Top PDF Kepentingan Geografi Dalam Satu Disiplin Pengajian Sosial

Kepentingan Geografi Dalam Satu Disiplin Pengajian Sosial

Kepentingan Geografi Dalam Satu Disiplin Pengajian Sosial

Gregory (1985) - Morfologi atau persekitaran fizikal adalah Gregory (1985) - Morfologi atau persekitaran fizikal adalah fungsi proses yang beroperasi dalam persekitaran, dan proses fungs[r]

33 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pariwisata memiliki hubungan yang sangat erat dengan disiplin ilmu geografi. Berbagai macam aspek geografi yang

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pariwisata memiliki hubungan yang sangat erat dengan disiplin ilmu geografi. Berbagai macam aspek geografi yang

Pengertian lain menyebutkan bahwa pariwisata adalah suatu proses kepergian sementara dari seseorang atau lebih menuju tempat lain keluar tempat tinggalnya. Dorongan kepergian adalah karena berbagai kepentingan, baik karena kepentingan ekonomi, sosial, kebudayaan, politik, agama, kesehatan maupun kepentingan lain seperti karena sekedar ingin tahu, menambah pengalaman ataupun untuk belajar. Istilah pariwisata berhubungan erat dengan perjalanan wisata yaitu sebagai suatu perubahan tempat tinggal sementara seseorang diluar tempat tinggalnya karena suatu alasan untuk kegiatan menghasilkan upah (Suwantoro, 2002 dalam I Gede Pitana, 2009). Dari berbagai uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pariwisata adalah kegiatan yang sangat diperlukan dalam masyarakat untuk menikmati perjalanan dan untuk bertamasya.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Integrasi pengajian sains-teknologi dan pengajian syariah: Satu penilaian semula

Integrasi pengajian sains-teknologi dan pengajian syariah: Satu penilaian semula

Perkembangan sains dan teknologi merupakan medium terpenting yang mempengaruhi hukum semasa di samping iklim, struktur sosial, ekonomi dan ‘urf setempat. Justeru itu, pembentukan disiplin pengajian Syariah harus diintegrasi dan diasimilasikan secara berkesan dengan perkembangan sains dan teknologi, bertujuan membina kerangka hukum fi qh semasa yang lebih berwibawa dan tidak akan dipertikaikan kerelevenannya. Kecemerlangan pengajian Syariah harus seiring dengan inovasi sains dan teknologi. Reformasi dan modifi kasi sistem pengajian Syariah tradisional bakal menentukan usaha intelectual-discourse dapat direalisasikan dengan lebih praktikal dan efektif.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Makalah Geografi Sosial Perencanaan dan (1)

Makalah Geografi Sosial Perencanaan dan (1)

Meski awal penentuannya berdasar pada dua hampiran di atas, namun pada tahap selanjutnya lebih menekankan pada pertimbangan politis, khususnya untuk kepentingan program-program pembangunan.Wilayah yang dibentuk seagai realisasi gabungan beberapa topik, tentu saja berbeda dengan yang hanya mendasarkan pada satu topik saja. Topik-topik yang dibicarakan di sini adalah termasuk dalam cakupan topik yang lebih besar. Sebagai contoh dapat dikemukakan, suatu wilayah yang dihasilkan dari delimitasi atau curah hujan saja akan menghasilkan wilayah dengan satu topik saja (single topic region), sedangkan delimitasi regional yang mendasarkan pada gabungan dari beberapa topic seperti data curah hujan, masa hawa, temperature, dan tekanan udara dalam jangka panjang akan menghasilkan wilayah-wilayah iklim yang mempunyai karakteristik berbeda-beda. Wilayah dalam perwujudan seperti terakhir ini disebut combined topic region. Contoh ini diharapkan dapat diekstrapolasi sendiri dalam bidangnyua masing-masing.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Penanaman Karakter Religius Dan Disiplin Melalui Kegiatan Pengajian Jumat di SMK Binawiyata 

Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018

Penanaman Karakter Religius Dan Disiplin Melalui Kegiatan Pengajian Jumat di SMK Binawiyata Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penanaman karakter religius dan disiplin melalui kegiatan Pengajian Jumat di SMK Binawiayata Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018, berbagai kendala yang dihadapi dan solusi yang diberikan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif, melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk penanaman karakter religius dan disiplin pada siswa melalui kegiatan pengajian Jumat di SMK Binawiyata Sragen yaitu pemberian motivasi, pemahaman materi mengucapkan salam, mendapat perlindungan, pahala dari Allah SWT, membuka jalan ke surga, membiasakan berdoa agar mendapat kelancaran, ketenangan, keselamatan, ilmu yang diperoleh bermanfaat, mendapat ridho dari Allah SWT, pelaksanaanya belum serius, melaksanakan sholat berjamaah, diberikan materi ceramah terkait sholat, pelaksanaan awalnya harus dipaksa oleh guru, pelatihan membaca Al Quran sesuai hukum bacaan, mengikuti lomba tilawah, cerdas cermat Al Quran, belum semua siswa membaca Al Quran dengan benar, mengikuti penggajian akbar, bakti sosial, memberi informasi dan saling meningatkan, masih ada siswa yang terlambat, memberikan sosialisasi, pelaksanaan dengan dipaksa, memberikan latihan rutin kepada peserta didik putri untuk melaksanakan tugas yang telah diberikan oleh guru atau ustadzah dengan sabar, semangat, dan jika berhasil akan mendapat reward. Kendala yang dialami yaitu, sarana dan prasarana mushola gedung timur belum lengkap, waktu pelaksanaan, ustadzah yang tidak datang karena ada kepentingan yang tidak bisa untuk ditinggalkan, belum ada sanksi tegas bagi siswa putri yang tidak mengikuti pengajian jumat, kurangnya motivasi dan kesadaran siswa untuk mengikuti pengajian jumat serta siswa putri yang menjadi monoritas di sekolah. Solusi yang diberikan yaitu dengan melengkapi sarana dan prasarana, seharusnya pembina kegiatan pengajian jumat dan guru yang lain ikut mendampingi siswa, membuat peraturan dengan sanksi yang tegas agar anak tidak membolos, guru yang masuk kelas selalu mengingatkan dan memberi motivasi terkait pentingnya pemahaman ilmu agama.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN. Informasi merupakan salah satu hal yang penting dalam kepentingan dunia bisnis.

BAB I PENDAHULUAN. Informasi merupakan salah satu hal yang penting dalam kepentingan dunia bisnis.

Informasi merupakan salah satu hal yang penting dalam kepentingan dunia bisnis. Informasi tersebut oleh pelaku bisnis digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pembuatan keputusan aktivitas bisnisnya, baik untuk pihak internal atau pihak eksternal. Laporan keuangan (Financial Statement) adalah informasi yang harus dipublikasikan sebagai sarana pertanggungjawaban oleh pihak manajemen kepada pemilik modal, serta merupakan informasi yang memungkinkan bagi pihak eksternal manajemen untuk mengetahui kondisi suatu perusahaan. Menurut Ikatan Akuntan Indonesiadalam PSAK No. 1 (2009), Laporan keuangan yang lengkap terdiri atas laporan posisi keuangan (neraca), laporan laba rugi komprehensif, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN. utama yang digunakan untuk kepentingan negaranya masing-masing Salah satu

BAB I PENDAHULUAN. utama yang digunakan untuk kepentingan negaranya masing-masing Salah satu

Setiap negara pasti memiliki sumber pendapatan yang menjadi pendapatan utama yang digunakan untuk kepentingan negaranya masing-masing Salah satu elemen pendapatan negara yang sering dijadikan sebagai pendapatan utama adalah pajak. Oleh karena itu, pajak merupakan fenomena yang selalu berkembang di masyarakat.Pajak digunakan sebagai salah satu usaha yang digunakan oleh pemerintah untuk mewujudkan kemandirian suatu bangsa atau negara dalam pembiayaan pembangunan yang berguna bagi kepentingan bersama.

6 Baca lebih lajut

mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kepentingan-kepentingan yang membatasi dan melindungi kepentingan-kepentingan tersebut.

mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kepentingan-kepentingan yang membatasi dan melindungi kepentingan-kepentingan tersebut.

Beberapa hal yang dianggap kontroversial oleh beberapa kalangan diantaranya adalah UU MD3 yang baru ini dianggap terlalu cepat dan cenderung tergesa-gesa dalam pembahasannya. Selanjutnya UU MD3 terbaru ini tidak secara tegas mengadopsi substansi amar Putusan MK Nomor 92/PUU-X/2012 tentang Pengujian Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang- undangan terhadap Undang- Undang Dasar 1945. Kemudian, UU ini dianggap memberikan hak imunitas bagi anggota DPR untuk diperiksa oleh KPK terkait kasus korupsi. Serta, pembentukan dan pembubaran alat kelengkapan dewan (AKD). Salah satu AKD yang dibubarkan.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Penerapan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan Terhadap Kepentingan Stakeholders

Penerapan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan Terhadap Kepentingan Stakeholders

dalam bentuk pengurangan pajak (tax deductive). Apabila inisiatif ini dapat dilakukan pemerintah, maka bukan tidak mungkin perusahaan mau mengalokasikan budget yang lebih besar untuk program CSR. Semakin banyak anggaran yang dikeluarkan perusahaan untuk CSR, kemanusiaan, dan lingkungan, seharusnya semakin besar pula insentif yang diperoleh perusahaan. Selain itu, pemerintah juga membuat ruang bagi jalannya program sosial apapun tanpa birokrasi yang berbelit dan menghindari ekonomi biaya tinggi. Peran pemerintah sangat menentukan dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif, tidak manipulatif dan tidak KKN, serta menerapkan prinsip good governance. Pemerintah seyogyanya juga menyediakan jaminan keamanan, terutama dalam berinvestasi, mempersiapkan berbagai produk hukum dan regulasi yang menjamin dunia usaha agar mampu menjalankan roda usahanya sekaligus memberikan kontribusi sosial secara berkelanjutan serta menerapkan standar audit kepada perusahaan dan penerima manfaat. Pemerintah juga perlu terlibat untuk mengembangkan regulasi yang terkait dengan CSR misalnya pemerintah harus menciptakan sistem yang dapat mengeliminasi para free rider untuk menjamin fairness bagi masyarakat maupun perusahaan. Pemerintah harus mampu menjamin bahwa perusahaan terlindung dari para oknum masyarakat atau pejabat yang ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkaya diri dengan cara memeras perusahaan atau dengan memanfaatkan kesempatan.
Baca lebih lanjut

340 Baca lebih lajut

Penanganan Konflik Sosial Berlatarbelakang Agama: Kekuatan, Hak, & Kepentingan

Penanganan Konflik Sosial Berlatarbelakang Agama: Kekuatan, Hak, & Kepentingan

Tapi, model ini memiliki kelemahan karena hasilnya sering bersifat menang-kalah t salah satu pihak menang di pengadilan, dan pihak lain kalah dan karenanya merasa kecewa dan beranggapan bahwa haknya dikalahkan, diabaikan, atau tidak dilindungi. Prosesnya juga bisa lama t dari pengadilan tingkat pertama sampai ke Mahkamah Agung, misalnya, dan menelan ongkos yang banyak untuk membiayai perkara dan pengacara. Itupun masih ditambah masalah tambahan: Sulitnya mengeksekusi putusan. Selain itu, proses yang bermusuhan t baik di ruang pengadilan maupun di luarnya t cenderung merusak hubungan pihak-pihak yang bertikai. Padahal, mereka ini adalah unsur-unsur dari warga masyarakat Indonesia yang harus hidup berdampingan dan bekerja sama di berbagai bidang kehidupan. Model ini cenderung menyebabkan konflik mengalami peningkatan dan eskalasi t bukan sebaliknya: menjadi lebih reda dan menurun ketegangannya.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Menjana budaya ilmu di kalangan pelajar institusi pengajian tinggi: satu anjakan paradigma

Menjana budaya ilmu di kalangan pelajar institusi pengajian tinggi: satu anjakan paradigma

Rancangan Malaysia Kesembilan (RMK-9) yang dilancarkan oleh YAB. Perdana Menteri, Datuk Seri Abdullah Ahmad Badawi merupakan siri pakej pembangunan negara yang amat penting. Terdapat lima teras yang menjadi tumpuan pembangunan yang menyentuh nilai tambah dalam ekonomi negara iaitu pembangunan modal insan, memperkasa status sosio-ekonomi, meningkatkan tahap dan kemampuan kualiti hidup serta mengukuhkan keupayaan institusi dan pelaksanaan negara. Wawasan 2020 adalah visi negara Malaysia untuk mencapai tahap kemajuan tertinggi dan RMK-9 serta Rancangan Malaysia seterusnya akan menjadi pemangkin kepada visi ini. Lima teras yang dijadikan fokus boleh memberi landasan kepada suatu pembangunan yang seimbang berasaskan `Acuan Kita Sendiri’. Tuntutan terhadap pendekatan holistik adalah sesuatu yang tidak dapat dielakkan. Ini kerana faktor globalisasi menuntut strategi pengimbangan supaya kemajuan yang bakal berlangsung tidak menolak kepentingan nilai dan etika.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Pengajian Melayu dan Pengajian Dunia Mel

Pengajian Melayu dan Pengajian Dunia Mel

adalah untuk menyediakan maklumat dan pengetahuan kepada para pedagang, pegawai kolonial dan mubaligh mereka sewaktu tinggal di tanah jajahan. Memandangkan koloni-koloni Jerman terletak di Afrika dan Pasifik Selatan, fokus utama Institut Kolonial Hamburg terdiri daripada Kajian Afrika dan Oceania dengan penekanan diberikan kepada bahasa. Bagaimanapun, pengalaman kolonial Jerman tidak bertahan lama. Koloninya diambil-alih oleh sekutu-sekutu Barat lain semasa Perang Dunia I (1914-1918), dengan status quo baharu secara rasmi diakui dalam Perjanjian Versailles (1919). Berikutan daripada itu, Institut Kolonial Hamburg menjadi sia-sia sepuluh tahun selepas penubuhannya. Kegagalan institut kolonial itu akhirnya mendesak kota perdagangan Hamburg yang sehingga itu selalu berasa ragu-ragu bagi mendirikan sebuah universiti yang rasmi dan mahal dipaksa untuk bertindak. Dalam 1919, Universiti Hamburg ditubuhkan. Institut Kolonial tersebut akhirnya bertukar menjadi Fakulti Ketimuran yang kemudiannya diubah menjadi Institut Asia-Afrika, iaitu sebahagian daripada Universiti Hamburg. Jerman gagal menjajah banyak negara kerana Jerman dikatakan terlalu lambat mendirikan institusi ketimuran berbanding dengan negara-negara Eropah lain (Lim 2003). Acuan ilmu kolonial ini kemudiannya diteruskan dan juga berkembang dalam bentuk kajian etnik dan wilayah di negara jajahan selepas merdeka di universiti-universiti tempatan. Jabatan Pengajian Melayu dengan bentuk dan acuannya sesungguhnya merupakan model tinggalan ilmu kolonial. Memandangkan tujuan asal penubuhannya menyediakan pengetahuan bahasa kepada para pedagang, pegawai kolonial dan mubaligh, maka yang difokuskan umumnya tiga komponen utama, iaitu bahasa, sastera dan budaya (BSB) yang saling berkaitan bagi menguasai sesuatu bahasa. Model
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

Pola sapaan pelajar lelaki dan perempuan di sebuah Institusi

Pengajian Tinggi: satu kajian sosiopragmatik

Pola sapaan pelajar lelaki dan perempuan di sebuah Institusi Pengajian Tinggi: satu kajian sosiopragmatik

Tujuan makalah ini adalah untuk memeri strategi sapaan oleh golongan pelajar di sebuah institusi pengajian tinggi di Malaysia, khususnya terhadap perbezaan penggunaan strategi oleh pelajar lelaki dan perempuan. Kajian ini bergerak dari pemerhatian rawak penyelidik tentang perlakuan sapaan oleh golongan ini yang menimbulkan persoalan terhadap kecekapan berkomunikasi mereka. Ia melihat pola sapaan berdasarkan konteks, tahap formaliti, dan hubungan antara peserta tutur. Makalah ini membincangkan hasil dapatan berdasarkan perbezaan jantina dan menghubungkaitkan faktor jantina ini dengan aspek budaya dan sosiopragmatik berpandukan prinsip sosiopragmatik Leech (1993) dan perbezaan fitur interaksi untuk lelaki dan perempuan oleh Sherzer (1987). Data bagi kajian ini diperolehi melalui 3 cara iaitu melalui Tugas Penyempurnaan Wacana (TPW), temu bual, dan juga catatan pemerhatian. Responden bagi TPW adalah seramai 264 orang yang menjawab 15 situasi yang memerlukan sapaan di sekitar kampus; memberikan 3960 respons kesemuanya. Responden bagi temu bual adalah seramai 30 orang dari kumpulan yang sama. Pemerhatian etnografi dilakukan selama 3 bulan. Hasil dapatan menunjukkan bahawa jika jarak sosial pelajar adalah dekat, mereka cenderung untuk menggunakan strategi sapaan yang agak kasar. Bagi pelajar yang mempunyai hubungan yang agak rapat, pelajar perempuan lebih selesa menggunakan nama untuk menyapa manakala lelaki pada kebiasaanya hanya sekadar mengangguk kepala atau menyebut “hai”. Perbincangan diakhiri dengan memberikan implikasi dapatan dan juga cadangan beberapa konteks untuk kajian lanjut dalam sapaan.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

MapInfo Adalah Salah Satu Software Pengolah Sistem Informasi Geografi

MapInfo Adalah Salah Satu Software Pengolah Sistem Informasi Geografi

Map Info adalah salah satu software pengolah Sistem Informasi Geografi (SIG). MapInfo diminati oleh pemakai SIG karena mempunyai karakteristik yang menarik, seperti mudah digunakan, harga relatif murah, tampilan interaktif, user frendly dan dapat dicustomized menggunakan bahasa skrip yang dimiliki.

8 Baca lebih lajut

Geografi Sosial   Sikap Mental Bangsa da

Geografi Sosial Sikap Mental Bangsa da

Secara logis terlebih dahulu memerlukan suatu bayangan ke depan mengenai bentuk masyarakat seperti apa yang ingin kita capai dengan pembangunan kita. Hal ini masih belum di konsepsikan oleh bangsa kita. Berbagai suku bangsa, berbagai aliran, dan berbagai golongan dalam negara kita yang demikian banyaknya itu mungkin sudah mempunyai konsepsinya masing-masing yang belainan satu sama lain, tetapi suatu konsepsi konkrit untuk dituju bersama belum ada. Jelaslah bahwa model dari masyarakat- masyarakat yang sekarang sudah maju tidak mungkin dapat dicontoh begitu saja karena memang sukar untuk mengajar suatu hal yang sudah terlampau jauh di depan. Bahkan, model masyarakar Jepang pun tidak dapat kita tiru karena lingkungan alam, komposisi penduduk negara, struktur masyarakat, aneka warna kebudayaan, sisten nilai-budaya, dan agama-agama di negara kita memang berbeda dengan di Jepang.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PK   DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

PK DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

MENGAPA PERLU DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM KEGIATAN SOSIAL Kegiatan:  Mencari contoh kasus apabila disiplin dan tanggung jawab dalam kegiatan sosial dilaksanakan dan tidak dil[r]

12 Baca lebih lajut

Perilaku Sosial Keagamaan Paguyuban Pengajian Segoro terhadap Peran Sosial di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Jawa Tengah

Perilaku Sosial Keagamaan Paguyuban Pengajian Segoro terhadap Peran Sosial di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Jawa Tengah

Apa yang terjadi di kelompok masyarakat atau paguyuban yang lain, yakni keluar dan masuknya beberapa anggota, juga terjadi di lingkungan Paguyuban Pengajian Segoro. Hal itu wajar, karena setiap individu memiliki keterbukaan untuk mengekspresikan diri dalam organ-organ di masyarakat, apapun nama dan bentuk kelompoknya. Termasuk harus diakui beberapa permasalahan yang kadang tak mampu diurai oleh salah satu anggota di lingkungan Paguyuban Pengajian Segoro, sehingga mengakibatkan ada anggota yang keluar, meski juga ada yang datang dan masuk sebagai anggota baru. Inilah bukti suatu organisasi itu sehat, bahwa perbedaan dan masalah yang secara internal terjadi bukanlah aib atau hal buruk, melainkan suatu dinamika organisasi yang menampung sejumlah orang dan memiliki perbedaan satu di antara lainnya. Bersikap terhadap perbedaan, itulah pelajaran mahal bagi semua orang bahwa suatu kelompok organ di masyarakat termasuk Paguyuban Pengajian Segoro merupakan “laboratorium sosial” di dalam membangun diri agar lebih baik lagi dan bermakna serta bermanfaat bagi sesama, khairu an-nas `anfa`uhum li an- nas, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Strategi model pembangunan insan seimbang pengajian agama(PISPA) berdasarkan teori perubahan sosiaL Ibn Khaldun dalam pengajian agama di Universiti Kebangsaan Malaysia

Strategi model pembangunan insan seimbang pengajian agama(PISPA) berdasarkan teori perubahan sosiaL Ibn Khaldun dalam pengajian agama di Universiti Kebangsaan Malaysia

Kebiasaannya, insan yang telah mencapai tahap keyakinan bahawa Allah SWT ialah Tuhan yang Esa akan mempamerkan ciri-ciri insan yang soleh dalam bentuk tingkah laku dan kehidupan mereka. Insan yang sedemikian akan menjadikan asas iman sebagai dorongan untuk mereka dalam kehidupan berteraskan fitrah kejadian mereka. Pengajian agama yang didorong oleh asas iman dan akhirnya menjadikan mereka insan seimbang dengan memiliki ciri-ciri tersebut iaitu pertama, berilmu dan beriman. Kedua, muslim iaitu tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Ketiga, berakhlak dan keempat, berkemahiran sebagai pelajar yang seimbang daripada mental dan fizikal di UKM. Pelajar pengajian agama yang seimbang dari segi mental dan fizikalnya dapat menggunakan akal rasional dan daya intelektual sebagai pencerap kebenaran, mampu berfikir berpandukan wahyu, dan melaksanakan inferen melebihi alam nyata iaitu sehingga menjangkau alam metafizik serta akhirnya melaksanakan gabungan fikir dan zikir.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Disusun sebagai salah satu syarat menyelesaikan program studi strata satu pada Jurusan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Disusun sebagai salah satu syarat menyelesaikan program studi strata satu pada Jurusan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Pengunaan media dan strategi pada pembelajaran dapat berfungsi untuk meningkatkan motivasi dan juga membantu siswa meningkatkan pemahaman agar materi yang disampaikan dapat menarik dan memudahkan penyampaian informasi. Media pembelajaran adalah salah satu sarana yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi kepada siswa. Media pembelajaran saat ini sudah menjadi bagian penting pada proses pembelajaran. Padamulanya media pembelajaran hanya berfungsi sebagai alat bantu visual dalam kegiatan pembelajaran, penggunakan media dapat meningkatkan pengalaman visual kepada siswa, mendorong motivasi belajar, memperjelas dan mempermudah penyampaian materi yang komplek dan abstrak menjadi lebih mudah. Perkembangan media pembelajaran yang dipakai oleh guru saat ini sudah sangat beragam mulai dari dari media pembelajaran berupa gambar, poster, power point dan masih banyak lagi yang lain. Keberadaan media dalam pembelajaran berkembang seiring perkembangan pendekatan pembelajaran, perkembangan teknologi dan pola hidup masyarakat. Pemilihan media pembelajaran yang tepat juga dapat mempengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar siswa.Penggunaan media pembelajaran yang bergam saat masih sangat seditkit diterapkan saat kegiatan ekstrakullikuler SSB. Pada kegiatan ekstrakulikuler SSB di SMP Negeri 1 kegiatan pembelajaranya saat ini hanya menggunakan media pembelajaranpower point dan media pembelajaran konvesional.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Penyuluhan dengan disiplin sosial masyarakat dalam penanggulangan sampah

Penyuluhan dengan disiplin sosial masyarakat dalam penanggulangan sampah

pertanyaan kepada respinden dengan harapan memberikan respon atas daftar pertanyaan tersebut”.Dengan demikian, maka dapat disimpulkan angket/ kuesioner merupakan alat yang dipergunakan untuk menyelidiki suatu masalah yang menyangkut kepentingan umum (orang banyak) yang dilakukan dengan mengedarkan suatu daftar pertanyaan, diajukan secara tertulis kepada sejumlah objek untuk mendapatkan jawaban atau tanggapan dari responden.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan angket sebagai pengumpul data untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai pengelolaan sampah di Kp Bojong Neros RT 01 Kota Bogor. Angket yang digunakan adalah angket tertutup yang disebarkan kepada warga di Kp Bojong Neros RT 01 Kota Bogor.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...