KB. 07 MODUL SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia. Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Genap. Mata Pelajaran 2020/2021

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

MODUL

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Genap

KB. 07

Mata Pelajaran 2020/2021

A. Kompetensi Dasar

3.12 Menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat

4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara ekspresi untuk memperlihatkan esensi dari debat

B. Tujuan Pembelajaran

1. Menyusun permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen pihak afirmasi, pihak oposisi, dan pihak netral terhadap permasalahan.

2. Menyimpulkan hasil debat

C. Uraian Materi Pembelajaran

Langkah-langkah debat yang biasanya diterapkan di kelas dalam lingkup sekolah menengah atas:

1. Guru membagi siswa menjadi dua kelompok peserta debat, yang satu pro dan yang lainnya kontra.

2. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan diperdebatkan oleh kedua kelompok di atas.

3. Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian setelah selesai ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.

4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide yang diharapkan.

5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkapkan.

6. Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat Kesimpulan atau rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

Struktur Debat

Struktur debat yang baik dan benar.

(2)

 Penyampaian argumentasi. Dalam debat, masing-masing tim pro maupun kontra menyampaikan argumentasi atau gagasan tentang mosi yang telah diberikan. Penyampaian argumentasi ini dimulai dari tim pro, lalu tim kontra, kemudian diakhiri oleh tim netral.

 Melakukan debat merupakan hal utama. Masing-masing tim diharuskan menyampaikan argumentasi maupun sanggahan kepada lawan.

 Kesimpulan merupakan hasil akhir debat yang sebelumnya diawali dengan penutup yang disampaikan oleh masing-masing tim.

 Keputusan diambil dari hasil voting, mosi, resolusi, dan sebagainya. Jenis keputusan ada tiga yaitu keputusan oleh para pendengar atau decision by the audience, keputusan oleh hakim atau decision by judges, dan keputusan dengan kritik atau decision by critique.

Kaidah Kebahasaan Teks Debat

Berikut ini terdapat beberapa kaidah kebahasaan dalam teks debat, antara lain sebagai berikut:

1. Menggunakan kalimat kompleks, pada teks debat biasanya menggunakan kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur dan lebih dari satu kata kerja (kalimat kompleks).

2. Menggunakan konjungsi, pada teks debat sering memanfaatkan konjungsi untuk menghubungkan kata-kata atau kalimat.

3. Menggunakan kata rujukan, pada teks debat biasanya menggunakan kata rujukan sebagai pemberi informasi, seperti ini, itu, dia, beliau, di sini, di sana, dan sebagainya.

Contoh debat

Masih Efektifkah Ujian Nasional

Moderator :

Selamat siang, topic debat kali ini adalah tentang Ujian Nasional diindonesia tapi dalam kesempatan kita hari ini akan membahas mengenai penting tidakah ujian nasionla diadakan? Ya baik, kita sudah bersama 6 orang yang akan berkometar mengenai masalah ini, ya baik menurut anda mas nunung apakah anda setuju dengan adanya ujian nasional.

TIM AFIRMASI :

Ya setuju, Bagi saya bagaimanapun juga standar mutu pendidikan haruslah tetap ada. UN boleh tetap ada namun ada pekerjaan rumah bagi kita semua (pemerintah, sekolah, orangtua, murid dan lingkungan) untuk turut mendukung pendidikan bangsa kita.

(3)

Siswa untuk lebih meningkatkan belajarnya. Guru lebih baik dalam mengajar, mungkin metode yang digunakan selama ini belum cukup baik. Pemerintah juga lebih baik. Orangtua juga harus memberi dukungan yang lebih baik

TIM OPOSISI :

Saya tidak sependapat dengan pernyataan mas nunung, karena dalam kenyataannya pelaksanaaan UN setiap tahun selalu mengalami kecatatan dan hasil nilai UN tidak menjamin keberhasilan suatu pendidikan.

Apa hasil UN juga berlaku untuk siswa lulusan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI)? Tidak kan? Meski nggak lulus UN, mereka masih bisa mendaftar kuliah di luar negeri.

TIM NETRAL :

Un itu penting, dengan adanya un yg memiliki cut of point sebagai standart kelulusan sebuah institusi pendidikan dalam hal ini adalah sekolah, guru, siswa, orang tua siswa akan berusaha supaya mereka mampu mencapai standart kelulusan tersebut. Hal ini akan menjaga kualitas standart pendidikan di indonesia.

Bayangkan saja jika tidak ada un sebagai standart kelulusan maka institusi tidak akan memiliki motivasi untuk meningkatkan standart pendidikan.

Selain itu manfaat lain dengan adanya un yaitu Seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau berikutnya, Pertimbangan penentuan kelulusan peserta didik dari satuan dan atau program pendidikan. Pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan dan atau program pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan untuk mencapai tingkat kelulusan tertentu, danPerbaikan sarana dan prasarana untuk guru, laboratorium, perpustakaan, tenaga kependidikan dan keperluan sekolah lainnya.

(4)

Tugas

Pilihlah jawaban yang benar !

1. pernyataan positif yang akan menentukan arah dan isi daei suatu debat di sebut... A. partisipan

b. mosi c. afirmasi

d oposisi e. konklusi

2. Dalam melakukan debat, jumlah peserta dari kedua kelompok tersebut harus sama. Dalam debat terdapat dua kelompok ,yaitu....

a. positif dan negatif b. pro dan kontra c. pasif dan aktif

d. afirmatif dan negatif

e. plus dan minus

3. Sebelum debat dimulai, harus menentukan topik yang akan diperdebatkan. Topik debat harus dapat.... a. dipertentangkan b. dipertanyakan c. ditanya-jawab d. dianalisis e. diambil hikmatnya

4. Salah satu hal yang tidak dibenarkan dalam kegiatan debat adalah.... a. menilai baik lawan debat

b. berdiskusi dengan lawan debat

c. melakukan perlawanan terhadap dewan juri d. tidak menghina lawan debat

e. memberikankeleluasaan kaepada lawan debat 5. Apa peran tim kontra terhadap mosi debat?

a.Netral b.Menolak c.Mendukung d.Semua bena

(5)

Esay

1. Tentukan mosi yang didebatkan.

No Kutipan Debat Mosi

1.

Menurut saya, tawuran antarpelajar tidak saja terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal. Lebih dari itu, tawuran terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik dari para pemimpin bangsa yang sibuk saling berebut kekuasaan dan saling menghujat. Televisi dan internet pun dengan bebas

menyajikan berbagai aksi brutal yang membuat anak-anak tergoda

meniru.

2.

Memang benar pendapat yang menyatakan bahwa becana alam terjadi karena ulah manusia. Namun, perlu diingat bahwa umur bumi yag makin tua juga menyebabkan terjadinya bencana alam bertubi-tubi. Perubahan iklim global ditambah ula manusia yang merusak alam semakin memperparah bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini.

3.

Aksi brutal sepak bola yang sering terjadi akhir-akhir ini merupakan bukti bahwa masyarakat kita sedang ‘sakit’. Masyarakat lelah dengan tuntutan kehidupan yang keras. Sepak bola yang seharusnya menjadi ajang untuk menumbuhkan sportivitas dan menjalin

persatuan, justru menjadi pelampiasan rasa ‘tidak puas’ rakyat terhadap kehidupan. Imbauan pemimpin dan tindakan tegas dari kepolisian terbukti tidak sanggup menghentikan aksi brutal para supporter sepak bola tanah air. Tewasnya dua supporter bola dalam laga Piala TNI baru-baru ini makin menguatkan dugaan bahwa masyarakat kita sedang ‘sakit’.

4.

Banyak masyarakat beranggapan bahwa perubahan cuaca menjadi penyebab seseorang gampang sakit. Padahal yang terjadi tidak seperti itu. Ketika fisik seseorang kehujanan,kelelahan, kemudian terkena kuman ia akan lebih mudah sakit. Artinya, sakit itu disebabkan oleh kuman, bukan perubahan cuaca.

5. Penolakan terhadap pelaksaan Ujian Nasional Berbasis

(6)

Komputer(UNBK) tidak seharusnya terjadi. Sebaliknya, malah UNBK patut didukung. Selain dapat menekan penggunaan kertas dalam mempercepat penilaian hasil ujian secara akurat, juga dapat menekan angka kebocoran soal.

2. sebuah mosi harus merupakan pernyataan yang dapat ditolak atau diterima ,

bersifat kontroversial. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan pendapatmu 3. Jelaskan aneka macam metode yang sanggup dipakai dalam aktivitas debat!

4. Bagaimana cara berdebat dengan benar? Jelaskan memakai bahasamu sendiri!

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :