Top PDF PENDAHULUAN Pentingnya Supervisi Kepala Sekolah Sebagai Quality Control Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan.

PENDAHULUAN  Pentingnya Supervisi Kepala Sekolah Sebagai Quality Control Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan.

PENDAHULUAN Pentingnya Supervisi Kepala Sekolah Sebagai Quality Control Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan.

Dalam hal ini di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan terlihat memiliki banyak prestasi yang diraih, baik prestasi akademik maupun non akademik. Berbagai prestasi tersebut diperoleh karena proses pembelajaran di kelas bisa berlangsung dengan baik dan ideal. Sebagai faktor keberlangsungan kegiatan pembelajaran yang baik, karena sering dilaksanakannya supervisi kepala sekolah baik secara administrasi maupun manajemen. Oleh karenanya semua bawahan selalu berusaha meningkatkan kinerja sebagai guru yang profesional.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENTINGNYA SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI QUALITY  Pentingnya Supervisi Kepala Sekolah Sebagai Quality Control Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan.

PENTINGNYA SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI QUALITY Pentingnya Supervisi Kepala Sekolah Sebagai Quality Control Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan.

Dasuki Faludhy. Q.100.110.221. Pentingnya Supervisi Kepala Sekolah Sebagai Quality Control Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2013.

13 Baca lebih lajut

NASKAH PUBLIKASI  Pentingnya Supervisi Kepala Sekolah Sebagai Quality Control Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan.

NASKAH PUBLIKASI Pentingnya Supervisi Kepala Sekolah Sebagai Quality Control Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan.

Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis menggunakan metode wawancara (interview) dengan tujuan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan Quality Control Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, Kegiatan Pembelajaran. Adapun sumber informasi (informan) adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan komite sekolah di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan. Dalam proses wawancara, peneliti melakukan first order understanding dan second order understanding sehingga memperoleh interpretasi data yang valid. First order understanding dimaksudkan peneliti memberikan pertanyaan pada informan penelitian dan kemudian informan memberikan interpretasi (jawaban) atas pertanyaan tersebut guna memberikan penjelasan yang benar tentang permasalahan penelitian tersebut. Second order understanding dimaksudkan peneliti memberikan interpretasi terhadap interpretasi informan tersebut di atas sampai memperoleh suatu makna yang baru dan benar (ilmiah), tetapi tidak boleh bertentangan dengan interpretasi dari informan penelitian (Berger dalam Subadi, 2010).
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN Pengelolaan Supervisi Kepala Sekolah (Studi Situs SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang).

PENDAHULUAN Pengelolaan Supervisi Kepala Sekolah (Studi Situs SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang).

Supervisor yang baik adalah yang dapat membina guru-guru mengembangkan profesinya melalui aktivitas-aktivitasnya sehari-hari. Sebagai kepala sekolah adalah merupakan atasan langsung para guru. Antara kepala sekolah dengan guru-guru sudah saling kenal bahkan dapat dikatakan setiap hari mereka bertemu, sehingga secara emosional hubungan mereka dapat dikatakan baik, tidak takut, tidak sungkan, dan sudah tidak asing lagi. Karena itu supervisi kepala sekolah diharapkan akan lebih mudah diterima oleh guru-guru.

9 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI KLINIS (Studi Situs SMP Negeri 1 Pedan Klaten).

PENDAHULUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI KLINIS (Studi Situs SMP Negeri 1 Pedan Klaten).

Upaya peningkatan profesional guru adalah melalui supervisi pengajaran. Pelaksanaan supervisi pengajaran perlu dilakukan secara sistematis oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah bertujuan memberikan pembinaan kepada guru- guru agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Dalam pelaksanaannya, baik kepala sekolah dan pengawas menggunakan lembar pengamatan yang berisi aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam peningkatan kinerja guru dan kinerja sekolah. Untuk mensupervisi guru digunakan lembar observasi yang berupa alat penilaian kemampuan guru (APKG), sedangkan untuk mensupervisi kinerja sekolah dilakukan dengan mencermati bidang akademik, kesiswaan, personalia, keuangan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengelolaan Supervisi Kepala Sekolah (Studi Situs SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang).

PENDAHULUAN Pengelolaan Supervisi Kepala Sekolah (Studi Situs SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang).

Guru perlu memahami tugas dan fungsinya masing-masing dengan terus- menerus mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi, khususnya yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Hal ini sangat penting mengingat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mewarnai proses pendidikan. Guru harus dapat mengembangkan diri secara terus-menerus dengan cara banyak membaca, berdiskusi mencari informasi yang baru, inovatif, mengembangkan ide-ide kreatif sehingga dapat melaksanakan tugas lebih bermutu. Akhirnya dapat dikatakan bahwa guru adalah suatu profesi, dan profesi harus selalu dikembangkan, maka diperlukan adanya sentuhan supervisi dalam pengembangannya.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK Pengelolaan Supervisi Akademik di SMP Negeri 4 Pacitan Kabupaten Pacitan.

PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK Pengelolaan Supervisi Akademik di SMP Negeri 4 Pacitan Kabupaten Pacitan.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis pendekatan penelitian adalah studi etnografi dengan paradikma naturalistik. Lokasi penelitian di SMP Negeri 4 Paacitan Kabupaten Pacitan. Kehadiran peneliti pada saat wawancara dilakukan langsung dengan narasumber, dan peneliti sebagai instrumen. Data, sumber data, dan narasumber adalah dokumen administrasi yang relevan dengan masalah penelitian, guru, dan kepala sekolah di SMP Negeri 4 Pacitan Kabupaten Pacitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif-kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik truiangulasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil: (1) Persiapan Supervisi Akademik di SMP Negeri 4 Pacitan dilakukan dengan baik, meliputi persiapan dokumen supervisi sebelumnya, penyiapan guru, dan penyiapan instrumen, (2) Pelaksanaan supervisi akademik di SMP Negeri 4 Pacitan dikakukan secara demokratis, supervisi akademik dilakukan ketika guru melakukan proses pembelajaran di kelas, setelah selesai dilakukkan klarifikasi. (3) Pelaksanan Supervisi akademik di SMP Negeri 4 Pacitan membawa manfaat yaitu adanya peningkatan kompetensi guru maupun siswa. Guru lebih disiplin menyusun perangkat pembelajaran, dan melaksanakan proses pembelajaran di kelas dengan metode maupun pendekatan yang inovatif, sedangkan siswa meningkat prestasinya baik prestasi akademik maupun nonakademik.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN KINERJA GURU di SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016 - Institutional Repository of IAIN Tulungagung

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN KINERJA GURU di SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016 - Institutional Repository of IAIN Tulungagung

…..pada pelaksanaannya evaluasi hari jum’at dari sekolah tidak mematok ukuran jam, jadi dilaksanakan seselesainya. Kalau selesai magrib ya di selesaikan maghrib kalau selesai isya’ ya isya’ diselesaikan. Guru-guru dibekali dengan materi microteaching pada setiap bidang pelajaran yang diemban. Jadi guru-guru harus praktik mengajar. Karena pada hari jum’at ini full pembinaan. Untuk minggu pertama materinya Yanbu’a dipimpin oleh Ustadzah Ririn, materi yang dievaluasi seperti bagaimana makhorijul huruf para asatidznya ketika mengajar ke anak-anak, bagaimana pengelolaan kelasnya seperti itu. Untuk minggu kedua dan ketiga materinya Bahasa Inggirs dipimpin oleh Ustadz Ulil karena harapannya untuk dua tahun lagi kita bisa pakai cambridge jadi pembiasaan di ustadz dan ustadzah disiapkan bersama. Harapnnya ada matemathic, English, dan sains . Dan minggu keempat materinya kurikulum dan microteaching secara keseluruhan. Harapannya tidak hanya guru tetap tetapi guru honorer juga wajib ikut, karena jika ada kendala-kendala pada saat mengajar bisa diselesaikan melalui micro teaching tersebut. Seperti masalah pembuatan RPP, penilaian seperti apa dan sebagainya. Sedangkan untuk hari sabtu evaluasi dari lembaga untuk guru-guru baru dan setelah kegiatan pembelajaran dilakukan evaluasi sekolah setelah pulang sekolah. Hal ini rutin dilakukan karena kita berharap jika ada permasalahan langsung diadakan evaluasi setiap hari agar masalah tidak menumpu k… 29
Baca lebih lanjut

34 Baca lebih lajut

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI KLINIS  KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI KLINIS (Studi Situs SMP Negeri 1 Pedan Klaten).

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI KLINIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI KLINIS (Studi Situs SMP Negeri 1 Pedan Klaten).

Tujuan umum penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam supervisi klinis, sedangkan tujuan khusus ingin mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam perencanaan supervisi klinis kepala sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah, dan kepemimpinan kepala sekolah dalam umpan balik supervisi klinis kepala sekolah.

14 Baca lebih lajut

PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN, DAN  PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN PENILAIAN KELAS GURU-GURU SMP NEGERI DI KA

PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN, DAN PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN PENILAIAN KELAS GURU-GURU SMP NEGERI DI KA

Babare Suryo Cahyo. Q 100070331. Pengaruh Persepsi Tentang Supervisi Kepala Sekolah, Penerapan Strategi Pembelajaran, dan Budaya Sekolah Terhadap Penerapan Penilaian Kelas Guru-Guru SMP Negeri di Kabupaten Demak. Tesis. Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2011.

17 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Smp Negeri 2 Kaliwungu Kendal.

PENDAHULUAN Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Smp Negeri 2 Kaliwungu Kendal.

Sekolah adalah lembaga yang bersifat kompleks dan unik (Komariah dan Triatna, 2008: 1). Bersifat kompleks karena sekolah sebagai organisasi di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lain saling berkaitan dan saling menentukan. Bersifat unik karena sekolah memiliki karakter tersendiri, dimana terjadi proses belajar mengajar, tempat terselenggaranya pembudayaan kehidupan manusia. Mengingat sifatnya yang kompleks dan unik tersebut, sekolah sebagai organisasi memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi.

9 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN   Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Pemberdayaan Guru Di SMP Negeri 3 Kedungjati.

PENDAHULUAN Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Pemberdayaan Guru Di SMP Negeri 3 Kedungjati.

Kebijakan manusia dapat diperoleh dengan hasrat serta kemauan manusia itu sendiri untuk aktif dengan segala kemampuan dan kreativitasnya dalam mendapatkan ilmu dari berbagai hasil cipta karya sastra, termasuk puisi. Puisi sebagai karya sastra merupakan cermin yang menjadi representasi dai realisasi itu sendiri. Puisi mengandung empat masalah yang berhubugan dengan (1) kehidupan, (2) kemanusiaan, (3) kematian, dan (4) ketuhanan (Ali Imron A.M. 2005: 77).

11 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF BAGI   Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pembelajaran Efektif Bagi Guru Di SD Negeri Pabelan 03 Kartasura.

IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF BAGI Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pembelajaran Efektif Bagi Guru Di SD Negeri Pabelan 03 Kartasura.

This study aims to describe the principal role in the supervision of teacher learning, factors restricting, and solutions to overcome the barrier factors in supervised learning. This research uses qualitative research with a descriptive qualitative approach. Using data collection techniques interviews, observation, and documentation. While the validity of the data using triangulation techniques and sources. The results showed that: (1) the principal SD Negeri Pabelan 03 in carrying out his duties as a supervisor to enhance effective learning is already well underway. Prior to the implementation of the supervision, the principal planning first, then inform teachers, it aims to help teachers in perceived their tasks well. (2) there is an inhibitor factors i.e. time and many teachers that awkward time of supervision was held. (3) a solution to overcome the barrier to supervision factors, among others: (a) the principal rearrange the schedule of supervision. (b) the principal holding of observation learning outside of the classroom.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Instrumen SupAK Guru Junior Siklus 2

Instrumen SupAK Guru Junior Siklus 2

Saran Pembinaan:  Penulis berharap kegiatan Pembelajaran dilanjutkan seperti kegiatan supervisi Calon Kepala Sekolah  Kegiatan Pembelajaran yang masih kurang dilengkapi Garut, 4 Agu[r]

5 Baca lebih lajut

Instrumen SupAK Guru Junior Siklus 1

Instrumen SupAK Guru Junior Siklus 1

Saran Pembinaan:  Penulis berharap kegiatan Pembelajaran dilanjutkan seperti kegiatan supervisi Calon Kepala Sekolah  Kegiatan Pembelajaran yang masih kurang dilengkapi Garut, 27 Ju[r]

5 Baca lebih lajut

 SK Supervisi Kelas SD SMP SMA SMK SK SUPERVISI 2016

SK Supervisi Kelas SD SMP SMA SMK SK SUPERVISI 2016

14. Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Isi 15. Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar SKL 16. Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses 17. Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian 18. Hasil Rapat Guru dan Staf Tata Usaha SMPN 3 Rambang Dangku tanggal 22 Juni 2016.

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Supervisi Pembelajaran Tematik Pada Guru di SD Negeri Donorojo I Pacitan.

PENDAHULUAN Supervisi Pembelajaran Tematik Pada Guru di SD Negeri Donorojo I Pacitan.

Komponen yang selama ini sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran adalah komponen guru. Hal ini memang wajar karena guru merupakan ujung tombak yang berhubungan langsung dengan siswa sebagai subjek dan objek pembelajaran. Bagaimanapun lengkapnya sarana dan prasarana pendidikan maupun idealnya kurikulum tanpa diimbangi oleh kemampuan guru dalam mengimplementasikan pada proses pembelajaran maka semua itu menjadi tidak bermakna. Untuk dapat mengimplementasikan dalam proses pembelajaran secara baik, guru memerlukan bantuan untuk memperbaiki proses pembelajaran oleh kepala sekolah melalui supervisi pembelajaran.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI MEDIA POHON PINTAR PADA SISWA KELAS VII A SMP N 3 SAWIT  Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Media Pohon Pintar Pada Siswa Kelas VII A SMP N 3 Sawit Tahun Ajaran 2011/2012.

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI MEDIA POHON PINTAR PADA SISWA KELAS VII A SMP N 3 SAWIT Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Media Pohon Pintar Pada Siswa Kelas VII A SMP N 3 Sawit Tahun Ajaran 2011/2012.

dibuat sedemikian menariknya dengan cara batang pohon diberi macam-macam gambar dengan satu tema mengenai keindahan alam yang ditempatkan pada cabang batang pohon yang bertujuan untuk menarik semangat siswa dalam pembelajaran dan agar siswa dapat menginsipirasikan gambar tersebut. Oleh karea itu, penulis bermaksud mengadakan penelitian tindakan kelas yang berjudul ”Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Media Pohon Pintar pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sawit Tahun Ajaran 2011/2012”.

16 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri Kalikuning II Pacitan.

PENDAHULUAN Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri Kalikuning II Pacitan.

Sebagai pem impin form al, kepala sekolah bert anggungjaw ab atas t ercapainya t ujuan pendidikan m elalui upaya peningkat an profesionalism e t enaga kependidikan kearah peningkat an prest asi belajar pesert a didik (M ulyasa, 2011: 84). Untuk itu, kepala sekolah bert ugas melaksanakan

5 Baca lebih lajut

Supervisi Akademik di SMP Negeri 4 Pacitan

Supervisi Akademik di SMP Negeri 4 Pacitan

Strategi pengamatan pembelajaran oleh kepala sekolah SMPN 4 Pacitan dilakukan secara terus menerus selama 2x45 menit. Pengamatan dilakukan secara menyeluruh mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegia- tan penutup. Pernyataan kepala sekolah tersebut dibenarkan oleh Arista Susiani, S.Pd. guru IPA kelas VIII sebagai berikut, bahwa ketika melaksanakan supervisi di kelas saya mengajar beliau hanya duduk, mengamati saya mengajar sambil mencatat atau mengisi instrumen mulai dari awal smpai akhir . Hal berbeda dengan alternatif lain yang disarankan oleh Arikunto adalah bahwa supervisor di SMP Negeri 4 Pacitan tidakmenggunakan system periodisasi 5 menit, 5-10, maupun 10-15 menit dalam pengamatan. Peneliti sependapat dengan praktik supervise akademik di SMPN 4 Pacitan yang melakukan pengamatan secara terus-menerus karena dapat menghindari factor lupa, atau lompat fokus atas kegiatan-kegiatan yang menjadi objek pengamatan.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...