L E N T E R A D U M A I, Volume 13, Nomor 1, Januari 2022 eissn : pissn :

Download (0)

Full text

(1)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 1

APLIKASI JUZ AMMA UNTUK ANAK– ANAK BERBASIS ANDROID

Arie Linarta1,Masrizal2,Muhammad Rizki Andika3

1Jurusan Sistem Informsi, STMIK Dumai

2Jurusan Sistem Informsi, STMIK Dumai

3Jurusan Sistem Informsi, STMIK Dumai

1,2,3 Jl. Utama Karya Bukit Batrem Dumai Kode Pos 28811

e-mail :

linarta@gmail.com1, masrizal100620@gmail.com2mriskiandikha@gmail.com3

ABSTRAK

Juz amma adalah kumpulan surat-surat pada juz ke-30 kitab suci Al-Qur’an yang di dalamnya terdiri dari 37 surat dimulai dengan surat An-Naba’ dan diakhiri dengan surat An-Naas. Ciri bacaan pada juz amma adalah jumlah ayat yang relatif sedikit sehingga biasa digunakan sebagai hafalan bacaan shalat setelah membaca surat Al-Fatihah. Maka dari itu, menghafal juz amma perlu ditanamkan sejak kecil agar nantinya anak mempunyai dasar dalam ibadahnya dan hapalan surah yang banyak. Salah satunya adalah dengan suatu media pembelajaran digital sebagai alat bantu dalam menghafal juz amma.

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan menciptakan aplikasi media pembelajaran juz amma untuk anak dengan metode mengulang materi yang dibaca dan. Pembuatan aplikasi ini menggunakan perangkat lunak utama Android Studio 4.1.1, dan perangkat lunak pendukung Adobe Photoshop 21.2.

Kata Kunci: Aplikasi, Juz Amma, Android.

1. PENDAHULUAN

Bagian pendahuluan terdiri dari Latar belakang masalah, tujuan, tinjauan pustaka yang komprehensif dan teori.

Naskah maksimum 12 halaman sudah termasuk gambar dan tabel pada kertas A4 (210 x 297 mm). Font menggunakan times new roman 10 pt. Semua teks harus diketik dalam format 2 kolom. Teks harus rata kiri kanan (justify).

Semua kata yang berbahasa asing harus diketik miring (italic).

Bagian Studi Pustaka merupakan bagian optional jika teori dasar penelitian relevan bisa Perkembangan teknologi informasi yang semakin modern sangat memanjakan para penikmat informasi. Hal ini membuat manusia bagaikan tak terpisah oleh jarak ruang dan waktu. Dengan perkembangan teknologi yang kian maju, manusia dapat membuat berbagai macam peralatan sebagai alat bantu dalam menjalankan berbagai aktivitas untuk mendukung produktifitas. Dengan segala aktivitas yang kian padat menjadikan sebagian orang memiliki

tingkat kesibukan yang tinggi. Terkadang hal yang tidak menjadi prioritas namun suatu keharusan bagi seorang muslim terlalaikan. Salah satunya mempelajari dan membaca Al-Qur’an khususnya Juz Amma .

Smartphone mempunyai peranan penting dalam dunia informasi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, pemanfaatan perangkat smartphone sebagai pendamping dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari termasuk anak - anak yang menggunakan smartphone untuk bermain game dan menonton video kartun, dan juga kurangnya guru pengajian pada saat ini membuat beberapa anak kurang fasih atau bahkan tidak mengetahui surah - surah yang ada pada Al Quran. Kurang nya waktu orang tua yang disebabkan oleh pekerjaan mereka membuat kurangnya mengajari anak dalam mempelajari surah yang ada dalam Al Quran

Peran orang tua sangat penting dalam perkembangan teknologi yang sangat maju di zaman modren ini. Orang tua harus cermat dalam

(2)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 2

membimbing anak dalam penggunaan

smartphone. Karena fasilitas yang disediakan oleh smartphone bisa disebutkan tidak hanya menimbulkan dampak positif tetapi juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Menurut (Trilisiana dkk, 2016) Pembelajaran sejak dini bagi anak sangatlah penting untuk dilakukan. Anak sendiri memiliki hak untuk belajar dengan aman dan dalam lingkungan pendidikan yang dikemas melalui permainan, baik dengan teman sebaya dan orang dewasa. Menurut (Sukmono, 2015) Suatu media pembelajaran dibutuhkan dalam pelaksanaannya seperti suatu media teknologi digital. Peran dari teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran adalah menyediakan media dan alat untuk mempermudah dalam meningkatkan semangat belajar, apalagi dalam era globalisasi teknologi yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan (Wahadati, 2017)

Juz‘Amma yang merupakan juz ke 30 atau juz terakhir dari kitab suci Al Quran, merupakan bagian yang paling sering didengar dan paling sering dibaca. Kebanyakan para imam di masjid- masjid lebih sering membaca surat-surat pendek yang terdapat di dalam juz‘Amma, dari pada membaca surat-surat di dalam juz-juz lainnya.

Dengan demikian surat-surat tersebut terasa begitu akrab dan tidak asing lagi. Bahkan banyak di antara kita yang hafal surat-surat tersebut di luar kepala.

2. LANDASAN TEORI a. Juz Amma

Menurut (Muhammad Chirzin, 2018) Juz 30 Al-Quran, biasa disebut juga Juz Amma, adalah Juz yang pada umumnya dipelajari oleh umat Islam sebelum mempelajari juz-juz yang lain. Juz terdiri dari 37 surat pendek pendek, bila dibandingkan dengan juz-juz yang lain. Karena suratnya yang pendek-pendek itu, bagian Juz Amma ini lebih banyak dihafalkan dan dibaca pada waktu shalat

b. Media Pembelajaran

Menurut Daryanto (2010) dalam bukunya (Mustofa Abi Hamid dkk, 2020) media pembelajaran adalah segala sesuatu baik manusia benda atau lingkungan sekitar yang dapat digunakan untuk menyampaikan atau menyalurkan pesan dalam pembelajaran sehingga dapat merangsang perhatian minat pikiran dan perasaan siswa pada kegiatan belajar untuk mencapai tujuan

c. Multimedia

Menurut Turban dkk (2002) dalam bukunya (Darma, Jarot S, Shenia Ananda, 2009) multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, di mana media tersebut dapat berupa audio (suara, musik), animasi ,video ,teks , grafik dan gambar.

d. Sistem

Menurut pendapat Agus Mulyanto (2009: 1) Secara Umum sistem dapat diartikan sebagai kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu sebagai satu kesatuan. (Amran, 2017).

e. Informasi

Menurut pendapat Jogiyanto, Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Dapat dikatakan bahwa data merupakan bahan mentah, sedangkan informasi adalah bahan jadi atau bahan yang telah siap digunakan, Jadi, sumber dari informasi adalah data (Andalia & Setiawan, 2015)

f. Sistem Informasi

Menurut pendapat (Jeperson Hutahean, 2014) Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung opersai, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan- laporan yang dibutuhkan.

g. Data

Data adalah bahasa, matematis, dan pengganti simbolik lainnya yang secara umum disepakati untuk menyatakan orang, objek, peristiwa, dan konsep. Singkatnya, data adalah fakta-fakta mentah, informasi adalah data yang ditempatkan ke dalam suatu konteks bermakna bagi penerimanya. (Mahdiana, 2011).

h. Aplikasi

Menurut pendapat Rachmad Hakim S, adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur Windows &, permainan (game), dan sebagainya. (Neyfa & Tamara, 2016).

i. Android

Menurut pendapat (Roni Habibi dkk, 2020) Android merupakan sistem operasi yang berbasis kernel Linux dan merupakan perangkat lunak Open Source yang dirancang oleh Google, biasa Android digunakan untuk perangkat layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Google sebagai pemilik dari Android tidak pernah memungut biaya bagi siapapun yang menggunakan sistem operasi Android Hal ini dikarenakan sistem

(3)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 3

operasi Android merupakan perangkat lunak

Open Source.

j. Android SDK (Software Development Kit) Android SDK adalah tools API (Application Programming Interface) yang diperlukan untuk memulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java. (Kusniyati & Pangondian Sitanggang, 2016).

k. Android Studio

Menurut Satria (2019), Android Studio adalah Lingkungan Pengembangan Terpadu Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA . Selain merupakan editor code IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan lebih banyak fitur. Gunanya untuk meningkatkan produktivitas kamu saat membuat aplikasi Android (Ramadani, 2015).

3. METODOLOGI PENELITIAN

Metode penelitian yang akan digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode pengembangan multimedia, dilakukan berdasarkan 6 tahap (Sutopo dalam Binanto, 2010) didalam jurnalnya(Sugiarto, 2018), yaitu concept, design, material collecting,assembly, testing dan distribution”.

a. Konsep (Concept)

Pada tahap ini untuk menentukan tujuan dan siapa saja yang akan menjadi sasaran dalam pembuatan aplikasi ini. Aplikasi ini ditujukan pada orang orang muslim.

b. Desain (Design)

Pada tahap ini peneliti menggunakan adobe photoshop cs3 untuk mengedit tampilan gambar dari satu layout ke layout lain. Layout disini bisa disebut sebagai halaman untuk menyimpan isi menu yang akan ditampilkan.

c. Pengumpulan Bahan (Material Collecting) Tahap ini merupakan pengumpulan sekaligus persiapan semua bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan aplikasi ini yaitu termasuk surah pendek, dan tulisan arab sesuai dengan kebutuhan. Untuk pengumpulan materi disini peneliti mengunduh secara gratis melalui internet termasuk gambar dalam bentuk format *.jpg dan surah tulisan arab.

d. Pembuatan (Assembly)

Pada tahap ini proses pembuatan aplikasi juz amma menggunakan android studio sebagai alat untuk penkodingan.

e. Pengujian (Testing)

Tahap testing yaitu dilakukan setelah tahap pembuatan dengan menjalankan aplikasi dan melihatnya apakah ada kesalahan (error) atau tidak.

f. Distribusi (Distributioning)

Pada tahap ini aplikasi atau program disimpan kedalam sebuah media penyimpanan berbasis cloud seperti google drive, pengguna dapat mendownload melalui link yang telah disediakan.

4. HASIL DAN PEMBAHASAN

Aplikasi Juz Amma Untuk Anak - Anak dapat dijalankan menggunakan smartphone berbasis android dengan versi android minimal 5.0 (Lolipop). Untuk langkah penggunaannya, user hanya perlu menginstal file .Apk yang bisa didapatkan dari link google drive yang telah di sediakan oleh penulis dan aplikasi siap untuk digunakan setelah diinstal. Berikut ini merupakan tampilan gambar dari aplikasi yang dijalankan di smartphone Xiaomi Redmi 6a dengan versi android 9 (Pie)

a. Tampilan Splash Screen

Splash screen adalah tampilan awal dari aplikasi pengenalan anggota tubuh manusia.

Adapun tampilan splash screen dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

Gambar 1. Tampilan splash screen

(4)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 4

b. Tampilan Menu Utama

Pada menu utama akan menampilkan menu surah, quis, petunjuk, tentang, dan menu keluar.

Adapun tampilannya seperti berikut:

Gambar 2. Tampilan Menu Utama

c. Tampilan Menu Mulai

Pada menu ini akan menampilkan menu untuk memilih surah. Adapun tampilan nya sebagai berikut:

Gambar 3. Tampilan Menu Mulai

d. Tampilan Menu Surah An Nas

Pada menu ini akan menampilkan surah An Nas. Adapun tampilan nya adalah sebagai berikut:

Gambar 4. Tampilan Menu Surah An Nas e. Tampilan Halaman Quis

Berikut ini merupakan tampilan halaman quis dengan pilihan objektif

Gambar 5. Tampilan Halaman Quis

(5)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 5

f. Tampilan Menu Hasil

Pada menu ini akan menampilkan hasil nilai dari pilihan objektif.

Gambar 6. Tampilan Menu Hasil g. Tampilan Halaman Menu Petunjuk

Pada tampilan ini akan menjelaskan petunjuk penggunaan dalam aplikasi Juz Amma Untuk Anak Anak

Gambar 7. Tampilan Halaman Menu Petunjuk

h. Tampilan Menu Tentang Aplikasi

Pada tampilan halaman ini akan menjelaskan tentang aplikasi secara singkat serta nama pembuatnya.

Gambar 8. Tampilan Tentang Aplikasi

5. KESIMPULAN

Sesuai dengan hasil pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Dengan adanya aplikasi ini dibuat untuk

digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan oleh orang tua untuk mengajari anak mereka tentang juz amma.

2. Dengan adanya aplikasi ini yang hadir di smartphone dapat mempermudah pembelajaran dan dapat diakses dimana pun dan kapan pun.

3. Aplikasi ini memberikan alternatif pembelajaran Juz Amma melalui media smartphone berbasis android.

6. REFERENSI

Amran, A. (2017). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Data Simpan Pinjam Pada Koperasi Serba Usaha Setia Mandiri Kota Lubuk Linggau. Jutim, 2(1), 1–12.

(6)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 6

Andalia, F., & Setiawan, E. B. (2015).

Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pencari Kerja Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Padang. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 4(2), 93–97.

https://doi.org/10.34010/komputa.v4i2.24 31

Darma, Jarot S, Shenia A. (2009). Buku Pintar Menguasai Multimedia. Jakarta: PT Trans Media.

Jeperson Hutahea. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Kusniyati, H., & Pangondian Sitanggang, N. S.

(2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 9–18.

https://doi.org/10.15408/jti.v9i1.5573.

Mahdiana, D. (2011). No TitleRini Asmara, S.Kom, M.Kom. Konsep Sistem

Informasi, 3, 1–14.

https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs /article/viewFile/6095/4116

Muhammad Chirzin. (2008). Indeks Juz Amma.

Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Mustofa Abi Hamid, Dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Neyfa, B. C., & Tamara, D. (2016). Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analisys & Design ( OOAD ) “ E - Canten ” Android -Based Application Design Using Object Oriented Analysis &

Design Method tempat makan pada umumnya , dimana Area k. Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 20(1), 83–

91.

Ramadani, K. R. (2015). APLIKASI

PEMBELAJARAN DOA HARIAN

UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID. 1–27.

Roni Habibi. (2020). Aplikasi Inventory Barang Menggunakan Qr Code. Bandung: Kreatif Industri Nusantara

Sugiarto, H. (2018). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), Vol.3 No.1(1), 26–31.

Wahadati, R. F. (2017). Aplikasi Penghafal Juz ‘ Amma Digital Menggunakan Construct 2.

http://eprints.ums.ac.id/55131/

Figure

Gambar 1. Tampilan splash screen

Gambar 1.

Tampilan splash screen p.3
Gambar 4. Tampilan Menu Surah An Nas  e.  Tampilan Halaman Quis

Gambar 4.

Tampilan Menu Surah An Nas e. Tampilan Halaman Quis p.4
Gambar 3. Tampilan Menu Mulai

Gambar 3.

Tampilan Menu Mulai p.4
Gambar 2. Tampilan Menu Utama

Gambar 2.

Tampilan Menu Utama p.4
Gambar 7. Tampilan Halaman Menu Petunjuk

Gambar 7.

Tampilan Halaman Menu Petunjuk p.5
Gambar 6. Tampilan Menu Hasil  g.  Tampilan Halaman Menu Petunjuk

Gambar 6.

Tampilan Menu Hasil g. Tampilan Halaman Menu Petunjuk p.5
Gambar 8. Tampilan Tentang Aplikasi

Gambar 8.

Tampilan Tentang Aplikasi p.5

References

Related subjects :

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in