• Tidak ada hasil yang ditemukan

EFEK PULSING DAN HOLDING TERHADAP LAMA KESEGARAN BUNGA POTONG MAWAR (Rosa hybrida)

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "EFEK PULSING DAN HOLDING TERHADAP LAMA KESEGARAN BUNGA POTONG MAWAR (Rosa hybrida)"

Copied!
16
0
0

Teks penuh

(1)

EFEK PULSING DAN HOLDING TERHADAP LAMA

KESEGARAN BUNGA POTONG MAWAR (Rosa hybrida)

SKRIPSI

Oleh :

I GEDE SANI CARYANA 1105105077

KONSENTRASI AGRONOMI DAN HORTIKULTURA PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS UDAYANA

DENPASAR 2016

(2)

i

EFEK PULSING DAN HOLDING TERHADAP LAMA

KESEGARAN BUNGA POTONG MAWAR (Rosa hybrida)

SKRIPSI

Skripsi ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pertanian pada Fakultas Pertanian Universitas Udayana

OLEH : I Gede Sani Caryana

1105105077

KONSENTRASI AGRONOMI DAN HORTIKULTURA PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS UDAYANA

DENPASAR 2016

(3)

ii

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA SKRIPSI

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. Saya bersedia dikenakan sanksi sebagaimana diatur dalam aturan yang berlaku apabila terbukti bahwa skripsi ini bukan hasil karya saya sendiri atau mengandung tindakan plagiarism.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Denpasar, 29 Januari 2016 Yang menyatakan,

I Gede Sani Caryana NIM. 1105015077

(4)

iii ABSTRAK

I Gede Sani Caryana. Nim. 1105105077. Efek Pulsing dan Holding Terhadap Lama Kesegaran Bunga Potong Mawar (Rosa hybrida)”. Dibimbing oleh : Prof. Dr. Ir. Made Sudiana Mahendra, M.App.Sc. dan Ida Ayu Putri Darmawati, SP,M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pulsing dan holding serta interaksinya terhadap lama kesegaran bunga mawar (Rosa hybrida). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana. Rancangan penelitian menggunakan metode rancangan acak Kelompok (RAK), yang terdiri dari dua tahap percobaan. Tahap I terdiri dari: P0, P1, P2, dan P3, sedangkan tahap II terdiri dari: H0, H1, H2, H3, dan

H4. Terdapat 20 kombinasi perlakuan yang diulang tiga kali dan setiap botol berisi

satu tangkai bunga yang seragam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pulsing berpengaruh sangat nyata terhadap pH awal larutan pulsing, sedangkan pada total larutan

pulsing terserap berpengaruh tidak nyata. Perlakuan holding berpengaruh sangat

nyata terhadap pH awal larutan holding dan total larutan holding terserap. Interaksi antara kosentrasi pulsing dengan holding menunjukkan pengaruh yang tidak nyata terhadap variabel lama kesegaran bunga, diameter bunga dan jumlah mahkota bunga. Perendaman bunga potong pulsing (sukrosa 6%) dengan perendaman holding (sukrosa 6% + asam sitrat 100 ppm) dapat memperpanjang lama kesegaran bunga mawar selama 16,97 hari atau 3,89 hari lebih lama dari pada kontrol.

(5)

iv ABSTRACT

I Gede Sani Caryana. Nim. 1105105077. Effect Pulsing and Holding For Freshness of Rosa hybrida)”. Guide by : Prof. Dr. Ir. Made Sudiana Mahendra, M.App.Sc. and Ida Ayu Putri Darmawati, SP,M.Si.

This research aimed to reveal the impact of pulsing and holding as well as its interaction the vase life of Rosa hybrida. This research was conducted at Laboratory of Agronomy, Faculty of Agriculture, Udayana University. The method used in this study was complete by Blocked design or RAK (known as Rancangan Acak Kelompok) using two-stage trial, stage I : P0, P1, P2, and P3,

whereas stage II : H0, H1, H2, H3, and H4. There were 20 combinations of

treatments repeated three times and each bottle containsed one Rosa Hybrid stalk uniform.

The result of pulsing analysis shows that the effect was highly significant on the initial liquid pulsing pH, whereas the total liquid absorption pulsing effect was not significant. The result of holding analysis shows that the effect was highly significant on the initial liquid pH of holding and the liquid absorption of pulsing. The interaction between pulsing with holding concentration showed non significant effect on the vase life, flowers diameter and the amount of petals. Submersion on pulsing (6% sucrose) with holding (6% sucrose + 100 ppm actric acid) prolongsed the vase life of the flower, the longest 16,97 day’s or 3,89 day’s longer than controls.

(6)

v

RINGKASAN

Kendala yang dihadapi oleh florist khususnya bunga mawar dalam vas yang digunakan untuk penyegar ruangan adalah menurunnya kualitas bunga dengan cepat sehingga kesegaran tidak dapat dinikmati lebih lama.

Upaya mengatasai singkatnya kesegaran bunga mawar potong (Rosa

hybrida) maka dilakukan penelitian dengan judul Efek Pulsing dan Holding

terhadap Lama Kesegaran Bunga Mawar Potong (Rosa hybrida). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh larutan pulsing dan holding terhadap lama kesegaran bunga/vase life.

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, Denpasar dari bulan Mei - Juni 2015. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK). Percobaan ini tediri dari dua tahap perendaman yaitu perendaman pulsing dan

holding. Tahap I perendaman pulsing terdiri dari empat level yaitu : aquades,

aquades + sukrosa 6% , aquades + asam sitrat 150 ppm, aquades + sukrosa 6% + asam sitrat 150 ppm. Tahap II perendaman holding terdiri dari lima level yaitu : aquades, aquades + asam sitrat 100 ppm, aquades +sukrosa 2% + asam sitrat 100 ppm, aquades +sukrosa 4% + asam sitrat 100 ppm, aquades + sukrosa 6% + asam sitrat 100 ppm, terdapat 20 kombinasi perlakuan yang diulang tiga kali dan setiap botol berisi satu tangkai bunga yang seragam.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan pulsing berpengaruh sangat nyata terhadap pH awal larutan pulsing, sedangkan pada total larutan

pulsing terserap berpengaruh tidak nyata. Perlakuan holding berpengaruh sangat

nyata terhadap pH awal larutan holding dan total larutan holding terserap. Interaksi antara kosentrasi pulsing dengan holding menunjukkan pengaruh yang tidak nyata terhadap variabel lama kesegaran bunga, diameter bunga dan jumlah mahkota bunga. Perendaman bunga potong mawar pada pulsing (sukrosa 6%) dengan perendaman holding (sukrosa 6% + asam sitrat 100 ppm) dapat memperpanjang lama kesegaran bunga mawar selama 16,97 hari atau 3,89 hari lebih lama dari pada kontrol.

(7)

vi

Judul : EFEK PULSING DAN HOLDING TERHADAP LAMA

KESEGARAN BUNGA POTONG MAWAR (Rosa

hybrida)

Nama : I Gede Sani Caryana

NIM : 1105105077

Menyetujui,

Pembimbing I Pembimbing II

Prof. Dr. Ir. M. Sudiana Mahendra, MAppSc. Ida Ayu Putri Darmawati, SP,M.Si.

NIP. 19561102 198303 1 001 NIP. 19710915 200003 2 003

Mengesahkan, Dekan Fakultas Pertanian

Universitas Udayana

Prof. Dr. Ir. I Nyoman Rai, M.S. NIP. 19630515 198803 1 001

(8)

vii

EFEK PULSING DAN HOLDING TERHADAP LAMA

KESEGARAN BUNGA POTONG MAWAR

(Rosa hybrida)

Dipersiapkan dan diajukan oleh I Gede Sani Caryana

NIM. 1105105077

Telah diuji dan dinilai oleh Tim Penguji pada tanggal 22 Januari 2016

Berdasarkan SK Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana

No. : 13/UN14.1.23/DL/2016

Tanggal : 19 Januari 2016

Tim Penguji Skripsi adalah:

Ketua : Ir. I Nengah Artha, SU.

Anggota : 1. Ir. I Putu Dharma, MP.

2. Ir. I Wayan Wiraatmaja, MP.

3. Prof. Dr. Ir. M. Sudiana Mahendra, MAppSc. 4. Ida Ayu Putri Darmawati, SP, M.Si.

(9)

viii

RIWAYAT HIDUP

Penulis bernama I Gede Sani Caryana lahir di Sempidi tanggal 10 Oktober 1992 sebagai putra pertama dari dua bersaudara pasangan Drs. I Ketut Gede Sandi, (Ayah) dan Dra. Ni Wayan Lastini (ibu).

Penulis mengawali pendidikan di SD Negeri 4 Sading pada tahun 1999 dan lulus pada tahun 2005. Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di SMP N 1 Mengwi di selesaikan pada tahun 2008. Pendidikan Menengah Atas diselesaikan di SMA N 8 Denpasar pada tahun 2011.

Penulis diterima sebagai mahasiswa Universitas Udayana pada Tahun 2011 melalui program SMNPTN gelombang II dan memilih Program Study Agroekoteknologi dan memilih kosentrasi Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Selama menjadi mahasiswa penulis aktif dalam kepengurusan Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi (HIMAGROTEK) selama 1 (satu) tahun periode tahun 2012/2013. Selama menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian, Penulis mendapatkan Beasiswa Disdikpora pada tahun 2012/2013 dan mendapatkan Beasiswa Bank Indonesia pada tahun 2013/2014.

(10)

ix

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Waca, karena atas asung kertha wara nugraha-Nya skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Skripsi ini berjudul “Efek Pulsing dan Holding Terhadap Lama Kesegaran Bunga Potong Mawar (Rosa hybrida)”.

Skripsi ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar sarjana pertanian pada Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Penulis banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak dalam penyusunan skripsi ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Ir. I Nyoman Rai, MS., selaku Dekan fakultas Pertanian Universitas Udayana yang telah memberikan bantuan dalam hal menyelesaikan segala keperluan administrasi.

2. Bapak Prof. Dr. Ir. I Made Sudarma, MS., selaku Ketua Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Udayana, atas segala fasilitas dan kemudahan yang diberikan kepada penulis selama penelitian dan penulisan skripsi ini.

3. Bapak Ida Bagus Putu Bhayunagari, SP., M.Si., selaku pembimbing akademik (PA) atas segala bimbingan dan nasehatnya dalam penyelesaian studi.

4. Bapak Prof. Dr. Ir. Made Sudiana Mahendra, M.App. Sc., dan Ibu Ida Ayu Putri Darmawati, SP., M.Si., selaku dosen pembimbing atas segala bimbingan, pengarahan dan semangatnya hingga selesainya skripsi ini. 5. Ir. I Wayan Wiraatmaja, MP., Ir. I Putu Dharma, M.Si., dan Ir. I Nengah

Artha, SU., selaku tim pembahas atas segala masukan dalam penyelesaian skripsi ini.

6. Seluruh staf dosen dan pegawai di Fakultas Pertanian Universitas Udayana atas segala ilmu dan pelayanan administrasi yang diberikan selama penulis menjalani studi di Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

(11)

x

7. Kedua orang tua (Drs. I Ketut Gede Sandi dan Dra. Ni Wayan Lastini ) dan adik (Ni Luh Made Dwi Hardiningtias) dan keluarga besar, yang telah memberikan doa, kekuatan, dan semangatnya.

8. Teman-teman mahasiswa Agroekoteknologi angkatan 2011, khususnya teman-teman Agronomi dan Hortikultura’11. Sahabat seperjuangan Yoga bdx, Rinata, Prana, Doman, Gung D-tonk, Anes, Ade, Penk dan Premayoga yang memberikan motivasi dan telah banyak membantu selama penelitian maupun selama penyusunan skripsi, serta

9. Semua pihak yang telah memberikan bantuan dan kerjasamanya singga selesainya skripsi ini.

Penulis ini menyadari sepenuhnya bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna, mengingat terbatasnya pengetahuan penulis yang dimiliki, maka dari itu segala bentuk kritik maupun saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan guna menyempurnakan lebih lanjut.

Denpasar, 29 Januari 2016

(12)

xi

DAFTAR ISI

Halaman SAMPUL DEPAN

SAMPUL DALAM ... i

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA SKRIPSI ... ii

ABSTRAK ... iii

ABSTRACT ... iv

RINGKASAN ... v

HALAMAN PERSETUJUAN ... vi

TIM PENGUJI ... vii

RIWAYAT HIDUP ... viii

KATA PENGANTAR ... ix

DAFTAR ISI ... xi

DAFTAR TABEL ... xii

DAFTAR GAMBAR ... xiii

DAFTAR LAMPIRAN ... xv I PENDAHULUAN ... 1 1.1 Latar Belakang ... 1 1.2 Rumusan Masalah ... 4 1.3 Tujuan Penelitian... 4 1.4 Hipotesis ... 4 II TINJAUAN PUSTAKA ... 6

2.1 Sistematika dan Botani Tanaman Mawar ... 6

2.2 Bunga Potong ... 8

2.3 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesegaran Bunga Potong... 9

2.4 Peranan Sukrosa terhadap Kesegaran Bunga ... 11

2.5 Peranan Asam Sitrat terhadap Kesegaran Bunga ... 12

III BAHAN DAN METODE ... 14

3.1 Tempat dan Waktu Penelitian ... 14

(13)

xii

3.3 Rancangan Percobaan ... 14

3.4 Pelaksanaan Penelitian ... 17

3.4.1 Persiapan larutan perendam ... 17

3.4.2 Persiapan bunga mawar potong ... 17

3.5 Pengamatan ... 18

3.5.1 pH awal larutan pulsing ... 18

3.5.2 Total larutan pulsing terserap (ml) ... 18

3.5.3 pH awal larutan holding ... 19

3.5.4 Lama kesegaran bunga (hari) ... 19

3.5.5 Diameter bunga (cm) ... 19

3.5.6 Jumlah mahkota bunga ... 19

3.5.7 Tingkat kemekaran bunga ... 19

3.5.8 Total larutan holding terserap ... 21

3.6 Prosedur Pelaksanaan Penelitian ... 21

3.7 Analisis Data ... 22

IV HASIL DAN PEMBAHASAN ... 23

4.1 Hasil ... 23

4.1.1 pH awal larutan pulsing dan total larutan pulsing terserap (ml)... 24

4.1.2 pH awal larutan holding dan total larutan holding terserap (ml)... 25

4.1.3 Lama kesegaran bunga (hari) ... 26

4.1.4 Diameter bunga (cm) ... 27

4.1.5 Jumlah mahkota bunga ... 28

4.1.6 Tingkat kemekaran bunga ... 34

4.2 Pembahasan ... 36

V KESIMPULAN DAN SARAN ... 41

5.1 Kesimpulan ... 41

5.2 Saran ... 41

DAFTAR PUSTAKA ... 42

(14)

xiii

DAFTAR TABEL

Nomor Teks Halaman

3.1 Kombinasi Perlakuan ... 15 3.2 Indeks kemekaran bunga... 20

4.1 Signifikansi pengaruh perlakuan kosentrasi pulsing (P)

dengan holding (H) serta interaksi (P×H) terhadap variabel

pengamatan ... 23

4.2 Pengaruh kosentrasi pulsing terhadap pH awal larutan

pulsing dan Pengaruh kosentrasi pulsing terhadap total

larutan pulsing terserap ... 25

4.3 Pengaruh kosentrasi holding terhadap pH awal larutan

holding dan larutan holding terserap ... 26

4.4 Pengaruh kosentrasi pulsing dan kosentrasi holding

terhadap Lama kesegaran bunga ... 27

4.5 Pengaruh kosentrasi pulsing dan kosentrasi holding

terhadap diameter bunga ... 28

4.6 Pengaruh kosentrasi pulsing dan kosentrasi holding

terhadap jumlah mahkota bunga bunga hari ke-1 ... 29

4.7 Pengaruh kosentrasi pulsing dan kosentrasi holding

terhadap jumlah mahkota bunga bunga hari ke-3 ... 30

4.8 Pengaruh kosentrasi pulsing dan kosentrasi holding

terhadap jumlah mahkota bunga bunga hari ke-5 ... 30

4.9 Pengaruh kosentrasi pulsing dan kosentrasi holding

terhadap jumlah mahkota bunga bunga hari ke-7 ... 31

4.10 Pengaruh kosentrasi pulsing dan kosentrasi holding

terhadap jumlah mahkota bunga bunga hari ke-9 ... 32

4.11 Pengaruh kosentrasi pulsing dan kosentrasi holding

terhadap jumlah mahkota bunga bunga hari ke-11 ... 33

4.12 Pengaruh kosentrasi pulsing dan kosentrasi holding

(15)

xiv

DAFTAR GAMBAR

Nomor Teks Halaman

2.1 Rumus bangun sukrosa ... 12

2.2 Rumus bangun asam sitrat ... 13

3.1 Denah penelitian ... 16

3.2 Indeks kemekaran bunga... 20

3.3 Prosedur pelaksanaan penelitian ... 21

(16)

xv

DAFTAR LAMPIRAN

Nomor Teks Halaman

1. Contoh perhitungan analisis statistika variabel lama

kesegaran bunga/ Vase life (hari) ... 45

2. Tabel dua arah lama kesegaran bunga ... 45

3. Contoh analisis statistika lama kesegaran bunga ... 46

4. Daftar sidik ragam lama kesegaran bunga ... 48

5. Daftar sidik ragam diameter bunga... 50

6. Daftar sidik ragam total larutan terserap ... 50

7. Daftar sidik ragam pH awal pulsing ... 50

8. Daftar sidik ragam pH awal holding ... 51

9. Daftar sidik ragam total larutan holding terserap ... 51

10. Daftar sidik ragam jumlah mahkota hari ke- 1 ... 51

11. Daftar sidik ragam jumlah mahkota hari ke- 3 ... 52

12. Daftar sidik ragam jumlah mahkota hari ke- 5 ... 52

13. Daftar sidik ragam jumlah mahkota hari ke- 7 ... 52

14. Daftar sidik ragam jumlah mahkota hari ke- 9 ... 53

15. Daftar sidik ragam jumlah mahkota hari ke- 11 ... 53

16. Daftar sidik ragam jumlah mahkota hari ke- 13 ... 53

17. Foto pemanenan bunga potong mawar ... 54

18. Foto pengemasan bunga potong mawar ... 54

19. Foto bunga potong mawar dibawa ke tempat penelitian ... 55

20. Foto denah penelitian bunga potong mawar ... 55

Referensi

Dokumen terkait

Purba dalam Ambarita (2010:13), mengungkapkan bahwa kawasan pemerintahan merupakan tempat untuk melaksanakan segala sesuatu hal yang berkaitan dengan pemerintahan, baik itu

Dan sekarang teknologi kamera digital juga sangat memungkinkan untuk menghasilkan foto dengan resolusi yang tinggi untuk mendukung suatu hasil foto yang lebih baik... 24

Instrumen yang mendekati PBB dalam ekonomi Islam ialah kharaj atau pajak atas tanah yang pada terminologi awalnya berlaku pada tanah yang diperoleh kaum muslimin lewat

dilakukan pada kulit atau bagian tubuh lain, dan cocok untuk daerah yang banyak bergerak karena tiap jahitan saling menunjang satu dengan lain. Digunakan juga

[r]

Jadi ide gagasan konsep yang akan diberikan adalah konsep desain “ green architecture ”, dimana memang green architecture sudah melekat pada konsep tiap pembangunan

Setelah Tema ditetapkan diskusi dosen mendiskusikan penetapan dosen model yang akan mengampu open class mata kuliah Language Assessment, penyusunan lesson design

Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen no 14 tahun 2005, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai,