• Tidak ada hasil yang ditemukan

ANALISIS STRUKTUR PERTUKARAN DALAM WACANA INTERAKSI KELAS PADA KELAS X IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 BATU SKRIPSI

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "ANALISIS STRUKTUR PERTUKARAN DALAM WACANA INTERAKSI KELAS PADA KELAS X IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 BATU SKRIPSI"

Copied!
15
0
0

Teks penuh

(1)

ANALISIS STRUKTUR PERTUKARAN DALAM WACANA INTERAKSI KELAS PADA KELAS X IPA

DI SMA MUHAMMADIYAH 3 BATU

SKRIPSI

Oleh:

DWI TRI SETYOWATI NIM 201110080311042

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG MALANG

(2)

i

ANALISIS STRUKTUR PERTUKARAN DALAM WACANA INTERAKSI KELAS PADA KELAS X IPA

DI SMA MUHAMMADIYAH 3 BATU

SKRIPSI

Diajukan Kepada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang sebagai Salah Satu

Prasyarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Oleh:

DWI TRI SETYOWATI NIM 201110080311042

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2015

(3)

ii

LEMBAR PERSETUJUAN

Skripsi yang berjudul “Analisis Struktur Pertukaran dalam Wacana Interaksi Kelas pada Kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 3 Batu” ini telah disetujui oleh dosen pembimbing skripsi pada tanggal 02 Februari 2015

Pembimbing I, Pembimbing II,

(4)

iii

LEMBAR PENGESAHAN

Dipertahankan di Depan Dewan Penguji Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang

Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan

Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tanggal 21 Februari 2015

Mengesahkan,

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang

Dekan,

Dr. Poncojari Wahyono, M.Kes Dewan Penguji

1) Dr. Hari Windu Asrini, M.Si ………..

2) Musaffak, M.Pd ………..

3) Drs. Sudjalil, M.Si., M.Pd ………..

(5)

iv

LEMBAR PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dwi Tri Setyowati Tempat Tanggal Lahir: Malang, 15 Maret 1993 NIM : 201110080311042

Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa:

1. Skripsi dengan judul “Analisis Struktur Pertukaran dalam Wacana Interaksi Kelas pada Kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 3 Batu” adalah hasil karya saya dan dalam naskah skripsi ini tidak terdapat karya ilmiah yang pernah diajukan oleh orang lain untuk memperoleh gelar akademik di suatu Perguruan Tinggi dan tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, baik sebagian atau keseluruhan, kecuali secara tertulis dikutip dalam naskah ini dan disebutkan dalam sumber kutipan atau daftar pustaka.

2. Apabila ternyata di dalam naskah skripsi ini dapat dibuktikan terdapat unsur-unsur plagiasi, saya bersedia skripsi ini digugurkan dan gelar akademik yang telah saya peroleh dibatalkan, serta diproses dengan ketentuan hukum yang berlaku.

3. Skripsi ini dapat dijadikan sumber pustaka yang merupakan hak bebas royalti non eksklusif.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 02 Februari 2015 Yang menyatakan,

Dwi Tri Setyowati NIM. 201110080311042

(6)

v

MOTTO

Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu.

Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Q.S Al-Baqarah 216)

"

Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan

bertemu dengan kesiapan"

(7)

vi

PERSEMBAHAN

Rasa syukur kepada Allah SWT yang memberikan Rahmat-Nya, nikmat-Nya dan hidayah-nikmat-Nya dan Rosulullah SAW yang memberikan petunjuk ke jalan terang dan benar sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini:

Skripsi ini penulis persembahkan untuk:

1. Kedua orang tua tercinta, Ayah dan Bunda yang selalu memanjatkan doa dalam setiap sujudnya. Tidak ada kata yang bisa aku ucapkan selain rasa terima kasihku yang tidak terhingga, terima kasih atas segala pengorbanan yang tidak mungkin bisa aku balas.

2. Kedua saudara kandungku tercinta, Mas Dedy dan Adek Hepi terima kasih buat kalian yang selalu memberi semangat dan motivasi selama ini.

3. Sahabat-sahabatku dan orang yang spesial selalu mendukung dalam setiap langkahku (Sabran, Anggun, Riris, Mbak Nela, Ayu Riski) terima kasih buat kalian yang selalu membuat saya senang dan mendapatkan motivasi di saat menghadapi skripsi.

4. Teman-teman penghuni “Kos 6C” yang telah menjadi rumah kedua bagiku. Ada yang datang dan pergi (Ayu “Micin”, Mbak Yani, Mbak Riska, Mbak Adelia dan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu) hari-hari menjadi penuh warna bersama kalian selama tinggal di kos 6C.

5. Teman-teman seperjuangan yang selalu bersama-sama diwaktu bimbingan dan saling membantu disetiap kesulitan, serta teman-teman Bahasa Indonesia angkatan 2011 khusunya kelas A yang telah memberikan semangat, dukungan dan kebersamaannya selama ini.

6. Seluruh keluarga besar di SMA Muhammadiyah 3 Batu dan semua guru serta murid-muridku (khususnya kelas X) selaku subyek penelitian sehingga skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.

(8)

vii ABSTRAK

Dwi Tri Setyowati. 2015. Analisis Struktur Pertukaran dalam Wacana Interaksi Kelas pada Kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 3 Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UniversitasMuhammadiyah Malang. Pembimbing: (1) Drs. Gigit Mujianto, M.Si. (2) Drs. Sudjalil, M.Si., M.Pd.

Kata Kunci: wacana, interaksi kelas, struktur pertukaran

Wacana interaksi kelas sebagai wacana komunikasi interaksional yang melibatkan penutur dan mitra tutur dan kelas sebagai latar peristiwa tuturnya. Interaksi memiliki peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dalam interaksi kelas guru sebagai pendidik hendaknya membuat perancangan terhadap kegiatan yang akan dilakukan, perancangan tersebut mendorong agar siswa dapat melakukan kegiatan yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengomunikasikan. Pemikiran dan strategi yang disampaikan guru akan menggerakkan siswa belajar secara mandiri dan kreatif. Selain itu, guru juga harus memiliki tuturan yang mampu memotivasi siswa sehingga mampu melahirkan pembelajaran yang mengundang siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar di kelas. Tujuan dalam penelitian yang terkait dengan wacana interkasi kelas ini dirumuskan sebagai berikut, (1) mendeskripsikan bentuk tuturan inisiasi dalam interaksi kelas di SMA Muhammadiyah 3 Batu, (2) mendeskripsikan bentuk tuturan respon dalam interaksi kelas di SMA Muhammadiyah 3 Batu, (3) mendeskripsikan bentuk tuturan feedback dalam interaksi kelas di SMA Muhammadiyah 3 Batu.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif karena pengambilan data yang diambil bersifat apa adanya dan bersumber dari komunikasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, perekaman, dan catatan lapangan. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang meliputi empat tahap yaitu pengelompokkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan pemeriksaan teman sejawat.

Berdasarkan hasil penelitian di pembahasan disimpulkan sebagai berikut. Pertama, bentuk tuturan inisiasi dalam interaksi kelas meliputi (1) pertanyaan sungguhan, (2) pertanyaan pura-pura, (3) permintaan (keras) secara langsung, (4) permintaan (lunak) tak langsung, (5) informatif, (6) metastatement, dan (7) ekspresif. Kedua, bentuk tuturan respon dalam interaksi kelas meliputi (1) menjawab, (2) timbal tindak, (3) pengulangan, dan (4) pemicu ulang. Ketiga, bentuk tuturan feedback dalam interaksi kelas meliputi (1) penerimaan, (2) penghargaan, (3) komentar, (4) pembetulan, (5) pengulangan, dan (6) parafrase. Pada bentuk tuturan respon hanya ditemukan empat jenis tanggapan dari siswa, tanggapan yang berupa ucapan terima kasih tidak ditemukan pada data wacana interaksi kelas. Kemudian dalam bentuk tuturan inisiasi dan feedback semua jenis ujaran guru ditemukan pada data wacana interaksi kelas.

(9)

viii ABSTRACT

Dwi Tri Setyowati 2015. Analysis of the Structure Exchange in Class Interaction Discourse in Grade X at SMA Muhammadiyah 3 High School of Batu City. Undergraduate thesis. Indonesian and Regional Language and Literature Education Study Program. Faculty of Education and Teacher Training. University of Muhammadiyah Malang. Advisors: (1) Drs. Gigit Mujianto, M.Si. (2) Drs. Sudjalil, M.Si., M.Pd.

Keywords: discourse, class interaction, exchange structure

Class interaction discourse as interactional communication discourse involve speaker and hearer as the background of speech event. Interaction has important role in teaching and learning process. In class interaction, teacher as educator shall made design to activity which would be done, the design should push students to do activities include observing, questioning, trying, associating, and communicating. Thought and strategy delivered by teacher will move students to learn independently and creatively. Besides, teacher should also have speech which is able to motivate students so that they would be able to repoduce learning which invite students to be actively involve in teaching and learning process in class. The research purpose regarding with class interaction discourse is formulated as, (1) describing initiation speech in class interaction in SMA Muhammadiyah 3 High School of Batu, (2) describing response speech form in class interaction of SMA Muhammadiyah 3 High School of Batu, (3) describing feedback speech form in class interaction of SMA Muhammadiyah 3 High School of Batu.

Research type used is qualitative descriptive method since data collection is as it is, and sourced from communication done by subject teacher in teaching and learning process in class. Data collection technique used are observation, recording, and field record. Data is analyzed using interactive analysis include four phases, they are data grouping, data reduction, data serve, and conclusion. To keep data validity, it is done by detail observation and peer check.

According to the research in discussion, it can be concluded as: First, Initiation speech includes (1) real question, (2) pseudo-question, (3) direct request (hard), (4) indirect request (soft), (5) informative, (6) metastatement, and (7) expressive. Second, response speech in class interaction include (1) answering, (2) follow lead, (3) repeat, and (4) re-trigger. Third, feedback speech in class interaction includes (1) acceptance, (2) reward, (3) comment, (4) correction, (5) repeat, and (6) paraphrase. In response speech form, there's only found four type of responses from students, response which is gratitude didn't found in class interaction discourse data. Then in initiation speech and feedback, all type of teacher's terms are found in class interaction discourse data.

(10)

ix

KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Allah SWT penulis panjatkan karena hanya berkat rahmad, hidayah dan inayah-Nya skripsi dengan judul “Analisis Struktur Pertukaran dalam Wacana Interaksi Kelas pada Kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 3 Batu” dapat terselesaikan dengan baik. Sholawat serta salam tidak lupa selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini dapat terselesaikan berkat bimbingan, bantuan dan dorongan dari berbagai pihak. Dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat:

1. Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Malang yang telah memberikan izin untuk penyusunan skripsi ini.

2. Dr. Poncojari Wahyono, M.Kes selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang yang telah memberikan izin untuk penyusunan skripsi ini.

3. Drs. Tuti Kusniarti, M.Si., M.Pd, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang telah memberikan izin untuk penyusunan skripsi ini.

4. Drs. Gigit Mujianto, M.Si, selaku dosen pembimbing I yang dengan sabar telah membimbing dan memberi masukan sehingga skripsi ini terselesaikan. 5. Drs. Sudjalil, M.Si., M.Pd, selaku dosen pembimbing II yang telah sabar dan

penuh keikhlasan memberikan arahan, masukan, bimbingan, serta motivasi kepada penulis sehingga terselesaikan skripsi ini.

6. Drs. Puriadi, selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Batu yang telah memberikan kesempatan untuk mengadakan penelitian.

7. Khoen Eka Anthy, S.A., S.S., Faridatul Masadah, S.Pd., Zaenal Abidin, S.S., selaku guru di SMA Muhammadiyah 3 Batu yang telah menjadi objek penelitian.

Dengan segala kerendahan hati penulis menyadari masih terdapat banyak kekurangan, sehingga penulis mengharapkan adanya saran dan kritik yang bersifat

(11)

x

membangun demi perbaikan kedepannya. Akhir kata, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penulisan skripsi ini terdapat banyak kesalahan. Semoga skripsi ini bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri serta bagi pembaca pada umumnya.

.

Malang, 02 Februari 2015 Peneliti,

(12)

xi

DAFTAR ISI

Halaman Judul ... i

Lembar Persetujuan ... ii

Lembar Pengesahan ... iii

Halaman Pernyataan... iv Halaman Motto... v Halaman Persembahan ... vi Abstrak ... vii Abstract ... viii Kata Pengantar ... ix Daftar Isi... xi

Daftar Tabel ... xiii

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah... 01

1.2 Fokus Masalah ... 08

1.3 Rumusan Masalah ... 08

1.4 Tujuan Penelitian ... 09

1.5 Manfaat Penelitian ... 09

1.6 Definisi Operasional ... 10

BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Pengertian Wacana ... 12

2.2 Wacana Interaksi Kelas ... 13

2.3 Wacana Interaksi Kelas Sebagai Wacana Percakapan ... 14

2.4 Model Struktur Wacana ... 15

2.4.1 Pembukaan (Inisiasi) ... 17

2.4.2 Penjawaban (Respon) ... 18

2.4.3 Pelanjutan (Feedback) ... 19

BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Metode dan Jenis Penelitian ... 22

3.2 Data dan Sumber Data ... 24

3.3 Teknik Pengumpulan Data ... 25

3.4 Instrumen Penelitian ... 27

3.5 Teknik Analisis Data ... 31

3.6 Pengecekan Keabsahan Temuan ... 33

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 4.1 Analisis Data 4.1.1 Bentuk Tuturan Inisiasi dalam interaksi kelas di SMA Muhammadiyah 3 Batu ... 35

4.1.2 Bentuk Tuturan Respon dalam interaksi kelas di SMA Muhammadiyah 3 Batu ... 60

(13)

xii

4.1.3 Bentuk Tuturan Feedback dalam interaksi kelas

di SMA Muhammadiyah 3 Batu ... 69

4.2 Pembahasan 4.2.1 Bentuk Tuturan Inisiasi dalam interaksi kelas di SMA Muhammadiyah 3 Batu ... 87

4.2.2 Bentuk Tuturan Respon dalam interaksi kelas di SMA Muhammadiyah 3 Batu ... 91

4.2.3 Bentuk Tuturan Feedback dalam interaksi kelas di SMA Muhammadiyah 3 Batu ... 93

BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan ... 95 5.2 Temuan Penelitian ... 96 5.3 Saran ... 97 DAFTAR PUSTAKA ... 98 LAMPIRAN Lampiran 1 Transkripsi Video Mapel Bahasa Indonesia ... 99

Lampiran 2 Transkripsi Video Mapel Biologi ... 104

Lampiran 3 Transkripsi Video Mapel Bahasa Inggris ... 110

Lampiran 4 Korpus Data ... 114

Lampiran 5 Surat Permohonan Izin Penelitian ... 191

(14)

xiii

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Analisis Data ... 28 Tabel 3.2 Indikator Struktur Pertukaran... 28

(15)

98

DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahassa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, Bustanul & Abdul Rani. 2000. Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Etikasari, Dian. 2012. Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Kelas (Kajian Mikroetnografi terhadap bahasa guru). Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Febriana, Siska Indri. 2012. Tuturan Responsif Siswa terhadap Tuturan Direktif

Guru dalam Wacana Interaksi Kelas di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi tidak

diterbitkan. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Ismawati, Esti. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Ombak

Martutik. 1995. Analisis Wacana Interaktif. IKIP Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kuatitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rani, dkk. 2006. Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin & Vismaia S. Damaianti. 2007. Metode Penelitian Pendidikan

Referensi

Dokumen terkait

[r]

Gambaran tentang kinerja mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemahaman dan kreativitas matematis yang dilihat melalui jumlah (prosentase) mahasiswa

Kesimpulan yang didapat adalah aplikasi Contact Centre membuat EF Education memiliki kerangka kerja yang lebih terstruktur, konsultan memiliki informasi yang tepat

Dari hasil analisis regresi yang dilakukan diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,554 atau 55,4% yang artinya bahwa pengaruh variabel independen yaitu Effective Tax

Dengan usahatani lada integrasi ternak kambing nilai tambahan pendapatan petani lebih banyak dan petani memperoleh pupuk organik cukup untuk tanaman lada di banding cara tradisional

Hak cipta termasuk hak milik ( milkiyah ) dalam hukum Islam dapat diperoleh dari berbagi cara, diantaranya yaitu ihraz al-mubahat (penguasaan harta bebas), yakni

Ekuitas merupakan bagian hak pemilik dalam perusahaan yaitu selisih antara aktiva dan kewajiban yang ada dan dengan demikian tidak merupakan ukuran nilai jual

Perkembangan minat sangat tergantung pada lingkungan dan orang-orang dewasa yang erat pergaulannya dengan mereka, sehingga secara langsung akan berpengaruh pula