soal ksm propinsi 2013 ma fisika

Teks penuh

(1)

BIDANG STUDI : FISIKA

MADRASAH ALIYAH

SELEKSI TINGKAT PROVINSI

KOMPETISI SAINS MADRASAH NASIONAL

(2)

N

1. Silakan berdoa sebelum mengerjakan soal, semua alat komunikasi dimatikan. 2. Tuliskan identitas Anda (Nama, Asal Sekolah dan Kabupaten/Kota Sekolah)

secara lengkap pada setiap halaman dalam berkas soal dan lembar jawaban Anda.

3. Tes ini terdiri dari 15 soal pilihan ganda,4 soal isian singkat, dan 1 soal uraian. 4. Waktu yang diberikan 90 menit.

5. Anda dilarang membawa dan menggunakan alat elektronik apapun selama ujian berlangsung.

6. Anda hanya diperkenankan menggunakan alat tulis beserta kertas yang telah disediakan.

7. Anda tidak diperkenankan berdiskusi dengan siapapun selama ujian berlangsung.

8. Beri tanda silang pada huruf yang Anda pilih sebagai jawaban yang Anda anggap paling benar pada Lembar Jawaban yang telah disediakan.

9. Apabila Anda ingin mengubah jawaban Anda, lingkarilah huruf yang Anda jawab sebelumnya, lalu beri tanda silang pada huruf yang Anda pilih sebagai jawaban yang Anda anggap paling benar.

10.Pada soal pilihan ganda anda akan mendapatkan 4 Poin untuk setiap jawaban yang benar, -1 poin untuk setiap jawaban yang salah, dan 0 poin untuk pertanyaan yang tidak terjawab.

11.Berkas soal dikembalikan ke panitia.

12.Apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau perlu ditanyakan, silakan langsung bertanya kepada pengawas ujian.

Petunjuk Khusus

Daftar konstanta yang mungkin dapat dipergunakan

(3)

N

A. PILIHAN GANDA

Untuk soal nomor 1,2 dan 3 dijawab berdasarkan Gambar dibawah ini

Sebuah benda bergerak sepanjang sumbu x. Grafik di atas menunjukan posisi benda bergerak dari titik mula-mula sebagai fungsi dari waktu t. Beberapa segmen(bagian) dari grafik tersebut kita sebut sebagai A, B, C, dan D.

1 Pada bagian (interval) mana benda bergerak pada arah x negatif A. Selama interval B saja

(4)

N sama. Besar perubahan momentum yang dimiliki bola pada komponen sumbu

x dan sumbu y adalah

6 Sebuah ayunan yang massa bandulnya dinaikan pada ketinggian dan kemudian dilepaskan. Pada bagian terendah dari lintasannya, bandul

membentur suatu massa yang mula-mula diam diatas permukaan mendatar licin. Apabila setelah bertumbukan kedua benda saling menempel, maka ketinggian yang akan dicapai keduanya adalah:

(5)

N

dengan konstanta pegas 200 N/m. Kemudian system tersebut berosilasi harmonis. Jika diketahui simpangan maksimumnya adalah 3 cm, maka kecepatan maksimum balok adalah:

A. 0,1 m/s seperti pada gambar. Berapa jarak horizontal dihitung dari ujung talang ketika benda sampai di tanah.

3 m

9 Misalkan sebuah partikel titik bergerak dalam bidang x–y dengan posisi awal (1,2) m pada t=0 s. Kemudian setelah dua detik posisinya berubah menjadi (3,4) m dan kemudian berhenti di (–3,6) m setelah bergerak selama sepuluh detik. Kecepatan rata-rata partikel tersebut hingga ia berhenti adalah:

(6)

N Gaya konservatif yang bekerja pada benda tersebut memiliki arah sejajar sumbu x. Urutkan nilai perubahan energi potensial terkait bentuk grafik gaya sebagai fungsi dari x pada ke-3 grafik di bawah ini.

Urutkan dari nilai terkecil (paling negatif) sampai ke nilai terbesar (atau paling positif).

11 Tinjaulah sebuah balok bermassa 5 kg bergerak pada lantai licin yang lintasannya dapat digambarkan dengan fungsi x t

( )

=2t+5t2 m . Gaya yang

bekerja pada balok tersebut adalah: A. 10 N kanan. Urutkanlah tegangan kawat dari yang besar ke yang kecil:

(7)

N semula diam bergerak, berapa kecepatan peti tersebut setelah bergerak sejauh 2 m?

14 Gambar di bawah adalah tampak atas dari empat situasi dimana gaya bekerja pada suatu benda yang terletak di atas lantai licin . Bila besarnya gaya-gaya dipilih secara tepat, pada situasi manakah yang memungkinkan balok tersebut diam?

15 Jika kerapatan air adalah 1,0 g/cm3. Maka kerapatan oli yang terdapat di kolom sebelah kiri pada tabung U seperti pada gambar di bawah ini adalah?

(8)

N

1. Sebuah benda bermassa 2 kg sedang bergerak dalam arah garis lurus. Gambar di samping menunjukkan grafik resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut sebagai fungsi dari waktu. Bila kecepatan awal benda adalah 5 m/s, hitung kecepatan benda setelah 20 detik.

Kecepatan akhir(5 point) : ……… Satuan (2 point) : …………...

2. Sebuah gaya sebesar 10 N yang membentuk sudut 30 terhadap dinding (lihatgambar) menekan buku 1,5 kg pada dinding vertikal. Buku awalnya dalam keadaan diam. Jika koefisien gesekan buku dengan dinding μk =

0,6 dan μs = 0,8, tentukan besar dan arah percepatan

buku.

Besar percepatan dan satuan (5 point) :

……….

arah (2 point) :

……….

3. Sebuah benda yang bermassa5 kg berada di atas bidang datar licin, ditarik dengan gaya 50 N berarah

membentuk sudut 37° terhadap arah mendatar, tentukan besar dan arah percepatan benda tersebut. (tan 37° = ¾) Besar percepatan dan satuan (5 point) :

………..

arah (2 point) :

………

(9)

N

Sebuah batu memiliki berat 1400 N di udara, ketika ditimbang di dalam air (kerapatan dari air 1000 kg/m3) memiliki berat 900 N. Berapakah volume dari batu tersebut?:

Figur

gambar di samping ini.  Rangkaian balok tersebut ditarik dengan gaya F ke kanan. Urutkanlah tegangan kawat dari yang besar ke yang kecil:

gambar di

samping ini. Rangkaian balok tersebut ditarik dengan gaya F ke kanan. Urutkanlah tegangan kawat dari yang besar ke yang kecil: p.6

Referensi

Memperbarui...