• Tidak ada hasil yang ditemukan

Perencanaan dan pembangunan aplikasi E-COMMERCE berbasis web pada toko baju miw miw store medan

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Perencanaan dan pembangunan aplikasi E-COMMERCE berbasis web pada toko baju miw miw store medan"

Copied!
11
0
0

Teks penuh

(1)

BAB 2

LANDASAN TEORI

2.1Animasi

Animasi adalah sususan gambar diam (static graphics) yang dibuat efek sehingga seolah-olah tampak bergerak. (Dhani Yudhiantoro,2006)

Animation is a process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion, yang artinya adalah sebuah proses merekam dan memakai kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan. Berdasarkan arti harfiah, animasi adalah menghidupkan suatu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bias bergerak sendiri. Secara garis besar, animasi komputer dibagi menjadi dua kategori, yaitu :

a. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada sistem animasi dua dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Komputer diguanakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.

(2)

(Ibiz Fernandez McGraw-Hill,2011)

Terdapat dua metode untuk membuat sebuah renteten animasi dalam Flash, yaiutu Animasi Frame by Frame dan Animasi Tweened (Tweebed Animation). Animasi frame frame by frame adalah cara klasik menyusun animasi. Di sini Anda harus membuat secara berbeda gambar-gambar dalam tiap frame, sedangkan dalam Animasi Tweened, Anda cukup membuat frame awal dan frame akhir kemudian membiarkan flash membuat frame-frame diantara keduanya. Flash akan membuat variasi besar kecilnya ukuran, rotasi, warna, atau atribut-atribut objek lainnya secara merata di antara frame awal dan frame akhir untuk membuat penampilan gerakan.(Dhani Yudhiantoro,2006)

Animasi Sebagai Media Pembelajaran

(3)

Media Animasi dalam Pembelajaran yang digunakan baik pada penjelasan konsep maupun contoh-contoh, selain berupa animasi statis auto-run atau diaktifkan melalui tombol, juga bisa berupa animasi interaktif dimana pengguna (siswa) diberi kemungkinan berperan aktif dengan merubah nilai atau posisi bagian tertentu dari animasi tersebut. Urutan kegiatan belajarnya dapat meliputi : Melihat contoh, mengerjakan soal latihan, menerima informasi, meminta penjelasan, dan mengerjakan soal/evaluasi.

Berikut merupakan beberapa kepentingan atau kelebihan Media Animasi dalam Pembelajaran:

1. Media Animasi dalam Pembelajara mampu menyampaikan ssuatu konsep yang kompleks secara visual dan dinamik.

2. Media Animasi digital mampu menarik perhatian pelajar dengan mudah. Animasi mampu menyampaikan suatu pesan dengan lebih baik dibanding penggunaan media yang lain.

3. Animasi digital juga dapat digunakan untuk membantu menyediakan pembelajaran secara maya.

4. Media Animasi dalam Pembelajaran mampu menawarkan satu media yang lebih menyenangkan. Animasi mampu menarik perhatian, meningkatkan motivasi serta merangsang pemikiran pelajar yang lebih berkesan.

5. Persembahan secara Visual dan dinamik yang disediakan oleh teknologi animasi mampu memudahkan dalam proses penerapan konsep ataupun demonstrasi.

(4)

2.3 Flash

2.3.1 Sekilas tentang Flash

Macromedia Flash adalah sebuah program yang ditunjukan kepada para desainer maupun programer yang bermaksud merancang animasi untuk pembuatan halaman web, presentasi untuk tujuan bisnis maupun proses pembelajaran hingga pembuatan game interaktif serta tujuan-tujuan lain yang lebih spesifik.

Untuk itu, Flash dilengkapi dengan tool-tool (alat-alat) untuk membuat gambar yang kemudian akan dibuat animasinya. Selanjutmya, animasi disusun dengan menggabungkan adegan-adegan animasi hingga menjadi movie. Langkah terakhir adalah menerbitkan karya tersebut ke media yang dikehendakinya.

Flash adalah program animasi berbasis vektor yang bisa menghasilkan file kecil (ringan) sehinggga mudah diakses pada halaman web tanpa membutuhkan waktu loading yang lama. Flash menghasilkan file dengan ekstensi .FLA Setelah file tersebut siap untuk dimuat ke halaman web, selanjutnya file akan disimpan dalam format .SWF agar dapat dibuka tanpa menginstal perangkat lunak Flash, tetapi cukup menggunakan Flash Player yang dipasang pada browser berbasis Windows.

(5)

web. Perogram inilah yang merupakan ciikal bakal Macromedia Flash yang kita kenal sekarang. Macromedia melkukan inovasi besar-besaran sehingga waktu tegangan munculnya Flash versi 1 hingga hingga versi 4 berlangsung hanya dalam kurun waktu 2 tahun.

Tahun 2005 Macromedia mengeluarkan Flash basic 8 dan Flash professional 8. Masing-masing ditunjukan untuk desainer pembuat animasi serta pengguna yang memerlukan fasilitas lanjutan baik untuk para pengembang (pembuat program baik dari sisi artistik maupun database) dan pembuat aplikasi interaktif yang memerlukan fasilitas lebih dari sekedar fasilitas dasar. Mungkin ini merupakan strategi pasar agar mereka yang ingin mengenal Flash bisa memperoleh paket dengan harga murah dengan membeli Flash Basic 8, sementara versi lengkapnya dijual dengan harga lebih mahal. (Yudhiantoro 2006)

2.3.2 Macromedia Flash 8

Macromedia flash merupakan program grafis animasi web yang diperoduksi oleh Macromedia corporation. Macromedia Flash pertama kali diperoduksi pada tahun 1996. Pada awal produksi, Macromedia Flash merupakan Software untuk membuat animasi sederhana berbasis .gif. seiring dengan perkembangannya, Macromedia Flash mulai digunakan dalam pembuatan desain situs web. Macromedia Flash telah diperuduksi dengan beberapa versi terbaru yang sekarang beredar dipasaran adalah Macromedia Flash versi 8 dirilis tahun 2005.

(6)

pasaran yakni Adobe Flash CS3 yang hak ciptanya telah dimiliki oleh Adobe bukan Macroedia Corp lagi.

Keunggulan Macromedia Flash dibanding program lain yang sejenis, antara lain :

1. Dapat membuat tombol intteraktif dengan sebuah movie atau objek lain.

2. Dapat membuat perubahan transparansi warna dalam movie. 3. Dapat membuat perubahan animasi 1 bentuk ke bentuk lain.

4. Dapat membuat gerakan animasi dengan mengikuti alur yang telah ditetapkan.

5. Dapat dikonveresni dan dipublikasikan ke dalam beberapa tipe, diantaranya adalah .swf, .html, .gif, .jpg, .png, .exe, .mov.

Untuk membuka program Macromedia Flash 8 Anda dapat melakukan cara berikut:

Pilih Start > Program > Macromedia > Flash 8 Atau

(7)

Gambar 2.1 Tampilan Awal Progarm Flash

Pilih Create new > Flash Document untuk memulai membuat file baru. Pilih Open a Recent New > Open untuk membuka file flash.

Berikut merupakan tampilan standar jendela kerja Flash 8, saat Anda memulai memuat file baru.

Gambar 2.2 Jendela Kerja Flash

(8)

a. Menu bar yang berisi kumpulan menu atau perintah-perintah yang digunakan dalam flash 8.

(9)

Table 2.1 Simol-simbol Toolbar

c. Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi.

d. Stage disebut juga layar atau panggung, dimana stage digunakan untuk memainkan objek yang akan diberi animasi.

e. Panel yang meruakan komponen penting dalam Flash 8 seperti Properties, Filters & Parameters, Action, Liberary, Color dan Align & Info & Transform.

f. Panel Properties yang akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang aktif.

g. Liberary mempunyai fungsi sebagai perpustakaan symbol/media yang digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. (Bambang Adriyanto,2010)

2.4 Kandungan Vitamin Pada Buah

Vitamin adalah suatu zat senyawa yang kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk membantu pengaturn atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan, dan mahluk hidup lainnya tidak dapat melakukan aktifitas hidup, dan kekurungan vitamin dapat menyebabkan mempebesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita.

(10)

adalah beberapa buah yang memiliki kandungan Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

1. Buah Tomat

Tomat mengandung vitamin A,B1, dan C dan Tomat dapat membantu membersihkan darah.

2. Buah Apel

Apel mengandung vitamin A, B, dan C, dan Apel dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalm darah.

3. Buah Belimbing

Belimbing mengandung vitmin C dan provitamin A dan Belimbing dapat membantu memperlancar pencernaan makanan.

4. Buah Jambu Merah

Jambu merah mengandung vitamin c dan provitamin A dan Belimbing dapat membantu memperlancar pencernaan makanan.

5. Buah jeruk

Jeruk mengandung Vitamin A, B1, B2, dan C dan jeruk mengandung anti kanker bagi tubuh.

6. Buah Mangga

Mangga mengandung vitamin A, E dan C dan mangga dapat bertindak sebagai disifektan dan dapat membersihkan darah.

7. Buah Melon

(11)

zat anti kanker dan antioksidan. 8. Buah Pepaya

Pepaya mengandung vitamin c dan provitamin A dan Pepaya dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan melancarkan saluran pencernaan makanan.

9. Buah Pir

Pir mengandung vitamin C dan provitamin A dan Pir mengandung antioksidan yang baik menjaga kesehatan.

10.Buah Pisang

Pisang mengandung Vitamin A,B1,B2, dan C dan Pisang dapat membantu mengurangi asam lambung dan menjaga keseimbangan air dalam tubuh. 11.Buah Semangka

Semangka mengandung vitamin c dan proviitamin A dan Semangka dapat menjadi anti alergi.

12.Buah Strawberry

Strawverry mengandung provitamin A, vitamin B1, B dan C dan Strawberry mengandung antioksidan untuk melawan zat radikal bebas. 13.Buah Wortel

Gambar

Gambar 2.1 Tampilan Awal Progarm Flash

Referensi

Dokumen terkait

Suatu kondisi lingkungan yang bersumber dari sikap masyarakat di destinasi pariwisata/ daerah tujuan wisata yang mencerminkan suasana yang akrab, terbuka dan penerimaan

Pendampingan kegiatan dilakukan oleh pendamping yang ditunjuk oleh Dinas yang membidangi perkebunan dari Dinas Provinsi dan atau Direktorat Jenderal Perkebunan,

Skripsi ini berjudul Grammatical Mastery In Learning Passive Voice For The Third Year Students In Madrasah Tsanawiyah Negeri Besitang.. Adapun tujuan penelitian adalah : (1)

4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau

Pembelajaran terpadu adalah pembelajaran yang diawali dengan suatu pokok bahasan atau tema tertentu yang dikaitkan dengan pokok bahasan lain, konsep tertentu dikaitkan

4.3 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan

Nilai Islam yang bersumber dari petunjuk Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna Dalam konteks bahan ajar tematik makananku sehat dan

Bank Negara Indonesia,Tbk , dalam hal ini Kanwil Medan memiliki tanggung jawab untuk menjalankan kewenangan penerimaan pegawai baru sesuai dengan penerapan Prinsip Good