BAB 4 IMPLEMENTASI WEBSITE E-MARKETING. Pada Bab 4 ini akan dibahas lebih dalam mengenai kerangka SOSTAC, yang

Teks penuh

(1)

71 BAB 4

IMPLEMENTASI WEBSITE E-MARKETING

Pada Bab 4 ini akan dibahas lebih dalam mengenai kerangka SOSTAC, yang meliputi action dan control. Dimana membutuhkan analisis kebutuhan, kondisi pasar, dan analisis SWOT, serta uraian strategi dan tujuan yang dapat meningkatkan kualitas pemasaran pada PT. Global Giga Solusi. Hasil dari analisis kebutuhan perusahaan yang telah dijelaskan pada Bab 3 akan digunakan sebagai acuan untuk pembuatan applikasi website.

Objective yang telah ditetapkan akan digunakan sebagai tujuan yang harus dicapai perusahaan dengan pembentukan strategi, action dan taktik yang lebih spesifik. Pada Bab ini akan dijelaskan lebih dalam megenai action dan control yang akan ditekankan pada peningkatan kualitas e-marketing dan pengembangan website yang meliputi penggunaan fitur – fitur, dan konten pada website e-marketing serta desain website yang digunakan.

Dibawah ini terdapat proses bisnis e-marketing yang diusulkan untuk perusahaan yang menggunakan activity diagram.

(2)

(3)
(4)

4.1 Tahap 5 : Action

Pada tahap ini dilakukan perancangan website e-marketing serta kebutuhan yang diperlukan dalam pengimplementasian website. Perancangan akan dibagi menjadi beberapa tahap yaitu sebagai berikut :

- Desain Interface. - Database.

- Develope website. 4.1.1 Desain Interface

Pada tahap ini merupakan sketsa atau penggambaran perancangan tampilan website e-marketing PT. Global Giga Solusi.

(5)

Halaman beranda website merupakan tampilan awal website pada PT. Global Giga Solusi. Pada halaman ini akan ditampilkan informasi secara ringkas dan jelas yang dapat membantu customer menelusuri website serta terdapat beberapa fitur antara lain yaitu terdapat nomor telepon perusahaan yang berguna bagi customer untuk menghubungi perusahaan jika informasi pada website masih kurang jelas. informasi Layanan konsumen yang berfungsi bagi customer untuk mengetahui jam kerja effektif perusahaan setiap harinya. Search berfungsi untuk mempercepat dalam pencarian produk yang dicari. Serta terdapat button log in yang berfungsi bagi para customer untuk mengisi testimonial apabila merasa puas dengan layanan yang diberikan perusahaan, apabila customer belum memiliki account log in sebaiknya customer melakukan pendaftaran pada form yang telah disediakan.

Pada kolom artikel menampilkan berita terkini mengenai produk baru yang terdapat di market dan berita mengenai event – event yang akan diadakan oleh PT. Global Giga Solusi.

Selain itu terdapat Plug-in social yaitu facebook like box yang akan menampilkan fan page perusahaan, serta total customer yang telah like fan page perusahaan. Tampilan produk, yang memberikan informasi secara singkat mengenai produk kepada customer yang menyangkut akan diskon pada produk serta detail produk secara garis besar. Produk yang ditampilkan pada halaman beranda merupakan produk – produk dengan diskon tertinggi dan merupakan produk yang terunggul diantara produk lainnya.

Fitur customer service yang berfungsi membantu customer dalam menjawab pertanyaan customer yang menyangkut produk. Sosial media

(6)

diantaranya terdapat facebook, twitter serta google+ sehingga dengan adanya sosial media ini customer dapat mengetahui informasi terbaru seputar produk dari perusahaan dengan menjadi fans perusahaan di twitter serta add friend pada facebook.

(7)

Pada tampilan produk menampilkan berbagai macam produk yang dijual oleh perusahaan. Pada tampilan produk, customer dapat melihat informasi produk yang lengkap seperti spesifikasi, harga, nama produk, dan terdapat informasi produk dengan harga khusus. Dalam tampilan produk juga terdapat kolom search dan pilih brand, dimana search yang berfungsi memudahkan customer mencari produk yang berdasarkan dalam produk terpopuler, berdasarkan harga dan berdasarkan nama produk. Sedangkan kolom pilih brand berfungsi untuk mencari produk berdasarkan merk dari produk yang dijual. Pada halaman produk menampilkan beberapa produk dengan potongan harga khusus.

(8)
(9)

Pada tampilan website detail produk menampilkan detail - detail produk, garansi yang diberikan, dan jika kita membeli produk tersebut terdapat penjelasan paket apa saja yang didapat. Terdapat beberapa fitur lainnya yaitu :

Rating produk berfungsi untuk memberikan gambaran kepada customer menyangkat produk yang akan dibeli. Dimana rating tersebut didapat dari customer lain.

Fitur share sosial media berfungsi bagi customer untuk dapat berbagi informasi produk terbaru ataupun informasi produk yang memiliki rating baik. Sehingga dengan adanya fitur share ini secara tidak langsung customer membantu perusahaan dalam memasarkan secara mulut ke mulut.

Pada bagian detail produk terdapat juga ulasan yang berfungsi bagi customer untuk memberikan komentar atas produk yang telah dibeli.

(10)
(11)

Pada halaman tentang kami menampilkan sejarah dari berdirinya PT. Global Giga Solusi. Selain sejarah perusahaan terdapat juga profil perusahaan.

(12)

Pada halaman visi dan misi terdapat beberapa visi dan misi perusahaan yang intinya menyatakan bahwa perusahaan akan berpartisipasi dalam pengembangan teknologi informasi khusnya dalam menyediakan hardware dan juga menyediakan pelayanan dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif untuk kepuasan para customer.

(13)

Pada tampilan penghargaan menampilkan penghargaan – penghargaan yang diperoleh perusahaan dari awal berdirinya perusahaan sampai sekarang.

(14)

Pada halaman testimonial customer dapat memberikan testimonial pada website, berupa komentar yang baik menyangkut layanan yang telah diberikan perusahaan maupun produk yang dijual perusahaan

(15)

Pada halaman form testimonial berfungsi bagi customer untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum memberikan komentar atau testimonial ke dalam website perusahaan. Sehingga customer yang belum melakukan pendaftaran tidak dapat memberikan testimonial secara langsung.

(16)

Pada halaman hubungi kami terdapat email, nomor telepon dan peta perusahaan yang memudahkan customer untuk mengetahui lokasi perusahaan, apabila customer ingin meretur barang rusak dapat langsung mendatangi perusahaan atau melakukan konfirmasi baik melalui telepon atau email

(17)

Pada halaman berita berfungsi untuk memberikan informasi produk – produk baru yang akan launching di pasar serta memberikan informasi produk yang belum terlalu dikenal customer. Pada halaman berita terdapat juga informasi mengenai event – event yang akan diadakan perusahaan.

(18)

Pada halaman detail berita berisikan penjelasan yang lebih rinci mengenai berita produk.

(19)

Pada halaman daftar berfungsi bagi customer untuk melakukan pendaftaran agar dapat memesan barang dan data tersebut masuk ke dalam database perusahaan sehingga perusahaan memiliki data customer. Apabila customer telah melakukan pendaftaran, maka customer dapat melakukan update pada account pribadi customer.

(20)

Pada halaman FAQ terdapat daftar pertanyaan – pertanyaan yang sering ditanyakan oleh customer kepada perusahaan, sehingga perusahaan membuat FAQ untuk memudahkan customer dalam menjawab permasalahan yang dihadapi. Dimana pertanyaan yang telah disusun oleh perusahaan telah disertai dengan jawaban.

(21)

Pada halaman ini keranjang belanja berfungsi menampilkan data belanjaan customer, dimana selain terdapat nama produk yang dipesan terdapat juga harga, jumlah barang dan subtotal dari produk yang dipesan.

(22)

Pada halaman banner merupakan halaman yang hanya dapat diakses oleh admin untuk update data yang terdiri dari upload gambar produk dan menghapus gambar produk.

(23)

Pada halaman insert produk hanya dapat diakses oleh bagian admin untuk insert produk terbaru yang akan dipasarkan oleh perusahaan. Dimana terdapat dua tombol yang masing – masing memiliki fungsi tersendiri, yaitu tombol submit untuk upload data dari produk dan tombol reset yang berfungsi untuk mengulang pengisian data produk

(24)

Pada halaman kategori berfungsi untuk menghapus, mengubah, dan submit kategori terbaru yang hanya dapat diakses oleh bagian admin.

(25)

Pada halaman tentang kami berfungsi untuk menambah isi dari halaman tentang kami yang hanya dapat diubah atau ditambah oleh bagian admin dari perusahaan.

(26)

Pada halaman visi dan misi berfungsi untuk menambah isi dari visi dan misi perusahaan dan hanya dapat diakses oleh bagian admin.

(27)

Pada halaman penghargaan ini hanya dapat diakses oleh bagian admin perusahaan untuk dapat menambah penghargaan yang didapat oleh perusahaan.

(28)

Pada halaman testimonial ini hanya dapat diakses oleh bagian admin untuk menambah testimonial baru dan menghapus dari list testimonial.

(29)

Pada halaman SEO ini hanya dapat diakses oleh bagian admin untuk menambah keyword beserta dengan deskripsi dari keyword tersebut.

(30)

Pada halaman pemesanan ini hanya dapat diakses oleh bagian admin untuk melihat daftar pemesanan yang dilakukan oleh customer.

(31)

Pada halaman member berfungsi untuk menampilkan data dari customer yang telah menjadi member atau mendaftar pada website perusahaan dan menghapus member yang sudah tidak aktif lagi. Halaman member ini hanya dapat diakses oleh bagian admin.

(32)

Pada halaman hubungi kami hanya dapat diakses oleh bagian admin untuk menampilkan data customer yang menghubungi perusahaan untuk bertanya mengenai detail produk yang dicari dan menghapus data customer tersebut.

4.1.2. Database

Pada bagan ini akan dilakukan pembahasan tentang perancangan database yang menggunakan MySql, berfungsi untuk menyimpan sekumpulan informasi. Selain itu terdapat perancangan dari relasi database website PT. Global Giga Solusi :

(33)

Tabel 4.1 Tabel Rating

Tabel 4.2 Tabel Ms_Produk

Tabel 4.3 Tabel Kategori

Nama Tipe Data Length

Id_kategori char 11

Nama_kategori varchar 50

Subkategori text -

Tanggal date -

Nama Tipe Data Length

Id_produk char 11

Total_votes int 11

Total_value int 5

Used_ips longtext -

Tanggal timestamp -

Nama Tipe Data Length

Id_detail char 11

Id_produk char 11

(34)

Tabel 4.4 Tabel Pemesanan

Nama Tipe Data Length

Id_pemesanan char 25

Id user char 11

Id produk char 11

Total produk int 11

Tanggal pemesanan date -

Tanggal Expire date -

Tabel 4.5 Tabel Ms_Produk

Nama Tipe Data Length

Id_produk char 11 Nama_produk varchar 50 Gambar varchar 50 Harga int 11 Paket text - Deskripsi text - Diskon int 11 Id_kategori char 11 Subkategori varchar 30 Garansi int 11 Tanggal date -

(35)

Tabel 4.6 Tabel Review

Tabel 4.7 Tabel Testimonial

Tabel 4.8 Tabel Ms_User

Nama Tipe Data Length

Id_review char 11 Nama Varchar 50 Title Varchar 50 Komentar Text - Tanggal Date - Status Char 8

Nama Tipe Data Length

Id_testimonial char 11

Title Varchar 50

Isi Text -

Tanggal Date -

Nama Tipe Data Length

Id_user Char 11

Email varchar 40

Nama varchar 40

(36)

Tabel 4.9 Biaya Pembelian Hosting dan Domain

No Keterangan Jumlah

1.

Harga Pembelian Domain Rp. 90.000,00/tahun 2.

Harga Pembelian Hosting Rp. 192.500,00/bulan

Total Biaya Rp. 2.400.000,00/tahun

Tabel 4.10 Keterangan Hosting berdasarkan fasilitas yang diberikan

Fasilitas Berdasarkan Kuota : Keterangan

Space 500Mb

Bandwdith/bulan 20giga

Biaya bulanan Rp. 35.0000,00

Biaya setup Rp. 0,00

Biaya upgrade Rp. 0,00

Minimum kontrak 6 bulan

Tanggal_lahir date -

Alamat text -

Kota varchar 20

Kode_pos int 11

(37)

Fasilitas Berdasarkan Email :

Web email Unlimited

Pop3 email Unlimited

Email forwarding Unlimited

Anti spam Yes

ModifikasiMX Yes

Cath all email Yes

Fasilitas Berdasarkan Other Feature :

Park domain 3(max 6)

Add on domain 3(max 6)

Sub domain Unlimited

MySql v 4 & 5 db Unlimited

PhpMyAdmin Yes

PHP 5 Yes

WAP Yes

CGI Yes

Jumlah orang yang bekerja dalam perancangan suatu website adalah tiga orang, diantaranya memiliki tugas masing – masing yaitu satu orang bekerja sebagai analisis, satu orang bekerja sebagai designer serta developer dan satu orang lain sebagai tester.

(38)

4.2 Perancangan Pembuatan Website Perusahaan

Tabel 4.11 Ghant Chart

No Kegiatan Bulan 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1. Tahap pengumpulan data (wawancara, survey dan penyebaran kuisioner) 2. Situation analysis, menentukan objectives, strategy, tactic 3. Mendesain website 4. Coding

5. Testing dan review 6. Implementasi dan

(39)

Kegiatan penulisan skripsi dimulai pada bulan September 2012 dan berakhir pada bulan Januari 2013. Dimana aktivitas yang dilakukan selama bulan September sampai januari sampai berikut :

1. Tahap pengumpulan data seperti wawancara, survey dan penyebaran kuisioner selama dua minggu. Dimana dengan melakukan kegiatan wawancara untuk mengetahui visi dan misi perusahaan, profil perusahaan serta produk yang dijual oleh perusahaan. Selain itu, dengan melakukan survey akan mendapatkan data – data untuk pembuatan website bagi perusahaan. Dalam penyebaran kuisioner dilakukan untuk menganalisis pasar dan kebutuhan yang diperlukan oleh customer dalam keperluan IT.

2. Setelah melakukan kegiatan pengumpulan data maka tahap selanjutnya adalah menganalisis website e-marketing yang dilakukan selama lima minggu dengan menggunakan metode SOSTAC. Empat tahap SOSTAC yang akan digunakan yaitu situation analysis, objectives, strategy dan tactic dalam menganalisis kebutuhan – kebutuhan perusahaan, strategi yang digunakan dalam merancang e-marketing serta menetapkan tujuan yang harus dicapai oleh perusahaan sehingga perusahaan mempunyai visi umum yang dapat digunakan sebagai bahan acuan.

3. Setelah melakukan analisis maka tahap selanjutnya adalah mendesain website. Pendesainan dilakukan selama dua minggu, kerangka pendesainan juga terdapat dalam SOSTAC yaitu pada tahap tactic. Dimana tactic yang telah ditetapkan akan digunakan sebagai acuan dalam perancangan tampilan website.

(40)

4. Setelah mendesain website maka tahap selanjutnya adalah tahap coding, dimana pada tahap coding dilakukan selama tiga minggu dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, MySql.

5. Setelah melakukan coding tahap selanjutnya adalah melakukan testing dan review website yang dilakukan selama dua minggu. Pada tahap ini dapat dilihat apakah fitur dan fungsi pada website sudah berjalan dengan baik atau belum. Tahap testing dan review akan dilakukan pengujian pada localhost dengan menggunakan program XAMPP. 6. Implementasi dan evaluasi akhir website dilakukan setelah tahap testing

dan review yang dilakukan selama dua minggu. Langkah pertama yang dilakukan pada tahap implementsi yaitu mengunggah website kedalam hosting. Setelah itu akan dilakukan testing ulang terhadap fungsi dan fitur website secara online, setelah tahap implementasi selesai dilakukan maka diperlukan tahap control dalam mengukur keberhasilan dari pelaksanaan strategi dan tactic e-marketing. Tools yang digunakan dalam melakukan control yaitu google analytic dan alexa, dapat juga menggunakan fitur – fitur seperti testimonial.

(41)

4.3 Search Engine Optimization dalam meningkatkan kualitas website Emarketing Perusahaan

Sebelum melakakukan kegiatan testing dan review terhadapa kualitas website e-marketing perusahaan, perusahaan harus terlebih dahulu menguji apakah kualitas ataupun website yang diberikan sudah memenuhi standarisasi dalam kebutuhan pelanggan, hal ini dapat kita lihat melalui desain, content, serta fungsi website. Karena apabila website tidak memiliki desain, content dan fungsi yang berjalan dengan baik akan mensia-siakan proses marketing yang telah dilakukan seperti iklan, hal ini disebabkan karena pelanggan tidak mau mengujungi kembali website perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus mencoba untuk memberikan suatu content serta desain yang bisa menarik pelanggan untuk menelusuri semua content dan membaca isi dari website perusahaan. Perlu diingat bahwa walupun traffic ataupun new visitor pada website tinggi tidak menunjukkan bahwa website perusahaan sudah berhasil memenuhi kebutuhan pelanggan,akan tetapi apabila traffic ataupun new visitor yang tinggi disertakan dengan "pengunjung kembali" yang tinggi, maka bisa disimpulkan bahwa kualitas website yang diberikan perusahaan sudah bisa memberikan value yang diharapkan oleh pelanggan.

Untuk meminimalkan meningkatnya pelanggan yang tidak mau mengujungi website perusahaan, maka perusahaan harus bisa memastikan bahwa semua fungsi pada website sudah bisa berjalan dengan baik, hal ini dapat dicoba dengan menggunakan tester yang berguna dalam mencoba website perusahaan, hal ini dilakukan untuk menghindari adanya error ataupun bug pada website.

(42)

Perusahaan juga bisa memberikan fitur yang bisa memberikan pelanggan untuk melakukan feedback pada perusahaan. Sehingga perusahaan bisa mendapatkan saran dari pelanggan akan kekurangan pada website. Fitur feedback yang bisa diberikan perusahaan, antara lain, fitur rating, review, testimonial, sarana komunikasi social media, contact us serta customer service yang siap untuk melayani keluhan pelanggan.

Setelah menguji kinerja akan website, perusahaan harus memulai kegiatan untuk meningkatkan kualitas e-marketing pada perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan strategi SEO (search engine optimization). SEO merupakan salah satu metode yang bisa mengoptimalkan website di search engine, sehingga website bisa menduduki urutan atas di hasil pencarian search engine dengan kata kunci tertentu. Dalam SEO terdapat dua faktor penentu, yaitu SEO on page dan SEO off page. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah SEO on page karena ini merupakan pondasi pertama yang harus diterapkan di website, setelah itu SEO off page harus dioptimalkan secara berkala, tanpa SEO on page yang bagus hasilnya akan kurang optimal.

4.3.1 SEO on page

Pada SEO on page akan dibahas tentang menentukan page title yang akurat dan unik serta membuat deskripsi Meta tag yang unik dan memperbaiki Struktur site, mulai dari URL dan mengatur site menjadi mudah di navigasi.

(43)

A. .htaccess Url

Membuat URL yang bisa memudahkan dan membantu proses crawling search engine bot. Dimana URL yang memuat angka dan karakter panjang yang sulit untuk dimengerti, dibuat menjadi lebih ringkas sehingga mudah untuk diindeks oleh search engine.

URL diatas merupakan URL yang menuju kehalaman detail produk dengan nama produk "Acer Aspire 4752G-2532G64Mn". URL diatas bukanlah URL yang search engine friendly, karena sulit dibaca oleh pengguna serta proses crawling search engine bot. hal ini dikarena terdapatnya karakter yang aneh seperti tanda tanya, angka dan lainnya.

Adapun cara untuk mengubah URL menjadi search engine friendly adalah dengan menggunakan file ".htaccess" yang ditambahkan dengan beberapa kode. URL yang sudah dimanipulasi dengan ".htaccess" akan berubah seperti gambar dibawah ini.

Caranya adalah membuat suatu file ".htaccess" dengan beberapa kode yang terletak dalam direktori yang sama pada index.php. Kode yang digunakan antara lain adalah :

RewriteEngine On RewriteBase /

RewriteRule ^produk/(.*)-([0-9]+)\.html$

(44)

Keterangan Kode :

^produk / menandai request dimulai dengan string "produk/" − (.*) menandai karakter apapun yang berjumlah 0 atau lebih − ([0-9]+) menandai ataupun mengecek variabel berupa angka B. Title Tag

Page title merupakan komponen yang penting dalam SEO. Karena title tag merupakan link dan judul utama dari daftar situs pada halaman search engine. Title page yang baik adalah isi title antara 40 sampai 60 karakter termasuk spasi. Masukkan frase kata kunci yang akan difokuskan pada halaman website.

Gambar diatas merupakan title page pada website gigasolusi.com, dengan title “Selamat Datang di PT. Global Giga Solusi”. Berikut akan diberikan cara untuk mengisi title pada sebuah page html ataupun php.

<html>

<head>

<title>Welcome To PT. Global Giga Solusi</title>

</head>

(45)

Gambar berikut ini merupakan title page pada halaman website yang bisa memberikan gambaran akan isi dari halaman website tersebut.

C. Meta

Meta description dan meta keywords sangat penting dalam sebuah website, karena meta description dan meta keywords dapat memperkuat posisi website di search engine rank serta mempermudah search engine dalam mengindeks page website. Konten meta description merupakan media yang bisa mendeskripsikan konten sejelas-jelasnya, buatlah meta description yang mudah dimengerti oleh user, karena meta description yang baik dapat meningkatkan CTR (click through rate), persentase listing yang ditampilkan dan diklik. Meta description yang dibuat harus unik dan mewakili satu halaman saja. Meta description tidak boleh sama dengan halaman lain atau homepage, karena dengan menggunakan meta description yang persis dapat membuat search engine mengira dua halaman yang berbeda memiliki konten yang sama.

Gambar diatas merupakan meta description pada salah satu halaman website PT. Global Giga Solusi. Meta description diatas menunjuk pada halaman dibawah ini.

(46)

Meta Keyword yang digunakan pada halaman website diatas antara lain adalah : Intel, Laptop, Acer, Acer V3-471G-73614G1T Madd Gold , Giga Solusi, Aspire. Meta keyword yang digunakan diambil bedasarkan pertimbangan serta data pencarian pada search engine google perbulan dengan menggunakan google AdWords.

Berikut ini merupakan cara penulisan Meta Keyword dan Meta Description.

<html> <head>

<title>

Acer V3-471G-73614G1T Madd Gold - Global Giga Solusi </title>

<meta name="keywords" content="intel, laptop, acer, Acer V3-471G-73614G1TMadd Gold , giga solusi, aspire" />

<meta name="description" content="Acer Aspire V3-471G-73614G1T Madd hadir dengan prosesor Intel Core dengan performa grafis yang tinggi, memberikan pengalaman yang menakjubkan. " /> </head>

(47)

4.3.2 SEO Off Page A. Blog Walking

teknik ini merupakan kegiatan dengan mengunjungi blog atau forum lain dan memberikan komentar terhadap artikel atau thread yang ada. Setiap komentar kita sisipkan link url perusahaan. Tetapi tidak dibenarkan untuk mencantumkan komentar yang berupa SPAM, seperti memberikan komentar pendek sambil menyisipkan link url perusahaan yang sama sekali tidak berhubungan dengan artikel atau thread yang dikomentari. Semakin banyak external link yang di klik oleh orang lain, maka akan berpengaruh terhadap traffic website perusahaan.

B. Tukar Link dengan website lain

Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan pertukaran link dengan website orang lain. tetapi Kegiatan ini hanya dijadikan salah satu alternatif karena belum tentu semua pemilik website ingin melakukan penukaran link karena website perusahaan masih baru.

C. Submit Artikel / URL di Social Bookmark

Sekarang ini sudah banyak sekali social bookmark Dofollow yang beredar di Indonesia antara lain adalah "BookmarkIndonesia.com" yang berguna untuk mempromosikan website perusahaan dan mendapatkan backlink dari situs social bookmark dofollow itu sendiri. Dan tentunya kualitas backlink juga ditentukan dari page rank situs social bookmark dofollow tersebut. Langkah ini dilakukan dengan membuat artikel minimal 200 kata dimana dalam artikel tersebut bisa disisipkan ataupun memasang link ke tulisan atau web perusahaan.

(48)

Dengan demikian perusahaan mendapatkan backlink berkualitas satu arah pada website.

D. Backlink dari Iklan Baris

Teknik ini merupakan cara dengan menggunakan jasa iklan baris. teknik ini tidak harus menggunakan yang berbayar, tetapi bisa juga dengan menggunakan jasa iklan baris gratis. Hanya saja jarang sekali web iklan baris gratis mengijinkan untuk memasang link dengan anchor teks dan jadinya link tersebut tidak tertarget. Sehingga disarankan untuk menggunakan jasa google AdWords yaitu pay per click dimana perusahaan hanya perlu membayar sesuai jumlah klik pada iklan yang dipasang. Dengan menggunakan google AdWord bisa meningkatkan page rank website di search engine google.

4.3.3 Monitoring Kinerja Website E-Marketing Pada PT. Global Giga Solusi

Setelah melakukan search engine optimization pada website, maka langkah selanjutnya adalah melakukan monitoring secara berkala terhadap page rank dari website, serta mencari keyword yang sering dicari oleh user sehingga memperbesar peluang website untuk ditemukan oleh user.

Sekarang ini sudah banyak sekali free tools yang bisa digunakan untuk mengukur scores SEO, monitoring kualitas search engine page result, page rank dan lainya untuk memaksimalkan kualitas SEO pada suatu website. Contoh nya adalah google analytic dengan cara menyisipkan kode tracking pada website perusahaan yang diberikan oleh google analytic apabila melakukan registrasi.

(49)

Berikut ini akan dibahas beberapa free tools yang bisa digunakan untuk mengukur kualitas SEO pada website perusahan.

1. PageRank Status

Gambar 4.29 Laporan Data PageRank Status

Gambar diatas merupakan hasil test pada website perusahaan dengan domain "gigasolusi.com". Dimana dapat kita lihat website perusahaan masih mempunyai page rank yakni NOL, pages indexed pada search engine google yakni 72, Bing 1 dan Yahoo 1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan SEO pada website perusahaan harus ditingkatkan karena website perusahaan masih berada diperingkat yang buruk pada search engine result page. Sedangkan apabila dilihat melalui rank pada alexa, maka website perusahaan berada pada urutan 25.450.783. Alexa menempatkan ranking website

(50)

bedasarkan jumlah traffic, dimana seluruh website dunia akan dibandingkan bedasarkan jumlah traffic. Sehingga wajar saja website perusahaan masih berada diurutan yang jauh, karena website perusahaan baru saja diluncurkan, oleh sebab itu masih sedikit traffic yang datang ke website perusahaan.

Bedasarkan data gambar diatas, website perusahaan masih belum memiliki sitemap, padahal sitemap bisa membantu search engine untuk menjelajahi isi dari website perusahaan yang dapat di indeks.

2. Spider Test Tools

Spider Test Tools adalah sebuah web tools SEO yang memungkinkan untuk melihat hasil crawler yang dimiliki oleh google, yahoo dan bing. Dengan spider test tools akan didapatkan sejauh mana efektifitas website perusahaan dalam search engine. Tools ini juga dapat digunakan untuk mengetahui keyword density yang terjadi dalam suatu website. Berikut ini hasil data keyword pada website perusahaan.

(51)

3. Google Web Master Tools

Goole Web Master Tools merupakan tools gratis yang disediakan oleh google dalam mengoptimalkan website dimana memudahkan para pemilik website untuk mengamati top search keyword, domination keywords, Indeks, kata kunci populer, serta masalah - masalah lainnya seperti broken link , dan crawler errors.

(52)

Gambar diatas merupakan salah satu laporan google web master tools dimana keyword yang berhasil di temukan oleh crawler google pada page website perusahaan. Keyword yang menduduki urutan pertama merupakan keyword yang paling kuat untuk digunakan sebagai keyword utama ataupun andalan pada meta keyword. Dari data diatas, website perusahaan paling bagus menggunakan meta keyword dengan kata - kata "intel", "acer", "laptop" , "core" dan lainnya. Fitur lain pada google web master tools bisa menampung XML sitemap pada website yang akan digunakan sebagai langkah untuk menelusuri halaman - halaman situs website. Sehingga mempermudah crawler dalam mengindeks website perusahaan. Berikut adalah contoh XML sitemap pada website PT. Global Giga Solusi. <?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?> <urlset xmlns="http://www.google.com/schemas/sitemap/0.84"> <url> <loc>http://www.gigasolusi.com/</loc> <lastmod>2013-01-06</lastmod> <changefreq>weekly</changefreq> <priority>0.5</priority> </url> <url> <loc>http://www.gigasolusi.com/index.php</loc> <lastmod>2013-01-06</lastmod> <changefreq>weekly</changefreq> <priority>0.5</priority> </url> <url> <loc>http://www.gigasolusi.com/produk/kategori-1</loc> <lastmod>2013-01-06</lastmod> <changefreq>weekly</changefreq> <priority>0.5</priority> </url> </urlset>

(53)

Langkah dalam mendaftarkan XML sitemap pada google web master tools :

1. Login di Google Web Master Tools menggunakan akun google anda.

2. Daftarkan URL anda terlebih dahulu dan lakukan verifikasi. 3. Klik menu Add Sitemap atau New Sitemap.

4. Woorank - Analysis Tool Results

Berikut ini akan dibahas mengenai hasil analysis SEO dengan menggunakan Woorank, apakah SEO yang diterapkan sudah baik.

Dengan melihat gambar diatas, ternyata website perusahaan sudah memiliki title tag yang bisa memudahkan search engine dalam mengindeks halaman - halaman website. Pada pembahasan dulu, telah dijelaskan bahwa title tag yang baik adalah isi title antara 10 sampai

(54)

60 karakter termasuk spasi. Title tag pada website perusahaan mempunyai panjang 36 karakter, sehingga title tag pada website perusahaan sudah bagus.

Pada website perusahaan sudah memiliki meta description yang baik, dimana isi dari meta description relevan dengan halaman website dengan persamaannya berkisar 95.45%. Panjang meta description pada website perusahaan adalah 161 karakter including spaces. Tetapi lebih baiknya panjang dari meta description berkisar antara 20 - 150 karakter, hal ini dikarenakan search engine Google hanya menampilkan hingga 160 karakter, Yahoo! menampilkan hingga 165 karakter, dan Bing menampilkan hingga 150 karakter.

(55)

Apabila dilihat dari PageRank, maka bisa disimpulkan bahwa website perusahaan masih kurang maksimal dalam mengelola SEO off page. Hal ini dikarenakan domain yang dimiliki perusahaan masih baru, sehingga jumlah page yang diindex pun sangat sedikit. PageRank pada website masih NOL, hal ini juga disebabkan karena backlink yang menuju ke website perusahaan masih belum dibaca oleh search engine.

Website Perusahaan sudah menggunakan URL yang user-friendly dan kata kunci yang ditargetkan di mana bisa meningkatkan keramahan SEO dari situs. Sehingga memiliki halaman yang deskriptif lebih baik dari karakter acak dan urutan nomor, yang selalu terjadi.

Sepertinya website perusahaan sudah mengarahkan versi non-www dari website ke versi non-www, atau sebaliknya. Ini menghindari jenis konten duplicate yang dapat mempengaruhi peringkat website pada search engine.

(56)

Pada gambar diatas, dapat diketahui bahwa website masih belum memiliki blog. Padahal blog salah satu cara termudah untuk terhubung dengan basis pelanggan. Posting secara teratur dan up-to-date yang berisi konten tentang perusahaan, review produk, tips, dll. Menciptakan konten yang menarik meningkatkan memungkinkan bahwa pembaca akan berbagi konten itu di tempat lain di web, pada dasarnya melakukan pemasaran untuk perusahaan secara tidak langsung. Blog juga bermanfaat untuk meningkatkan traffic pada website perusahaan.

Apabila dilihat melalui hasil data gambar diatas, website perusahaan masih memiliki load time yang relatif lambat pada tampilan mobile. Hal ini dikarenakan website perusahaan dirancang untuk tampilan dekstop. Oleh itu wajar saja kalau membuka website

(57)

melalui mobile harus menunggu load time yang lama. Jika kita lihat melalui kondisi teknologi sekarang ini, sudah banyak masyarakat yang menggunakan gadget untuk melakukan pencarian data. Sehingga ini bisa dijadikan peluang bagi perusahaan untuk membuat website mobile dalam melakukan pemasaran.

Jika dilihat melalui hasil data diatas, dapat diketahui jumlah page yang telah diindeks oleh search engine google masih sedikit yakni 18. Apabila jumlah indeks semakin besar maka akan semakin besar kesempatan page website dapat ditemukan oleh searcher. Hal ini dapat diperbaiki dengan membuat konten yang lebih banyak dan

(58)

menyebarkan link ke berbagai website sehingga bisa memperbesar kesemapatan untuk terindeks oleh search engine. Webiste perusahaan masih memiliki backlink yang sedikit, dapat dilihat pada gambar diatas yakni 19. Oleh karena itu perusahaan harus bisa meningkatkan backlink untuk bisa meningkatkan jumlah page yang diindex ke search engine.

Webiste perusahaan sudah menggunakan google analytic dalam mengevaluasi keberhasilan e-marketing. Dengan menggunakan google analytic, perusahaan bisa mengetahui jumlah pengunjung, sumber traffic, serta content pada website. Pembahasan google analytic akan dijelaskan lebih lengkap pada bahasan selanjutnya. 5. Google Analytic

Menurut (Google, 2013) Google Analytics menyediakan pelacakan yang canggih untuk siapa saja yang memiliki web, besar atau kecil. Google Analytics adalah salah satu solusi analisis web yang paling efektif di pasar dan siapa pun dapat menggunakannya secara gratis. Berikut ini contoh laporan evaluasi pelaksanaan e-marketing pada website PT. Global Giga Solusi.

(59)

Bedasarkan laporan diatas, website www.gigasolusi.com telah mendapatkan 202 kunjungan yang berasal dari 108 pengunjung. Apabila kita lihat durasi kunjungan yakni 00:03:35 dan rasio pentalan 65.35%. Durasi kunjungan yang kecil dan rasio pentalan yang besar harus diwaspadai, karena dapat menurunkan page rank website dalam search engine. Oleh karena itu kualitas konten harus diperbaiki agar menjadi menarik agar bisa menarik perhatian user untuk menjelajahi setiap halaman website, mengecek kualitas fitur website secara berkala agar tidak adanya fitur yang tidak berfungsi sehingga menyebabkan user pergi meninggalkan website. Jumlah new visitors pada website perusahaan adalah 53,47% dan returning visitors adalah 46,53% . Hal ini sangat disayangkan karena masih kecilnya jumlah returning visitors dibandingkan dengan new visitors. Perusahaan harus bisa mempertahankan returning visitor yang ingin memberikan kontribusi dalam meningkatkan konten dan traffic pada website.

(60)

Laporan diatas menunjukkan asal kota pengunjung yang telah mengunjungi website perusahaan. Data diatas menunjukkan adanya 160 kunjungan yang berasal dari jakarta, 31 kunjugan yang tidak diset, Haarlem 5 kunjungan, Depok 4 kunjungan, Bandung 2 kunjungan, Tangeran 2 kunjungan, Jember 1 kunjungan, Surabaya 1 kunjungan dan Yogyakarta 1 kunjungan. Hal ini dapat membuktikan bahwa dengan website e-marketing perusahaan dapat melakukan pemasaran bukan hanya dijakarta saja melainkan se indonesia.

Dengan menggunakan google analytic, perusahaan dapat mengetahui teknologi yang digunakan pengunjung dalam mengakses website perusahaan. Dengan adanya data tersebut maka perusahaan bisa melakukan pengujian perfomace website melalui browser yang

(61)

digunakan oleh pengunjung. Apabila kinerja website kurang maksimal dibeberapa browser yang digunakan pengujung, maka perusahaan harus melakukan penyesuaian terhadap website agar perfomance website dapat diakses dengan baik.

6. tools.pingdom.com

Website gigasolusi.com mempunyai load time yang cukup lama, yakni 5.53 detik yang diakses melalui Amsterdam, Belanda. Perfomance grade yang dibutuhkan untuk melakukan load pada website adalah 88/100. Semakin besarnya perfomance grade maka semakin lama load time yang diperlukan, dan sebaliknya.

(62)

Load time yang lama pada website perusahaan ternyata disebabkan oleh ukuran image yang dipakai dalam website berukuran besar. Untuk mengatasi hal ini, maka harus mengecilkan ukuran image yang digunakan oleh website, Seperti membuat batas validasi upload size image, hal ini untuk menjaga tidak ada nya ukuran image yang melebihi batas yang ditentukan. Gunakan hosting yang menggunakan server dengan bandwidth dan space yang besar. Walaupun harga hosting yang lebih mahal tetapi bisa meningkatkan kinerja untuk mempercepat load time pada website.

Figur

Gambar 4.4 Wireframe Halaman Produk

Gambar 4.4

Wireframe Halaman Produk p.6
Gambar 4.6 Wireframe Halaman Tentang Kami

Gambar 4.6

Wireframe Halaman Tentang Kami p.10
Gambar 4.7 Wireframe Halaman Visi dan Misi

Gambar 4.7

Wireframe Halaman Visi dan Misi p.11
Gambar 4.8 Wireframe Halaman Penghargaan

Gambar 4.8

Wireframe Halaman Penghargaan p.12
Gambar 4.9Wireframe Halaman Testimonial

Gambar 4.9Wireframe

Halaman Testimonial p.13
Gambar 4.10 Wireframe Halaman Insert Testi

Gambar 4.10

Wireframe Halaman Insert Testi p.14
Gambar 4.11 Wireframe Halaman Hubungi Kami

Gambar 4.11

Wireframe Halaman Hubungi Kami p.15
Gambar 4.12 Wireframe Halaman Berita

Gambar 4.12

Wireframe Halaman Berita p.16
Gambar 4. 13 Wireframe Halaman Detail Berita

Gambar 4.

13 Wireframe Halaman Detail Berita p.17
Gambar 4.14 Wireframe Halaman Pendaftaran

Gambar 4.14

Wireframe Halaman Pendaftaran p.18
Gambar 4.15 Wireframe Halaman FAQ

Gambar 4.15

Wireframe Halaman FAQ p.19
Gambar 4.16 Wireframe Halaman Keranjang Belanja

Gambar 4.16

Wireframe Halaman Keranjang Belanja p.20
Gambar 4.17 Wireframe Banner

Gambar 4.17

Wireframe Banner p.21
Gambar 4.18 Wireframe Insert Produk

Gambar 4.18

Wireframe Insert Produk p.22
Gambar 4.19 Wireframe Kategori

Gambar 4.19

Wireframe Kategori p.23
Gambar 4.20 Wireframe Tentang Kami

Gambar 4.20

Wireframe Tentang Kami p.24
Gambar 4.21 Wireframe Visi dan Misi

Gambar 4.21

Wireframe Visi dan Misi p.25
Gambar 4.22 Wireframe Penghargaan

Gambar 4.22

Wireframe Penghargaan p.26
Gambar 4.23 Wireframe Testimonial

Gambar 4.23

Wireframe Testimonial p.27
Gambar 4.24 Wireframe SEO

Gambar 4.24

Wireframe SEO p.28
Gambar 4.25 Wireframe Pemesanan

Gambar 4.25

Wireframe Pemesanan p.29
Gambar 4.26 Wireframe Member

Gambar 4.26

Wireframe Member p.30
Gambar 4.27 Wireframe Hubungi Kami

Gambar 4.27

Wireframe Hubungi Kami p.31
Gambar 4.28 Perancangan Relasi Database PT. Global Giga Solusi

Gambar 4.28

Perancangan Relasi Database PT. Global Giga Solusi p.32
Tabel 4.4 Tabel Pemesanan

Tabel 4.4

Tabel Pemesanan p.34
Tabel 4.5  Tabel Ms_Produk

Tabel 4.5

Tabel Ms_Produk p.34
Tabel 4.6 Tabel Review

Tabel 4.6

Tabel Review p.35
Tabel 4.11 Ghant Chart

Tabel 4.11

Ghant Chart p.38
Gambar 4.29 Laporan Data PageRank Status

Gambar 4.29

Laporan Data PageRank Status p.49
Gambar 4.30 Laporan Keyword Google Web Master Tools

Gambar 4.30

Laporan Keyword Google Web Master Tools p.51

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :