Keyakinan diri yang dimiliki mantan preman

Teks penuh

(1)

KEYAKINAN DIRI YANG DIMILIKI MANTAN PREMAN

SKRIPSI

Disusun oleh:

MUHAMMAD NUR HUDA 2013-60-001

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MURIA KUDUS

(2)

KEYAKINAN DIRI YANG DIMILIKI MANTAN PREMAN

SKRIPSI

Diajukan Guna Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi

Disusun oleh:

MUHAMMAD NUR HUDA 2013-60-001

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MURIA KUDUS

(3)

HALAMAN PENGESAHAN

Dipertahankan di Depan Dewan Penguji Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus dan

Diterima Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi

Pada Tanggal

………..

Mengesahkan Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus Dekan,

(Iranita Hervi Mahardayani, S. Psi, M. Psi.)

Dewan Penguji Tanda Tangan

1. Dr. M. Widjanarko, S. Psi, M. Si. ____________

2. Latifah Nur Ahyani, S.Psi, M.A.

(4)

HALAMAN PERSETUJUAN

KEYAKINAN DIRI YANG DIMILIKI MANTAN PREMAN

yang diajukan oleh :

MUHAMMAD NUR HUDA 2013-60-001

Telah disetujui untuk dipertahankan di depan Dewan Penguji

Telah disetujui oleh :

Pembimbing Utama

Dr. M. Widjanarko, S.Psi, M. Si. Tanggal ……….

Pembimbing Pendamping

(5)

PERSEMBAHAN

Kupersembahkan karya sederhana ini untuk Bapak dan Ibu yang melahirkan dan merawatku sampai sekarang,

walaupun karya sederhana ini tidak akan bisa membayar atas semua peluh perjuangan Bapak dan ibu kepadaku sampai saat ini,

aku harap karya ini bisa memberi sedikit senyum kebanggaan untuk mereka. Juga untuk Istri dan anakku yang kucintai.

(6)

MOTTO

“Jangan menjadi orang yang mulia karena dimuliakan, tapi jadilah orang yang dimuliakan karena mulia.”

(Ibu Solikhatun)

“Berbaktilah kepada orang tuamu, maka segala sesuatu urusanmu akan dimudahkan.”

“Rawato Qur‟anmu mongko awakmu bakal kerumat.” (Simbah K.H. Arwani Amin)

(7)

PRAKATA

Segala puja puji ke hadirat Allah „Azza wa Jalla yang telah melimpahkan kasih sayangNya kepada sekalian makhluk di alam semesta. Tidak lupa rasa syukur yang begitu dalam atas nikmat dan karuniaNya dijadikan sebagai golongan yang mencintai ilmu (insya Allah). Sholawat serta salam yang selalu tercurahkan kepada Junjungan Mulia Rasulullah Muhammad Shollallahu `alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam yang telah menerangi ummat manusia dari zaman jahiliyyah ke zaman terang benderang yang kelak diharapkan syafaatnya di yaumil akhir. Aamiin.

Banyak rintangan dan tantangan selama proses studi yang penulis rasakan, terutama saat pengerjaan skripsi. Pahit manis perjuangan yang begitu berkesan selama menjadi mahasiswa Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK) semoga mendapatkan hikmah didalamnya dan menjadi bekal untuk masa depan yang bermanfaat. Penulis juga menyadari sepenuhnya bahwa tanpa ada bantuan dan dukungan dari berbagai pihak tidak mungkin karya ini terwujud. Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati izinkan dalam kesempatan kali ini penulis menghaturkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Ibu Iranita Hervi Mahardayani, S.Psi, M. Psi. selaku Dekan Fakultas Psikologi UMK sekaligus Pembimbing Akademik yang telah mendidik dan membimbing selama proses studi dan memberikan motivasi untuk menyelesaikan studi penulis.

(8)

2. Bapak Dr. M. Widjanarko, S. Psi, M. Si. selaku pembimbing utama yang telah membimbing, mengarahkan, dan mendidik selama menuntut ilmu di Fakultas Psikologi UMK hingga terselesaikannya skripsi penulis.

3. Ibu Fajar Kawuryan, S. Psi, M. Si. selaku pembimbing pendamping yang telah berkenan meluangkan waktu di tengah kesibukkan yang padat guna membimbing dan mengarahkan hingga selesainya skripsi penulis.

4. Seluruh Dosen yang telah mendidik dan membimbing penulis selama menuntut ilmu di Fakultas Psikologi UMK

5. Para karyawan Fakultas Psikologi UMK yang telah banyak membantu penulis selama menuntut ilmu di Fakultas Psikologi UMK.

6. Almarhumah Ibu yang sangat bejasa dalam kehidupan penulis, juga Bapak yang telah merawat, membesarkan dan selalu berdoa untuk kesuksesan penulis di dunia dan akhirat.

7. Bidadari syurgaku Elisa Mutiah, yang telah menyemangati dan pengertian meskipun hamil dimasa penulisan penulis.

8. Anakku tercinta yang memberikan penyemangat tambahan agar segera menuntaskan kewajiban.

9. Untuk guru-guru penulis dari TK sampai MA, dan juga guru ponpes Yanbu‟ul Qur‟an yang telah memberi banyak ilmu untuk penulis.

10. Saudara-saudara penulis yang telah memberikan semangat dan dukungan untuk segera menyelesaikan studi S1 penulis.

11. Keluarga besar PonPes Yanbu‟ul Quran Remaja, TBS Kudus, dan Al-Azar menara yang telah menjadi keluarga penulis selama studi di Kudus.

(9)

12. Sahabat sekaligus saudara bahkan keluarga “Spesies Endangered” yang selalu hadir memberikan support dalam bentuk abnormalnya. Terima kasih telah rela membuang-buang waktu menjalani manis, pahit dan ganasnya kehidupan serta memberikan arti sebuah kesetiakawanan.

13. Keluarga besar MRC Ina yang telah mengajarkan penulis bagaimana cara bermanfaat untuk kehidupan sosial sekitar.

14. Teman sekaligus sahabat yaitu Bang Said, Okky, Ican, Jihan, Aufal, dan teman-teman angkatan 2013 Fakultas Psikologi UMK yang telah memberikan dukungan dan semangat untuk penulis.

15. Para informan yang telah berkenan membantu penulis guna menyelesaikan proses penelitian ini.

16. Terakhir tanpa mengurangi rasa hormat, terima kasih untuk semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu penulis baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penelitian ini. Demikian, semoga skripsi ini bermanfaat bagi para pembacanya terutama bagi kemajuaan keilmuan psikologi. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih. Semoga kita senantiasa mendapatkan petunjuk dan berada dalam lindunganNya. Aamiin.

Kudus, 19 Agustus 2018 Penulis

(10)

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN SAMPUL JUDUL ... i

HALAMAN JUDUL... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

HALAMAN PERSETUJUAN ... iv PERSEMBAHAN ... v MOTTO ... vi PRAKATA ... vii DAFTAR ISI... xi DAFTAR TABEL ... xv

DAFTAR GAMBAR ... xvi

DAFTAR LAMPIRAN ... xvii

ABSTRAK ... xviii

BAB I. PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Tujuan Penelitian ... 6

C. Manfaat penelitian ... 6

1. Manfaat Teoritis ... 6

2. Manfaat Praktis ... 6

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA ... 7

A. Keyakinan Diri Yang Dimiliki Mantan Preman ... 7

1. Pengertian Keyakinan Diri ... 7

(11)

B. Dimensi dan Aspek Keyakinan Diri ... 11

C. Dinamika Keyakinan Diri yang Dimiliki Mantan Preman ... 13

D. Skema Alur Pikir Yang Dimiliki Mantan Preman ... 14

BAB III. METODE PENELITIAN ... 15

A. Metode Penelitian Kualitatif... 15

B. Ciri-ciri Kualitatif... 17

C. Subjek Penelitian ... 20

D. Metode Pengumpulan Data ... 21

1. Observasi ... 22

2. Wawancara ... 23

E. Metode Analisis Data ... 23

1. Coding ... 23

2. Analisis Data ... 24

F. Kredibilitas Hasil Penelitian ... 25

BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 27

A. Persiapan Penelitian ... 27 B. Pelaksanaan Penelitian ... 28 C. Hasil Penelitian ... 29 D. Tabel Analisis... 50 E. Kredibilitas Penelitian ... 53 F. Pembahasan ... 55 BAB V. PENUTUP ... 60 A. Simpulan ... 60 B. Saran ... 60

(12)

DAFTAR PUSTAKA ... 60 LAMPIRAN ... 61

(13)

DAFTAR TABEL

Halaman TABEL JADWAL PERTEMUAN ... . 29 TABEL ANALISIS ... 50 TABEL CODING INFORMAN I

(14)

DAFTAR GAMBAR

Halaman GAMBAR SKEMA ALUR PIKIR PENELITIAN ... 14 GAMBAR SKEMA INTERPRETASI INFORMAN I ... 41 GAMBAR SKEMA INTERPRETASI INFORMAN II ... 49

(15)

DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN I. INSTRUMEN WAWANCARA

LAMPIRAN II. TRANSKRIP WAWANCARA LAMPIRAN III. CODING

LAMPIRAN IV. SURAT PERNYATAAN LAMPIRAN V. SCREENING JUDUL

(16)

KEYAKINAN DIRI YANG DIMILIKI MANTAN PREMAN ABSTRAK

Seorang mantan preman diartikan sebagai seseorang yang pernah memangku suatu jabatan/kedudukan yang disebut orang jahat dengan melakukan penodongan, perampokan, pemerasan dan sebagainya dengan kekuasaan wilayah tertentu. Menurut Corsini (Luthfiana, 2013) keyakinan diri memiliki empat aspek yaitu kognisi, motivasi, afeksi dan seleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek keyakinan diri yang dimiliki mantan preman. Adapun informan dalam peneltian ini yaitu seseorang yang pernah berprofesi sebagai seorang preman kemudian memiliki keyakinan diri untuk menjadi lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yaitu sebagai pengalaman subjektif atau pengalaman fenomenologikal: suatu studi tentang kesadaran dari perspektif pokok seseorang dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan milik Bogdan dan Biklen (Moleong, 2014) yaitu coding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek-aspek keyakinan diri yang dimiliki pada kedua informan adalah kognisi, motivasi, afeksi, dan seleksi. Informan pertama memiliki kognisi untuk berpindah-pindah tempat tinggal meskipun dalam keadaan yang serba sederhana demi menghindari teman-temannya. Informan pertama termotivasi untuk berubah guna memberikan lingkuangan yang lebih baik bagi keluarganya. Afeksi yang dirasakan Informan pertama ketika diremehkan oleh lingkungannya tidak pernah merasa marah atau benci selama itu tidak keterlaluan dan menyinggung keluarganya. Namun, dalam pemilihan tindakan, Informan pertama terkadang masih belum terkendali. Selanjutnya, kognisi yang dimiliki Informan kedua yaitu menyerahkan seluruh aset kekayaan dari hasil sebagai preman dan pergi meninggalkan daerah kekuasaannya. Pada informan kedua memberikan nafkah yang halal untuk keluarga menjadi motivasinya dalam menjadi lebih baik. Dalam hal afeksi informan kedua mengatakan bahwa diremehkan ataupun dikucilkan justru menjadikannya lebih kuat dan mendoakan orang-orang yang menghina dan mengucilkannya untuk diberi petunjuk. Sedangkan dalam tindakan informan kedua masih belum bisa sepenuhnya mengambil jalur kekeluargaan.

(17)

SELF EFFICACY OWN BY OF FORMER THUG ABSTRACT

A former thug is interpreted as someone who has held a position called a bad person by carrying out muggings, robberies, extortion and so on with certain territorial powers. According to Corsini (Luthfiana, 2013) self-confidence has four aspects, namely cognition, motivation, affection and selection. The purpose of this study was to find out the aspects of self-confidence possessed by former thugs. The informants in this study were someone who had worked as a thug then had

the confidence to be better. The method that used in this research is qualitative

method with phenomenologic approach that is as subjective experience or experience phenomenological: a study of consciousness from the perspective of a person subject using data collection techniques of observation and interviews. Methods of data analysis is using belongs to Bogdan and Biklen (Moleong, 2014) this is coding. The results of this study indicate that the aspects of self-confidence held by both informants are cognition, motivation, affection, and selection. The first informant has the cognition to move from place to place even in simple circumstances to avoid his friends. The first informant is motivated to change in order to provide a better environment for his family. Affection that is felt by the first informant when underestimated by his environment never feels angry or resentful as long as it is not outrageous and offends his family. However, in the selection of actions, the first informant is sometimes still out of control. Furthermore, the cognition possessed by the second informant is to surrender all wealth assets from the proceeds as thugs and leave his territory. In the second informant, providing a halal income for the family is the motivation to be better. In the case of affection, the second informant said that being underestimated or ostracized made him stronger and prayed for those who insulted and ostracized him for guidance. Whereas in the actions of the second informant, they still cannot fully take the family path.

(18)

Figur

TABEL CODING INFORMAN II

TABEL CODING

INFORMAN II p.13

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :