Website E-Voting Organisasi Kemahasiswaan pada Universitas Padjajaran Menggunakan Java Enterprise.

27 

Teks penuh

(1)

vi Universitas Kristen Maranatha

ABSTRAK

E-voting merupakan perangkat elektronika yang digunakan untuk pemungutan suara bagi suatu kelompok atau organisasi untuk menghasilkan suatu keputusan, tidak terkecuali oleh organisasi kemahasiswaan pada Universitas Padjadjaran. Proses voting sendiri membutuhkan prosedur pelaksanaan yang dapat menjamin kerahasiaan dan keabsahan dari hasil pelaksanaan voting tersebut. Namun pada kenyataannya banyak dari mahasiswa yang tidak berpartisipasi dalam mensukseskan jalannya pemilihan karena masih dilakukan secara manual, yang dinilai tidak akurat dan menyita banyak waktu. Sistem berbasis web dengan menggunakan framework JSF, EJB dan JPA ini dibangun untuk mengatasi permasalahan yang telah dijelaskan tersebut, yaitu dengan menyediakan pemilihan ketua seluruh organisasi kemahasiswaan, dimulai dari proses pengiriman akun melalu e-mail yang nantinya digunakan sebagai kunci untuk masuk ke dalam sistem, proses pemilihan calon ketua organisasi kemahasiswaan, proses penghitungan jumlah suara secara cepat dan akurat, hingga hasil akhir pemilihan yaitu pengumuman pemenang. History pemilihan dapat dilihat, yaitu berupa data statistik jumlah mahasiswa yang melakukan pemilihan dan jumlah mahasiswa yang tidak melakukan pemilihan (abstain). Website ini juga menyediakan fitur forum mahasiswa sebagai sarana diskusi dan komunikasi antar mahasiswa yang telah dibagi menjadi 3 kategori sesuai dengan hak akses komentar mahasiswa yang telah diberikan.

(2)

vii Universitas Kristen Maranatha

ABSTRACT

E-voting is an electronic device used as voting means for a group or an organization to produce a decision, including students’ organization in Padjadjaran University. Voting process itself requires the implementation of procedures to ensure the confidentiality and validity of the results of the implementation of the voting. But in the fact many of the students did not participate to succeed of the course of the election because it was still done manually which was judged inaccurate and wasted much time. Web-based system using JSF, EJB and JPA framework was built to address the issues that have been described, namely by providing the chairman election all students’ organizations, starting from delivering process which will be through e-mail that later on used as the key to enter the system, the election process of students’ organization chairman candidates, the process of counting the number of votes quickly and accurately, until the final result which is the announcement of the winner. History elections can be seen in statistic data form of the number of students who vote and

the ones who don’t vote (abstain). This website also provides a student forum as a means of discussion and communication among the students which had been divided into 3 categories according to the students’ comments permissions which have been granted.

(3)

viii Universitas Kristen Maranatha

(4)
(5)
(6)

xi Universitas Kristen Maranatha

(7)
(8)
(9)
(10)
(11)
(12)
(13)
(14)
(15)

xx Universitas Kristen Maranatha

(16)
(17)
(18)

xxiii Universitas Kristen Maranatha

(19)

xxiv Universitas Kristen Maranatha

(20)

1 Universitas Kristen Maranatha

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Voting telah menjadi salah satu metode untuk mengambil keputusan

penting dalam kehidupan manusia. Voting digunakan untuk menghimpun aspirasi dari seluruh elemen masyarakat, dan kemudian menemukan jalan keluar yang dianggap paling baik untuk menyelesaikan permasalahan. Oleh karena itu, voting membutuhkan prosedur pelaksanaan yang dapat menjamin kerahasiaan dan keabsahan dari hasil pelaksanaan voting tersebut. Voting digunakan mulai dari tingkat masyarakat terkecil, yaitu keluarga, sampai dengan sebuah negara, tidak terkecuali oleh berbagai macam organisasi kemahasiswaan.

Pada Universitas Padjadjaran terdapat banyak organisasi kemahasiswaan, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa (HIMA), dll. Organisasi kemahasiswaan tersebut memiliki kegiatan-kegiatan yang sudah teragendakan pada program kerja masing-masing organisasi.

Perombakan struktur organisasi yang diadakan oleh setiap organisasi kemahasiswaan pada Universitas Padjadjaran yang dilakukan setiap periodenya (1 Tahun) sangatlah memerlukan partisipasi dari mahasiswa lainnya, namun pada kenyataannya banyak dari mahasiswa yang tidak antusias dalam mensukseskan jalannya pemilihan yang masih dilakukan secara manual, yaitu dengan menghadiri acara tersebut kemudian mencoblos gambar calon ketua setiap organisasi sesuai dengan aspirasinya, hingga menghadiri acara penghitungan suara yang dinilai memakan benyak waktu dan dipertanyakan keakuratannya.

Berdasarkan uraian tersebut, maka dalam penulisan laporan tugas akhir ini

penulis memberi judul : “Website E-Voting Organisasi Kemahasiswaan Pada

(21)

2

Universitas Kristen Maranatha

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka permasalahan pokok yang akan dibahas dalam tugas akhir ini adalah :

1. Bagaimana sebuah website dibangun dengan menggunakan Java Enterprise. 2. Bagaimana melakukan proses pemilihan dengan berbagai macam pilihan

voting organisasi kemahasiswaan.

3. Bagaimana melakukan proses penghitungan jumlah suara pada setiap pemilihan organisasi kemahasiswaan.

4. Bagaimana menjaga kerahasiaan hak akses pemilih saat melakukan voting. 5. Bagaimana melakukan proses partisipasi dengan berdiskusi antar sesama

mahasiswa.

1.3 Tujuan

Berdasarkan uraian latar belakang masalah yang telah dipaparkan, tujuan pembuatan sistem ini adalah:

1. Untuk membangun sebuah website dengan menggunakan Java Enterprise. 2. Untuk melakukan proses pemilihan dengan berbagai macam pilihan voting

organisasi kemahasiswaan.

3. Untuk melakukan proses penghitungan jumlah suara pada setiap pemilihan organisasi kemahasiswaan.

4. Untuk menjaga kerahasiaan hak akses pemilih saat melakukan voting.

5. Untuk melakukan proses partisipasi dengan berdiskusi antar sesama mahasiswa.

1.4 Batasan Masalah

(22)

3

Universitas Kristen Maranatha 1. Website e-voting ini dirancang untuk seluruh organisasi kemahasiswaan

pada Universitas Padjajaran Bandung.

2. Pengerjaan website e-voting ini dilakukan menggunakan studi kasus pada D-III FMIPA UNPAD.

3. Data yang dipakai pada sistem ini adalah data mahasiswa yang aktif. 4. Output berupa data laporan, data hasil pemenang dari setiap organisasi

kemahasiswaan serta data history dari mahasiswa yang telah melakukan pemilihan maupun tidak melakukan pemilihan (abstain).

5. Calon ketua pada pemilihan yang ada pada website e-voting ini merupakan calon final dari proses seleksi calon ketua.

6. Calon ketua hanya boleh satu kali mencalonkan diri pada satu organisasi kemahasiswaan.

7. Sistem dirancang untuk melakukan pemilihan per-periode (1 tahun) dalam sekali tahap pemilihan.

8. Akun login hanya dapat dikirimkan secara otomatis pada e-mail setiap mahasiswa apabila koneksi terhubung pada internet.

9. Kategori artikel pada forum dibagi menjadi 3, yaitu kategori umum, kategori mahasiswa dan calon (mahasiswa bertanya, kandidat menjawab) serta kategori calon (debat antar kandidat).

1.5 Sistematika Penyajian

Garis besar penulisan laporan tugas akhir ini terdiri dari beberapa bab dan dibuat dengan sistematika sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab I menjelaskan latar belakang pembuatan aplikasi, identifikasi masalah yang ada, menentukan tujuan dari pembuatan aplikasi, batasan masalah yang diterapkan agar pembuatan aplikasi tidak meluas, dan garis besar sistematika penulisan laporan.

BAB II LANDASAN TEORI

(23)

4

Universitas Kristen Maranatha BAB III ANALISIS DAN DISAIN

Bab III menjelaskan mengenai rancangan awal dan analisis dalam pembuatan sistem informasi, yang berisi analisis sistem, perancangan sistem dan desain form yang akan ditampilkan.

BAB IV PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

Bab IV menjelaskan tentang hasil yang tercapai dari perancangan yang telah diuraikan pada bab III, mulai dari implementasi sampai dengan antar muka dan implementasi fitur-fitur perangkat lunak.

BAB V TESTING DAN EVALUASI SISTEM

Bab V menjelaskan mengenai rencana pengujian dan pelaksanaan pengujian website dengan menggunakan metode pengujian black-box.

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN

(24)

205 Universitas Kristen Maranatha

BAB VI

KESIMPULAN DAN SARAN

6.1 Kesimpulan

Berdasarkan analisis masalah pada perancangan sistem ini, dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :

1. Membangun website dengan menggunakan Java Enterprise framework JSF telah berhasil dilakukan, website disajikan dengan penampilan yang menarik dan dinamis.

2. Pemilihan dengan berbagai macam pilihan voting organisasi kemahasiswaan telah berhasil dilakukan dengan cara menyediakan hak suara dari setiap organisasi sesuai dengan hak mahasiswa untuk melakukan voting yang telah diimplementasikan ke dalam sistem.

3. Penghitungan jumlah suara pada setiap pemilihan organisasi kemahasiswaan telah berhasil dilakukan dengan cara sistem melakukan penghitungan jumlah suara pemilihan secara otomatis, dimana pada saat mahasiswa melakukan voting maka secara otomatis hak suara yang dimiliki akan diakumulasi dengan jumlah suara yang telah ada. Setelah waktu pemilihan selesai, maka sistem akan menghitung total keseluruhan jumlah suara dan akan menentukan pemenang dari setiap organisasi kemahasiswaan.

4. Menjaga kerahasiaan hak akses pemilih saat melakukan voting telah berhasil dilakukan dengan cara sistem dilengkapi dengan fasilitas login, dimana password akun login dari setiap mahasiswa di-generate dan dikirim ke e-mail secara otomatis, kemudian di-enkripsi agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak berhak.

(25)

206

Universitas Kristen Maranatha

6.2 Saran

(26)

207 Universitas Kristen Maranatha

DAFTAR PUSTAKA

A.S, R., & Shalahuddin, M. (2011). Modul Pembelajaran RPL (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

Ayuliana. (2009). Testing dan Implementasi. Blackbox Testing , 1.

Cagatay, C. (2013). Showcase. Retrieved March 20, 2013, from Primefaces : http://www.primefaces.org/showcase/ui/home.jsf

Centinkaya, & Cetinkaya. (2007). Verification and Validation Issues in Electronic Voting. The Electronic Journal of e-Government , 117-126.

Engineering Indonesia. (2013, March). Retrieved November 20, 2013, from

http://www.engineeringindonesia.org/showthread.php?tid=9

Febrianto, A. (2010). Aplikasi E-Voting Berbasis Client Server , 11-15.

Forum Online. (2011). Retrieved November 20, 2013, from rplsayuti.files.wordpress.com/2011/10/forum-online.pdf

Geary, D., & Horstmann, C. (2010). An Overview of the JSF Core Tags. Core JavaServer Faces Third Edition , 102-103.

Geary, D., & Horstmann, C. (2010). An Overview of the JSF HTML Tags. Core JavaServer Faces Third Edition , 105-106.

Goncalves, A. (2009). Enterprise Java Beans. Beginning Java EE 6 Platform with GlassFish 3 , 167-169.

Gritzalis, D. (2002). Secure Electronic Voting. Athens: Dept. of Informatics Athens University of Economics & Business and Data Protection Commission of Greece.

Hermawan, C. W. (2009). ShortCourse: PHP Programming. Yogyakarta: Andi. Imbar, R. V., & Suteja, B. R. (2006). Pemrograman Web-Commerce dengan Oracle & ASP. Bandung: Informatika.

J.E.N.I. (2009). Java Server Faces. 1-2.

Jogiyanto. (2005). Analisis & Desain. Yogyakarta: Andi.

(27)

208

Universitas Kristen Maranatha Listyanto, R. (2008, March). Reporting With JasperReport And iReport (Java).

Retrieved March 2013, from

http://inferno-consulting.blogspot.com/2008/03/reporting-with-jasperreport-and-ireport.html Maryani. (2009, November). Retrieved November 20, 2013, from Pengertian Forum: http://maryadhias.blogspot.com/2009/11/pengertian-forum.html

NetBeans. (2013). Retrieved March 20, 2013, from NetBeans IDE Features : http://netbeans.org/features/index.html

Parno, S. (2012). Konsep Dasar Informasi , 7-8.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...