VALUASI EKONOMI DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN MEDANG KAMPAI KOTA DUMAI KUSNANDAR C

15 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

VALUASI EKONOMI DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN

TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR DI

KECAMATAN MEDANG KAMPAI

KOTA DUMAI

K U S N A N D A R

C251020241

SEKOLAH PASCASARJANA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

BOGOR

2008

(2)

RINGKASAN

K u s n a n d a r C251020241. Valuasi Ekonomi Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pesisir Di Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai Dibimbing oleh AKHMAD FAUZI dan SUZY ANNA.

Penilaian secara ekonomi terhadap dampak yang ditimbulkan oleh pihak pertama masih jarang dilakukan. Padahal, akibat dari dampak yang ditimbulkan ini telah menyebabkan menurunnya tingkat kepuasan masyarakat dalam mengkonsumsi suatu barang, maupun tingkat kenyamanan masyarakat menjadi terganggu. Akibatnya pihak pertama cenderung akan melakukan suatu kegiatan yang berlebihan demi memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Dengan tidak memasukkan biaya-biaya sosial dan lingkungan dalam penetapan nilai jual dari suatu barang, menyebabkan terjadinya kegagalan pasar. Dengan menggunakan metode valuasi ekonomi dan analisa persepektif, dalam penelitian ini dapat diketahui seberapa besar dampak pencemaran lingkungan terhadap tingkat kesejahteraan (kesehatan dan pendapatan) masyarakat Ada tidaknya keinginan masyarakat untuk menanggung atau membayar untuk perbaikan lingkungan. Jika ada, seberapa besar biaya yang mau dikeluarkan masyarakat untuk keperluan perbaikan lingkungan? Bagaimana persepsi masyarakat terhadap kebijakan pengelolaan kedepan limbah industri yang ada? Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai dari Bulan Juli sampai September 2006, dimana pada lokasi ini terdapat banyak pabrik-pabrik yang berskala besar sebagai sumber pencemaran yang potensil menjadi sumber penyakit bagi masyarakat. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata masyarakat tidak mau membayar sejumlah uang untuk memperbaiki lingkungan yang sudah tercemar, WTP individu masyarakat sebesar Rp. 4.192,29 per tahun. Faktor yang perlu menjadi prioritas dalam pengelolaan dan pengendalian lingkungan ke depan berdasarkan persepsi masyarakat adalah: Faktor Peran dan keterlibatan masyarakat, Penegakan aturan dan sanksi, Peningkatan Pengawasan lingkungan, Transparansi pengelolaan manajemen lingkungan, Rehabilitasi lingkungan, Peningkatan jaminan pendidikan, sosial dan kesehatan, terutama untuk masyarakat pesisir yang terkena maupun yang potensial terkena dampak pencemaran.

(3)

ABSTRACT

K u s n a n d a r C251020241. Economics Valuation Of Environment Pollution Effect Into Community Coastal Welfare in Medang Kampai Sub District, Dumai Municipality. Supervisor by AKHMAD FAUZI dan SUZY ANNA.

In conventional economics, valuating by economy effect of pollution into community is rare to do. Some people tend over to do activity to get more benefit. Social cost and environment cost is not include into total cost production, it is make market failure in marketing a product. With economy valuation method in this research to find perception of community about pollution into themselves and environment. Beside that, this research want to know how much failure of community by the pollution. This research located in Medang Kampai Sub district of Dumai Municipality, start from July until September 2006. In this location, there are many activity that used machine to be source of pollution that potential to be decease for community. Result of economy valuation that were done, were founded that all of community is not want to give some money for environment reclamation, personal WTP is Rp.4.192,29 per year. The main factor to be priority in environment managing for the future are people participatory, low enforcement, environment monitoring, transparency of environment management, environment rehabilitation, education insurance, social and health for coastal community that effected and potential to effected pollution.

(4)

©

Hak Cipta milik Institut Pertanian Bogor tahun 2008 Hak cipta dilindungi Undang-Undang

1. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh karya tulis ini tanpa mencantumkan atau menyebutkan sumber.

a. Pengutipan hanya untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah.

b. Pengutipan tidak merugikan kepentingan yang wajar IPB.

2. Dilarang menggunakan dan memperbanyak sebagian atau seluruh karya tulis dalam bentuk apa pun tanpa izin IPB.

(5)

SURAT PERNYATAAN

Saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa segala pernyataan dalam tesis saya yang berjudul :

VALUASI EKONOMI DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN MEDANG KAMPAI

KOTA DUMAI

merupakan gagasan dan hasil penelitian tesis saya sendiri, dengan pembimbingan para Komisi Pembimbing, kecuali yang dengan jelas ditunjukkan rujukannya. Tesis ini belum pernah diajukan untuk memperoleh gelar pada program sejenis di perguruan tinggi lain.

Semua data dan informasi yang digunakan telah dinyatakan secara jelas dan dapat diperiksa kebenarannya.

Bogor, Maret 2008

Nama : Kusnandar NRP : C251020241.

(6)

VALUASI EKONOMI DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR DI

KECAMATAN MEDANG KAMPAI KOTA DUMAI

KUSNANDAR C251020241.

Tesis

Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Sains

pada Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PS-SPL)

SEKOLAH PASCASARJANA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

BOGOR

2008

(7)

Judul Tesis : Valuasi Ekonomi Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pesisir di Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai

Nama : Kusnandar

NIM : C251020241

Program Studi : Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PS-SPL)

Disetuji

Komisi Pembimbing

Prof. Dr. Ir. H. Akhmad Fauzi, M.Sc Ketua

Dr. Suzy Anna, M.Si Anggota

Diketahui

Ketua Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan

Dr. Ir. Mennofatria Boer, DEA

Dekan Sekolah Pascasarjana IPB

Prof. Dr. Ir. Khairil A. Notodiputro, MS

(8)

RIWAYAT HIDUP

Penulis dilahirkan di Bandung pada tanggal 25 November 1965 sebagai anak ke-7 dari tujuh bersaudara Keluarga R. Sulaeman. Penulis menyelesaikan Sekolah Menengah Atas di SMA Kartika Chandra I Bandung pada tahun 1984 dan melanjutkan sekolah Starata satu di Departemen Teknik Perminyakan ITB, dan selesai tahun 1990. Pada Tahun 2002 penulis melanjutkan sekolah di Pasca` Sarjana pada Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (SPL) Angkatan IX. Saat ini penulis bekerja sebagai Inspektur Migas di Direktorat Teknik dan Lingkungan Direktorat Jenderal minyak dan Gas`Bumi Departemen Energi dan Sumber daya Mineral dari tahun 1993.`

(9)

UCAPAN TERIMA KASIH

Dengan selesainya Penulisan Tesis ini, penulis menyampaikan puji syukur ke Hadirat Allah SWT, karena semua ini dapat dilakukan atas perkenan-Nya. Selain itu, penelitian dan penulisan Tesis ini tidak terlepas juga dari bantuan dan dorongan baik dari keluarga, dosen pembimbing mau pun teman-teman ikut membantu selama proses penelitian dan penulisan Tesis ini.

Pertama-tama ingin penulis sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang tiada taranya kepada Prof.Dr.Ir.H.Akhmad Fauzi,MSc dan Dr.Suzy Anna, Msi selaku Komisi Pembimbing dalam membimbing serta memberikan arahan dalam penyelesaian laporan tesis ini.

Tidak lupa penulis sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Dr. Ir. Menofatria Boer,DEA selaku Ketua Program Studi serta seluruh Staf Pengajar Program Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PS-SPL) yang telah memberi kesempatan seluas-luasnya bagi penulis untuk menimba ilmu serta memberi pencerahan pengetahuan selama masa perkuliahan. Teman-teman seangkatan dan seperjuangan di PS-SPL.

Ucapan terma kasih, penulis haturkan kepada, Ayahanda, Ibunda, Kakak, Adik serta seluruh keluarga atas dukungan moril, materil dan spirituil kepada penulis selama ini, apa yang telah diberikan pada penulis selama ini mungkin tidak akan mampu terbalas.

Akhir kata, penulis berharap semoga Tesis ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan dapat diaplikasikan bagi kemaslahatan hidup dimasa yang akan datang, amin.

(10)

PRAKATA

Bissmillahirrahmanirrahim. Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat, petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga senantiasa dapat melaksanakan segala aktivitas keseharian dalam ridho-Nya, begitu pula dengan penyusunan Tesis “Valuasi Ekonomi Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pesisir di Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai” bisa terselesaikan.

Pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan, menjadi sebuah keharusan untuk menuju kesejahteraan masyarakat. Penilaian secara ekonomi dari dampak yang ditimbulkan oleh pihak pertama kepada pihak kedua menjadi penting dilakukan mengingat dampak yang ditimbulkannya bisa memberikan keuntunan bagi pihak pertama, dan bisa juga memberikan kerugian. Dalam tesis ini menggambarkan pendekatan valuasi dampak dari pencemaran terhadap perubahan pola konsumsi masyarakat di Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai

Akhirnya penulis berharap bahwa dengan penulisan Tesis ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan kebijakan pengelolaan dampak lingkungan agar tidak merugikan masyarakat disekitarnya, meskipun masih terdapat banyak kekurangan yang membutuhkan banyak penyempurnaan.

Bogor, Maret 2008

(11)

DAFTAR ISI

Halaman DAFTAR ISI... ... DAFTAR TABEL ... ... DAFTAR GAMBAR... ... I. PENDAHULUAN Latar Belakang ... ... 1 Rumusan Masalah ... ... 2 Tujuan Penelitian ... ... 3 Manfaat Penelitian ... ... 3

II. TINJAUAN PUSTAKA Pencemaran Lingkungan, Implikasi Eksternalitas Ekonomi ... ... 4

Pengendalian Pencemaran Lingkungan ... ... 8

Pendekatan Valuasi Ekonomi ... ... 10

Valuasi Biaya ... ... 13

Valuasi Manfaat ... ... 14

Willingness To Pay ... ... 15

Konsep Ekonomi Tentang Nilai... ... 17

Surplus Konsumen ... ... 19

Kesejahteraan ... ... 20

Analisa Prospektif Partisipatif (Participatory prospective Analysis/PPA) ... ... 22

Penelitian Terdahulu ... ... 24

III. KERANGKA PEMIKIRAN Kerangka Konseptual ... ... 26

Kerangka Operasional... ... 27

IV. METODE PENELITIAN Lokasi Penelitian dan waktu penelitian... ... 30

Metode Penelitian ... ... 31

Jenis Sumber dan Teknik Pengambilan Data. ... 31

Teknik Penentuan Sampel Responden ... ... 33

Teknik Analisa Data... ... 33

Analisis Dampak Pencemaran Vs Kondisi Kesejahteraan ... ... 33

Analisis Keinginan Berpartisipasi Masyarakat ... 34

Pengujian Model Regresi Logit ... ... 35

Analisis Faktor Kunci Pengendalian Pencemaran ... 36

GAMBARAN UMUM WILAYAH PENELITIAN Keadaan umum Kota Dumai ... ... 39

(12)

Karakteristik Masyarakat ... ... 41

Jenis Penyakit Akibat Pencemaran ... ... 42

HASIL DAN PEMBAHASAN DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN ... 44

Biaya Kesehatan... ... 44

Valuasi Biaya Kesehatan ... ... 45

Penurunan Pendapatan ... ... 46

Partisipasi Dalam Pengendalian Pencemaran ... 48

Besarnya Nilai WTP oleh Masyarakat... ... 54

Total WTP Masyarakat Untuk Pencemaran .. ... 58

Strategi Pengendalian Pencemaran ... ... 60

KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan ... ... 65

Saran ... ... 66

DAFTAR PUSTAKA ... ... 68

(13)

DAFTAR TABEL

Halaman

1. Kandungan Bahan Pencemar di Perairan Selat Rupat ... 2

2. Sumber dan Jumlah Pencemaran ... ... 6

3. Renking Kepekaan Lingkungan Pesisir dan Laut Terhadap Pencemaran Minyak... ... 7

4. Jenis Data dan Metode Pengambilan Data... ... 32

5. Pedoman Penilaian Metode PPA. ... ... 38

6. Pengaruh Langsung Antar Faktor ... ... 38

7. Sepuluh Jenis Penyakit Tertinggi di Puskesmas Pembantu Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur Tahun 2004... 42

8. Hasil Regresi Biaya Pengobatan Masyarakat Pesisir... 45

9. Rata-rata Biaya Pengobatan Setelah di Counfounding dan Discounting ... ... 46

10. Rata-rata Pendapatan Masyarakat Setelah Counfounding dan Discounting ... ... 48

11. Total WTP Masyarakat Untuk Perbaikan Lingkungan... 59

12. Koefisien Regresi WTP Masyarakat untuk Perbaikan Kualitas Lingkungan. ... ... 60

13. Faktor Penting untuk Pengendalian Pencemaran dan Pengelolaan Lingkungan Kedepan... ... 61

(14)

DAFTAR GAMBAR

Halaman

1. Penurunan Kepuasan Akibat Pendapatan... ... 14

2. Manfaat Ekonomi Dari Program Kegiatan ... ... 15

3. Surplus Konsumen dan Surplus Produsen ... ... 18

4. Total Surplus Konsumen ... ... 20

5. Pemetaan pengaruh dan etrgantungan faktor... 24

6. Persepsi Masyarakat Terhadap Gangguan Debu Kilang ... 26

7. Kerangka Pemikiran ... ... 29

8. Lokasi Penelitian………. 30

9. Struktur Pekerjaan Masyarakat Kota Dumai... ... 41

10. Diagram Pengaruh dan Ketergantungan faktor.... ... 41

11. Struktur Pekerjaan Masyarakat Kota Dumai Tahun 2006 ... 40

12. Total Pendapatan Masyarakat Kecamatan Medang Kampai .. 46

13. Rata-rata Nilai Kehilangan Pendapatan Masyarakat Medang Kampai Selama Sakit ... ... 47

14. Peluang Masyarakat Untuk Mau Membayar Perbaikan Lingkungan Akibat Pencemaran ... ... 51

(15)

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

1. Peta Lokasi Penelitian ... ... 70

2. Tabel Definisi Variabel dalam Persamaan Regresi Logig ... 71

3. Hasil Regresi Logit ... ... 72

4. Koefisien Regresi Biaya Pengobatan Masyarakat ... 74

5. Koefisien Regresi WTP Masyarakat ... ... 75

6. Kuesioner Penelitian ... ... 75 .

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :