Analisa Perbandingan Tekuk Kolom Aksial Profil I Tersusun dan Profil X dengan Menggunakan AISC 2010

Teks penuh

(1)

ANALISA PERBANDINGAN TEKUK KOLOM AKSIAL PROFIL I TERSUSUN DAN PROFIL X DENGAN MENGGUNAKAN AISC 2010

(Study Literatur)

TUGAS AKHIR

Diajukan Untuk Melengkapi Syarat Penyelesaian

Pendidikan Sarjana Teknik Sipil

Disusun oleh :

EVA NOVITA LUMBAN TOBING 12 0424 017

Disetujui Oleh :

Ir. Sanci Barus, M.T 19520901 198112 1 001

PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA TEKNIK SIPIL DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL

FAKULTAS TEKNIK

(2)

ABSTRAK

Struktur portal umumnya terdiri dari elemen kolom, balok dan pelat lantai. Pada kenyataannya di lapangan tiap elemen memiliki tugas masing-masing sebagaimana fungsinya. Tiap elemen tersebut diharapkan dapat bekerja maksimal sesuai desain yang telah ditentukan. Sehingga sebuah struktur yang mampu menahan beban yang bekerja dapat tercapai. Pada hal ini, dalam struktur baja, elemen-elemen tersebut memiliki bentuk atau profil yang berbeda dibandingkan struktur dengan elemen beton. Karena material baja memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan material beton, maka profil pada struktur baja umumnya lebih ramping. Hal ini dilakukan agar terjadi efektifitas penampang, bentuk elemen baja yang terlalu besar akan menyebabkan berat dari elemen tersebut akan semakin besar dan akan mengakibatkan biaya yang dibutuhkan akan semakin besar juga.

Dalam Tugas Akhir ini, dilakukan perencanaan pada profil I tersusun dan profil X. Dimana akan diketahui profil mana yang mempunyai nilai tegangan

kristis maksimum.

Tujuan tugas akhir ini adalah agar dapat menganalisa beban kritis yang terjadi akibat beban yang diberikan terhadap kolom profil I tersusun sehingga bisa menjadi referensi tambahan pada perencaaan proyek dan bermanfaat bagi pembacanya.

Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tampang profil X mempunyai beban maksimum paling besar yaitu sebesar 214,317 MPa untuk perletakkan jepit-jepit daripada profil I yaitu sebesar 225,458 MPa.

(3)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur Penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah, rahmat, serta karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini dengan baik.

Tugas Akhir ini disusun guna melengkapi tugas-tugas dan memenuhi syarat untuk mencapai gelar Sarjana Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Adapun judul Tugas Akhir ini adalah “ANALISA PERBANDINGAN TEKUK KOLOM AKSIAL PROFIL I TERSUSUN DAN PROFIL X DENGAN MENGGUNAKAN AISC 2010”.

Penyelesaikan Tugas Akhir ini tidak terlepas dari bantuan, dukungan, serta bimbingan dari berbagai belah pihak. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada :

1. Bapak Prof. Dr. Ing. Johannes Tarigan, selaku Ketua Departemen Teknik Sipil;

2. Bapak Ir. Syahrizal, MT, selaku Sekretaris Departemen Teknik Sipil; 3. Bapak Ir. Zulkarnain A. Muis, M.Eng.Sc, selaku Koordinator PPSE,

Departemen Teknik Sipil;

4. Bapak Ir. Sanci Barus, MT, selaku Pembimbing, yang telah banyak memberikan arahan, dukungan, masukan, serta meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran Beliau dalam membantu penulis menyelesaikan Tugas Akhir ini;

5. Bapak Ir. Besman Surbakti, MT, dan M.Agung Putra Handana, ST., MT, selaku Penguji, yang turut memberikan masukan dalam proses penyelesaian Tugas Akhir ini;

6. Bapak/ibu seluruh Staff Pengajar, serta Pegawai Administrasi Departemen Teknik Sipil;

(4)

8. Sahabat dan teman-temanku, SJ Full Team, Donghae, Eunhyuk, Kyuhyun, Maria, Friska, Ice, Bigeb, Erica, Ruth, Naomi as a komplengkocong girls version, Wita, Tina, Silviana, Jesica, Seprina, terimakasih untuk doa, semangat dan motivasinya selama ini.

9. Buat teman-teman seperjuangan penulis, Dilla, Grace, Vany, Tary, Ka Chrisna, Ka Merin, Guido, GSP, Richard, Bang Irbar dan teman-teman Mahasiswa/i Ekstensi Angkatan 2012, Mahasiswa Teknik Sipil lainnya dan yang tidak dapat disebutkan seluruhnya, terima kasih.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Tugas Akhir ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun, demi perbaikan untuk menjadi lebih baik lagi.

Akhir kata, penulis berharap semoga Tugas Akhir ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Medan, 2016

Hormat saya,

(5)

DAFTAR ISI

BAB III METODOLOGI PERENCANAAN SAMBUNGAN ... 22

3.1 Umum ... 22

BAB IV ANALISIS SAMBUNGAN ANTARA BALOK DAN KOLOM 50 4.1 Data Perencanaan ... 47

4.2 Pembahasan Profil I Tersusun ... 48

(6)

BAB V PENUTUP ... 69

5.1 Kesimpulan ... 69

5.2 Saran ... 69

(7)

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1. Sifat mekanis baja struktural

Tabel 3.1. Faktor panjang efektif kolom dengan berbagai kondisi

Tabel 4.1. Nilai Fcr untuk profil I tersusun

Tabel 4.2. Nilai Fcr untuk profil X

(8)

DAFTAR NOTASI

As = luas penampang profil baja, cm2

E = modulus elastisitas baja, MPa

Fe = tegangan kritis tekuk elastis, MPa

Fcr = tegangan tekan kritis, MPa

f y = tegangan leleh untuk perhitungan kolom komposit, MPa

G = modulus geser elastis material = 77200 Mpa

J = konstanta torsi penampang (tidak ada warping)

Cw = konstanta warping

L = panjang kolom

tw = tebal web

tf = tebal flens

fy = tegangan leleh profil baja, MPa

k = faktor panjang efektif kolom

L = panjang unsur struktur, mm

Pn = kuat aksial nominal, N

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...