Struktur dan Sifat

Top PDF Struktur dan Sifat:

Struktur Dan Sifat Keramik 2

Struktur Dan Sifat Keramik 2

Intan mempunyai sifat sangat keras dan konduktivitas listrik yang rendah, sifat ini dikarenakan oleh struktur kristalnya dan ikatan kovalen atomnya yang kuat. Intan mempunyai konduktivitas termal yang tinggi diantara material non-logam, secara optik transparan pada daerah cahaya tampak dan infra merah. Di industri, intan digunakan untuk menggerinda atau memotong benda yang lebih lunak.

14 Read more

STRUKTUR DAN SIFAT MATERIAL (1)

STRUKTUR DAN SIFAT MATERIAL (1)

Metalografi atau mikroskopi terdiri dari pembahasan mikroskopik dari karakteristik struktur sebuah logam atau sebuah paduan. Mikroskop adalah perkakas yang penting bagi ahli metalurgi baik dari sisi keilmuwan ataupun dari sisi teknik. Adalah mungkin menentukan besar butir serta ukuran, bentuk, distribusi berbagai fase dan inklusi yang mempunyai efek besar pada sifat mekanik logam. Struktur mikro akan menunjukkan perlakuan mekanik dan termal dari logam, dan adalah mungkin untuk memperkirakan sifat yang diinginkan dari matreial berdasarkan kondisi-kondisi struktur mikro yang ada.
Show more

19 Read more

Struktur dan Sifat Optik ZnO Nanorod yan

Struktur dan Sifat Optik ZnO Nanorod yan

Salah satu aplikasi ZnO adalah sebagai akseptor elektron dalam sel surya hibrid [8]. Dalam aplikasi sel-surya hibrid, ZnO yang digunakan harus memiliki diameter yang lebi h kecil atau sama dengan panjang difusi eksiton (≤ 10 nm). Salah satu keunggulan penggunaan metode sol-gel dalam aplikasi sel surya hibrid adalah penggunaan pelarut pemrosesan yang umum digunakan dengan pelarut pada pencampuran antar polimer yang digunakan dalam sel-surya, serta ukuran yang dihasilkan relatif dapat divariasikan sesuai panjang difusi eksiton. Polimer yang sering digunakan sebagai donor pada sel surya hibrid adalah poly (3-hexyl thyophene) (P3HT), ZnO dapat digunakan sebagai material akseptor dalam blend dengan P3HT tersebut karena ZnO memiliki bandgap yang lebar (~3,37 eV), energi ikat eksiton yang besar (60 meV), mobilitas muatan pembawa yang tinggi, serta memiliki stabilitas mekanik dan termal yang baik. Secara umum level pita valensi ZnO (-4,2 eV) lebih rendah dibandingkan dengan level LUMO P3HT (-3,3 eV), sehingga memudahkan terjadinya transfer elektron dari P3HT ke ZnO. Sifat-sifat fisis dan ukuran bulir nanopartikel ZnO yang terbentuk dari metode sol-gel dipengaruhi oleh jenis prekursor dan kondisi sintesis yang digunakan. ZnO dapat membentuk kristal pada temperatur di bawah 400 o C dengan pengaruh dari penggunaan jenis pelarut tertentu. Sifat optik dan elektronik nanopartikel ZnO sangat dipengaruhi oleh struktur kristal dan ukuran partikel [9]. Karena itu, studi ukuran dan geometri nanopartikel ZnO sangat penting untuk dilakukan.
Show more

11 Read more

ANALISA STRUKTUR DAN SIFAT LISTRIK LARUTAN PADAT

ANALISA STRUKTUR DAN SIFAT LISTRIK LARUTAN PADAT

dan (K 0,4 Na 0,4 Ba 0,16 Sr 0,04 )(Nb 0,8 Ti 0,2 )O 3 disintesis dengan menggunakan gabungan metode reaksi padat dan kopresipitasi oksalat. Serbuk KNN dikalsinasi pada temperatur 700 o C/2jam, KNLN 750 o C/2jam sedangkan KNN-BCT direkalsinasi pada temperatur 900 o C/2jam dan KNN-BST 700 o C/2jam. Bubuk hasil kalsinasi dan rekalsinasi selanjutnya dibentuk pelet dan disinter pada temperatur 1125 o C/4jam untuk KNN, 1100 o C/2jam untuk KNLN, 1100 o C/6jam untuk KNN- BCT dan 1200 o C/2jam untuk KNN-BST. Kajian meliputi analisis struktur kristal melalui difraksi sinar-X dan XANES, analisis mikrostruktur dengan SEM, dan analisis sifat listrik yang meliputi konstanta dielektrik dan impedansi kompleks dengan impedance analyzer. Dari hasil analisis XRD diketahui bahwa penambahan Li, BCT dan BST merubah struktur KNN dari perovskite orthorombik menjadi perovskite tetragonal. Ukuran rerata butir KNN dan KNLN adalah 1-1,2 µm. Dari analisis XANES diketahui penurunan intensitas ketika penambahan Li diberikan pada KNN menunjukkan adanya penurunan sifat metalik. Penambahan Li menyebabkan dielektrisitas dan suhu curie KNN meningkat sedangkan penambahan BCT dan BST menyebabkan turunnya dielektrisitas dan suhu curie KNN.
Show more

68 Read more

Pengaruh Pemanasan Terhadap Struktur dan Sifat Optik Kristal ZnO

Pengaruh Pemanasan Terhadap Struktur dan Sifat Optik Kristal ZnO

material semikonduktor tipe-n golongan II-IV dengan lebar band gap 3,20 eV pada suhu kamar. Selain itu, ZnO memiliki sifat emisi yang dekat dengan sinar UV, fotokatalis, konduktivitas dan transparansi yang tinggi. Bahan ini digunakan sebagai bahan dasar lapisan tipis, karena memiliki beberapa keunggulan dalam aplikasinya, terutama dalam bidang sensor, sel surya, serta nanodevice [1] . Kristal adalah zat padat yang susunan atom-atomnya atau molekulnya teratur. Partikel kristal tersusun secara berulang dan teratur serta perulangannya mempunyai rentang yang panjang. Struktur kristal terdapat pada hampir semua logam dan mineral. Suatu struktur kristal dibangun oleh sel unit, sekumpulan atom, yang tersusun secara khusus, yang secara periodik berulang dalam tiga dimensi dalam suatu kisi. Jarak antar sel unit dalam segala arah disebut parameter kisi. Struktur dan simetri suatu zat padat mempunyai peran penting dalam menentukan sifat- sifatnya, seperti band gap dan sifat optik lainnya.
Show more

10 Read more

Sifat-sifat Spektral dan Struktur Kombinatorik pada Sistem Positif 2d

Sifat-sifat Spektral dan Struktur Kombinatorik pada Sistem Positif 2d

Suatu penjelasan hampir lengkap dari sifat dinamis sistem diskrit telah disajikan dalam teorema Perron- Frobenius yang hubungannya dengan spektral dan struktur kombinatorik matriks-matriks tak-negatif. Beberapa masalah baru muncul dalam konteks teori sistem, mendorong penelitian dan membuka pandangan baru atas lapangan matriks-matriks positif. Beberapa menyebutkan yang berhubungan dengan reabilitas dan analisis keterobservasian yang menyatakan ruang bagian (state space) sistem-sistem positif 1D.

7 Read more

SIFAT-SIFAT DAN STRUKTUR ALJABAR MATRIKS PENYAJIAN DARI PERSEGI AJAIB

SIFAT-SIFAT DAN STRUKTUR ALJABAR MATRIKS PENYAJIAN DARI PERSEGI AJAIB

Kata Kunci : persegi ajaib, konstanta ajaib, matriks persegi ajaib, grup komutatif, modul, nilai dan vektor karakteristik. 1. Pendahuluan Untuk mempelajari struktur aljabar dari himpunan semua matriks penyajian suatu persegi ajaib dan sifat-sifat yang berlaku di dalamnya, terlebih dahulu diperlukan konsep persegi ajaib, grup komutatif dan modul atas ring dengan unsur satuan beserta sifat-sifatnya secara umum. Berikut diberikan pengertian persegi ajaib tersebut. Pada [1] dan [2] diperkenalkan persegi ajaib, sebagai sebuah persegi yang bersifat jumlahan entri-entri pada setiap baris, kolom, dan diagonalnya senantiasa sama dan jumlahan ini disebut konstanta ajaib dari persegi ajaibnya. Jumlahan yang konstan ini memegang peranan penting dalam penentuan nilai karakteristik dari matriks penyajian persegi ajaib yang bersangkutan. Berikut ini diberikan definisi persegi ajaib sebagai awal pembentukan struktur aljabar dari himpunan semua matriks penyajian dari persegi ajaib, yang merupakan grup komutatif terhadap operasi penjumlahan matriks dan lebih lanjut merupakan modul atas daerah bilangan bulat.
Show more

9 Read more

STRUKTUR SUBGRUP FUZZY DAN SIFAT-SIFATNYA

STRUKTUR SUBGRUP FUZZY DAN SIFAT-SIFATNYA

Struktur grup adalah himpunan (klasik) yang di dalamnya didefinisikan operasi biner yang memenuhi aksioma-aksioma : bersifat asosiatif, terdapat elemen identitas dan mempunyai invers untuk setiap elemennya. Jika operasi binernya bersifat komutatif, maka grup tersebut disebut grup abelian. Terkait dengan srtuktur grup telah dikenal grup-grup khusus, misal grup normal, grup siklik dan sebagainya. Selain jenisnya, terkait dengan hal tersebut adalah homomorfisma yang dibentuk dari grup ke grup dan sifat-sifatnya.

17 Read more

PADA BEBERAPA MOLARITAS DAN KARAKTERISASI SIFAT LISTRIK, SIFAT OPTIK DAN STRUKTUR KRISTALNYA DANIEL VIKTORIUS

PADA BEBERAPA MOLARITAS DAN KARAKTERISASI SIFAT LISTRIK, SIFAT OPTIK DAN STRUKTUR KRISTALNYA DANIEL VIKTORIUS

BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 Kesimpulan Film LiNbO 3 telah berhasil dibuat pada waktu annealing 1 jam, 8 jam, 15 jam dan 22 jam, suhu tetap 900 o C dan molarisasi 0,5 M, 1 M, 2 M. Hasil karakterisasi sifat listrik film menunjukkan bahwa film yang telah dibuat merupakan fotodioda dan termasuk material semikonduktor. Konstanta dielektrik dan konduktivitas listrik film meningkat jika waktu annealing lebih lama dan molaritas yang semakin besar dan yang terbaik adalah 2 M, pada waktu annealing 22 jam. Kriteria film yang terbaik dari segi konstanta dielektrik dan konduktivitas film dilihat pada ketebalan filmnya, yaitu semakin tebal film maka film tersebut semakin baik ditunjukkan dengan semakin meningkatnya konduktivitas film dan konstanta dielektrik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa besar molaritas dan lama waktu annealing dapat mempengaruhi sifat listrik film. Hasil karakterisasi sifat optik menunjukkan bahwa film pada molaritas 2 M dan waktu annealing 22 jam menyerap cahaya tampak paling banyak, tetapi tidak terlalu peka terhadap perbedaan panjang gelombang. Setelah dilakukan uji sifat struktur berupa karakterisasi XRD dapat disimpulkan bahwa film LiNbO 3
Show more

40 Read more

Perubahan sifat sifat komponen penyusun kayu, struktur sel kayu dan sifat sifat dasar kayu terdensifikasi secara parsial

Perubahan sifat sifat komponen penyusun kayu, struktur sel kayu dan sifat sifat dasar kayu terdensifikasi secara parsial

Selain dengan polimerisasi resin fenol formaldehida dan larutan vinil, impregnasi ke dalam struktur rongga kayu juga menggunakan resin alam cair, lilin, sulfur, dan logam ringan. Kayu yang diimpregnasi dengan bahan plastik mengakibatkan bahan plastik akan mengisi rongga sel dan membentuk ikatan dengan rantai selulosa dari kayu (Ibach et al. 2005). Dikatakan pula bahwa dalam pembuatannya zat monomer diimpregnasikan ke dalam kayu, kemudian diradiasi dengan sinar gamma dengan dosis tertentu, sehingga terjadi polimerisasi. Kayu yang dihasilkan dengan proses ini memiliki sifat fisik dan mekanis yang lebih baik dari kayu aslinya, sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang memerlukan persyaratan kekuatan yang tinggi.
Show more

176 Read more

Perubahan sifat-sifat komponen penyusun kayu, struktur sel kayu dan sifat-sifat dasar kayu terdensifikasi secara parsial

Perubahan sifat-sifat komponen penyusun kayu, struktur sel kayu dan sifat-sifat dasar kayu terdensifikasi secara parsial

Pengujian dan pengamatan yang dilakukan adalah sifat fisis kayu (kerapatan, berat jenis, stabilitas dimensi, kadar air keseimbangan, tingkat perubahan dimensi dan laju penurunan kadar air), sifat mekanis (MOE, MOR dan kekerasan), perubahan fisik/keragaan kayu, perbedaan struktur sel pada kayu diamati dengan : Scanning Electron Microscope untuk melihat kebundaran rongga sel kayu, X-ray diffractometer untuk melihat perubahan sudut mikrofibril (MFA), keteraturan serat (Preferred orientation) dan kristalinitas kayu, Fenomena komposisi kimia kayu akibat densifikasi di analisis dengan alat: pirolisis gas chromatography mass spectroscopy untuk melihat perubahan struktur kimia, Spektrofotometer inframerah untuk mengetahui perubahan gugus fungsi dan Thermogravimetry differential thermal analysis untuk melihat temperatur proses kristalisasi sampel dan dekomposisi kimia kayu terpadatkan. Dan diamati ketahanan kayu terdensifikasi terhadap serangan rayap kayu kering (Cryptotermes cynocephalus Light). Data kemudian dianalisis secara faktorial dalam rancangan acak lengkap untuk melihat adanya pengaruh perlakuan terhadap respon (sifat fisis dan mekanis kayu serta ketahanan kayu terhadap rayap kayu kering). Selanjutnya untuk melihat pengaruh perlakuan mana yang berbeda nyata terhadap respon yang diuji dilakukan uji wilayah Duncan.
Show more

338 Read more

Kata kunci : struktur, konstrastif, kata sifat, dan komperatif. Pendahuluan - PERBANDINGAN STRUKTUR KATA SIFAT DALAM BAHASA ARAB DENGAN BAHASA INDONESIA

Kata kunci : struktur, konstrastif, kata sifat, dan komperatif. Pendahuluan - PERBANDINGAN STRUKTUR KATA SIFAT DALAM BAHASA ARAB DENGAN BAHASA INDONESIA

Manusia sebagai makhluk sosial pada dasarnya tentu membutuhkan sarana untuk berkomunikasi. Bahasa merupakan salah satu sarana yang dalam keseharian digunakan berkomunikasi sehingga terbentuklah suatu interaksi. Dalam setiap bahasa tentunya mengandung beberapa struktur kalimat yang berbeda, akan tetapi makna dan tujuannya sama. Bahkan dalam bahasa arab urutan peletakan kata sangat mempengaruhi dalam hal makna yang dikehendaki. Begitu juga berlaku dalam struktur kata sifat yang berada didalam sebuah bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Makanya sangat penting untuk mengetahui struktur dari kedua bahasa tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan komperatif ( copparative method ) adalah pendekatan yang digunakan untuk persamaan atau perbedaan antara bahasa-bahasa yang diperbandingkan. Dan didukung dengan analisis kontrastif untuk menunjukkan persamaan dan perbedaan antara bahasa- bahasa atau dialek-dialek untuk mencari prinsip yang dapat diterapkan dalam masalah praktis, seperti pengajaran bahasa dan penerjemahan.
Show more

10 Read more

KARAKTERISTIK SIFAT TERMAL, SIFAT LISTRIK DAN STRUKTUR KRISTAL DARI KERAMIK SIC DENGAN ADITIF CLAY

KARAKTERISTIK SIFAT TERMAL, SIFAT LISTRIK DAN STRUKTUR KRISTAL DARI KERAMIK SIC DENGAN ADITIF CLAY

Pada pengukuran sifat listrik, resistivitas yang diukur pada temperatur 75 o C hingga 450 o C pola yang dihasilkan menurun secara eksponensial (lihat gambar 4). Dari hasil pengukuran tersebut menunjukan bahwa penambahan clay akan memperbesar harga resistivitas sampel keramik SiC sehingga harga konduktivitasnya menurun. Hal ini disebabkan air hidrat (air kristal) dalam struktur kristal clay terlepas selama proses pembakaran dan meninggalkan ruang pori, yang menyebabkan hambatan pada sifat listriknya. Oleh karena itu, pada aplikasinya apabila keramik SiC digunakan sebagai
Show more

6 Read more

Ruang Linear Metrik: Sifat Sifat Dasar Dan Struktur Ruang Dalam Ruang Linear Metrik

Ruang Linear Metrik: Sifat Sifat Dasar Dan Struktur Ruang Dalam Ruang Linear Metrik

Dalam penulisan ini diperoleh beberapa sifat dari ruang metrik masih berlaku dalam ruang linear metrik. Beberapa struktur ruang dalam ruang linear metrik diperoleh selanjutnya. Antara lain ruang bagian dari ruang linear metrik, ruang kuosen dari ruang linear metrik dan ruang produk dari ruang – ruang linear metrik.

8 Read more

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. mengetahui sifat-sifat yang umum dari bahan struktur yang dimaksud.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. mengetahui sifat-sifat yang umum dari bahan struktur yang dimaksud.

terbentuk dari bahan kayu dan beton bertulang, yang digabungkan menjadi satu kesatuan dengan perantara alat sambung geser, sehingga mampu bereaksi terhadap beban kerja sebagai satu kesatuan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan bahan bangunan, yaitu dengan cara menggabungkan kayu dan beton dalam satu kesatuan struktur komposit. Untuk tujuan ini, diperlukan alat sambung geser dengan memanfaatkan kelebihan sifat mekanik masing–masing bahan secara maksimal, akan didapat struktur gabungan yang lebih kuat dibandingkan dengan masing–masing bahan penyusunnya.
Show more

45 Read more

Struktur Elektronik dan Sifat Magnetik ZnO Didop Cr

Struktur Elektronik dan Sifat Magnetik ZnO Didop Cr

Walaupun ekperimen pertama ZnO:Cr (x=0.05-0.25) pada lapisan tipis yang dibuat dengan metode Pulsed Laser Deposition (PLD) oleh Ueda dkk. tidak menunjukkan sifat FM [5], namun lapisan tipis ZnO:Cr (x=0.905) yang didapatkan melalui proses co-sputtering yang kemudian dilakukan oleh Roberts dkk.[6] menghasilkan FM pada temperatur ruang (RT) tanpa fase magnetik lain di dalamnya. Sama halnya dengan FM yang didapatkan Liu dkk. [7] pada lapisan tipis dengan metode co-sputtering namun hasil paramagnetik juga mereka dapatkan pada sampel ZnO:Cr berbentuk nanopartikel yang dibuat dengan metode sol-gel. Investigasi ZnO:Cr secara teoritik telah dipublikasikan oleh Hong; Li; dkk. [8,9] pada lapisan tipis, sedang Wang dkk. pada nanowires (x=0.02) [10] dan bulk [11]. Hasil analisis mereka menyatakan bahwa kondisi FM lebih disukai pada ZnO:Cr. Selain itu, dopan Cr pada ZnO diketahui dapat membentuk beberapa defek yang mungkin berpengaruh secara signifikan pada struktur elektronik dan sifat magnetiknya. Seperti pada pengamatan emisi
Show more

12 Read more

STRUKTUR ANATOMI, SIFAT FISIS DAN MEKANIS KAYU KAMBELU

STRUKTUR ANATOMI, SIFAT FISIS DAN MEKANIS KAYU KAMBELU

Keywords: Kambelu, kanduran, West Sulawesi, anatomical, physical Buxus rolfie Phoebe cuneata Vidal. Blume Penelitian ini bertujuan mempelajari struktur anatomi dan sifat fisis dan mekanis dua jenis kayu dari hutan alam di Sulaweis Barat yaitu kambelu ( Vidal.) dan kanduruan ( Blume). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kambelu memiliki kayu teras berwarna kemerahan, gubal berwarna merah muda keabuan dan tebal 2-3 cm, lingkar tumbuh jelas, kayunya keras; serat berpadu; tekstur agak halus dan permukaan agak mengkilap. Kanduruan memiliki kayu teras berwarna coklat keabuan dan gubal berwarna coklat muda dengan lebar sekitar 5-7 cm, tekstur agak halus dan tidak merata, arah serat berpadu, agak mengkilap, kesan raba agak licin, keras, corak polos, dan tidak berbau khusus. Kambelu dan kanduruan mempunyai serat kayu panjang dan tebal dinding sel sedang dan berdasarkan nilai turunan dimensi seratnya termasuk kelas kualitas I untuk kertas. Kambelu dan kanduruan memiliki berat jenis 0,62 dan 0,63, tergolong kelas kuat III-I. Kambelu memiliki sifat penyusutan dari basah ke kering udara lebih rendah dari kayu kanduruan
Show more

9 Read more

STRUKTUR DAN SIFAT MATERIAL

STRUKTUR DAN SIFAT MATERIAL

Alat ukur ekspansi cairan, seperti juga pada tekanan gas atau tekanan uap, terdiri dari bulb yang bersentuhan dengan benda yang diukur dan piranti yang berekspansi, biasanya tab[r]

10 Read more

Struktur dan Sifat-Sifat Atom. Add subtitle here

Struktur dan Sifat-Sifat Atom. Add subtitle here

bagi unsur-unsur yang seperiode , jari-jari atom makin ke kanan makin kecil... Sistem Periodik Unsur. Sifat-sifat Periodik Unsur[r]

36 Read more

Fungsi,Struktur Dan Sifat Hormon

Fungsi,Struktur Dan Sifat Hormon

Tahap pertama dalam kerja hormon adalah pengikatan dengan suatu molekul atauu kumpulan molekul yang khas, yang disebut hormon reseptor, yang berlokasi pada permukaan sel atau di dalam[r]

5 Read more

Show all 10000 documents...