bagaimana caranya supaya mereka lekas sembuh.Nothing impossible and everything is possible if you beliave in Allah.

(8)

Menjadi seorang perawat harus aktif dan terbuka terhadap semua yang terjadi dengan pasien .keaktifan disini juga dapat diartikan sebagai keramahan perawat terhadap pasien misalnya selalu menyapa pasiien dan keluarga pasien,membantu pasien pada saat si pasien membutuhkan bantuan tapi semuanya harus dengan senyum yang penuh ketulusan.

Ikhlas,murah hati serta lemah lembut

Perawat harus iklhas dalam melaksanakan tugas keperawatan tanpa mengharapkan pamrih apa-apa dari pasien meskipun itu hanya ucapa-apan trimakasih supaya pasien merasa nyamanKeiklhasan saja tidak cukup karena harus di barengi dengan kemurahan hati serta kelembutan pada saat merawat pasien demi tercapainya kepuasaan pasien.

Kepribadian Perawat

Seorang perawat profesional harus memiliki kepribadian yang baik. berikut beberapa kepribadian yang seharusnya dimiliki oleh seorang perawat :

1. Keadaan fisik

Sabagai seorang perawat, kita harus bisa menjaga dan merawat kesehatan tubuh kita sendiri sebelum merawat orang lain.

(9)

Didepan pasien kita harus berpenampilan yang rapi,tidak mungkin kan, kalaukita berpenampilan di depan pasien berantakan, yang ada pasien malah tidak mau di rawat oleh kita. Pasien pasti akan berpersepsi, bagaimana perawat itu merawat kita,sedangkan perawat itu saja tidak bisa merawat diri dia sendiri.

3. Kejujuran

Perawat harus mengatakan apa adanya tentang segala sesuatu yang

berhubungan dengan keadaan pasien. tidak boleh ada yang di tutup-tutupi.

4. Keriangan

Perawat harus menunjukkan sikap riang,bahagia.jangan tunjukkan sikap jutek di depan pasien, pasien pasti akan takut melihat muka kita yang seperti itu.

5. Berjiwa sportif

(10)

kesalahan, perawat harus mengevaluasinya lagi dan introspeksi diri.

6. Rendah hati dan Murah hati

Apabila perawat bertemu dengan pasien,perawat harus menunjukkan sikap ramah dan bantu pasien apabila ada yang memerlukan bantuan.

7. Dapat dipercaya

Perawat harus bisa menjaga privasi pasien. jangan suka mengumbar kekurangan pasien sekalipun dengan teman sejawat.

8. Loyalitas

Sesama perawat harus bisa bekerja sama dan saling membantu.

9. Pandai menimbang perasaan.

Perawat dalam menyampaikan suatu pernyataannya terhadap pasien harus memiliki sikap ini supaya tidak menambah beban pikiran pasien.

(11)

10. Pandai bergaul

Salah satu contohnya : perawat menyapa pasien apabila bertemu

11. Keramahan,simpati,dan kerja sama

Perawat harus bisa menunjukkan sikap ramah dan simpatinya terhadap Pasien, hal ini di harapkan supaya pasien merasa nyaman dengan kita dan akhirnya si pasien mudah di ajak kerja sama dengan kita.

12. Rasa humor

Selain itu, kita juga harus memiliki rasa humor, setidaknya dengan memberikan sedikit humor kepada pasien mampu mengurangi beban pikirannya.

13. Sopan santun

Sebagai seorang perawat, kita harus menghormati yang lebih tua dari kita sekalipun itu pasien. tidak hanya dengan yang lebih tua dengan teman sejawat atau yang umurnya di bawah kitapun,kita juga harus tunjukkan

(12)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :