Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Referensi Pada Perpustakaan Umum Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

ABSTRAK

Mangoloi, Christian. 2017. “Persepsi pemustaka layanan referensi pada Perpustakaan Umum Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu”. Medan: Departemen Studi Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, Universitas Sumatera Utara.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap layanan referensi pada Perpustakaan Umum Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Perpustaakaan Umum, yang terdiri dari masyarakat umum, PNS/karyawan swasta, mahasiswa, dan pelajar (SMU), yang dimana keseluruhan populasi berjumlah 1.040 orang. Penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan Rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel yaitu 91 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan Teknik Accidental Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan referensi pada Perpustakaan Umum Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu masih kurang baik. Masih perlu adanya perbaikan dan peningkatan pada sistem pelayanan pada layanan referensi agar sistem pelayanan pada layanan referensi menjadi lebih baik. Koleksi layanan referensi masih belum bervariasi dan belum termutakhir. Masih perlu adanya penambahan jumlah pustakawan yang khusus bekerja di Perpustakaan Umum dan di ruang layanan referensi yang bertujuan untuk membimbing dan membina staff pegawai Perpustakaan Umum dan pemustaka yang berkunjung ke Perpustakaan Umum

Kata Kunci : Layanan referensi

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...