partisipasi penyusunan anggaran dan efektivitas pelaksanaan anggaran

Top PDF partisipasi penyusunan anggaran dan efektivitas pelaksanaan anggaran:

ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN, PENGALAMAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN (Pada Perusahaan Manufaktur di Kabupaten Sragen).

ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN, PENGALAMAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN (Pada Perusahaan Manufaktur di Kabupaten Sragen).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Lia Krisnawati P (2004: 3), pelaksanaan anggaran suatu perusahaan secara efektif dan efisien ditentukan oleh beberapa faktor yaitu: pendidikan manajer, pengalaman manajer, kejelasan sasaran anggaran, dan partisipasi penyusunan anggaran. Faktor-faktor tersebut adalah yang digunakan dalam penelitian ini karena keempat faktor tersebut mempunyai hubungan yang cukup dominan dengan efektivitas pelaksanaan anggaran.

8 Baca lebih lajut

PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP PELAKSANAAN ANGGARAN SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Tekstil di Eks Karesidenan Pekalongan).

PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP PELAKSANAAN ANGGARAN SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Tekstil di Eks Karesidenan Pekalongan).

Manajemen perusahaan harus melakukan pengendalian manajemen sesudah menyusun perencanaan anggaran. Menurut Suadi (2001:6) pengendalian manajemen adalah semua usaha untuk menjamin bahwa sumber daya perusahaan digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan. Efektivitas pelaksanaan anggaran yaitu tercapainya sasaran anggaran perusahaan baik secara kuantitatif maupun kualitatif sesuai dengan waktu, tena ga dan biaya yang serendah mungkin (menunjukan perbandingan antara keluaran (output) dengan masukan (input) (Suadi,2001:7)

8 Baca lebih lajut

Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran (1)

Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran (1)

Menurut Morisson (1994) motivasi sebagai kecendrungan seseorang melibatkan diri dalam kegiatan yang mengarah sasaran. Jika prilaku tersebut mengarah pada satu objek (sasarannya) maka dengan motivasi tersebut akan diperoleh pencapaian target atau sasaran yang sebesar-besarnya sehingga pelaksanaan tugas dapat dikerjakan dengan sebaik-baiknya, sehingga efektivitas kerja dapat dicapai. Teori cognitive dissonance yang dikemukakan oleh Festinger (1957 ) dalam Laberto (2001) menyatakan bahwa karyawan yang memiliki motivasi lebih tinggi (baik) akan memperbaiki kesalahan atau merasa khawatir, jika Kinerja mereka dibawah tingkat pengharapannya (rendah). Dengan demikian dengan adanya motivasi maka Manajer akan selalu bekerja lebih baik untuk mencapai hasil yang optimal, sesuai dengan tujuan yang direncanakan.Dari penjelasan di atas diajukan hipotesis:
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Pengaruh Proses Penyusunan Anggaran Dan Partisipasi Anggaran Terhadap Kualitas Pelaksanaan Anggaran Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah   (Studi Kasus: Kabupaten Serdang Bedagai)

Pengaruh Proses Penyusunan Anggaran Dan Partisipasi Anggaran Terhadap Kualitas Pelaksanaan Anggaran Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (Studi Kasus: Kabupaten Serdang Bedagai)

Kualitas anggaran adalah penilaian atas keoptimalan dari semua input yangdikorbankan dan mendapatkan hasil serta dampak yang bermanfaat yang telah dicapai oleh suatu organisasi. Kualitas anggaran berkaitan dengan pemenuhan nilai-nilai ekonomi (selalu meningkat jumlahnya), efisiensi (alokasi anggaran sesuai dengan hasil yang didapatkan) ,efektivitas (alokasi anggaran sesuai dengan tujuan yang direncanakan), equity atau keadilan (alokasi dan hasilnya sesuai dengan nilai keadilan), akuntabilitas, dan responsivitas (sesuai dengan aspirasi masyarakat). Terlebih lagi kualitas suatu anggaran dapat tercermin dari manfaat yang dihasilkan dan diberikan dari suatu kegiatan/program kepada masyarakat luas sebagai layanan publik. Untuk membuat suatu anggaran memiliki kualiatas yang baik dibutuhkan proses penyusunan anggaran yang tepat dan sesuai serta diharapkan pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyusunan anggarannya dapat secara bijak dalam merumuskan dan menetapkan suatu kegiatan/program yang tentunya berdasar pada aspirasi masyarakat.
Baca lebih lanjut

109 Baca lebih lajut

PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN   PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN PADA PERUSAHAAN PERCETAKAN DI YOGYAKARTA.

PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN PADA PERUSAHAAN PERCETAKAN DI YOGYAKARTA.

Anggaran dapat memotivasi manajer pusat pertanggung jawaban berperilaku positif untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi jika tujuan-tujuan tersebut merefleksi keselarasan tujuan-tujuan (goal congruence). Keselarasan tujuan terjadi jika tujuan individual para manajer selaras dengan tujuan organisasi secara menyeluruh. Oleh karena itu, proses penganggaran harus menggunakan pengganggaran partisipatif (partisipative budgeting) yaitu mengikutsertakan para manajer pusat pertanggungjawaban dalam penganggaran (partisipasi anggaran). Partisipasi penganggaran adalah luasnya pengaruh dan keterlibatan manajer bawahan dalam penyusunan anggaran.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah: budaya oranisasi dan komitmen organisasi sebagai variabel moderating (Survei pada BAPPEDA dan DPPKD Kabupaten Karanganyar).

PENDAHULUAN Pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah: budaya oranisasi dan komitmen organisasi sebagai variabel moderating (Survei pada BAPPEDA dan DPPKD Kabupaten Karanganyar).

Anggaran digunakan untuk mengendalikan biaya dan menentukan bidang-bidang masalah dalam organisasi tersebut dengan membandingkan hasil kinerja yang telah di anggarkan secara periodik. Agar anggaran itu tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan maka diperlukan kerjasama yang baik antara bawahan dan atasan, pegawai dan manajer dalam penyusunan anggaran.

9 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Sebagai Variabel Moderating (Survey di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM ) Se Karesidenan Surakarta).

PENDAHULUAN Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Sebagai Variabel Moderating (Survey di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM ) Se Karesidenan Surakarta).

Nor (2007) menerangkan bahwa partisipasi dalam penyusunan anggaran yang lebih tinggi dapat meningkatkan kinerja manajerial, namun hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan faktor kontijensi (disentralisasi dan gaya kepemimpinan, tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Hal ini mengidentifikasi bahwa kombinasi kesesuaian antara partisipasi dengan faktor kontijensi (desentralisasi dan gaya kepemimpinan) terhadap kinerja manajerial merupakan kesesuaian yang tepat.

7 Baca lebih lajut

MOTIVASI DAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Islam di Surakarta).

MOTIVASI DAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Islam di Surakarta).

Hubungan antara partisipasi dalam proses penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial dalam empat dasawarsa belakangan ini merupakan bidang penelitian yang banyak mengalami perdebatan, sehingga menarik minat para peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap hubungan tersebut (Argris, 1952; Milani, 1975; Kenis 1979; Brownell, 1981, 1982b; Brownell dan Mclnnes, 1986, dan Bibirnberg et all., 1990). Hasil yang diperoleh dari penelitian mereka menujukkan bahwa menunjukkan bahwa hubungan diantara keduanya tidak dapat disimpulkan secara konklusif.

8 Baca lebih lajut

Pengaruh  Ketepatan Skedul Penyusunan Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial SKPD Pada Pemerintah Kabupaten Sarolangun

Pengaruh Ketepatan Skedul Penyusunan Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial SKPD Pada Pemerintah Kabupaten Sarolangun

Dukungan SDM yang terlatih merupakan salah satu faktor menentukan keberhasilan penerapan performance budgeting. Aspek utama budgeting reform adalah perubahan dari traditional budgeting ke performance budgeting. Traditional budget didominasi oleh penyusunan anggaran yang bersifat line-item dan incremental, proses penyusunan anggaran hanya mendasarkan pada besarnya realisasi anggaran tahun sebelumnya. Performance budgeting pada dasarnya adalah sistem penyusunan dan pengelolaan anggaran daerah yang berorientasi pada pencapaian hasil kinerja. Kinerja tersebut harus mencerminkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik, yang berarti harus berorientasi pada kepentingan publik (Yuwono dkk, 2005: 64). Oleh karena itu, anggaran dianggap sebagai pencerminan program kerja (Bastian, 2006b: 53). Untuk memenuhi tujuan akuntabilitas dan keterbukaan dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, pos-pos anggaran harus dikelompokkan ke dalam kegiatan-kegiatan (sebagai cost object) dengan menetapkan berbagai standar biaya, pelayanan minimal dan kinerja (outcome, impact and benefit).
Baca lebih lanjut

107 Baca lebih lajut

PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN, EVALUASI ANGGARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA  Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Evaluasi Anggaran Dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Manajerial Di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN, EVALUASI ANGGARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Evaluasi Anggaran Dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Manajerial Di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

yang berada lebih kecil dari 0,05, dengan demikian membuktikan bahwa evaluasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial artinya semakin baik evaluasi anggaran yang dilakukan misalnya dengan menyesuaikan antara yang tercantum dalam ajuan dengan kondisi aktual atau kegiatan yang nyata dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya penyimpangan pemakaian anggaran, selain itu yang lebih penting adalah keterserapan anggaran dapat dilakukan dengan baik sehingga akan dapat terpenuhinya efektifitas dalam pelaksanaan anggaran, yang selanjutnya tujuan yang akan dapat dicapai.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN, EVALUASI ANGGARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA  Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Evaluasi Anggaran Dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Manajerial Di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN, EVALUASI ANGGARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Evaluasi Anggaran Dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Manajerial Di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasil analisis menunjukkan bahwa baik variabel partisipasi penyusunan anggaran dan evaluasi anggaran, masing-masing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, artinya semakin tinggi partisipasi penyusunan anggaran maupun evaluasi anggaran maka menyebabkan semakin tinggi pula kinerja manajerial yang dihasilkan. Akan tetapi dalam penelitian ini locus of control tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial.

13 Baca lebih lajut

HUBUNGAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL  Job Relevant Information Dan Kepuasan Kerja Dalam Hubungan Partisipasi Penyusunan Anggaran Dan Kinerja Manajerial.

HUBUNGAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL Job Relevant Information Dan Kepuasan Kerja Dalam Hubungan Partisipasi Penyusunan Anggaran Dan Kinerja Manajerial.

2. Bapak Drs. Fatchan Achyani, M.Si selaku Dosen Pembimbing yang telah menyediakan waktunya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis dalam penyusunan skripsi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan telah meluangkan waktum, tenaga, dan pikiran yang berharga untuk penulis dalam menyusun skripsi ini.

15 Baca lebih lajut

PENGARUH SISTEM ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP    HUBUNGAN    PARTISIPASI    ANGGARAN    DAN  Pengaruh Sistem Anggaran Dan Komitmen Organisasi Terhadap Hubungan Partisipasi Anggaran Dan Pelaksanaan Anggaran Yang Efektif Dan Efisien (Survey Pada

PENGARUH SISTEM ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP HUBUNGAN PARTISIPASI ANGGARAN DAN Pengaruh Sistem Anggaran Dan Komitmen Organisasi Terhadap Hubungan Partisipasi Anggaran Dan Pelaksanaan Anggaran Yang Efektif Dan Efisien (Survey Pada

melaksanakan kegiatan organisasi secara lebih efektif dan efisien (Schief dan Lewin, 1970; Welsch, Hilton dan Gordon, 1996). Sebagai alat perencanaan, anggaran merupakan rencana kegiatan yang terdiri dari sejumlah target yang akan dicapai oleh para manajer departemen suatu perusahaan dalam melaksanakan serangkaian kegiatan tertentu pada masa yang akan datang.

20 Baca lebih lajut

PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN DESENTRALISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL.

PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN DESENTRALISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL.

Desentralisasi adalah pemberian wewenang oleh manajer yang lebih tinggi kepada manajer yang lebih rendah untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan otorisasi secara eksplisit dari manajer pemberi wewenang pada waktu wewenang tersebut dilaksanakan. Dengan demikian bawahan atau manajer menengah yang diberikan pelimpahan wewenang atasan atau pimpinan dapat membantu top manajer didalam pengambilan keputusan,tugas dan tanggungjawab dengan harapan tujuan organisasi dapat tercapai. Seorang manajer yang diberikan pelimpahan wewenang dalam proses penyusunan anggaran akan memberikan pengaruh kinerja manajerial (Mulyadi dan setyawan, 2000) dalam (Soetrisno, 2010)
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

PENUTUP  PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN PADA PERUSAHAAN PERCETAKAN DI YOGYAKARTA.

PENUTUP PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN PADA PERUSAHAAN PERCETAKAN DI YOGYAKARTA.

Syam dan Djalil, 2006, Pengaruh Orientasi Profesional Terhadap Konflik Peran: Interaksi Antara Partisipasi Anggaran dan Penggunaan Anggaran Sebagai Alat Ukur Kinerja Dengan Orientasi Manajerial (Suatu Penelitian Empiris Pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam), Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang

17 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN PADA PERUSAHAAN PERCETAKAN DI YOGYAKARTA.

PENDAHULUAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN PADA PERUSAHAAN PERCETAKAN DI YOGYAKARTA.

Anggaran pada perusahaan manufaktur lebih banyak dibandingkan anggaran pada perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Penyusunan anggaran perusahaan dagang lebih sederhana dibandingkan dengan penyusunan anggaran perusahaan manufaktur, karena dalam perusahaan dagang tidak terdapat istilah bahan baku, tenaga kerja langsung overhead pabrik, produk jadi, dan produk dalam proses.

5 Baca lebih lajut

TAP.COM -   ANALISIS KOMITMEN TUJUAN DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN ...

TAP.COM - ANALISIS KOMITMEN TUJUAN DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN ...

Abstrak: Analisis Komitmen Tujuan dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial. Salah satu unsur penting yang dapat digunakan manajemen dalam perencanaan perusahaan adalah anggaran. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial pada perusahaan manufaktur di Jawa Timur dengan menggunakan Budget Goal Commitment sebagai variabel intervening. Pengiriman kuesioner dilakukan den- gan menggunakan metode mail survey dan langsung mendatangi perusahaan (responden), pengujian ini dilakukan kepada 91 manajer perusahaan manufak- tur di Jawa Timur. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penyusunan ang- garan secara partisipatif akan meningkatkan kinerja manajer. Tindakan par- tisipatif yang tinggi dapat meningkatkan kepercayaan bawahan, pengendalian dan keterlibatan diri dengan organisasi sehingga bawahan dapat menerima dan memiliki komitmen terhadap tujuan anggaran yang dirancang.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Keadilan Distributif Terhadap Kinerja Manajerial

Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Keadilan Distributif Terhadap Kinerja Manajerial

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 tentang organisasi dan tata kerja instansi vertikal Kementerian Agama, di setiap kantor kabupaten dan kota mempunyai struktur organisasi yang berbeda sesuai dengan tipologinya. Dengan adanya perbedaan tersebut maka isu yang diangkat dalam penelitian ini yaitu membahas keunikan kinerja manajerial, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut, dengan prioritas utama bahwa peran manajerial sangat penting partisipasinya dalam menyusun anggaran. Keunikan yang dibahas disini antara lain: (1) distribusi pekerjaan antar pejabat struktural, misalnya dengan adanya mutasi dan rotasi jabatan yang memungkinkan kinerja kurang maksimal. Mutasi berarti perpindahan tempat kerja tetapi masih dalam satu lingkup instansi, sedangkan rotasi yaitu perpindahan kedudukan jabatan diseputaran lingkup instansi, sehingga jika manajerial dimutasi ke tempat lain yang tidak sesuai dengan keinginannya dalam satu periode jabatan atau lebih akan mengalami demotivasi kinerja terutama partisipasinya dalam menyusun anggaran, begitu juga halnya dengan rotasi jabatan yang dilaksanakan secara prematur akan berdampak pada penurunan kinerja apabila rotasi tersebut terjadi ketika manajer yang bersangkutan sedang dalam tahap pengembangan program-program kerja di wilayah pertanggungjawabannya.
Baca lebih lanjut

66 Baca lebih lajut

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KEANDALAN ANGGARAN (Survey Pada Manajer Rumah Sakit di Boyolali).

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KEANDALAN ANGGARAN (Survey Pada Manajer Rumah Sakit di Boyolali).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, kejelasan sasaran anggaran dan partisipasi penyusunan anggaran terhadap keandalan anggaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer tingkat menengah (kepala bagian dan kepala bidang) pada rumah sakit di Boyolali. Metode pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 responden dari lima rumah sakit yang ada di Boyolali. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment pearson dan uji reliabilitasnya menggunakan cronbach’s alpha. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...