II. Materi Pembelajaran : - 2. GERAK LURUS

11  55 

Teks penuh

(1)

GERAK LURUS

I .

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian gerak dan perpindahan

2. Menjelaskan pengertian laju dan kecepatan serta perumusannya

3. Menjelaskan pengertian kecepatan tetap dan kecepatan rata – rata serta perumusannya 4. Menjelaskan pengertian Percepatan, percepatan tetap dan percepatan rata – rata 5. Merumuskan percepatan, percepatan tetap dan percepatan rata-rata

7. Menjelaskan pengertian gerak lurus beraturan, perumusan dan perhitungannya 8. Membuat grafik gerak lurus beraturan.

9. Menjelaskan pengertian gerak lurus berubah beraturan

10.Menjelaskan pengertian gerak lurus berubah beraturan dipercepat 11.Merumuskan dan menghitung gerak lurus berubah beraturan dipercepat 12.Membuat grafik gerak lurus berubah beraturan dipercepat

13.Menjelaskan pengertian gerak lurus berubah beraturan diperlambat 14.Merumuskan dan menghitung gerak lurus berubah beraturan diperlambat 15.Membuat grafik gerak lurus berubah beraturan diperlambat

16. Merumuskan dan menghitung gabungan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan 17.Menjelaskan pengertian gerak jatuh bebas

18.Merumuskan dan menghitung gerak benda yang jatuh bebas 19.Menjelaskan pengertian gerak vertikal ke atas

20.Merumuskan dan menghitung benda yang bergerak vertical ke atas 21. Menjelaskan pengertian gerak parabola

22. Merumuskan dan menghitung besaran-besaran pada gerak parabola

II.

Materi Pembelajaran :

Pengertian gerak

Gerak adalah perubahan kedudukan suatu benda terhadap titik acuan tertentu.Jadi sebuah benda dikatakan bergerak apabila posisi atau kedudukan benda setiap saat berubah dari satu titik ke titik lain sehingga benda itu melakukan perpindahan.

Jenis-jenis gerak

Kinematika adalah kajian gerak tanpa meninjau penyebabnya. Dinamika adalah kajian gerak dengan meninjau penyebabnya. Perpindahan

Perhatikan illustrasi berikut :

A B

x

1

x

2

x

4

x

3

+ + + + + + + + + + + + + + + + + X

-7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Dari gambar diatas benda A mengalami perpindahan sejauh :

x 2 – x 1 = -1 - (-7) = 6 satuan

Sedang benda B mengalami perpindahan sejauh :

x 4 - x 3 = 2 - 9 = -7 satuan

Jadi perpindahan adalah perubahan posisi benda yang dihitung dari posisi awal.

Sedangkan panjang lintasannya disebut jarak.

(2)

Jarak selalu bernilai positif sedangkan perpindahan dapat bernilai positif atau negatif. Perpindahan bernilai positif jika bergerak ke kanan dan bernilai negatif jika bergerak ke kiri.

Pengertian laju

Ketika kita mengendarai motor, speedometer menunjukkan angka tertentu yang disebut kelajuan atau speed. Jadi kelajuan adalah jarak yang ditempuh tiap waktu.

Laju ini merupakan besaran skalar.

km

Ketika speedboat ( perahu motor cepat ) menempuh perjalanan sejauh 45 km dalam waktu satu jam, maka kelajuannya adalah 45 km/jam. Jika arah speedboat juga diperhitungkan misalnya ke arah timur, maka dikatakan kecepatan speedboat itu adalah 45 km/jam ke timur.

Jadi kecepatan adalah besarnya perpindahan setiap waktu. Kecepatan ini merupakan besaran vektor. B B

Laju merupakan nilai atau besar suatu kecepatan.

Kecepatan tetap

adalah kecepatan yang selalu berharga sama dengan kecepatan awalnya setiap saat.

Kecepatan rata-rata

Adalah perbandingan antara jarak perpindahan yang ditempuh oleh suatu benda dengan waktu yang diperlukan. dengan tidak memperhatikan jenis gerakan yang dilakukan.

Contoh :

Sebuah bus berangkat dari Pati menuju Semarang pukul 07.00 wib sampai di Semarang pukul 09.00 wib, jika jarak Pati - Semarang 75 km . Tentukan kecepatan rata – rata bus tersebut dalam km / h dan m / det.

Speedboat melaju dari titik A hingga tititk F  kelajuan rata-rata :

jam

 perpindahan AF :

jam

(3)

Grafik kecepatan

Grafik kecepatan ini melukiskan kecepatan benda sebagai fungsi waktu atau ditulis : v(t).

V

b

a c e

d t

0 Keterangan:

 garis a naik ke kanaan berarti benda bergerak dipercepat (kecepatan semakin besar)  garis b sejajar dengan sumbu waktu berarti kecepatan benda tetap

 garis c tururn ke kanan berarti benda bergerak diperlambat (kecepatan semakin kecil)  garis d berimpit denga sumbu waktu berarti benda diam

 garis e lebih terjal dari garis a berarti dalam selang waktu yang sama di garis e benda mendapat tambahan kecepatan lebih banyak disbanding di garis a.

Percepatan

Ketika kita mengendarai mobil dalam perjalanan maka kecepatan mobil kita berubah-ubah. Karena itu dalam fisika kita mengenal istilah gerak dipercepat dan gerak diperlambat. Apa yang dimaksud dengan mobil dipercepat? Mobil dipercepat artinya kecepatan mobil makin lama makin bertambah. Apa yang dimaksud dengan mobil diperlambat? Mobil diperlambat artinya kecepatan mobil makin lama makin berkurang.

Benda dipercepat : Jika arah kecepatan dan percepatan searah. Benda diperlambat : Jika arah kecepatan dan percepatan berlawanan. Percpatan tetap

adalah perubahan kecepatan secara konstan dari sebuah benda dalam selang waktu tertentu.

Percepatan rat-rata

Seperti halnya kecepatan, percepatan juga memiliki percepatan rata. Apa yang dimaksud dengan percepatan rata-rata? Percepatan rata-rata a adalah perubahan kecepatan dalam suatu selang waktu tertentu sehingga dapat dinyatakan

dalam bentuk:

Contoh :

Dalam waktu 10 detik kecepatan mobil bertambah dari 40 km /h menjadi 70 km / h Berapa percepatan rata – rata mobil tersebut !

Percepatan ata-rata = PerubahanSelangkecepawaktu tan atau

t v a

 

 ……..m.s-2 2

. ... 

 

ms

(4)

Diagram v - t Diagram S - t B

O A V(m / s )

0 5 10 15 t ( s ) t ( s )

40

20 60 s ( m )

Jawab :

2 . det 833 , 0 3600 . 10

000 . 30 10

30 10

40

70 m

t V

a       

Gerak lurus beraturan

Bila seorang pengemudi menjalankan motornya pada kecepatan tetap sepanjang garis lurus, maka dapat dikatakan bahwa motor tersebut sedang melakukan gerak lurus beraturan (GLB). Gerakan yang lurus dari suatu benda dan kecepatannya tidak berubah disebut Gerak LurusBeraturan.

Jadi Gerak Lurus Beraturan adalah gerak suatu benda yang lintasannya lurus dan kecepatannya selalu tetap. Pada Gerak Lurus Beraturan kecepatan sesaat dan kecepatan rata-rata sama besar karena disetiap waktu kecepatan sesaat tidak berubah, maka harga kecepatan rata-ratanya sama dengan kecepatan sesaat.

Diagram v – t untuk GLB Diagram s – t untuk GLB

v

s

40

0

Dari grafik kecepatan vs waktu keadaan Gerak Lurus Beraturan dapat digambarkan bahwa kemiringan garis = 0. pada grafik menunjukkan kecepatan tidak berubah atau tidak ada perubahan kecepatan maksudnya percepatannya sama dengan nol.

Perkalian kecepatan dengan waktu identik dengan luas daerah yang di arsir. S = jarak yang ditempuh ……m v = kecepatan benda ……….. m / det. t = waktu yang dibutuhkan ….detik

Kadang – kadang benda yang bergerak lurus tidak dimulai dari titik pangkal (0) sebagai titik acuan melainkan dari titik awal (A) yang berjarak S0 dari titik 0.

S0 = jarak dari titik 0 ke titik dimana benda mulai bergerak.

Diagram v – t Diagram S – t

Untuk gerak lurus beraturan Untuk gerak lurus beraturan

Contoh :

Jarak kota A dengan kota B adalah 20 km , C mengendarai motor dari A menuju B , D dari B menuju A dengan kecepatan masing – masing 15 km / h dan 25 km / h.

dimana C & D berpapasan ?

Diketahui :

VC = 15 km / h VD = 25 km / h tC = tD SC = …? atau SD = …?

Jawab :

SC + SD = 20 SC = VC . tC VC. tC + VD . tD = 20 = 15 . 0,5

15 . tC + 25 .tC = 20 = 7,5 km

40 tC = 20 SD = VD . tD

tC = 20 / 40 = 25. 0,5

tC = 0,5 jam = 12,5 km

Jadi C dan D berpapasan setelah C menempuh jarak 7,5 km dari kota A atau D menempuh jarak 12,5 km dari kota B .

S = v . t

S = v.t + S

0

t

t

(5)

0 D

Gerak lurus berubah beraturan

Jika seorang pengemudi menjalankan motornya dengan percepatan tetap sepanjang garis lurus, maka dapat dikatakan bahwa motor tersebut sedang melakukan gerak lurus berubah beraturan. Jadi Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dengan percepatan konstan ( kecepatannya berubah secara beraturan setiap saat).

Contoh :

Jika kita mengendarai motor dipercepat dengan percepatan 2 m.s-2 artinya setiap satu detik kecepatan motor yang kita kendarai bertambah sebesar 2 m.s-1.

Gerak Lurus Berubah Beraturan ini ada dua jenis : a. Gerak Lurus Berubah Beraturan dipercepat b. Gerak Lurus Berubah Beraturan diperlambat a. Gerak Lurus Berubah Beraturan dipercepat

Adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dan kecepatannya bertambah setiap saat secara beraturan Dengan demikian gerak lurus berubah beraturan adalah gerak lurus suatu benda dimana pada setiap saat mempunyai percepatan yang tetap .

Vt = kecepatan setelah t detik …………m / det. V0 = kecepatan mula- mula ……….m / det. + = dipercepat a = percepatan benda ………..m / det.2 - = diperlambat t = waktu yang dibutuhkan ………detik

Grafik berikut adalah grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan dipercepat

v

Dari diagram nampak bahwa jarak yang ditempuh dalam waktu t detik diperlihatkan oleh suatu luas bangun OABD .

L = S1 + S2

Persamaan posisi benda dengan kecepatan

Jika kita tidak memperhitungkan selang waktu t dalam menentukan posisi benda maka dilakukan langah-langkah sebagai berikut:

Coba anda buktikan sendiri !

b. Gerak Lurus Berubah Beraturan diperlambat

Adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dan kecepatannya selalu berkurang setiap saat secara beraturan.

Dengan demikian Gerak Lurus Berubah Beraturan diperlambat adalah gerak suatu benda dimana pada setiap saat mempunyai perlambatan yang tetap.Benda yang bergerak diperlambat lama – lama akan berhenti yang berarti kecepatannya = 0 ( Vt = 0 )

Grafik berikut adalah grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan diperlambat:

(6)

v

v

v

o

s

dari diagram v – t (2) diatas nampak bahwa jarak yang ditempuh dalam waktu t detik diperlihatkan oleh suatu luas bangun trapesium :

S = L . 0 v vo t - L. v. vo.vt

Coba anda buktikan sendiri !

Contoh :

1. Sebuah motor melaju dengan keccepatan 108 km / h kemudian direm setelah menempuh jarak 50 m kecepatannya tinggal 36 km / h .Tentukan perlambatannya !

2. Sebuah motor melaju dengan kecepatan 36 km / h , kemudian kecepatan ditambah hingga selama ½ menit kecepatan menjadi 90 km / h .Tentukan percepatan dan jarak yang ditempuh selama ½ menit tersebut !

(7)

1/6 jam 1 jam

Gabungan Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan Contoh :

Sebuah pesawat terbang ketika lepas landas dipercepat dari keadaan diam selama 10 menit hingga mencapai kecepatan 300 km /h. Kemudian pesawat tersebut terbang dengan kecepatan konstan tadi selama 1 jam. Kemudian diperlambat untuk mendarat dan memerlukan waktu 15 menit hingga berhenti .

Tentukanlah :

a. grafik kecepatan terhadap waktu b. Percepatan pesawat ketika lepas landas c. Perlambatan pesawat saat mendarat d. Jarak total yang ditempuh pesawat e. Kecepatan rata – rata pesawat Penyelesaian :

a. Grafik kecepatan terhadap waktu

b. Percepatan pesawat saat lepas landas

2

c. Perlambatan pesawat saat mendarat

2

d. Jarak total yang ditempuh pesawat.

S = ½ . 300 . 1/6 . + 300 . 1 + ½ . 300 . ¼

= 25 + 300 + 37,5

= 362,5 km.

e.

Kecepatan rata – rata pesawat

h

Peristiwa sebuah kelapa yang jatuh dari pohonnya adalah contoh dari gerak jatuh bebas. Selama pergerakan benda yang jatuh bebas ini, percepatan benda selalu konstan. Percepatan yang disebabkan oleh gravitasi bumi ini disebut percepatan

jatuh bebas dan arah dari percepatan gravitasi adalah menuju ke pusat bumi. Percepatan benda yang jatuh bebas ini

selalu konstan dan tidak dipengaruhi oleh bentuk danmasa benda tersebut asalkan hambatan dengan udara diabaikan.

Jadi gerak jatuh bebas adalah gerak suatu benda yang jatuh dari ketinggian tertentu terhadap tanah tanpa kecepatan

awal dengan percepatan konstan. Benda yang jatuh bebas ini makin mendekati tanah ( bumi ) maka kecepatannya

semakin bertambah , bahkan kecepatan tertinggi tercapai ketika benda saat mencapai tanah karena dipengaruhi gaya gravitasi bumi dan setelah mencapai tanah maka kecepatan benda sama dengan nol ( vt = 0 ).

Gerakan benda ini adalah gerak dipercepat sehingga rumus – rumusnya mengacu gerak lurus berubah beraturan dipercepat dimana S = h , a = g .

Gerak benda dilempar vertikal keatas

Benda yang dilempar vertikal keatas , maka kecepatannya semakin lama semakin berkurang secara beraturan setiap saat, bahkan ketika benda mencapai titik tertinggi ( hmax ) maka benda akan berhenti sesaat (vt = 0 ) yang selanjutnya melakukan gerak jatuh bebas.

(8)

Jadi gerak vertical adalah gerakan suatu benda dengan kecepatan awal tertentu dan lintasannya lurus vertikal ke atas dengan percepatan semakin berkurang secara konstan.

Gerakan benda ini seperti glbb diperlambat, sehingga rumusnya mengacu gerak lurus berubah beraturan diperlambat. lihat (i dan ii) tanda (-) dan rumus (iv) .

Gerak Parabola

Adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa parabola.

Jika sebuah peluru ditembakkan dengan sudut elevasi tertentu maka lintasan peluru tersebut berupa parabola, seperti illustrasi berikut ini.

vox

Dari gambar telihat bahwa vektor vo terurai menjadi : vox = vo. cos α dan voy = vo.sinα

Gerak parabola ini merupakan paduan antara gerak lurus beraturan (arah mendatar) dan gerak lurus berubah beraturan diperlambat (arah vertikal).

1. Gerak mendatar

Pada arah mendatar geraknya adalah gerak lurus beraturan dengan kecepatan vox atau vo. cos α. Jika sebutir peluru

ditembakkan dengan sudut elevasi α dan kecepatan awal vo, maka setelah t detik menempuh lintasan sepanjang: S =X= vo. cos α . t ……… 1).

Sedang kecepatannya adalah : vx = vo. cos α….2)

2. Gerak vertikal

Pada arah vertikal gerakannya adalah gerak lurus berubah beraturan diperlambat dengan perlambatan gravitasi bumi. Jika sebutir peluru ditembakkan dengan sudut elevasi α dan kecepatan awal vo, maka setelah t detik menempuh lintasan setinggi :

h = Y = vo.sin α. t – ½ .g.t2 ……..3).

Sedang kecepatannya adalah : vy = vo.sinα – g.t …… 4).

Besarnya waktu yang diperlukan sampai ke puncak : tp vo g

sin .

 ……… 5)

Tinggi maksimum yang dicapai :

g vo Y

h

. 2

sin . 2 2 max

max

 ……….. 6)

3. Jarak mendatar

Jarak yang ditempuh peluru (benda) mendatar maksimum :

g vo g

vo X

S 2. .sin.cos .sin2

2 2

max

max    ……… 7)

4. Benda diluncurkan horisontal dari ketinggian h dengan kecepatan v

III. EVALUASI : PILIHAN GANDA

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !

y

x

v0

R R

v

0y

v

y

v

x

v

v=v

ox

vy vx v

a

a v

x =vox

v = -vo vy = -voy

h

v

Waktu sampai ditanah : t  2gh

Jarak mendatar :

g h v t v

X  .  . 2

X

Vo = kecepatan awal….. m/s vt = kecepatan setelah t detik … m/s g = perrcepatan gravitasi bumi .... m/s2 g = 10 m/s2

(9)

1. Sebuah mobil dikatakan bergerak lurus beraturan jika : a. mobil tersebut melaju dengan percepatan konstan

b. mobil tersebut melaju dengan percepatan bertambah secara beraturan c. mobil tersebut melaju dengan percepatan berkurang secara beraturan d. mobil tersebut melaju dengan percepatan nol

e. mobil tersebut melaju dengan kecepatan betambah secara beraturan

2. Besarnya percepatan suatu benda yang bergerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah a. tergantung besarnya kecepatan benda semula

b. tergantung besarnya kecepatan benda setelah t detik c. tergantung besarnya perubahan kecepatan benda d. tergantung besarnya jarak tempuh benda e. tergantung besarnya waktu benda saat bergerak 3. Peristiwa berikut adalah merupakan dinamika:…….kecuali.

a. wawan mendorong mobil hingga melaju b. seekor kuda menarik gerobak

c. pemain sepak bola sedang mengejar bola d. traktor yang dipakai untuk membajak sawah

e. yuli mendorong motornya yang mogok di jalan menanjak 4. Ketika marwan mengendarai motor dari pati sampai semarang maka:

a. gerakannya selalu bergerak lurus beraturan

b. gerakannya selalu bergerak lurus berubah beraturan dipercepat c. gerakannya selalu bergerak lurus berubah beraturan diperlambat d. gerakannya kadang-kadang bergerak lurus berubah beraturan e. gerakannya adalah gabungan GLB dan GLBB

5. Pernyataan berikut yang paling benar mengenai jarak dan perpindahan suatu benda : a. jarak selalu sama dengan perpindahan

b. jarak kemungkinan lebih besar dari pada perpindahan suatu benda c. jarak kemungkinan lebih kecil dari pada perpindahan suatu benda d. jarak biasanya bernilai negative

e. perpindahan suatu benda selalu bernilai positif 6. Perhatikan grafik kecepatan vs waktu berikut:

Besarnya percepatan saat benda bergerak 5 detik pertama dari titik pangkal adalah :….m.s-2 a. 3

b. 4 d. 6

c. 5 e. 7

7. Dari garfik no. 6 maka jarak yang ditempuh oleh benda dari titik A sampai titik B adalah : a. 500 m

b. 550 m d. 660 m

c. 600 m e. 700 m

8. Besarnya jarak dan perpindahan suatu benda dari A-B-C-B adalah: -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8

A B C a. 12 dan 12

b. 4 dan 4 d. 12 dan 4

c. 4 dan 12 e. 12 dan -4

9. Wati mengendarai motor yang melaju dipercepat tanpa kecepatan awal, maka besarnya jarak yang ditempuh : a. sebanding dengan kecepatan awal

b. sebanding dengan pecepatan

c. sebanding dengan waktu yang diperlukan d. sebanding dengan kecepatan akhir

e. berbanding terbalik dengan kuadrat waktu yang diperlukan

10. Jarak yang ditempuh kendaraan bermotor dengan laju 40 km/jam selama 15 menit ialah : a. 3 x 102 m

b. 3 x 103 m d. 1 x 103 m

c. 1 x 104 m e. 2 x 103 m

11. Jarak yang ditempuh oleh sebuah benda yang melakukan gerak lurus beraturan berbanding lurus dengan … a. percepatan

b. massa c. kecepatan

(10)

e. bentuk benda

12. Sebuah benda yang melakukan gerak lurus dipercepat beraturan maka … a. kecepatannya selalu berbanding lurus dengan percepatannya

b. kecepatannya selalu berbanding lurus dengan waktu selama titik itu bergerak c. kecepatannya tiap saat sama besarnya

d. kecepatannya pada sembarang saat selama jarak waktu yang sama bertambah dengan jumlah yang sama e. kecepatannya selalu konstan

13. Pada benda yang melakukan gerak lurus diperambat beraturan … a. arah gerak selalu sama dengan gerakan semula

b. kecepatan selalu sama dengan kecepatan semula

c. percepatan bertambah dengan bilangan yang sama tiap detik d. arah percepatan selalu tegak lurus pada arah percepatan e. kecepatannya selalu berkurang setiap saat secara beraturan

14. Sebuah benda yang bergerak lurus beraturan dengan kecepatan 10 m/s mengalami perlambatan sebesar 2 m/s2. Setelah 2 detik, kecepatanya menjadi ……m / s

a. 4

b. 6 d. 14

c. 8 e. 15

15. Sebuah mobil yang bergerak dengan kecepatan 30 m/s diperlambat dengan perlambatan sebesar 2 m/s2 . Setelah 10 detik, kecepatannya ..

a. 10 m/det

b. 20 m/det d. 60 m/det

c. 50 m/det e. 70 m/det

16. Bila sebuah benda yang sedang dalam diam mendapat gerak dipercepat beraturan, maka percepatannya berbanding balik dengan …

a. kecepatan

b. waktu selama benda itu bergerak c. tenaga gerak

d. massa

e. perubahan kecepatan

17. Sebuah mobil yang bergerak dengan kecepatan 10 m/s memperbesar kecepatannya menjadi 20 m/s dalam jarak 0.2 km. Percepatannya …….m / s2

a. 0.25

b. 0.5 d. 1

c. 0.75 e. 1,25

18. Sebuah mobil menambah kecepatannya dari 20 km/jam menjadi 56 km/jam dalam waktu 20 detik. Percepatan mobil itu …..m / s2

a. 2

b. 1,5 d. 0,5

c. 1 e. 0,25

19. Grafik yang menyatakan gerak lurus beraturan adalah :….

a). V b) V c) V

t t t

V V

d) e)

t t

20. Mobil bergerak dipercepat beraturan dari 54 km/h menjadi 72 km/h dalam waktu 10 sekon. Maka percepatannya adalah : ……m.s-2

a. 1/2

b. 1/3 d. 2/5

c. 1/4 e. 3/4

21. Sebuah kelereng jatuh bebas dari ketinggian 5 m diatas tanah, maka besarnya kecepatan kelerng tersebut sesaat ketika mencapai tanah adalah :………m /s ( g = 10 m.s-2 )

a. 5

b. 6 d. 9

(11)

22. Sebuah bola dilempar vertikal keatas dengan kecepatan awal 20 m/s, maka tinggi maksimum bola tersebut adalah : ……..m

a. 10

b. 20 d. 30

c. 25 e. 15

23. Pernyataan berikut yang paling benar untuk benda yang dilempar vertical keatas adalah : a. kecepatannya selalu bertambah

b. percepatannya selalu konstan c. percepatannya selalu berkurang

d. ketika mencapai tinggi maksimum berhenti sesaat e. tinngi maksimum yang dicaapai tegantung masa benda. 24. Suatu benda dikatakan melakukan gerak jatuh bebas jika :

a. benda tersebut dijatuhkan b. tanpa kecepatan awal c. gerakannya dipercepat d. gerakannya diperlambat e. dengan kecepatan awal

25. sebuah kelereng yang masanya 30 gram dan sebuah bola besi yang masanya 2 kg keduanya berada pada ketinggian 80 m diatas tanah. Jika keduanya dilepaskan dalam waktu yang bersamaan, maka:

a. kelerng lebih dulu sampai tanah b. bola besi lebih dulu mencapai tanah

c. keduanya mencapai tanah dalam waktu yang bersamaan

d. bola besi lebih dulu mencapai tanah karena masanya lebih besar dari kelereng e. keduanya mencapai tanah dalam waktu yang bersamaan jika tidak ada gesekan udara

26. Sebutir peluru yang masanya 10 gr. ditembakkan vertical keatas menggunakan senapan dengan kecepatan awal 100 m/s. maka kecepatan peluru setelah 5 detik adalah :……m/s.

a. 30

b. 40 d. 60

c. 50 e. 70

27. Sebuah kelapa masanya 2,5 kg jatuh bebas dari pohonnya setinggi 16 m diatas tanah, maka kecepatan kelapa tersebut ketika 4 m diatas tanah adalah : …..m/s.

a. 2√15

b. 3√15 d. 5√15

c. 4√15 e. 6√15

28. Sebutir peluru yang masanya 10 gr. ditembakkan vertical keatas menggunakan senapan dengan kecepatan awal 200 m/s. maka kecepatan peluru ketika 500 m diatas tanah adalah……m/s.

a. 100√3

b. 150√3 d. 225√3

c. 200√3 e. 250√3

29. Sebuah mobil masanya 1200 kg melaju dengan kecepatan 90 km/h kemudian di rem hingga berhenti selama 10 detik. Maka jarak yang ditempuh mobil tersebut selama pengereman : …

a. 75 m

b. 100 m d. 125 m

c. 120 m e. 150 m

30. Ayu dan bagus sama-sama mengendarai motor dengan kecepatan tetap masing-masing 60 km/h dan 70 km/h dalam arah yang sama. jika ayu berada didepan bagus dengan jarak 5 km. maka bagus bertemu ayu setelah bagus menempuh jarak :……km

a. 25

b. 30 d. 40

c. 35 e. 45

31. Sebutir peluru ditembakkan dengan sudut elevasi 300 dengan kecepata awal 200 m/s. maka tinggi maksimum peluru adalah:.. m

a.. 2000

b. 1500 d. 1000

c. 500 e. 250

32. Sedang waktu yang digunakan sampai peluru jatuh adalah : …. s a.. 20

b. 15 d. 5

c. 10 e. 3

33. Jarak mendatar maksimum yang dicapai adalah: ... m

a.. 2000√2

b. 1500√2 d. 1500√3

Figur

Grafik kecepatan
Grafik kecepatan. View in document p.3
Grafik kecepatan ini melukiskan kecepatan benda sebagai fungsi waktu atau ditulis :  v(t)
Grafik kecepatan ini melukiskan kecepatan benda sebagai fungsi waktu atau ditulis v t . View in document p.3
grafik menunjukkan kecepatan tidak berubah atau tidak ada perubahan kecepatan maksudnya  percepatannya sama
grafik menunjukkan kecepatan tidak berubah atau tidak ada perubahan kecepatan maksudnya percepatannya sama. View in document p.4
Grafik berikut adalah grafik  Gerak Lurus Berubah Beraturan  dipercepat
Grafik berikut adalah grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan dipercepat. View in document p.5
Grafik berikut adalah grafik  Gerak Lurus Berubah Beraturan  diperlambat:
Grafik berikut adalah grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan diperlambat . View in document p.5

Referensi

Memperbarui...