PRODUKSI KATALOG UD. LANCAR JAYA AMPEL (DALAM RANGKA MEMBANGUN BRAND AWARENESS) Oleh Anugrah Sri Lestari TUGAS AKHIR

14 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

PRODUKSI KATALOG UD. LANCAR JAYA AMPEL

(DALAM RANGKA MEMBANGUN BRAND AWARENESS)

Oleh

Anugrah Sri Lestari 362008048

TUGAS AKHIR

Diajukan Kepada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi

Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

SALATIGA 2015

(2)
(3)
(4)

ii

LEMBAR PENGESAHAN

Judul Tugas Akhir : Produksi Katalog UD. Lancar Jaya Ampel (Dalam Rangka Membangun

Brand Awareness)

Nama Mahasiswa : Anugrah Sri Lestari

NIM : 362008048

Program studi : Ilmu Komunikasi

Menyetujui,

Sampoerno, S.Pd, M.Si Pembimbing

Mengetahui,

Drs. Daru Purnomo, M.Si

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana

Disetujui tanggal :

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana

Salatiga 2015

(5)

iii

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS TUGAS AKHIR

Yang bertanda tangan dibawah ini ,

Nama : ANUGRAH SRI LESTARI

NIM : 362008048

Program Studi : Ilmu Komunikasi

Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Satya Wacana

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa tugas akhir, judul :

Produksi Katalog Untuk UD. Lancar Jaya Ampel (Dalam Rangka Membangun Brand Awareness)

Yang dibimbing oleh : Sampoerno, S.Pd, M.Si

Didalam laporan tugas akhir ini tidak terdapat keseluruhan atau sebagian tulisan atau gagasan orang lain yang saya ambil dengan cara menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau gambar serta simbol yang saya akui seolah-olah sebagai karya saya sendiri tanpa memberikan pengakuan pada penulis atau sumber aslinya.

Salatiga, 20 Februari 2015 Yang memberi pernyataan,

(6)

iv

PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI

Sebagai sivitas akademika Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : ANUGRAH SRI LESTARI

NIM : 362008048

Program Studi : Ilmu Komunikasi Jenis Karya : Tugas Akhir

Demi pengembangan ilmu pengetahuan, menyetujui untuk memberikan kepada UKSW hak

bebas royality non eksklusif (non-exclusive royality free right) atas karya ilmiah saya yang berjudul:

Produksi Katalog UD. Lancar Jaya Ampel (Dalam Rangka Membangun Brand Awareness)

beserta perangkat yang ada (jika perlu)

Dengan hak bebas royality non eksklusif ini, UKSW berhak menyimpan, mengalihkan media/mengalihkan formatkan, mengelola dalam bentuk pangkalan data, merawat, dan mempublikasikan tugas akhir saya, selama tetap mencantumkan nama saya sebagai penulis/pencipta.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

Dibuat di : Salatiga

Pada Tanggal : 20 Februari 2015 Yang menyatakan,

ANUGRAH SRI LESTARI

Mengetahui,

(7)

v

MOTTO

“Untuk mendapatkan kesuksesan, keberanianmu harus

lebih besar dari pada ketakutanmu”

PERSEMBAHAN

Karya ini penulis persembahkan untuk wanita terhebat dalam hidup penulis,

I

YOU MOM

(8)

vi

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala kelimpahan berkat, kasih, dan cintaNya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir dengan judul “Produksi Katalog Product Untuk UD. Lancar Jaya Ampel Dalam Rangka Membangun Brand Awareness”. Penulis memilih judul ini karena penulis ingin membuat sebuah Tugas akhir yang bermanfaat bagi subyek yang penulis teliti, sekaligus mengaplikasikan ilmu yang sudah penulis dapatkan selama di bangku kuliah.

Tugas akhir yang penulis susun terdiri dari lima bab, dengan rincian bab I berisi tentang pendahuluan yang mencakup mengenai latar belakang dan alasan yang melatar belakangi Tugas Akhir. Bab II berisi tentang landasan teori yang penulis pakai untuk menguatkan penelitian yang penulis lakukan. Bab III memuat tentang metodologi penelitian yang mencakup mengenai jenis penelitian dan teknik pembuat desain catalog produk data. Bab IV berisi gambaran media catalog produk UD. Lancar Jaya, bab V berisikan tentang kesimpulan dan saran.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam proses penyusunan skripsi. Penulis menyadari bahwa ketika penulis mengandalkan kekuatan sendiri penulis tidak mampu menyelesaikan Tugas Akhir ini. Sehingga penulis mengucapkan terima kasih kepada :

1. Tuhan Yang Maha Esa, yang telah menyertai penulis dari awal hingga akhir pembuatan tugas akhir ini. Sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini.

2. Ibu dan suamiku tercinta yang selalu memberikan dukungan setiap waktu, terima kasih untuk semua keluargaku.

3. Om Sampoerno sebagai pembimbing tugas akhir penulis yang memberikan motivasi serta saran untuk penulisan tugas akhir ini. Terima kasih Om untuk waktunya.

4. Teman – temanku semua yang telah memberikan dukungan dan sarannya yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan tugas akhir ini.

5. Semua staff pengajar di FISKOM UKSW yang telah mendidik penulis selama masa kuliah. 6. Semua staff administrasi FISKOM UKSW yang telah membantu penulis.

(9)

vii

7. Semua pihak yang secara langsung atau pun tidak langsung dalam membantu penulis, terima kasih.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Tugas Akhir ini masih banyak kekurangan dan kelemahan, oleh karena sumbangan pikiran, saran dan kritik yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan Tugas Akhir ini.

Akhirnya penulis harapkan agar Tugas Akhir ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan bagi pembaca pada umumnya.

Salatiga, Februari 2015 Penulis

(10)

viii

SARIPATI

Katalog adalah alat publikasi yang digunakan perusahaan sebagai cara untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Grafis memungkinkan berbagai macam perusahaan untuk menginformasikan kepada calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada tentang harga dan fitur produk mereka dalam rangka untuk mendorong penjualan mereka. Katalog adalah sarana bagi perusahaan untuk menyajikan secara rinci cakupan produk dan jasa, langsung kepada pelanggan. Ketika akan menyampaikan semua jenis informasi, katalog benar-benar praktis. Halaman pertama umumnya termasuk presentasi pada fitur-fitur utama perusahaan, termasuk tujuan dan nilai - rencana kerja, hubungan dengan pelanggan, kualitas, teknologi yang digunakan, dan gambar bangunan perusahaan (s), sistem produksi, dan personil. Bagian paling penting dari katalog didedikasikan untuk menunjukkan produk dan jasa yang berbeda.

UD. Lancar Jaya adalah perusahan abon yang beridiri dari tahun 2004 yang selama ini hanya menggunakan media promosi berupa brosur & banner. Maka dari itu dengan dibuatnya katalog produk,maka diharapkan akan lebih membantu promosi penjualan, sekaligus membantu sales memasarkan produk, sehingga produk UD.Lancar Jaya bisa dikenal banyak orang. Dengan catalog sebagai media promosi, penulis bahkan berharap bisa menjangkau daerah lain di luar pulau jawa, selain Kalimantan dan samarinda. Sehingga dengan catalog akan sangat membantu dalam pengenalan produk sekaligus membantu meningkatkan penjualan didaerah luar jawa.

Katalog produk yang menampilkan produk UD.Lancar jaya dibuat dengan baik, dengan warna-warna yang menarik mungkin. Selain itu katalog produk harus menampilkan jenis produk yang dijual, membujuk calon konsumen lewat display dan tampilan isi dalam katalog produk tersebut, agar calon konsumen tertarik dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan.

(11)

ix ABSTRACT

Catalog is publishing tools used by the company as a way to promote their products and services . Graphic enables various companies to inform potential customers and existing customers about the price and features of their products in order to encourage their sales . Catalog is a means for companies to present in detail the scope of products and services directly to customers . When will convey all kinds of information , catalogs really practical . The first page is generally included a presentation on the main features of the company, including the purpose and value - the work plan , the relationship with the customer , quality , technology used , and image building firm ( s ) , production systems , and personnel . The most important part of the catalog is dedicated to show the different products and services .

UD . Lancar Jaya is a company shredded the embryo of 2004 , during which only uses a media campaign in the form of brochures and banners . Therefore with the making of the product catalog , it is expected to be more helpful sales promotion , while helping sales market products , so that the product can UD.Lancar Jaya known to many people . With a catalog as a media campaign , the authors even hope to reach other areas outside the island of Java , in addition to Borneo and samantha . So that the catalog will greatly assist in the introduction of products and help increase sales areas outside Java .

Product catalog featuring products UD.Lancar jaya well made, with attractive colors possible . In addition, the product catalog should show the type of products sold , to persuade potential customers through the display and view the contents of the product catalog , so that potential customers interested and eventually buy the products offered .

(12)

x DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PENGESAHAN ... ii

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS ... iii

PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ... iv

HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN ... v

KATA PENGANTAR ... vi

SARIPATI ... viii

ABSTARCT ... ix

DAFTAR ISI ... x

DAFTAR TABEL ... xii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

1.1.Latar Belakang Masalah ... 1

1.2.Rumusan Masalah ... 4

1.3.Tujuan Penelitian ... 4

1.4.Manfaat Penelitian ... 5

BAB II LANDASAN TEORI ... 6

2.1 Definisi Konsep ... 6

2.1.1. Strategi komunikasi Pemasaran ... 6

2.1.2. Brand Awareness ... 7

2.1.3. Konsumen ... 8

2.1.4. Katalog ... 9

2.1.5. Kerangka pikir ... 11

BAB III Tahapan Perancangan ... 12

3.1 Target produksi ... 12

3.2 Bentuk Penyajian Tugas Akhir ... 12

3.3 Desain dan Rancangan Anggaran Pembuatan Katalog ... 12

(13)

xi BAB IV Produksi Media 14

4.1 Gambaran Media Produksi ... 14

4.2Hasil Media Produksi Katalog ... 16

4.3Unsur Visual Pada Media Produksi ... 17

4.3.1 Unsur Grafis Dalam Katalog ……….17

4.3.2 Warna ……….18

4.4 Detail Desain Katalog Produk ………..19

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ... 22

5.1 Kesimpulan ... 22

5.2 Saran ... 23

DAFTAR PUSTAKA ... 24

(14)

xii

DAFTAR TABEL

Tabel Halaman

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :