HOME CARE PADA PASIEN DIABETES MELITUS

Teks penuh

(1)

BAB I BAB I

PENDAHULUAN PENDAHULUAN

1.1

1.1 LatLatar Belaar Belakankangg Luka diabetes

Luka diabetes adalah suatu komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes dimana kadar  adalah suatu komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes dimana kadar  gula darah senantiasa tinggi sehingga merusak aliran darah dan juga syaraf-syaraf kurang gula darah senantiasa tinggi sehingga merusak aliran darah dan juga syaraf-syaraf kurang sensi

sensitifitifitasnytasnya a terhaterhadap dap nyeri saat terjadi luka seringknyeri saat terjadi luka seringkali luka baru ali luka baru disadadisadari oleh penderitari oleh penderita ketika luka sudah mengeluarkan cairan/nanah dan terjadi infeksi.

ketika luka sudah mengeluarkan cairan/nanah dan terjadi infeksi.

Luka diabetes juga mempunyai kriteria khusus diantaranya adalah luka sulit sembuh, Luka diabetes juga mempunyai kriteria khusus diantaranya adalah luka sulit sembuh, ser

seringingkalkali i lukluka a terterlihlihat at kerkering ing (hi(hitamtam/ku/kuninning) g) yang yang munmungkigkin n menmenuruurut t oraorang ng awam lukaawam luka sudah mulai sembuh padahal jauh dibawah kulit luka sudah dalam dan seringkali sudah sudah mulai sembuh padahal jauh dibawah kulit luka sudah dalam dan seringkali sudah terdapat goa (terowongan) dibawah kulit.

terdapat goa (terowongan) dibawah kulit.

Sebagai pengingat, gangren diabetes banyak terjadi di area bagian tubuh seputar kaki. Sebagai pengingat, gangren diabetes banyak terjadi di area bagian tubuh seputar kaki. leh sebab itu, kaki menjadi fokus utama untuk

leh sebab itu, kaki menjadi fokus utama untuk penyembuhan luka  penyembuhan luka gangren diabetesgangren diabetes. !ntuk . !ntuk  men

mengobagobati ti lukluka a gangangregren n diadiabetbeteses, , sebsebeluelumnymnya a harharus us dikdikenaenali li berberbagabagai i jenjenis is ganggangrenren diabetes supaya nantinya pengobatan dapat tepat target. "angren siabetes dibagi menjadi tiga diabetes supaya nantinya pengobatan dapat tepat target. "angren siabetes dibagi menjadi tiga  jenis,

 jenis, yaitu yaitu basah, basah, gas, gas, dan dan kering. kering. #etiga #etiga jenis gangren jenis gangren diabetes tersebut diabetes tersebut dibedakan dibedakan atasatas gej

gejala dan ala dan benbentuktuk luka luka gangregangrenn atau tipe luka  atau tipe luka pada pada penderipenderita gangrta gangren en diabetdiabetes. es. #ebers#ebersihanihan adalah

adalah hal hal utama utama yang yang harus harus diperhatikan diperhatikan dalam dalam melakukan melakukan prosesproses perawatan luka gangren perawatan luka gangren diabetes

diabetes..leh karena itu, penulis membuat makalah yang berjudul $ %ome &are 'ada 'asienleh karena itu, penulis membuat makalah yang berjudul $ %ome &are 'ada 'asien iabetes elitus* untuk lebih memahami cara perawatan luka diabetes.

iabetes elitus* untuk lebih memahami cara perawatan luka diabetes.

1.2

1.2 RumRumusan Masusan Masalahalah +.

+. papakah dekah definfinisi disi dari dari diabiabeteetes mels mellilitus tus  .

. agaimagaimanakah anakah klasiklasifikasfikasi jei jenis nis diabetdiabetes mes melliellitus tus  0.

0. agaimagaimankah ankah patofipatofisiolsiologi daogi dari ri diabetdiabetes mes mellitellitus us  1.

1. agaimagaimanakah "anakah "ambarambaran #lan #linik inik "ejal"ejala diaba diabetes etes mellmellitus itus  2.

2. agagaimaimanaanakah &kah &ara ara eraerawat wat LukLuka  a  

1.3

1.3 TTujuaujuann +.

+. !ntuk !ntuk mengetmengetahui ahui defindefinisi isi dari dari diabetdiabetes mes melliellitus.tus. .

(2)

1. !ntuk mengetahui gambaran klinik gejala diabetes mellitus. 2. !ntuk mengetahui cara merawat luka diabetes mellitus.

BAB II PEMBAHAAN 2.1 De!"n"s"

iabetes elitus adalah suatu kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin  baik absolut maupun relatif (3oer, 440)

iabetes mellitus adalah penyakit yang sering dijumpai sebagai akibat dari defisiensi insulin atau penurunan efekti5itas insulin (rooker, 44+).

2.2 #las"!"kas" $en"s D"a%etes

(3)

#ekerapan  6ipe + di negara barat 7 +48 dari  6ipe . i negara tropik jauh lebih sedikit lagi. "ambaran kliniknya biasanyatimbul pada masa kanak-kanak dan puncaknya pada masa akil balig. 6etapi ada juga yang timbul pada masa dewasa.

 b. iabates elitus 6ipe  ( 6ipe )

 6ipe  adalah jenis yang paling banyak ditemukan (lebih dari 948). 6imbul makin sering setelah umur 14 dengan catatan pada dekade ketujuh kekerapan diabetes mencapai 0 sampai 1 kali lebih tinggi daripada rata-rata orang dewasa.

c. iabetes elitus 6ipe Lain

da beberapa tipe diabetes yang lain seperti defek genetik fungsi sel beta, defek genetik  kerja insulin, penyakit eksokrin pankreas, endokrinopati, karena obat atau :at kimia, infeksi, sebab imunologi yang jarang dan sindroma genetik lain yang berkaitan dengan .

d. iabetes elitus "estasional

iabetes elitus "estasional adalah diabetes yang timbul selama kehamilan. ;enis ini sangat  penting diketahui karena dampaknya pada janin kurang baik bila tidak ditangani dengan benar.

(itra %ome &are.449)

2.3 Pat&!"s"&l&g"

alam proses metabolisme,insulin memegang peran yang sangat penting yaitu bertugas memasukkan glukosa ke dalam sel. <nsulin adalah suatu :at yang dikeluarkan oleh sel beta di 'ankreas.

+. 'ankreas

'ankreas adalah sebuah kelenjar yang letaknya di belakang lambung. i dalamnya terdapat kumpulan sel yang disebut pulau-pulau Langerhans yang berisi sel beta. Sel beta mngeluarkan hormon insulin untuk mengatur kadar glukosa darah. Selain sel beta ada

(4)

 juga srl alfa yang memproduksi glukagon yang bekerja sebaliknya dengan insulin yaitu meningkatkan kadar glukosa darah. ;uga ada sel delta yang mngeluarkan somastostatin.

. #erja <nsulin

<nsulin diibaratkan sebagai anak kunci untuk membuka pintu masuknya glukosa ke dalam sel, untuk kemudian di dalam sel, glukosa itu dimetabolismekan menjadi tenaga.

0. 'atofisiologi  6ipe +

<nsulin pada  6ipe + tidak ada karena pada jenis ini timbul reaksi otoimun yang disebabkan karena adanya peradangan pada sel beta insulitis. <ni menyebabkan timbulnya anti bodi terhadap sel beta yang disebut <& (<slet &ell ntibody). =eaksi antigen (sel  beta) dengan antibodi (<&) yang ditimbulkannya menyebabkan hancurnya sel beta.

1. 'atofisiologi  6ipe 

'ada  6ipe  jumlah insulin normal, malah mungkin lebih banyak tetapi reseptor insulin yang terdapat pada permukaan sel kurang. =eseptor inulin ini diibaratkan sebagai lubang kunci pintu masuk ke dalam sel. 'ada keadaan tadi jumlah lubang kuncinya yang kurang, hingga meskipun anak kuncinya (insulin) banyak, tetapi karena lubang kuncinya (reseptor) kurang, maka glukosa yang masuk sel akan sedikit, sehingga sel akan kekurangan glukosa dan glukosa di dalam darah akan meningkat. engan demikian keadaan ini sama dengan pada  6ipe +. 'erbedaanya adalah  6ipe  disamping kadar glukosa tinggi,juga kadar insulin tinggi atau normal. #eadaan ini disebut resistensi insulin. (itra %ome &are.449)

2.' (am%aran #l"n"k (ejala DM

enurut Smelt:er dan are (44+), penyebab dari diabetes melitus adalah>

a. iabetes elitus tergantung insulin (6<) +) ?aktor genetic

(5)

'enderita diabetes tidak mewarisi diabetes tipe < itu sendiri tetapi mewarisi suatu presdisposisi atau kecenderungan genetic kearah terjadinya diabetes tipe <. #ecenderungan genetic ini ditentukan pada indi5idu yang memililiki tipe antigen %L (Human Leucocyte Antigen) tertentu. %L merupakan kumpulan gen yang  bertanggung jawab atas antigen tranplantasi dan proses imun lainnya.

) ?aktor imunologi

'ada diabetes tipe < terdapat bukti adanya suatu respon autoimun. <ni merupakan respon abnormal dimana antibody terarah pada jaringan normal tubuh dengan cara bereaksi terhadap jaringan tersebut yang dianggapnya seolah-olah sebagai  jaringan asing.

0) ?aktor lingkungan

?aktor eksternal yang dapat memicu destruksi sel @ pancreas, sebagai contoh hasil penyelidikan menyatakan bahwa 5irus atau toksin tertentu dapat memicu proses autuimun yang dapat menimbulkan destuksi sel @ pankreas.

 b. iabetes dengan !lkus +) ?aktor endogen>

a) 3europati

6erjadi kerusakan saraf sensorik yang dimanifestasikan dengan penurunan sensori nyeri, panas, tak terasa, sehingga mudah terjadi trauma dan otonom/simpatis yang dimanifestasikan dengan peningkatan aliran darah,  produksi keringat tidak ada dan hilangnya tonus 5askuler.

 b) ngiopati

apat disebabkan oleh faktor genetic, metabolic dan faktor resiko lain. c) <skemia

dalah arterosklerosis (pengapuran dan penyempitan pembuluh darah)  pada pembuluh darah besar tungkai (makroangiopati) menyebabkan penurunan aliran darah ke tungkai, bila terdapat thrombus akan memperberat timbulnya gangrene yang luas. terosklerosis dapat disebabkan oleh faktor>

- danya hormone aterogenik 

- erokok 

- %iperlipidemia

anifestasi kaki diabetes iskemia> - #aki dingin

- 3yeri nocturnal

- 6idak terabanya denyut nadi

- danya pemucatan ekstrimitas inferior  - #ulit mengkilap

(6)

- %ilangnya rambut dari jari kaki - 'enebalan kuku

- "angrene kecil atau luas. ) ?aktor eksogen

a) 6rauma  b) <nfeksi

(itra %ome &are.449)

2.) *ara Mera+at Luka DM

. &ara perawatan pasien  di rumah

a. inum obat secara teratur sesuai program  b. iet yang tepat

c. lahraga yang teratur  d. #ontrol " teratur  e. 'encegahan komplikasi

. 6indakan yang bisa dilakukan bila kaki terluka>

a. ila luka kecil > bersihkan dengan antiseptik, tutup luka dengan kasa steril dan bila dalam waktu dua hari tidak sembuh segera periksa ke dokter 

 b. ila luka cukup besar / kaki mengalami kelainan segera pergi ke dokter.

&. 'erawatan kaki iabetik >

a. Saat mandi bersihkan dengan sabun, bila perlu gunakan batu apung / sikat halus  b. #eringkan dengan handuk terutama sela-sela jari

c. 'eriksa kaki kemungkinan adanya perubahan warna (pucat, kemerahan),bentuk  (pecah-pecah, lepuh, kalus, luka), Suhu (dingin, lebih panas)

d. ila kaki kering,o lesi dengan lotion

e. 'otong kuku / kikir tiap  hari, jangan terlalu pendek. ila kuku terlalu keras kaki direndam dahulu dalam air hangat ( 0A,2B& ) selama 2 menit.

(7)

g. 'akailah alas kaki, periksa alas kaki sebelum dipakai, mungkin ada sesuatu didalamnya. Lepas alas kaki setiap 1-C jam dan gerakkan pergelangan kaki dan jari- jari kaki agar sirkulasi darah lancar 

h. Lakukan senam kaki

i. ;angan biarkan luka sekcil apapun

. &ara emilih Sepatu yang baik bagi penderita  >

a. !kuran > ;angan terlalu sempit/ longgar kurang lebih D inchi lebih panjang dari kaki  b. entuk > !jung sepatu jangan runcing, tinggi tumit E  inchi

c. ahan sepatu terbuat dari bahan yang lembut d. <nsole terbuat dari bahan yang tidak licin

F. &ara menyembuhkan ganggren

!ntuk meng&%at" luka gangren ,"a%etes, sebelumnya harus dikenali berbagai  jenis gangren diabetes supaya nantinya pengobatan dapat tepat target. "angren siabetes

dibagi menjadi tiga jenis, yaitu basah, gas, dan kering. #etiga jenis gangren diabetes tersebut dibedakan atas gejala dan bentuk luka gangren atau tipe luka pada penderita gangren diabetes.

"angren dibetes basah adalah jenis yang sangat mungkin terjadi apabila terjadi kecelakaan atau kejadian yang menyebabkan trauma lainnya pada penderita diabetes. Luka sekecil apapun dapat menyebabkan sirkulasi darah pada tubuh terganggu, dan akhirnya  berakhir pada berhentinya sirkulasi darah ke bagian tertentu pada tubuh. 'enderita diabetes memiliki daya tahan tubuh yang sangat rendah, sehingga luka akibat kecelakaan dapat menyebabkan sirkulasi darah pada tubuh semakin tersumbat, terutama pada bagian betis ke  bawah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Luka tersebut menyebabkan kulit terkelupas sehingga memungkinkan untuk kuman dan bakteri masuk dan menyebabkan infeksi. Luka yang sudah terinfeksi semacam ini sangat berbahaya, sebab gangren diabetes basah dapat menyebar. perasi merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menghindari penyebaran gangren diabetes secara berkelanjutan.

(8)

tercemari oleh spora yang tentu saja mengandung bakteri jahat. Spora tersebut terbawa lewat udara yang sebelumnya berasal dari limbah kotoran atau feses hewan apapun. leh sebab itu, sangat dianjurkan bagi penderita diabetes untuk tetap berda di lingkungan yang sehat dan  jauh dari limbah kotoran untuk mencegah gangren diabetes gas terjadi.

erbeda dengan gangren basah dan gas, gangren diabetes kering terjadi ketika kulit menjadi keriput atau kisut dan berwarna seperti lebam (ungu kehitaman). %al ini terjadi karena bagian tubuh tersebut tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup yang biasanya dibawa melalui aliran darah. iasanya gangren diabetes kering terjadi di area kaki atau tangan. ;enis gangren yang satu ini telah terbukti dapat ditangani dengan cepat dan baik, sebab penyebaran gangren diabetes kering tidak secepat jenis gangren yang basah maupun gas. "angren diabetes kering juga tidak menimbulkan infeksi seperti dua jenis gangren diabetes sebelumnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gangren memiliki beberapa  jenis. Langkah awal -enanganan luka gangren ,"a%etes adalah mencari tahu jenis gangren apa yang tengah menjangkit bagian tubuh. #urangnya asupan nutrisi yang disebabkan oleh  penyumbatan sirkulasi darah menyebabkan adanya beberapa jaringan mati di seputar area yang terkenagangren ,"a%etes. ersihkan jaringan atau kulit mati tersebut dengan cara mengguntingnya dengan sangat hati-hati, jangan sampai timbul luka baru. Lakukan hal ini sampai muncul jaringan kulit yang baru. ;ika terdapat luka di bagian tubuh tersebut,  bersihkan dengan kain kasa steril dan cairan antiseptik, untuk mencegah agar infeksi tidak 

terjadi dan luka tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. 'astikan tangan yang digunakan untuk mengusapkan juga dalam keadaan yang bersih dan steril, agar bebas dari kuman atau  bakteri yang tidak terlihat kasat mata. !ntuk luka yang sekiranya berlubang atau terdapat di  bagian dalam, semprotkan cairan antiseptik untuk membunuh kuman yang bersarang di area

tersebut.

'roses untuk menghilangkan jaringan mati dan pembersihan kuman atau bakteri pada  bagian tubuh yang terjangkit gangren sebaiknya dilakukan rutin sebanyak dua kali setiap

harinya. Setelah dirasa cukup untuk melakukan proses tersebut, bagian yang terkena gangren tadi dianjurkan untuk ditutup rapat. dapun lapisan untuk menutup bagian yang terluka terdiri dari dua lapis. Lapisan yang pertama adalah menggunakan kasa steril yang telah dicelupkan ke dalam cairan antiseptik sehingga menjadi basah. 'erhatikan ukuran kasa yang hendak digunakan, pastikan menutupi semua permukaan yang terluka tadi. Setelah itu

(9)

gunakan kasa steril yang kering (tanpa dicelupkan ke cairan antiseptik) untuk melapisinya. alutkan sampai tidak menembus basahnya kasa steril lapisan pertama tadi. (%estiana,=ia . 4+0)

BAB III PENUTUP

3.1 "m-ulan

Ulkus Diabetik merupakan komplikasi kronik dari Diabetes Melllitus sebagai sebab utama morbiditas, mortalitas serta kecacatan penderita  Diabetes. #adar LL yang tinggi memainkan peranan penting untuk terjadinya Ulkus Uiabetik untuk terjadinya Ulkus  Diabetik melalui pembentukan plak atherosklerosis  pada dinding pembuluh darah. Seperti  beberapa penyakit lainnya, gangren diabetes juga dapat dihindari. Sebagai  pengingat, gangren diabetes banyak terjadi di area bagian tubuh seputar kaki. leh sebab itu, kaki menjadi fokus utama untuk  penyembuhan luka gangren diabetes. !ntuk meng&%at" luka gangren ,"a%etes, sebelumnya harus dikenali berbagai jenis gangren diabetes supaya nantinya pengobatan dapat tepat target. "angren siabetes dibagi menjadi tiga jenis, yaitu  basah, gas, dan kering. #etiga jenis gangren diabetes tersebut dibedakan atas gejala dan  bentuk luka gangren atau tipe luka pada penderita gangren diabetes. #ebersihan adalah hal

utama yang harus diperhatikan dalam melakukan proses-era+atan luka gangren ,"a%etes .

3.2 aran

a. #epada dosen pengajar 

gar bersedia memberikan bahan ajaran kepada kami, khususnya dalam materi %ome &are sehingga kami mampu menerapkan materi ini untuk kedepannya.

 b. #epada rekan-rekan sejawat

gar memberikan kritik dan saran yang membangun kepada kami, dan juga melakukan diskusi dengan kami, guna memecahkan masalah yang ditemukan selama proses seminar.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...