• Tidak ada hasil yang ditemukan

Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Program Penahanan Dan Interogasi Cia (Central Intelligence Agency) Terhadap Tahanan Teroris Menurut Hukum Internasional

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Program Penahanan Dan Interogasi Cia (Central Intelligence Agency) Terhadap Tahanan Teroris Menurut Hukum Internasional"

Copied!
11
0
0

Teks penuh

(1)

Universitas Sumatera Utara PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA DALAM PROGRAM PENAHANAN DAN INTEROGASI CIA (CENTRAL INTELLIGENCE

AGENCY) TERHADAP TAHANAN TERORIS MENURUT HUKUM INTERNASIONAL

SKRIPSI

Diajukan Dalam Rangka Memenuhi Dan Melengkapi Syarat-Syarat Untuk Mencapai Gelar Sarjana Hukum Di Fakultas Hukum Universitas

Sumatera Utara

Oleh :

ASHARI MAULANA REZA SIREGAR 110200342

Departemen Hukum Internasional

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

(2)

Universitas Sumatera Utara PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA DALAM PROGRAM PENAHANAN DAN INTEROGASI CIA (CENTRAL INTELLIGENCE

AGENCY) TERHADAP TAHANAN TERORIS MENURUT HUKUM INTERNASIONAL

SKRIPSI

Diajukan Dalam Rangka Memenuhi Dan Melengkapi Syarat-Syarat Untuk Mencapai Gelar Sarjana Hukum Di Fakultas Hukum Universitas

Sumatera Utara

Oleh :

ASHARI MAULANA REZA SIREGAR 110200342

Departemen Hukum Internasional Diketahui/Disetujui oleh:

Ketua Departemen Hukum Internasional

Dr. Chairul Bariah, SH., M.Hum. NIP. 195612101986012001

Dosen Pembimbing I Dosen Pembimbing II

(3)

Universitas Sumatera Utara ABSTRAKSI

Ashari Maulana Reza Siregar* Dr. Chairul Bariah S.H., M.Hum.**

Arif S.H., M.H.***

Hak Asasi Manusia menjadi salah satu hal penting dalam hukum internasional yang memuat seperangkat standar minimum dan aturan prosedural terkait hubungan antar manusia yang diaplikasikan dalam semua aspek kehidupan manusia. Namun, dari masa ke masa selalu saja terjadi pelanggaran Hak Asasi Manusia, baik pelanggaran ringan maupun berat, seperti terorisme yang telah menewaskan banyak nyawa. Ancaman terorisme membuat banyak pihak melancarkan berbagai upaya untuk memeranginya, seperti salah satunya yang dilakukan oleh Amerika Serikat melalui Central Intelligence Agency (CIA) dengan cara membuat program penahanan dan interogasi terhadap tahanan teroris. Namun, pelaksanaan program tersebut sarat dengan bentuk-bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia yang dilakukan terhadap para tahanan. Atas dasar pelanggaran-pelanggaran tersebut maka perlu suatu kajian akademis terhadapnya salah satunya melalui skripsi ini.

Adapun penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan menempatkan hukum-hukum yang berkaitan dengan substansi sebagai pusat kajian dan metode deskriptif yang dimaksudkan untuk memaparkan segala data yang berkaitan dengan substansi. Data yang dipakai dalam penulisan ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari bahan pustaka seperti instrumen hukum, buku, internet, dan lain sebagainya dimana data tersebut dikumpulkan melalui library research dari berbagai sumber.

Kesimpulannya, Hak Asasi Manusia penting menurut hukum internasional karena diakui secara universal yang dibuktikan dengan banyaknya instrumen Hak Asasi Manusia yang dihasilkan dan diratifikasi oleh banyak negara. Namun, instrumen-instrumen Hak Asasi Manusia tersebut tidak mampu menjamin tidak terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia, seperti pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi selama pelaksanaan program penahanan dan interogasi terhadap tahanan teroris, seperti penyiksaan dan perlakuan tidak manusiawi lainnya, dimana pelanggaran tersebut sangat jelas telah melanggar berbagai instrumen Hak Asasi Manusia sehingga mewajibkan adanya tanggung jawab dari para pihak yang terlibat.

Kata Kunci: Hak Asasi Manusia, Terorisme, CIA

*

Mahasiswa Fakultas Hukum USU 2011 **

Dosen Pembimbing I ***

(4)

Universitas Sumatera Utara KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim,

Segala puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT atas rahmat dan anugerah-Nya yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan penulisan skripsi dengan sebaik-baiknya, yang mana skripsi ini adalah salah satu syarat wajib untuk dapat lulus dari Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Tak lupa pula shalawat dan salam penulis sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu menjadi suri tauladan bagi seluruh umat manusia.

Dalam skripsi ini, penulis mengangkat judul tentang “PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA DALAM PROGRAM PENAHANAN DAN INTEROGASI CIA (CENTRAL INTELLIGENCE AGENCY) TERHADAP TAHANAN TERORIS MENURUT HUKUM INTERNASIONAL”. Judul

tersebut diangkat karena Hak Asasi Manusia adalah sebuah topik hangat yang patut untuk diperbincangkan dimana masalah terkait Hak Asasi Manusia selalu timbul dari waktu ke waktu sehingga butuh suatu kajian keilmuan terhadapnya.

Penulis sadar dalam penyelesaian skripsi ini banyak mengalami kesulitan dan hambatan sehingga tanpa bimbingan, dukungan, dan bantuan dari berbagai pihak tentu saja penulis tidak dapat menyelesaikan skripsi sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

(5)

Universitas Sumatera Utara 2. Bapak Prof. Dr. Budiman Ginting, S.H., M.Hum., selaku Pembantu Dekan I

Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

3. Bapak Syafruddin Hasibuan, S.H., M.H., DFM., selaku Pembantu Dekan II Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

4. Bapak Dr. O.K. Saidin, S.H., M.Hum., selaku Pembantu Dekan III Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

5. Ibu Dr. Chairul Bariah, S.H., M.Hum., selaku Ketua Departemen Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara yang sekaligus merupakan Dosen Pembimbing I yang atas kebaikan dan jasanya telah banyak membantu dalam proses penyelesaian skripsi dan memeberikan nasehat kepada penulis.

6. Bapak Arif S.H., M.H., selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan saran dan membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi serta atas semua ilmu yang telah diajarkan kepada penulis selama mengikuti masa perkuliahan di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

7. Bapak Dr. Jelly Leviza S.H., M.Hum., selaku Sekretaris Departemen Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara atas ilmu yang telah diberikan dan telah meluangkan waktunya untuk melakukan diskusi dengan penulis perihal judul skripsi.

(6)

Universitas Sumatera Utara 9. Dr. Madiasa Ablisar S.H., M.S., selaku dosen pembimbing akademik.

10. Seluruh dosen dan pegawai Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara atas semua ilmu dan bantuan selama penulis menjalani masa perkuliahan.

11. Paling utama terima kasih tak terhingga kepada orang tua penulis, Agus Syaiful Bahri Siregar dan Zurlina Abria, atas segala pengorbanan, kasih sayang, nasehat, doa, dan motivasi yang tak pernah putus kepada penulis selama ini, yang tidak akan mampu penulis balas seumur hidup. Semoga bapak dan mama diberikan kesehatan oleh Allah SWT sehingga dapat melihat anak-anaknya sukses. Amin ya rabbal alamin.

12. Kepada kakak penulis, Yunita Aguslina Siregar S.E., atas semua kebaikannya selama ini dan semoga selalu sukses dalam hidupnya serta adik-adik penulis, Andika Desriadi Siregar dan Octarina Aguslina Siregar, atas semua kebaikannya selama ini dan semoga kuliahnya lancar serta selalu sukses kedepannya. Kepada seluruh keluarga besar dan kerabat penulis atas semua doanya.

13. Kepada para sahabat penulis yang tergabung dalam “sosialita”, Aan Febriyanto, Arnold Halomoan Sihombing, Charlene Fortuna Tania, Hengky P. Simanjuntak, Jekson Pakpahan, Nurul Bashiroh Kwon, Rizki Novia Karolina, Sabrina Amanda Gultom, Samitha Andimas Putri, Yuristia Eka Erwanda, atas persahabatan yang penuh suka duka, keseruan, kegilaan, dan kehebohan selama masa perkuliahan. Terima kasih atas segalanya dan semoga kita semua sukses dan dapat bereuni lagi kelak.

(7)

Universitas Sumatera Utara Siahaan, Hadi Astra Darmana Simangungsong, Hendriawan, Jhonny T. Hutabarat, Kardopa Nababan, Pranto Situmorang, Rahmad Kharisman Nasution, sukses selalu dan semoga kita bereuni lagi. Kepada kawan-kawan grup H dan grup D stambuk 2011 Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

15. Kepada teman-teman dalam “kedan”, Fernandi Agustian, Randy Sanjaya, Rifqy Mukhlizar, Zulkamal Sembiring. Kepada teman-teman dalam Leting Terakhir Yapena atau LETRAPEN.

16. Kepada seluruh keluarga besar International Law Student Association (ILSA) 2011 atas kekompakan dan keceriaan yang penulis rasakan selama masa

perkuliahan, khususnya kepada para “Alumni Beijing” atas pengalaman luar

biasa yang kita rasakan bersama selama di Beijing.

17. Kepada rekan-rekan penulis lainnya yang tidak mampu penulis sebutkan satu per satu, baik di dalam maupun di luar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

Terakhir, penulis mengharapkan skripsi ini bermanfaat bagi semua orang, khususnya para pembaca. Selain itu, penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak luput dari kekurangan dan kesalahan sehingga penulis menerima setiap kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan skripsi ini.

Medan, 11 September 2015

(8)

Universitas Sumatera Utara DAFTAR ISI

ABSTRAKSI ...i

KATA PENGANTAR ...ii

DAFTAR ISI ...vi

DAFTAR ISTILAH ...viii

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang ...1

B. Rumusan Masalah ...4

C. Tujuan Penulisan ...5

D. Manfaat Penulisan ...5

E. Keaslian Penulisan ...6

F. Tinjauan Kepustakaan ...7

G. Metode Penulisan ...19

H. Sistematika Penulisan ...20

BAB II TINJAUAN TENTANG HAK ASASI MANUSIA MENURUT HUKUM INTERNASIONAL A. Sejarah Hak Asasi Manusia ...23

B. Instrumen Hukum Perlindungan Hak Asasi Manusia ...27

C. Pengaturan Terkait Hak Asasi Manusia Terhadap Tahanan ...38

(9)

Universitas Sumatera Utara B. Pengaruh Program Penahanan dan Interogasi CIA (Central Intelligence

Agency) Terhadap Isu Terorisme ...50

C. Pembentukan Komite Penyelidikan Atas Program Penahanan dan Interogasi CIA (Central Intelligence Agency) Terhadap Tahanan Teroris ...58 BAB IV PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA DALAM PROGRAM

PENAHANAN DAN INTEROGASI CIA (CENTRAL

INTELLIGENCE AGENCY) TERHADAP TAHANAN TERORIS A. Bentuk-Bentuk Pelanggaran Hak Asasi Manusia Menurut Hukum

Internasional ...63 B. Pelanggaran Hak Asasi Manusia Terhadap Tahanan Teroris CIA

(Central Intelligence Agency) ...68 C. Pandangan-Pandangan Terkait Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Terhadap Tahanan Teroris CIA (Central Intelligence Agency) ...77 BAB V PENUTUP

(10)

Universitas Sumatera Utara DAFTAR ISTILAH

AS : Amerika Serikat

ASEAN : Association of Southeast Asia Nations AUMF : Authorization for Use of Military Force CIA : Central Intelligence Agency

COMINT : Communication Intelligence CTC : Counter-Terrorism Centre DCI : Director of Central Intelligence ELINT : Electronik Intelligence

FBI : Federal Bureau Investigation HAM : Hak Asasi Manusia

HI : Hukum Internasional HUMINT : Human Intelligence

IGO : Intergovernmental Organizations IMINT : Imagery Intelligence

LBB : Liga Bangsa-Bangsa

(11)

Universitas Sumatera Utara PM : Perdana Menteri

RADINT : Radar Intelligence SIGINT : Signals Intelligence TECHINT : Technical Intelligence TELINT : Telemetry Intelligence UK : United Kingdom

UU : Undang-Undang

Referensi

Dokumen terkait

At the same time, Bank Indonesia shared that it may maintain the benchmark rate at 7.5%, this would trigger more selling activity as market will start to

Hasil uji t untuk sampel berpasangan H-0 dan H-14 sebagaimana tertera di Tabe l 2 , nilai p=0,300 (>0,05) sehingga dapat disimpulkan perbedaan yang tidak bermakna rata- rata

Hasil akhir dari analisis multivariat menunjuk- kan bahwa komponen motivasi yang paling berhubungan dengan kinerja perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan adalah

Ada pengaruh bermakna penyuluhan kesehat- an langsung dan melalui media massa dengan perawatan hipertensi pada usia dewasa di sebuah kelurahan di kota Depok dan

International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, Volume XL-5/W2, 2013 XXIV International CIPA Symposium, 2 – 6 September 2013,

Keluaran Jumlah Forum Dialog Ormas dan LNL 1 Kali Hasil Terselenggaranya Forum Dialog Ormas dan LNL 25%. Kelompok Sasaran Kegiatan : Aparatur

Untuk indikator yang pertama dapat diketahui bahwa dalam pelaksana- an Kebijakan Larangan Pembukaan Lahan Pertanian Dengan Cara dibakar yang menjadi ukuran dasar

Semakin banyak kapang yang tumbuh pada substrat maka kadar karbohidrat akan semakin menurun, karena kapang Rhizopus oryzae akan mengeluarkan