Top PDF Bab 1 Permainan dan Olahraga Bola Besar

Bab 1 Permainan dan Olahraga Bola Besar

Bab 1 Permainan dan Olahraga Bola Besar

Kita ambil contoh dalam olahraga sepak bola. Sepak bola adalah olahraga yang mengandalkan kerja sama tim. Tanpa adanya kerja sama yang baik, maka sebuah tim sepak bola akan sulit untuk mendapatkan kemenangan. Di dalam permainan sepak bola sangat ditekankan untuk menegakkan sikap saling menghargai dan sportivitas. Bagaimana dengan kamu, sudahkah kamu melakukan dan menerapkan sikap-sikap sportif dalam olahraga?

14 Baca lebih lajut

PJOK Kelas 7. Bab 1. Permainan dan Olahraga Bola Besar

PJOK Kelas 7. Bab 1. Permainan dan Olahraga Bola Besar

Blok adalah upaya menghadang bola lawan dengan menjulurkan tangan ke atas net. Blok dalam permainan bola voli merupakan hal yang penting karena dengan melakukan blok kita bisa memperoleh poin (angka). Akan tetapi, biasanya siswa kurang menyukai latihan blok ini, sehingga pelatih harus menciptakan suasana yang menarik bagi siswa. Blok juga merupakan serangan balik dari regu lawan. Dengan blok, kamu bisa mengacaukan mental lawan.

40 Baca lebih lajut

Bab I - Bab 1 Menganalisis Keterampilan Gerak Permainan Bola Besar

Bab I - Bab 1 Menganalisis Keterampilan Gerak Permainan Bola Besar

Permainan bola voli merupakan permainan beregu menggunakan bola besar yang dimainkan oleh dua regu saling berhadapan, masing-masing regu enam orang. Setiap regu diperbolehkan memainkan bola di daerah pertahanannya sebanyak-banyaknya tiga kali pukulan. Permainan bola voli adalah permainan yang berbentuk memukul bola di udara hilir mudik di atas net, dengan maksud dapat menjatuhkan bola di dalam petak lawan untuk mencari kemenangan dalam permainan. Memvoli dan memantulkan bola ke udara harus mempergunakan bagian tubuh mana saja, asalkan dengan pantulan yang sempurna (tidak ganda). Keterampilan gerak dalam permainan bola voli antara lain adalah keterampilan gerak servis (tangan bawah dan tangan atas) passing atas dan bawah, smash, dan block/bendungan (tunggal dan berkawan).
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

Pelajaran 1 Aktivitas Permainan Bola Besar

Pelajaran 1 Aktivitas Permainan Bola Besar

Mengoper bola adalah salah satu usaha dari seorang pemain untuk membagi atau memberi bola kepada temannya agar dapat memasukkan bola ke keranjang lawan. Mengoper bola dengan dua tangan dari depan dada merupakan operan yang sering dilakukan dalam suatu pertandingan bola basket. Operan ini berguna untuk operan jarak pendek, karena mengoper bola dengan cara ini akan menghasilkan kecepatan, ketepatan, dan kecermatan terhadap teman yang diberi bola. Jarak lemparan 5 sampai 7 meter.

66 Baca lebih lajut

Bab 9 Permainan Bola Besar Lanjutan

Bab 9 Permainan Bola Besar Lanjutan

Pada semester satu kalian telah mempelajari permainan bola besar yaitu sepak bola. Pada bab ini kalian akan mempelajari permainan bola voli. Permainan bola voli termasuk olahraga beregu. Untuk itu diperlukan kerja sama yang baik antara anggota regu. Kerja sama dilakukan dalam menyerang dan bertahan. Dapatkah kamu bermain bola voli? Jika belum pelajari materi berikut dengan saksama.

12 Baca lebih lajut

Perangkat Pembelajaran PENJAS SMA Kelas XII Tahun 2015 Kurikulum KTSP Penjas 12

Perangkat Pembelajaran PENJAS SMA Kelas XII Tahun 2015 Kurikulum KTSP Penjas 12

- Tujuan utama bermain sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan. Dalam permainan sesungguhnya, sepak bola dimainkan oleh dua kesebelasan. Masing-masing regu terdiri atas 11 pemain termasuk penjaga gawang, dan pemain cadangan untuk setiap regunya adalah 7 pemain. Adapun lama permainan ditentukan dengan babak, satu babak lamanya 45 menit, dengan lama istirahat antarbabak 15 menit.

57 Baca lebih lajut

Bab 3 Permainan Bola Besar

Bab 3 Permainan Bola Besar

Penjasor enjasor enjasor enjasor enjasork k k k kes SD/MI K es SD/MI K es SD/MI K es SD/MI K es SD/MI Kelas 4 elas 4 elas 4 elas 4 elas 4 29 29 29 29 29 Permainan sepak bola tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kita. Apakah kalian dapat memainkan cabang olahraga ini? Apakah di antara kalian ada yang bercita-cita ingin menjadi pemain sepak bola profesional?

12 Baca lebih lajut

Bab 2 Permainan dan Olahraga Bola Kecil

Bab 2 Permainan dan Olahraga Bola Kecil

Combination grip adalah suatu cara memegang raket dengan mengubah cara pegangan raket sesuai dengan datangnya bola dan jenis pukulan. Pegangan cam- puran ini merupakan kombinasi antara forehand grip dengan backhand grip. Perubahan cara pegangan ini tidak sulit dilakukan dari pegangan backhand dengan menggeser sedikit ibu jari ke kiri. Kele- bihannya adalah pemain memiliki pu- kulan yang sangat komplit.

14 Baca lebih lajut

Bab 11 Permainan dan Olahraga Bola Kecil Bagian 2

Bab 11 Permainan dan Olahraga Bola Kecil Bagian 2

2) Pada permainan ganda, server harus melakukan servis dengan benar terlebih dahulu. Kemudian receiver harus melakukan pengembalian dengan benar pula. Setelah itu pasangannya masing-masing juga melakukan pengem- balian bola yang benar dan akhirnya secara bergantian setiap pemain melakukan pengembalian dengan benar.

10 Baca lebih lajut

S PJKR 0900982 Title

S PJKR 0900982 Title

PROFIL PERILAKU SOSIAL SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PERMAINAN BOLA BESAR BOLA BASKET, BOLA VOLI, DAN SEPAKBOLA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 CIMAHI Oleh: GA[r]

3 Baca lebih lajut

PJOK Kelas 8. Bab 1. Permainan dan Olah Raga Bola Besar

PJOK Kelas 8. Bab 1. Permainan dan Olah Raga Bola Besar

Sepak bola adalah permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu. Masing- masing regu terdiri atas sebelas orang pemain termasuk seorang penjaga gawang. Dalam permainan, masing-masing regu menempati separuh lapangan dan berdiri saling berhadapan. Permainan dipimpin oleh seorang wasit yang dibantu oleh dua orang penjaga garis. Permainan dilakukan dalam dua babak. Regu yang dinyatakan menang adalah regu yang sampai akhir permainan atau pertandingan lebih banyak memasukkan bola ke dalam gawang lawannya.

24 Baca lebih lajut

S JKR 1103513 Abstract

S JKR 1103513 Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaran olahraga permainan bola besar dengan pembelajaran permainan tradisional terhadap peningkatan kerjasama. Metode penelitian yang adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Sampel dibagi kedalam dua kelompok yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cimahi yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola 1 yang merupakan kelompok pembelajaran olahraga permainan bola besar dengan jumlah 20 orang dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cimahiyang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola 2 yang merupakan kelompok pembelajaran permainan tradisional dengan jumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kerjasama. Berdasarkan uji normalitas diperoleh hasil dalam pre-test olahraga permainan bola besar L hitung
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

PERBANDINGAN PENGARUH OLAHRAGA PERMAINAN BOLA BESAR DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KERJASAMA SISWA SMP NEGERI 1 CIMAHI - repository UPI S JKR 1103513 Title

PERBANDINGAN PENGARUH OLAHRAGA PERMAINAN BOLA BESAR DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KERJASAMA SISWA SMP NEGERI 1 CIMAHI - repository UPI S JKR 1103513 Title

PERBANDINGAN PENGARUH OLAHRAGA PERMAINAN BOLA BESAR DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KERJASAMA SISWA SMP NEGERI 1 CIMAHI Oleh M TEGAR EKA PERKASA 1103513 Diajukan Untuk Memen[r]

3 Baca lebih lajut

makalah tentang bola besar  pelatihan olahraga

makalah tentang bola besar pelatihan olahraga

Permainan bola voli dicip takan pad atahun 1895 oleh William G. Morgan , yaitu seorang Pembina pendidikan jasmani di YMCA (young Men Cristian Association) dikota Holyoke, Massachusetts,amerika Serikat. William G. Morgan memainkan permainan diudara dengan cara pukul memukul, melewati jarring yang dibentangkan dengan lapangan yang sama luasnya. Bola yang digunakan saat itu adalah dari bagian dalam bola basket dan jarring yang digunakan adalah jarring untuk main tennis .

15 Baca lebih lajut

RPP PJOK KLS V TEMA 3 SUB 1 Sepak bola

RPP PJOK KLS V TEMA 3 SUB 1 Sepak bola

 Dengan praktik dan pengamatan, siswa dapat menjelaskan cara melakukan gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar sepak bola dengan  Dengan melakuka[r]

7 Baca lebih lajut

PROTAPENJASSMPKelasVIIISemester1

PROTAPENJASSMPKelasVIIISemester1

1.1 .Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

5 Baca lebih lajut

Bola voli adalah olahraga permainan yang

Bola voli adalah olahraga permainan yang

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Penjasorkes SD MI Kelas 6. Bab 1

Penjasorkes SD MI Kelas 6. Bab 1

Tahukah kalian permainan rounders, permainan sepak bola, dan olahraga atletik? Semua permainan dan olahraga tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh, tidak hanya itu ketiganya dapat melatih kita bekerja sama, memiliki sportivitas, percaya diri, dan memiliki kejujuran. Apakah kalian ingin memiliki tubuh yang sehat tersebut? Agar kita memiliki tubuh yang sehat dan sikap yang baik tersebut, mari mempelajari teknik- teknik dan peraturan rounders, sepak bola, dan atletik pada bab ini.

24 Baca lebih lajut

A. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak bola - Bab 1 Aktivitas Permainan Bola Besar

A. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak bola - Bab 1 Aktivitas Permainan Bola Besar

1. Buatlah salah satu tugas (membuat kliping dan gambar-gambar atlet sepak bola, bola voli, dan bola basket baik nasional maupun dunia yang meliputi: riwayat singkat pribadi dan prestasinya) secara berkelompok. Untuk membantu dalam mengerjakan tugas tersebut, dapat diperkaya melalui informasi melalui: buku, majalah, koran, internet, atau sumber lainnya. Tugas tersebut dikerjakan pada kertas HVS dan dijilid dan dikumpulkan pada pertemuan terakhir materi permainan bola besar.

66 Baca lebih lajut

BAB 1 Permainan Bola Besar

BAB 1 Permainan Bola Besar

Setelah menyelesaikan bab ini, diharapkan berkembang NHPDPSXDQNRJQLWLIUHÁHNWLINHPDPSXDQPHQJHWDKXLEHUNDLWDQ dengan kemampuan nalar dalam hal menyebutkan ulang materi atau pokok bahasan terkait gerak yang dipelajari) siswa melalui NHPDPSXDQEHUSLNLUUHÁHNWLIWHUKDGDSNHPDPSXDQEHUSLNLUGDQ membuat keputusan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya, sikap kerja sama, respek (menghargai teman yang melakukan tugas belajar gerak), empati (memosisikan orang lain pada ke dalam diri sendiri), toleransi (menerima keadaan orang lain), tanggung jawab (selalu taat atau patuh pada peraturan yang diberikan oleh seorang guru dalam mengikuti pembelajaran, tidak merusak sarana dan prasarana yang ada, mengembalikan alat yang telah digunakan ketika pembelajaran berlangsung), peduli, serta berkembang pula keterampilan motorik siswa, seperti berlari,
Baca lebih lanjut

56 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...