Penerapan Metode Program Evaluation and Review Technique (PERT) untuk Proyek Pembangunan Jalan Tol (Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Medan- Kualanamu-Tebing Tinggi)

11  21  Download (2)

Teks penuh

(1)

PENERAPAN METODE

PROGRAM EVALUATION AND

REVIEW TECHNIQUE

(PERT) UNTUK PROYEK

PEMBANGUNAN JALAN TOL

(Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi)

SKRIPSI

SAFENNY MARIA SARAGIH

130803056

DEPARTEMEN MATEMATIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(2)

PENERAPAN METODE

PROGRAM EVALUATION AND

REVIEW TECHNIQUE

(PERT) UNTUK PROYEK

PEMBANGUNAN JALAN TOL

(Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi)

SKRIPSI

Diajukan untuk melengkapi tugas dan memenuhi syarat mencapai gelar Sarjana Sains

SAFENNY MARIA SARAGIH

130803056

DEPARTEMEN MATEMATIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(3)

PERSETUJUAN

Judul : Penerapan Metode Program Evaluation and Review Technique (PERT) untuk Proyek Pembangunan Jalan Tol (Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi) Kategori : Skripsi

Nama : Safenny Maria Saragih Nomor Induk Mahasiswa : 130803056

Program Studi : Sarjana (S1) Matematika Departemen : Matematika

Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara

Disetujui di

Medan, Agustus 2017

Komisi Pembimbing:

Pembimbing 2, Pembimbing 1,

Dr. Esther Sorta M. Nababan, M.Sc Drs. Henry Rani Sitepu, M.Si NIP. 19610318 198711 2 001 NIP. 19530303 198303 1 002

Disetujui oleh:

Departemen Matematika FMIPA USU Ketua,

Dr. Suyanto, M.Kom

(4)

PERNYATAAN

PENERAPAN METODE PROGRAM EVALUATION AND REVIEW

TECHNIQUE (PERT) UNTUK PROYEK

PEMBANGUNAN JALAN TOL

(Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi)

SKRIPSI

Saya menyatakan bahwa skripsi ini adalah hasil kerja saya sendiri, kecuali beberapa kutipan dan ringkasan yang masing-masing disebutkan sumbernya.

Medan, Agustus 2017

(5)

PENGHARGAAN

Segala pujian dan ucapan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus atas segala berkat dan anugrah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini yang berjudul Penerapan Metode Program Evaluation and Review Technique (PERT) untuk Proyek Pembangunan Jalan Tol (Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi).

Dalam penulisan skripsi ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada:

1. Bapak Drs. Henry Rani Sitepu, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Esther Sorta M. Nababan, M.Sc selaku pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan.

2. Ibu Asima Manurung, S.Si, M.Si dan Bapak Dr. Syahriol Sitorus, M.IT selaku dosen pembanding yang memberikan kritik dan saran yang membangun dalam penyelesaian skripsi ini.

3. Bapak Dr. Suyanto, M.Kom selaku Ketua Departemen Matematika dan Bapak Drs. Rosman Siregar, M.Si selaku Sekretaris Departemen Matematika.

4. Bapak Dr. Kerista Sebayang, M.S selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara.

5. Seluruh dosen Departemen Matematika FMIPA USU yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis selama masa studi serta seluruh Staf Administrasi di Departemen Matematika FMIPA USU.

6. Keluarga tersayang Bapak Jarpen Saragih, Ibu Hotmarina Purba, S.Pd, Abang Immanuel Irwando Saragih, S.Kom dan Adik Indra Rumanja Saragih serta seluruh keluarga besar atas doa, nasehat, bimbingan dan dukungan moril serta materil yang menjadi sumber motivasi bagi penulis untuk tetap semangat dalam perkuliahan dan penulisan skripsi ini.

7. Sahabat-sahabat penulis yaitu Pelaruga, Ichthus, New Born, tim Chapel USU, Matematika stambuk 2013, dan terkhusus untuk kak Juli Butar-butar yang selama ini telah memberikan semangat, dorongan dan saran baik dalam pengerjaan skripsi ini maupun dalam proses belajar sehari-hari.

(6)

PENERAPAN METODE PROGRAM EVALUATION AND

REVIEW TECHNIQUE (PERT) UNTUK PROYEK

PEMBANGUNAN JALAN TOL

( Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi )

ABSTRAK

Kelancaran pelaksanaan pembangunan jalan tol bergantung kepada ketepatan waktu pelaksanaan proyek dengan jumlah waktu yang telah diperkirakan oleh penanggung jawab proyek tersebut, minimum biaya pelaksanaan proyek di mana biaya pelaksanaan tidak lebih besar dari anggaran yang telah disediakan dan mutu sebuah proyek harus sesuai dengan mutu yang ditetapkan. Pelaksanaan pekerjaan proyek dapat berjalan mundur dari jadwal yang sudah disediakan dikarenakan oleh hambatan yang terjadi selama masa pelaksanaan proyek. Dengan adanya keterlambatan pelaksanaan pekerjaan tersebut, maka nilai total biaya proyek akan bertambah. Demi tercapainya waktu optimal pekerjaan proyek diperlukan kontrol antara pelaksanaan dan jadwal rencana pekerjaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu yang paling efektif, biaya proyek, serta probabilitas penyelesaian proyek pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan membandingkan antara pelaksanaan di lapangan dengan perhitungan menggunakan metode PERT (Program Evaluation and Review Technique) dengan alasan bahwa tingkat ketidakpastian sangat besar dan perencanaan waktu jauh lebih penting dari perencanaan biaya.

Berdasarkan analisis network planning dengan menggunakan metode PERT didapatkan efektivitas waktu penyelesaian proyek namun tidak ada perbedaan biaya. Dimana waktu normal penyelesaian proyek adalah selama 583 hari dengan biaya sebesar Rp505.504.465.131,00 sedangkan dengan menggunakan metode PERT proyek dapat diselesaikan selama 572 hari dengan biaya yang sama yaitu sebesar Rp505.504.465.131,00. Dengan menggunakan metode PERT, dihasilkan probabilitas sebesar 78,23 % dalam menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) jika waktu pengerjaan proyek selama 583 hari atau jika proyek tidak menggunakan analisis PERT. Dengan demikian metode PERT dapat mempersingkat waktu pengerjaan proyek sehingga proyek jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dapat dilaksasanakan lebih efektif dan efisien serta dapat mencapai hasil yang optimal.

(7)

IMPLEMENTATION OF PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE (PERT) METHOD

FOR CONSTRUCTION PROJECT

(Case Study : Construction Project of Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi)

ABSTRACT total cost of the project will increase. For the sake of achieving the optimal time of project work required control between the implementation and schedule of the work plan.

This study aims to analyze the most effective time, project costs, and the probability of completion of the Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi toll road project and compare between the implementation in the field with the calculation using PERT (Program Evaluation and Review Technique) The level of uncertainty is huge and time planning is much more important than cost planning. Based on network planning analysis using PERT method, the effectiveness of Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) toll road project if the project was 583 days or if the project did not use PERT analysis. Thus PERT method can shorten the time of project work so that the Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) toll road project can be dilaksasanakan more effective and efficient and can achieve optimal results.

(8)

DAFTAR ISI 1.6 Metodologi Penelitian 4

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA 6

2.1 Proyek 6

2.1.1 Pengertian Proyek 6 2.1.2 Ciri-ciri Proyek 7 2.1.3 Jenis-jenis Proyek 7 2.1.4 Karakteristik Proyek 8 2.1.5 Siklus Proyek 9 2.2 Manajemen Proyek 10 2.2.1 Pengertian Manajemen Proyek 10 2.2.2 Keberhasilan Proyek 10

2.3 Network Planning 12

2.3.1 Pengertian Network Planning 12 2.3.2 Metode Network Planning 12 2.3.2.1 Critical Path Method (CPM) 12 2.3.2.2 Program Evaluation and Review

Technique (PERT)

13

2.3.3 Bahasa atau Simbol Diagram Network 18 2.3.4 Hubungan Antar Simbol dan Kegiatan 19 2.3.5 Langkah-langkah dalam Menggunakan

Network Planning

21

2.3.6 Pendekatan AOA dan AON dalam Network Planning

21

2.4 Lintasan Kritis 23

(9)

2.4.2 Mencari Lintasan Kritis 23 2.5 Persamaan dan Perbedaan CPM dan PERT 25 2.5.1 Persamaan CPM dan PERT 25 2.5.2 Perbedaan CPM dan PERT 25

BAB 3 METODE PENELITIAN 27

3.1 Identifikasi Operasional Variabel 27 3.1.1 Identifikasi Variabel 27 3.1.2 Definisi Operasional Variabel 27 3.2 Jenis dan Sumber Data 28

3.2.1 Jenis Data 28

3.2.2 Sumber Data 28

3.3 Kerangka Pemecahan Masalah 28

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 30 4.1 Perencanaan Waktu Proyek 30 4.2 Perencanaan Anggaran Biaya Proyek 31 4.3 Hasil Analisis Data 32 a. Analisis Hubungan Antar Kegiatan Proyek 32 b. Penentuan Waktu Kegiatan Proyek 34 c. Penyusunan Diagram Network 36 d. Penentuan Lintasan Kritis 36 e. Penentuan Varians Berdasarkan Perkiraan

Waktu

38

f. Penentuan Probabilitas Waktu Penyelesaian Proyek

40

4.4 Pembahasan Hasil Penelitian 41

BAB 5 PENUTUP

5.1 Kesimpulan 43

5.2 Saran 43

(10)

DAFTAR TABEL

Nomor Judul Halaman

2.1 Perbandingan Kegiatan Proyek dan Kegiatan Operasional 8

4.1 Rencana Waktu Proyek 30

4.2 Rekapitulasi Rencana Anggaran Biaya Proyek 31

4.3 Hubungan Keterkaitan Antar Kegiatan Proyek 32

4.4 Hubungan Keterkaitan Antar Kegiatan Proyek Beserta Perkiraan Waktunya

35

4.5 Perhitungan Slack Time dan Penentuan Jalur Kritis 38

4.6 Perhitungan Varians dari Masing-masing Kegiatan 39

4.7 Varians Waktu Penyelesaian Kegiatan Per Jalur Kritis 39

4.9 Perbandingan Hasil Waktu dan Biaya Proyek Pada Pekerjaan Normal Dengan Waktu dan Biaya Proyek Menggunakan Analisis PERT

(11)

DAFTAR GAMBAR

Nomor Judul Halaman

2.1 Hubungan Triple Constrain 11

2.2 Tiga Macam Taksiran Waktu Pada Distribusi Beta 15

2.3 Expected value, Nilai Tengah, a, m, dan b Dalam Distribusi Beta

15

2.4 Tiga Macam Kemungkinan Hubungan antara a, b, m dan 16

2.5 Bahasa atau Simbol Diagram Network 18

2.6 Kegiatan A Pendahulu Kegiatan B dan Kegiatan B Pendahulu Kegiatan C

19

2.7 Kegiatan A dan B Merupakan Pendahulu Kegiatan C 19

2.8 Kegiatan A dan B Merupakan Pendahulu Kegiatan C dan D

20

2.9 Kegiatan B Merupakan Pendahulu Kegiatan C dan D 20

2.10 Gambar yang Salah Bila Kegiatan A, B, dan C Mulai dan Selesai Pada Kejadian yang Sama

20

2.11 Perbedaan Kegiatan Dengan Menggunakan Dummy 21

2.12 Jaringan Panah atau Jaringan AOA 22

2.13 Jaringan Titik atau Jaringan AON 22

3.1 Diagram alir penelitian 29

4.1 Diagram Network Kegiatan Proyek Pembangunan Jalan

Tol MKTT Seksi 3

36

4.2 Perhitungan Maju Diagram Network Kegiatan Proyek

Pembangunan Jalan Tol MKTT Seksi 3

37

4.3 Perhitungan Mundur Diagram Network Kegiatan Proyek

Pembangunan Jalan Tol MKTT Seksi 3

37

Figur

Gambar yang Salah Bila Kegiatan A, B, dan C Mulai dan

Gambar yang

Salah Bila Kegiatan A, B, dan C Mulai dan p.11

Referensi

Memperbarui...