• Tidak ada hasil yang ditemukan

EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN PADA HOTEL X DI SURABAYA (STUDI PRAKTIK KERJA PADA HOTEL BINTANG EMPAT)

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN PADA HOTEL X DI SURABAYA (STUDI PRAKTIK KERJA PADA HOTEL BINTANG EMPAT)"

Copied!
14
0
0

Teks penuh

(1)

EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI

AKUNTANSI PEMBELIAN PADA

HOTEL “X” DI SURABAYA

(STUDI PRAKTIK KERJA PADA HOTEL BINTANG EMPAT)

OLEH:

DEBORAH FEFE DALIUS 3203010151

JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS BISNIS

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA

(2)

EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI

AKUNTANSI PEMBELIAN PADA

HOTEL “ X” DI SURABAYA

( STUDI PRAKTIK KERJA PADA HOTEL BINTANG

EMPAT)

SKRIPSI

Diajukan kepada

FAKULTAS BISNIS

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA

SURABAYA

untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan

Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi

Jurusan Akuntansi

OLEH:

DEBORAH FEFE DALIUS

3203010151

JURUSAN AKUNTANSI

FAKULTAS BISNIS

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA

SURABAYA

(3)

HALAMAN PERSETUJUAN

SKRIPSI

EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI

AKUNTANSI PEMBELIAN PADA

HOTEL “ X” DI SURABAYA

( STUDI PRAKTIK KERJA PADA HOTEL BINTANG EMPAT)

Oleh:

DEBORAH FEFE DALIUS 3203010151

Telah Disetujui dan Diterima untuk Diajukan Kepada Tim Penguji

Bernadetta Diana N, SE., M.SI., QIA Tanggal : 13 Februari 2014

(4)

PERNYATAAN KEASLIAN DAN PERSETUJUAN

PUBLIKASI KARYA ILMIAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : DEBORAH FEFE DALIUS

NRP : 3203010151

Judul Skripsi : Evaluasi Pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Pada Hotel ”X” Di Surabaya (Studi Praktik Kerja Pada Hotel Bintang Empat)

Menyatakan bahwa tugas akhir skripsi (studi praktik kerja) ini adalah ASLI karya tulis saya. Apabila terbukti karya ini merupakan

plagiarisme, saya bersedia menerima sanksi yang akan diberikan

oleh Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Saya menyetujui pula bahwa karya tulis ini di publikasikan/ditampilkan di internet atau media lain (digital library Perpustakaan Unika Widya Mandala Surabaya) untuk kepentingan akademik sebatas sesuai Undang-undang Hak Cipta.

Demikian pernyataan keaslian dan persetujuan publikasi karya ilmiah ini saya buat dengan sebenarnya.

Surabaya, 20 Februari 2014 Yang menyatakan

(5)

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Tugas Akhri Magang yang ditulis oleh: Deborah Fefe Dalius NRP 3203010151, telah diuji pada tanggal 8 Maret 2014 dan dinyatakan lulus oleh Tim Penguji

Ketua Tim Penguji

Drs. Toto Warsoko Pikir,M.Si.,Ak.

(6)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi ini sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Ekonomi program studi S-1 Jurusan Akuntansi di Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Dalam proses penyusunan skripsi ini, penulis telah banyak menerima bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan terimakasih kepada:

1. Bernadetta Diana N, SE.,M.SI.,QIA selaku Dosen Pembimbing Utama yang telah memberikan bimbingan, saran perbaikan serta masukan, dan pengarahan dalam penyusunan skripsi ini.

2. Dosen-dosen Unika Widya Mandala dan seluruh staf perpustakaan Unika Widya Mandala.

3. Papa, Mama dan keluarga besar yang sudah memberikan dukungan baik finansial maupun moril kepada penulis selama ini dan selalu mendoakan keberhasilan penulisan skripsi ini.

4. Pihak Hotel “X” yang telah memberikan kesempatan untuk mendapatkan ilmu disana serta teman-teman accounting pihak hotel “X” yang telah banyak memberikan support.

5. Teman penulis Indriana dan Ruth yang memberikan masukan serta semangat dalam penyusunan skripsi ini, dan juga teman-teman yang lainnya yang tidak dapat disebutkan satu-persatu.

(7)

6. Pihak-pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan, disebabkan keterbatasan-keterbatasan serta kendala-kendala yang dihadapi penulis saat menyusun skripsi ini. Oleh karena itu, kritik maupun saran yang membangun sangat diharapkan demi perbaikan skripsi ini. Akhir kata, penulis ucapkan terimakasih.

Surabaya, 20 Februari 2014

Penulis

(8)

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN ... ii

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH ... iii

HALAMAN PENGESAHAN ... iv

KATA PENGANTAR ... v

DAFTAR ISI ... vii

DAFTAR TABEL ... ix DAFTAR GAMBAR ... x DAFTAR LAMPIRAN ... xi ABSTRAK ... xii ABSTRACT ... xiii BAB 1. PENDAHULUAN ... 1

1.1. Latar Belakang Masalah ... 1

1.2. Pokok Bahasan ... 5

1.3. Ruang Lingkup ... 5

1.4. Manfaat Magang... 5

1.5. Sistematika Penulisan ... 6

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA ... 8

2.1. Landasan Teori ... 8

2.2. Rerangka Berpikir ……… 25

BAB 3. METODE PENELITIAN ... 26

3.1. Desain Penelitian ... 26

(9)

3.3. Alat dan Metode Pengumpulan Data... 27

3.4. Objek Magang... 27

3.5. Prosedur Analisis Data... 28

BAB 4. ANALISIS DAN PEMBAHASAN ... 29

4.1. Gambaran Umum Objek Magang... 29

4.2. Deskripsi Data ... 32

4.3. Analisis Data dan Pembahasan... 58

BAB 5. SIMPULAN, KETERBATASAN DAN SARAN 71 5.1. Kesimpulan ... 72

5.2. Keterbatasan ... 73

5.3. Saran ……… 73

DAFTAR PUSTAKA ………. 75 LAMPIRAN

(10)

DAFTAR TABEL

Halaman Tabel 2.1. Aktivitas Pengendalian Internal………...22

(11)

DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar 2.2. Rerangka Berpikir…... 25

Gambar 4.1. Struktur Organisasi... 33

Gambar 4.2. Flowchart Prosedur Pembelian Barang... 43

Gambar 4.3. Flowchart Prosedur Penerimaan Barang... 46

Gambar 4.4. Flowchart Prosedur Pembayaran Hutang... 50

Gambar 4.5. Dokumen Purchase Requisition... 51

Gambar 4.6. Dokumen Purchase Order... 52

Gambar 4.7. Dokumen Receiving Record... 53

Gambar 4.8. Dokumen Receipt Slip... 54

Gambar 4.9. Dokumen Summary Receipt Slip... 55

Gambar 4.10.Dokumen Cover... 56

Gambar 4.11.Dokumen Summary Pembayaran... 57

Gambar 4.12.Usulan Perbaikan Flowchart Prosedur Pembelian Barang... 61

Gambar 4.13. Usulan Perbaikan Flowchart Prosedur Pembelian Barang-Khusus Dapur... 62

Gambar 4.14.Usulan Perbaikan Flowchart Prosedur Penerimaan Barang... 64

(12)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Standar Operasional Prosedur Pembelian Barang Lampiran 2. Standar Operasional Prosedur Penerimaan Barang Lampiran 3. Standar Operasional Prosedur Pembayaran Hutang Lampiran 4. Daftar Pertanyaan

(13)

ABSTRAK

Studi praktik kerja ini dilakukan pada sebuah hotel bintang empat di Surabaya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan pengendalian internal yang ada pada hotel “X”. Hotel “X” telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) baku atas prosedur pembelian dan penerimaan barang, akan tetapi belum memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) atas prosedur pembayaran hutang. Studi praktik kerja ini bertujuan untuk mengevaluasi serta memperbaiki standar operasional prosedur pada prosedur pembelian barang dan penerimaan barang serta merancang standar operasional prosedur pada pembayaran hutang.

Penelitian ini berisi perancangan sistem yang dimulai dari menganalisis, melakukan evaluasi dan adanya saran-saran perbaikan terhadap siklus pembelian hotel. Sumber data yang diperoleh pemagang adalah berasal dari internal hotel, yaitu struktur organisasi,

job description, sistem dan prosedur pembelian, serta flowchart.

Data-data tersebut diperoleh dengan cara melakukan observasi langsung pada pihak hotel, wawancara dengan pihak-pihak terkait, dan dokumentansi. Hasil dari penelitian ini adalah perbaikan dan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) atas siklus pembelian pada hotel “X” dan diharapkan dapat menjadi pedoman kerja bagi para karyawan serta meningkatkan pengendalian internal. Kata Kunci: Standar Operasional Prosedur (SOP), prosedur

(14)

ABSTRACT

This working practice is done in a four star hotel in Surabaya . There are some improvement needed to increase the internal control which exists in hotel " X " . Hotel " X " has a basic Standard Operating Procedure ( SOP ) for the procedure of purchasing and receiving , but doesn’t have Standard Operating Procedure ( SOP ) for debt payment procedures . This research is to evaluate and improve Standard Operating Procedures of purchasing and receiving and to plan SOP for the debt payment.

This reports contains the system planning which starts from analyzing, evaluating, and giving advice to the improvement of the hotel’s purchasing cycle . The data source is from the internal of the hotel , which are organizational chart , job description , purchasing system and procedure , and flowchart . Those data are from direct observation on to the hotel staffs , interview with the related staffs, and documentation. The result of this observation is the improvement of Standard Operating Procedures ( SOP ) of the purchasing and receiving and the planning of SOP of the payment of debt and credit which aims to be the working instruction for the employees and to improve the internal control in hotel “X”.

Keywords : Standard Operating Procedure ( SOP ) , purchasing procedure , internal control

Referensi

Dokumen terkait

Dampak cerai gugat terhadap pihak yang berperkara adalah berimplikasi kepada istri karena akan mendapat predikat dengan status sebagai janda dan juga akan mengalami

Dalam kenyataan hukum disatu sisi pengertian sifat melawan hukum pada Penjelasan Pasal 2 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan

328 EKAIA, 34 (2018) Behin kasu guztien modelizazioa eta simulazio-prozesua egin eta gero, Ten- peratura Operatiboaren [°C] eta Hezetasun Erlatiboaren [%] balioak jaso dira,

Berdasarkan tabel 1.1 ikhtisar laporan keuangan di atas dapat dilihat total aset yang dimiliki oleh PT Aneka Gas dan Indutsri Tbk dari tahun 2013 sampai tahun

P SURABAYA 03-05-1977 III/b DOKTER SPESIALIS JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH RSUD Dr.. DEDI SUSILA, Sp.An.KMN L SURABAYA 20-03-1977 III/b ANESTESIOLOGI DAN

Pemberian layanan informasi yaitu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan salah satunya menginformasikan tentang perguruan tinggi, pekerjaan, bahkan dalam

Stewart dan Co dalam, Juniah (2007:10) menyimpulkan secara sederhana dari formula tersebut bahwa EVA adalah keuntungan operasi bersih dikurangi dengan beban sesungguhnya

Tiada penghantaran dan / atau penghantaran yang tidak lengkap bagi Barangan dan caj penghantaran, yang dibeli di Internet: Barang yang tidak dihantar diinsuranskan jika Barangan