• Tidak ada hasil yang ditemukan

BUKU PANDUAN SISTEM INFORMASI MASJID (SIMAS)

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "BUKU PANDUAN SISTEM INFORMASI MASJID (SIMAS)"

Copied!
44
0
0

Teks penuh

(1)

BUKU PANDUAN

SISTEM INFORMASI MASJID (SIMAS)

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK

INDONESIA

(Versi 3.0)

UNTUK USER KANKEMENAG

Disusun Oleh :

SUB DIREKTORAT KEMASJIDAN

DIREKTORAT URUSAN AGAMA ISLAM DAN PEMBINAAN SYARIAH

DIREKTORAT JENDERAL BIMAS ISLAM

(2)

BUKU PANDUAN

SISTEM INFORMASI MASJID (SIMAS)

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

(Versi 3.0)

Berisi panduan penggunaan Sistem Informasi Masjid Kementerian Agama Republik Indonesia

Cetakan Pertama, Juni 2013. Cetakan Kedua, Agustus 2013. Cetakan Ketiga, Maret 2015 Untuk Kalangan terbatas.

Dilarang memperbanyak tanpa izin tertulis dari Tim Penyusun.

Tim Penyusun :

SUB DIREKTORAT KEMASJIDAN

DIREKTORAT URUSAN AGAMA ISLAM DAN PEMBINAAN SYARIAH DIREKTORAT JENDERAL BIMAS ISLAM

(3)

i

DAFTAR ISI

Daftar Isi ……….……… i

Kata Pengantar ……… ii

Pendahuluan ……….. 1

Panduan Penggunaan Sistem ……… 2

1. Halaman Portal ………. 2

1.1 Fitur Info Terkini ………. 3

1.2 Fitur Pencarian ………. 3

1.3 Fitur Data Masjid / Mushalla ……….. 3

1.4 Fitur Peta Masjid ………. 4

1.5 Fitur Update Masjid / Mushalla ……….. 6

2. Halaman Login ……… 6

3. Halaman Beranda ……… 9

4. Menu Data Masjid / Mushalla ………. 10

4.1Mengisi Data Masjid melalui Form Data Masjid ………. 11

4.2Mengisi Data Mushalla melalui Form Data Mushalla ……….. 16

4.3Data Masjid ……….. 19

4.4Edit dan Hapus Data Masjid ……….. 21

4.5Data Mushalla ……….. 23

4.6Edit dan Hapus Data Mushalla ………. 25

5. Menu Rekap Data ………. 27

5.1Rekap Data Masjid dan Mushalla ……….……… 27

5.2 Grafik ……… 29

6. Menu Profil Masjid dan Mushalla ………..……….. 30

7. Menu Setting ………... 33

(4)

ii

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, nikmat dan inayah-Nya, sehingga buku panduan Sistem Informasi Masjid (SIMAS) ini dapat diselesaikan dengan baik. Selawat dan salam bagi junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga serta para sahabat.

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat dewasa ini merubah kehidupan kita menuju era digitalisasi. Seluruh level masyarakat dari seluruh usia kini terbiasa menggunakan perangkat-perangkat digital sebagai media komunikasi, informasi dan edukasi. Demikian pula pelayanan Pemerintah, penerepan teknologi sangat diperlukan dalam rangka pencapaian target-target tertentu demi menghadirkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Kementerian Agama dhi Subdit Kemasjidan Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah memiliki tugas dan fungsi mengelola dan melakukan analisis serta perumusan kebijakan di bidang Kemasjidan. Untuk mendukung hal tersebut kami membuat Sistem Informasi yang dapat mempermudah proses inventarisasi data masjid dan mushalla, proses seleksi dan verifikasi permohonan bantuan masjid dan mushalla, serta media informasi dan sosialisasi regulasi bidang Kemasjidan di Indonesia.

SIMAS didesain dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan riil terkini, dengan sistem yang mudah diakses dan dioperasikan oleh para operator yang ditugaskan, untuk membantu dalam penghimpunan data dan sumber-sumber penting terkait dengan ruang lingkup masjid dan mushalla dengan berbagai kearifan dan keunikannya. Dengan SIMAS ini diharapkan akan terwujud single data rumah ibadah muslim secara nasional yang akurat dan akuntabel.

Sebagai bagian dari produk kebijakan Sistem Informasi Manajemen Bimas Islam (SIMBI) yang memiliki tujuan dan fungsi khusus bidang Kemasjdan, diperlukan buku panduan operasionalisasi SIMAS sebagai pedoman para operator untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tingkatannya yaitu operator tingkat Pusat, Kantor Wilayah Provinsi, Kankemenag Kab/Kota dan KUA Kecamatan. Buku pedoman ini diharapkan menjadi petunjuk pasti dan jelas sehingga Sistem Informasi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Kementerian Agama dalam memberikan informasi dan data bidang kemasjidan kepada masyarakat.

(5)

iii

Akhirnya, SIMAS ini akan memberikan makna dan manfaat jika fungsi entry dan verifikasi data benar-benar dilakukan oleh semua elemen Kementerian Agama terkait. Sebaik apapun sistem yang dibangun dan dikembangkan, jika fungsi entry dan verifikasi data tidak dilakukan dengan baik dan maksimal, maka sistem itu tidaklah memberi nilai tambah dan manfaat seperti yang kita harapkan bersama.

Demikian pengantar ini disampaikan, kiranya ke depan SIMAS dapat menjadi model media informasi berbasis web bidang kemasjidan yang mampu memenuhi kebutuhan berbagai pihak. Semoga Allah SWT selalu meridhoi niat dan aktifitas kita. Amin.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Jakarta, Februari 2015

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah,

Dr. H. Muchtar Ali, M.Hum NIP. 19570408 198603 1 002

(6)
(7)

Halaman 1

PENDAHULUAN

Perkembangan jaman telah membawa angin segar perubahan dalam tatanan kehidupan Bangsa Indonesia. Pemerintah dengan segala upaya selalu berusaha mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang dapat membawa masyarakat Indonesia menuju kesejahteraan dan kemakmuran.

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet, dalam pembangunan nasional suatu negara, telah diakui secara luas di berbagai negara. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat, dapat mendorong terciptanya akses informasi ilmu pengetahuan di dunia pendidikan, pertumbuhan ekonomi nasional, meningkatkan kualitas hidup serta untuk mengurangi kemiskinan.

Sebagai suatu sarana, teknologi informasi dan komunikasi dapat menciptakan transparasi proses pembangunan nasional dan pengelolaan sumber daya publik. Transparansi merupakan keterbukaan yang sungguh-sungguh, menyeluruh dan memberi tempat bagi partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam proses pengelolaan sumber daya publik disemua bidang.

Bidang Kemasjidan Direktorat Urusan Agama Islam memiliki fungsi untuk mengelola, dan melakukan analisis serta perumusan kebijakan dibidang Kemasjidan. Untuk mendukung hal tersebut kami membuat suatu Sistem Informasi yang dapat mempermudah proses inventarisasi data Masjid dan Mushalla di Indonesia dan dapat membantu melakukan proses seleksi bantuan terhadap proposal permohanan bantuan yang masuk ke bidang Kemasjidan.

Untuk itu kami membuat suatu kegiatan pengembangan Sistem Informasi Masjid yang dapat menjadi alat bantu unit kerja kami untuk merencanakan, mengelola dan memonitoring pengelolaan bantuan dan pengelolaan data Masjid/ Mushalla di Indonesia.

(8)

Halaman 2

PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM

1. Halaman Portal

Untuk dapat mengakses Sistem Informasi Masjid (SIMAS) dapat menggunakan browser dan menuju ke alamat url sebagai berikut :

http://simbi.kemenag.go.id/simas

Pada halaman beranda ini terdapat menu-menu seperti : Beranda, Profil Masjid/ Mushalla, Info terkini, Download dan Login. Kemudian terdapat box info terkini yang disertai dengan preview image disebelah kirinya, ada juga fitur pencarian, fitur Data Masjid/ Mushalla, fitur Peta Masjid dan fitur Update Masjid.

(9)

Halaman 3

1.1Fitur Info Terkini

Fitur Info Terkini memberikan informasi mengenai informasi seputar Subdit Kemasjidan, seputar SIMAS maupun informasi lainnya dalam lingkup pengelolaan Masjid.

Untuk melihat detail info terkini dapat juga mengklik link Index[+].

1.2Fitur Pencarian

Fitur Pencarian merupakan fitur andalan dari SIMAS. Fitur ini dapat mencari informasi seputar Masjid dengan memasukkan keyword yang spesifik. Anda dapat memasukkan nama Masjid, Mushalla, nama daerah, ID Masjid dll kemudian klik tombol cari.

Untuk pencarian yang lebih detail dapat mengklik link filter[+] dikanan bawah.

Pilih filter Provinsi yang ingin dicari, pilih juga tipologi dari Masjid atau ketikkan Keyword apa saja yang akan dicari, jangan lupa klik tombol filter untuk mencarinya.

1.3Fitur Data Masjid/Mushalla

Fitur Data Masjid/Mushalla di halaman beranda ini menampilkan jumlah total Masjid berdasarkan tipologinya secara Nasional yang sudah dientry ke dalam sistem.

(10)

Halaman 4

Untuk berpindah antara data Masjid dan Mushalla cukup dengan mengklik tab diatas.

1.4Fitur Peta Masjid

Fitur Peta Masjid pada SIMAS berbasis Peta Google Map. Untuk mengaksesnya dapat mengklik gambar peta pada halaman beranda.

Pada box didalam peta terdapat Filter Provinsi, Kabupaten/Kota, kecamatan serta pilihan tipologi Masjid yang ingin dicari dipeta. Box ini dapat di tampilkan atau dihilangkan dengan mengklik tombol show/hide.

Peta ini menggunakan koordinat latitude dan Logitude dari googlemap dimana koordinat tersebut diisikan pada saat pengentrian data Masjid.

Apabila kita ingin mencari Masjid Raya misalnya, maka kita pilih filter tipologi Masjid Raya kemudian kita klik tombol Cari.

(11)

Halaman 5

Maka hasil dari pencarian tersebut dapat digambarkan seperti gambar diatas. Disana terlihat icon Masjid Raya yang tersebar diseluruh Indonesia. Untuk memperbesar (zoom in) tampilan peta dapat menscroll mouse anda atau menekan tombol [+] pada peta.

Kita dapat melihat informasi lebih detail mengenai Masjid yang kita cari dengan mengklik salah satu icon Masjid, kemudian akan muncul pop up box yang berisi Nama Masjid, Jenis tipologinya serta alamat dari Masjid tersebut. Untuk mengetahui lebih detail lagi kita dapat mengklik link pada Nama Masjid untuk menuju Halaman Profil Masjid.

Untuk menutup fitur peta dapat mengklik tombol silang dikanan bawah, maka peta akan tertutup.

PENTING!

Proses loading data/ icon pada Peta Masjid, khususnya untuk Masjid Besar, Masjid Jami dan Masjid di Tempat Publik yang banyak datanya membutuhkan waktu untuk loading. Proses loading juga bergantung dengan kecepatan akses internet di daerah masing-masing.

(12)

Halaman 6

1.5Fitur Update Masjid/ Mushalla

Fitur Update Masjid dan Mushalla merupakan fitur yang menampilkan data Masjid terkini yang dientri oleh tim operator SIMAS dari seluruh Indonesia.

Untuk berpindah antara data Masjid dan Mushalla cukup dengan mengklik tab diatas. Sementara untuk mengetahui lebih detail mengenai data terkini (terupdate) yang masuk dapat mengklik link index[+] dikiri bawah box tersebut.

(13)

Halaman 7

Untuk dapat mengakses Login Sistem Informasi Masjid (SIMAS) dapat mengklik menu login pada halaman portal atau bila menu login tidak muncul pada menu diatas, anda dapat juga mengakses login dengan memasukan alamat url sebagai berikut :

http://simbi.kemenag.go.id/SIMAS/index.php/login/

Untuk user terdapat 4 (Empat) tipe user yaitu Admin Pusat, Operator Provinsi (Kanwil), Operator Kab/Kota (Kankemenag) dan Operator KUA.

No Tipe User

Keterangan

1 Admin Pusat Memiliki hak akses administrasi ditingkat pusat

2 User Provinsi (Kanwil)

Memiliki hak akses untuk mengentry dan mengedit data yang diisi oleh user Kanwil, user Kankemenag dan user KUA di wilayah

Provinsinya. Memiliki Akses ke Managemen Bantuan di tingkat Kanwil dan Rekap Data Provinsi

3 User Kab/Kota (Kankemenag)

Memiliki hak akses untuk mengentry dan mengedit data yang diisi oleh user Kankemenag dan user KUA di wilayah Kabupaten/Kotanya

4 User KUA Memiliki akses untuk mengentry data dan mengedit data KUA diwilayahnya.

Setelah masuk ke halaman login, silahkan ketikkan username dan password kemudian klik tombol login. Pada versi SIMAS terbaru, kami menghilangkan entry kode Captcha pada saat login. Hal ini untuk mempermudah user melakukan login pada sistem.

Untuk mendapatkan username dan password anda dapat menghubungi Admin SIMAS pusat. Username dan password yang diberikan hendaknya disimpan dan diingat dengan baik.

Username dan password untuk pertama kali dapat anda lihat pada kartu password yang dibagikan untuk Operator Provinsi.

(14)

Halaman 8

Apabila login berhasil maka akan muncul ke halaman beranda. Apabila login gagal akan muncul alert sebagai berikut :

Pastikan username dan password anda adalah benar. Perhatikan tombol capslock pada komputer anda, karena username dan password di SIMAS sangat case sensitive.

Di SIMAS versi ini sudah dihilangkan fitur isian kode captcha, sehingga mempermudah proses login ke SIMAS. Apabila anda telah merubah password yang telah diberikan maka ingatlah kembali password tersebut. Apabila ada kesulitan untuk dapat masuk ke dalam SIMAS dapat menghubungi Operator Provinsi (Kanwil) anda atau dapat menghubungi Admin Pusat SIMAS.

(15)

Halaman 9

3. Halaman Beranda

Apabila login berhasil maka akan muncul ke halaman beranda sebagai berikut :

Berisi halaman depan dari Sistem Informasi Masjid. Terdapat menu-menu pada header dan terdapat berita-berita pada bagian bawah. Untuk user Admin pada menu navigasi atas terdiri atas :

No Menu Sub Menu

1 BERANDA Halaman Beranda 2 DATA MASJID/ MUSHALLA - Form Data Masjid

- Form Data Mushalla - Data Masjid

(16)

Halaman 10

3 REKAP DATA - Rekap Data Masjid & Mushalla - Grafik

4 PROFIL - Profil Masjid

o Masjid Negara o Masjid Raya o Masjid Agung o Masjid Besar o Masjid Jami o Masjid Bersejarah

o Masjid di tempat Publik

o Masjid Nasional - Profil Mushalla

o Mushalla di Tempat Publik

o Mushalla di Perkantoran

o Mushalla di area Pendidikan

o Mushalla di Perumahan 5 SETTING - Profil Anda

4. Menu Data Masjid / Mushalla

Menu data Masjid/ Mushalla ini merupakan menu dasar yang dapat diakses oleh semua user. Menu ini adalah menu untuk mengisi data Masjid dan Mushalla di masing-masing wilayah. Pastikan data Masjid dan Mushalla sudah terisi terlebih dahulu sebelum mengisi data Bantuan (untuk Admin Pusat dan user Kanwil).

Pada menu ini memiliki 4 submenu yang terdiri :

No Pilihan Keterangan

1 Form Data Masjid Berisikan Form untuk menginput Data Masjid 2 Form Data Mushalla Berisikan Form untuk menginput Data

Mushalla

3 Data Masjid Berisikan List Data Masjid yang telah diinput 4 Data Mushalla Berisikan List Data Mushalla yang telah

(17)

Halaman 11

4.1Mengisi Data Masjid melalui Form Data Masjid

Untuk mengisi data Masjid kita dapat menggunakan form data Masjid. Halaman ini berisikan form isian data profil Masjid yang cukup Detail dan disertai dengan fasilitas penomoran ID Masjid secara otomatis yang akan muncul di List Data Masjid setelah data disimpan.

PENJELASAN ISIAN FORM DATA MASJID

No

Isian

Keterangan

1 Nama Masjid Isikan nama Masjid, dimana langsung Nama diisikan tanpa menuliskan kata “Masjid” didepannya.

Gunakan tanda ”-” untuk menyambung awalan nama Masjid. Penggunaan huruf besar hanya diawal kata (Tidak

menggunakan huruf besar semua) . Contoh penulisan yang benar :

At-Taqwa, As-Salam, At-Tin, Nurul Iman 2 Alamat Masjid Isikan Alamat Lengkap Masjid

(Tanpa Provinsi, Kab/Kota dan Kecamatan)

3 Provinsi Pilih Provinsi dimana Masjid berada

4 Kabupaten/Kota Pilih Kabupaten/Kota dimana Masjid berada

5 Kecamatan Pilih Kecamatan dimana Masjid berada

Pengisian Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan harus berurutan mulai dari Provinsi terlebih dahulu, kemudian Kab/Kota dan terakhir pilih kecamatan.

6 Jenis Tipologi Pilih jenis Tipologi Masjid seperti pilihan berikut : - Masjid Negara (Masjid Negara, yaitu: Masjid Istiqlal) - Masjid Raya (Masjid Provinsi)

- Masjid Agung (Masjid Kabupaten/Kota) - Masjid Besar (Masjid Kecamatan)

- Masjid Jami (Masjid pada umumnya, Default Sistem) - Masjid Bersejarah (Masjid yang memiliki usia yang tua dan

memiliki nilai sejarah yang tinggi)

- Masjid di Tempat Publik (Khusus untuk Masjid di Perkantoran, Mall, Kampus, sekolah, Rumah sakit dan Tempat publik lainnya)

- Masjid Nasional (Masjid yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai Masjid Nasional)

(18)

Halaman 12

8 No. Fax Isikan No. Fax Sekretariat Masjid

9 Tahun Berdiri Isikan Tahun Berdirinya Masjid (Format:YYYY; Mis : 1990)

10 Luas Tanah Isikan Luas Tanah Masjid (dalam m2) Cukup isikan luasnya saja tanpa satuan m2.

Apabila datanya dalam hektar mohon dikonversi menjadi m2.

11 Luas Bangunan Isikan Luas Bangunan Masjid (dalam m2) Cukup isikan luasnya saja tanpa satuan m2.

12 Status Tanah Pilih status tanah Masjid

13 Jumlah Jamaah Masjid

Pilih range Rata-rata Jumlah Jamaah harian Masjid

14 Daya Tampung Maksimal Jamaah

Isikan Jumlah daya tamping maksimal Masjid. Contoh : 1000 orang. Isikan jumlahnya saja (numerik)

15 Jumlah Pengurus Masjid

Isikan jumlah Pengurus Masjid yang masuk dalam struktur organisasi Masjid. Contoh : 20 orang.

Isikan jumlahnya saja (numerik)

16 Jumlah Imam Isikan Jumlah Imam Tetap Masjid

17 Jumlah Khatib Isikan Jumlah Khotib Masjid (Khotib tetap atau Khotib internal Masjid)

18 Lokasi Koordinat Google Map

Pilih koordinat lokasi dengan menempatkan pointer pada peta.

Untuk Membesarkan (Zoom In) dapat mengklik tombol [+] pada pojok kiri peta atau menscroll mouse ke depan. Untuk mengeser Peta (drag) dapat menekan klik kiri pada mouse kemudian tahan dan geser ke lokasi yang anda inginkan kemudian lepas mouse.

Untuk Mengecilkan (Zoom Out) dapat mengklik tombol [-] pada pojok kiri peta atau menscroll mouse ke belakang.

(19)

Halaman 13 satellite pada pojok kanan atas.

19 Fasilitas kelengkapan Masjid

Beri Tanda Check pada Fasilitas Kelengkapan Masjid yang dimiliki oleh Masjid. Boleh lebih dari satu.

Apabila ada fasilitas lain diluar list dapat menambahkan di Bagian Bawah. Apabila masih kurang dapat menekan tombol [+] untuk menambah fasilitas lainnya

20 Kegiatan Masjid Beri Tanda Check pada Kegiatan Masjid yang dilaksanakani oleh Masjid. Boleh lebih dari satu.

Apabila ada Kegiatan lain diluar list dapat menambahkan di Bagian Bawah. Apabila masih kurang dapat menekan tombol [+] untuk menambah kegiatan lainnya

21 Upload Foto Masjid

Apabila ada foto Masjid dapat mengupload Foto Masjid maksimal 3 Foto perMasjid, maksimal ukuran file adalah 1Mb perfoto, ukuran maksimal 1024 x 768 pixel. Tipe Foto yang diziinkan adalah JPG.

22 Dokumen Pendukung

Apabila ada dokumen lain yang perlu disertakan, seperti struktur organisasi, jadwal pengajian, jadwal khotib Jumat dll dapat diupload ke SIMAS.

Maksimal 3 file perMasjid, maksimal ukuran file adalah 1MB per dokumen, tipe file yang diizinkan adalah .pdf

Untuk dokumen Word ataupun Excel harap di convert terlebih dahulu ke PDF secara manual.

23 Sejarah Isikan sejarah Masjid secara singkat padat dan jelas.

24 Keterangan/ Deskripsi

(20)

Halaman 14

(21)
(22)

Halaman 16

4.2Mengisi Data Mushalla melalui Form Data Mushalla

Untuk mengisi data Mushalla kita dapat menggunakan Form Data Mushalla. Halaman ini berisikan form isian data profil Mushalla yang cukup Detail dan disertai dengan fasilitas penomoran ID Mushalla secara otomatis yang akan muncul di List Data Mushalla setelah data disimpan.

PENJELASAN ISIAN FORM DATA MUSHALLA

No

Isian

Keterangan

1 Nama Mushalla Isikan nama Mushalla, dimana langsung Nama diisikan tanpa menuliskan kata “Mushalla” didepannya.

Gunakan tanda ”-” untuk menyambung awalan nama Mushalla. Penggunaan huruf besar hanya diawal kata (Tidak menggunakan huruf besar semua) .

Contoh penulisan yang benar :

At-Taqwa, As-Salam, At-Tin 2 Alamat

Mushalla

Isikan Alamat Lengkap Mushalla

3 Provinsi Pilih Provinsi dimana Mushalla berada

4 Kabupaten/Kota Pilih Kabupaten/Kota dimana Mushalla berada

5 Kecamatan Pilih Kecamatan dimana Mushalla berada

Pengisian Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan harus berurutan mulai dari Provinsi terlebih dahulu, kemudian Kab/Kota dan terakhir pilih kecamatan.

6 Jenis Tipologi Pilih jenis Tipologi Mushalla seperti pilihan berikut :

- Mushalla di Tempat Publik (Mushalla di Perkantoran, Mall, Kampus, dan Tempat publik lainnya.

- Mushalla Perkantoran (Mushalla dilokasi Perkantoran) - Mushalla Pendidikan (Mushalla di Sekolah, Kampus dan

lokasi pendidikan lainnya)

- Mushalla Perumahan (Mushalla di dalam Pemukiman, komplek perumahan dan sekitar warga)

7 No. Telp/HP Isikan No. Telp/HP Sekretariat Mushalla

8 No. Fax Isikan No. Fax Sekretariat Mushalla

9 Tahun Berdiri Isikan Tahun Berdirinya Mushalla. (Format YYYY; mis 1970)

10 Luas Tanah Isikan Luas Tanah Mushalla (dalam m2)

Cukup isikan luasnya saja tanpa satuan m2. Apabila datanya dalam hektar mohon dikonversi menjadi m2.

11 Luas Bangunan Isikan Luas Bangunan Mushalla (dalam m2)

12 Status Tanah Pilih status tanah Mushalla

13 Jumlah Jamaah Masjid

Pilih range Rata-rata Jumlah Jamaah harian Mushalla

14 Daya Tampung Maksimal Jamaah

Isikan Jumlah daya tamping maksimal Mushalla. Contoh : 1000 orang

(23)

Halaman 17 Pengurus

Mushalla

organisasi Mushalla. Contoh : 20 orang

16 Jumlah Imam Isikan Jumlah Imam Tetap Mushalla

17 Jumlah Khatib Isikan Jumlah Khatib Mushalla (Khotib tetap atau Khotib internal Mushalla)

18 Lokasi Koordinat Google Map

Pilih koordinat lokasi dengan memempatkan pointer pada peta. Untuk Membesarkan (Zoom In) dapat mengklik tombol [+] pada pojok kiri peta atau menscroll mouse ke depan. Untuk mengeser Peta (drag) dapat menekan klik kiri pada mouse kemudian tahan dan geser ke lokasi yang anda inginkan kemudian lepas mouse.

Untuk Mengecilkan (Zoom Out) dapat mengklik tombol [-] pada pojok kiri peta atau menscroll mouse ke belakang. Untuk beralih ke fitur peta satelit dapat mengklik tombol satellite pada pojok kanan atas.

19 Fasilitas kelengkapan Mushalla

Beri Tanda Check pada Fasilitas Kelengkapan Mushalla yang dimiliki oleh Mushalla. Boleh lebih dari satu.

Apabila ada fasilitas lain diluar list dapat menambahkan di Bagian Bawah. Apabila masih kurang dapat menekan tombol [+] untuk menambah fasilitas lainnya

20 Kegiatan Mushalla

Beri Tanda Check pada Kegiatan Mushalla yang dilaksanakani oleh Mushalla. Boleh lebih dari satu.

Apabila ada Kegiatan lain diluar list dapat menambahkan di Bagian Bawah. Apabila masih kurang dapat menekan tombol [+] untuk menambah kegiatan lainnya

21 Upload Foto Mushalla

Apabila memiliki foto Mushalla dapat mengupload Foto Mushalla tersebut maksimal 3 Foto per Mushalla, maksimal ukuran file gambar adalah 1MB perfoto, ukuran maksimal 1024 x 768 pixel. Tipe Foto adalah JPG.

22 Dokumen Pendukung

Apabila ada dokumen lain yang perlu disertakan, seperti struktur organisasi, jadwal pengajian dll dapat diupload ke SIMAS.

Maksimal 3 file per Mushalla, maksimal ukuran file adalah 1MB per dokumen, tipe file yang diizinkan adalah .pdf

Untuk dokumen Word ataupun Excel harap di convert terlebih dahulu ke PDF secara manual.

23 Sejarah Isikan sejarah Mushalla secara singkat padat dan jelas.

24 Keterangan/ Deskripsi

(24)

Halaman 18

(25)

Halaman 19

4.3Data Masjid

Berisikan daftar/list Data Masjid yang telah diinput ke dalam SIMAS. Berikut adalah gambar halaman Data Masjid :

(26)

Halaman 20

Kita dapat menggunakan filter untuk dapat memfilter list data Masjid sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.

No Filter Keterangan

1 Pilih Tipologi Pilih Tipologi Masjid

2 Pilih Status tanah Pilih Status tanah

3 Pilih Jumlah Jamaah Pilih Range Jumlah Jamaah

Kita dapat pula mencari Masjid yang diinginkan dengan menggunakan fitur

pencarian. Ketikkan nama Masjid yang ingin dicari dan pilih kategori yang diinginkan kemudian tekan tombol cari.

Maka sistem akan memunculkan hasil yang relevan dengan keyword yang dicari dan sesuai kategori yang diinginkan. Atau dapat pula menggunakan fitur Advance Search yaitu dengan mengklik tombol Filter + disamping tombol cari.

(27)

Halaman 21

No Filter Keterangan

1 Pilih Kecamatan Pilih keyword berdasarkan Kecamatan

2 Pilih Tipologi Pilih keyword berdasarkan Tipologi

3 Any Keyword Ketik keyword yang akan anda cari

Apabila akan menambah data baru selain dapat mengakses Form Data Masjid juga dapat mengklik tombol Tambah data baru pada pojok kanan.

4.4Edit dan Hapus Data Masjid

Untuk mengedit Data Masjid dapat mengklik icon edit (pensil), sementara untuk menghapus dapat mengklik icon silang disebelah kiri pada list Data Masjid.

PERHATIAN ! harap berhati - hati dalam menghapus data. Sistem akan mengeluarkan pop-up alert untuk konfirmasi apakah benar anda akan menghapus data tersebut.

(28)

Halaman 22

(29)

Halaman 23

4.5Data Mushalla

Berisikan daftar/list Data Mushalla yang telah diinput ke dalam SIMAS. Berikut adalah gambar halaman Data Masjid :

(30)

Halaman 24

Kita dapat menggunakan filter untuk dapat memfilter list data Mushalla sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.

No Filter Keterangan

1 Pilih Tipologi Pilih Tipologi Mushalla

2 Pilih Status tanah Pilih Status tanah

3 Pilih Jumlah Jamaah Pilih Range Jumlah Jamaah

Kita dapat pula mencari Mushalla yang diinginkan dengan menggunakan fitur pencarian. Ketikkan nama Mushalla yang ingin dicari dan pilih kategori yang diinginkan kemudian tekan tombol cari.

Maka sistem akan memunculkan hasil yang relevan dengan keyword yang dicari dan sesuai kategori yang diinginkan. Atau dapat pula menggunakan fitur Advance Search yaitu dengan mengklik tombol Filter + disamping tombol cari.

(31)

Halaman 25

No Filter Keterangan

1 Pilih Kecamatan Pilih keyword berdasarkan Kecamatan

2 Pilih Tipologi Pilih keyword berdasarkan Tipologi

3 Any Keyword Ketik keyword yang akan anda cari

Apabila akan menambah data baru selain dapat mengakses Form Data Mushalla juga dapat mengklik tombol Tambah data baru pada pojok kanan.

4.6Edit dan Hapus Data Mushalla

Untuk mengedit Data Mushalla dapat mengklik icon edit (pensil), sementara untuk menghapus dapat mengklik icon silang disebelah kiri pada list Data Mushalla.

(32)

Halaman 26

(33)

Halaman 27

5. Menu Rekap Data

Menu Rekap Data merupakan halaman hasil rekap data secara Nasional maupun per Provinsi.

No Jenis Rekap Keterangan

1 Rekap Data Masjid dan Mushalla

Rekap Data yang merangkum total data Masjid dan Mushalla dengan berbagai tipologi di wilayah kecamatan masing - masing di tahun tertentu.

2 Grafik Berbagai Grafik Jumlah Masjid dan Mushalla di Indonesia

5.1 Rekap Data Masjid dan Mushalla

Rekap Data Masjid dan Mushalla adalah Rekap Data yang merangkum total data Masjid dan Mushalla dengan berbagai tipologi Masjid dan Mushalla. Kita dapat pula melihat data per-Kecamatan dengan mengklik nama Kecamatannya.

(34)

Halaman 28

(35)

Halaman 29

5.2 Grafik

(36)

Halaman 30

6. Menu Profil Masjid dan Mushalla

Menu Profil Masjid dan Mushalla menyajikan data Profil Masjid dan Mushalla secara lebih informatif dan lengkap.

Adapun penjelasan dari sub menu Profil Masjid adalah sebagai berikut :

No Jenis Masjid Keterangan

1 Masjid Negara Profil Masjid Negara, yaitu Masjid Istiqlal

2 Masjid Raya Profil Masjid Raya di seluruh Indonesia

3 Masjid Agung Profil Masjid Agung di seluruh Kab/Kota di Indonesia

4 Masjid Besar Profil Masjid Besar

5 Masjid Jami Profil Masjid Jami

6 Masjid Bersejarah Profil Masjid yang memiliki usia yang tua dan memiliki nilai sejarah yang tinggi

7 Masjid di Tempat Publik Profil Masjid di Perkantoran, Mall, Kampus, dan Tempat publik lainnya

8 Masjid Nasional Profil Masjid Nasional, yaitu Masjid yang berada di ibukota provinsi dan ditetapkan sebagai Masjid Nasional oleh Pemerintah pusat.

Adapun fitur yang ditampilkan di Profil Masjid meliputi :

No Info Keterangan

1 Informasi Dasar Berisi mengenai Nama Masjid, Alamat, tipe Masjid dsb

2 Kode Masjid Berisi Kode Masjid yang memiliki makna berdasarkan tipologi dan wilayahnya

3 Gambar Masjid Gambar Masjid dalam berbagai sudut dan kegiatan yang disajikan secara slide show.

4 Peta Masjid Peta Google Map lokasi Masjid bila diisi koordinat latitude dan longitudenya

5 Info Detail Masjid Berupa Luas Tanah, jenis tanah, luas Bangunan, jumlah imam, jumlah khatib, daya tamping jamaah, kegiatan, fasiltas dsb.

6 Sejarah Masjid Berisi sejarah Masjid disertai dengan foto

7 Dokumen Pendukung Berisikan dokumen-dokumen pendukung yang dapat didownload seperti jadwal pengajian, jadwal khatib jumat, struktur organisasi dll.

(37)

Halaman 31

(38)

Halaman 32

Profil Mushalla

Adapun penjelasan dari sub menu Profil Mushalla adalah sebagai berikut :

No Jenis Mushalla Keterangan

1 Mushalla ditempat Publik Profil Mushalla yang berada di tempat Publik, seperti Mushalla di Mall, Stasiun, Terminal dll

2 Mushalla Perkantoran Profil Mushalla yang berada di wilayah perkantoran

3 Mushalla Pendidikan Profil Mushalla yang berada di komplek pendidikan

(39)

Halaman 33

7. Menu Setting

Menu Setting digunakan untuk melakukan proses administrasi oleh user Kankemenag. Terdiri dari 1 submenu yaitu :

No Submenu Setting Keterangan

1 Profil Anda Berisikan halaman Profil Pribadi user. Kita dapat merubah data pribadi kita, termasuk merubah password pribadi

7.1Profil Anda

Profil anda berisikan informasi seputar account yang anda miliki, seperti username, nama lengkap, password dan dan lain-lain.

(40)

Halaman 34

No Field Keterangan

1 username Berisikan username yang diberikan

2 Nama Lengkap isikan Nama lengkap anda

3 email isikan email aktif anda

4 Alamat Rumah isikan Alamat rumah anda

5 Posisi (Jabatan) Isikan posisi anda dalam kantor

6 Password baru Apabila ingin merubah password ketikkan password baru anda di isian ini

7 Konfirm password Ulangi password baru anda

8 Upload Photo Pilih photo anda

Setelah selesai mengisi jangan lupa mengklik tombol simpan. Apabila anda merubah password, setelah disimpan kemudian silahkan logout dan login kembali dengan password anda yang baru.

(41)
(42)
(43)
(44)

Referensi

Dokumen terkait

Pangsa pengeluaran pangan pokok yang relatif lebih besar dibanding pangsa pengeluaran kelompok pangan lain mengindikasikan kontribusi energi dan protein dominan dalam

PENELITIAN YANG DILAKSANAKAN DIKLINIK SELALU MELIBATKAN PENDERITA SERTA DALAM PENELITIAN SEBAGAI SUBJEK PENELITIAN BERTUJUAN UNTUK PENYEMBUHAN (TERAPEUTIK), NON-TERAPEUTIK DAN

Manajer Investasi dapat menghitung sendiri Nilai Pasar Wajar dari Efek tersebut dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab berdasarkan metode yang menggunakan asas

Halaman login siswa terdapat pada halaman Contact Us, halaman yang berisi login siswa untuk masuk ke halaman administrator agar dapat mengakses informasi tentang

5. Menu LOGIN adalah menu yang digunakan untuk dapat mengakses fungsi pengurusan rekomendasi izin usaha. Ketika diklik akan muncul menu sebagai berikut:.. 1)

Gambar 9Tampilan Login Admin Halaman login administrator merupakan halaman yang digunakan untuk membatasi akses pengguna untuk dapat ke dalam menu dari aplikasi informasi

Tindak tutur lokusi pada lima episode dalam acara Galau Nite di Metro TV tersebut digunakan oleh penutur (baik pembawa acara, biang galau, galauers, ataupun Angels & The

Pre-Conditions Bagian Admin telah melakukan input data penumpang dan mengkonfirmasi pembayaran tiket. Post-Conditions Penumpang telah melakukan pembayaran dan