Top PDF TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Museum Masjid Indonesia Di Kabupaten Pekalongan.

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Museum Masjid Indonesia Di Kabupaten Pekalongan.

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Museum Masjid Indonesia Di Kabupaten Pekalongan.

Museum merupakan sebuah tempat penyimpanan benda-benda peninggalan sejarah. Selain itu juga berfungsi sebagai sebuah media yang menceritakan peristiwa-peristiwa bersejarah kepada khalayak umum. Perencanaan desain Museum Masjid Indonesia di Kabupaten Pekalongan merupakan sebuah tempat yang memberikan berbagai informasi tentang sejarah perkembangan masjid di Indonesia. Tujuan perencanaan Museum adalah sebagai tempat wisata, pendidikan, dan pusat informasi tentang sejarah perkembangan masjid di Indonesia. Didalamnya menyimpan berbagai macam koleksi masjid dari seluruh daerah di Indonesia. Pemilihan Masjid sebagai materi koleksi, karena Masjid- masjid di Indonesia mempunyai ciri khas yang unik dan beragam pada setiap daerah. Masjid juga merupakan inventaris serta saksi bisu dalam setiap periodesasi sejarah. Perancangan desain Museum Masjid Indonesia terletak di Jl. Mandurorejo, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Bangunan Museum berdiri di atas lahan seluas 5 hektar berbentuk persegi empat, dengan ukuran 200 x 250 meter. Luas area terbangun adalah 12.943 m², sementara sisa lahan lainnya merupakan area open space berupa miniatur pulau Indonesia, area parkir, serta area taman. Miniatur pulau merupakan area museum terbuka yang mempunyai koleksi berupa satu replika masjid pada setiap pulau. Bangunan museum menggunakan konsep arsitektur islam dengan mengaplikasikan kesenian islam berupa aksen floral dan bentuk geometris yang diaplikasikan pada atap bangunan, pilar, serta bentuk fasade bangunan.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR-DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN   Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Rest Area Di Mantingan Kabupaten Ngawi.

TUGAS AKHIR DASAR-DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Rest Area Di Mantingan Kabupaten Ngawi.

Penulis menyadari bahwa penyusunan Tugas Akhir ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis berharap kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun, demi kesempurnaan dan kelanjutan Tugas Akhir ini. Semoga Tugas Akhir ini dapat bermanfaat untuk semua pihak yang membutuhkan.

20 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Butterfly Park Di Karanganyar.

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Butterfly Park Di Karanganyar.

Butterfly Park yaitu suatu kawasan ruang terbuka yang disediakan untuk rekreasi yang di dalamnya terdapat serangga kupu-kupu yang dilengkapi dengan fasilitas insectarium, museum dan lainnya sebagai sarana edukasi yang terlatak di Karanganyar yang menggunakan konsep desain green architecture.

17 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR - DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN  Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Sragen Convention Centre.

TUGAS AKHIR DASAR - DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Sragen Convention Centre.

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan kekayaan alam,kekayaan budaya,dan juga banyaknya peniggalan benda-benda bersejarah dari masa lampau, salah satunya adalah Situs Sangiran yang berada di Kota Sragen. Situs Sangiran merupakan suatu tempat dimana ditemukannya berbagai fosil manusia purba dan merupakan salah satu museum terbesar di Asia sehingga dapat menarik minat dari wisatawan asing.

14 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Sekolah Pendidikan Islam Terpadu Di Kabupaten Sukoharjo.

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Sekolah Pendidikan Islam Terpadu Di Kabupaten Sukoharjo.

Sekolah Pendidikan Islam Terpadu adalah sebuah bangunan fasilitas publik yang berperan dalam proses pendidikan dan pengajaran melalui model pendidikan yang memadukan kurikulum standar sekolah negeri dengan kurikulum pendidikan agama Islam untuk jenjang sekolah (kelompok bermain dan TK), sampai sekolah dasar dan lanjutan (SD, SLTP, SLTA) yang dikelola oleh pihak yang sama.

20 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR  DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Pesanggrahan Di Kawasan Waduk Cengklik Boyolali.

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Pesanggrahan Di Kawasan Waduk Cengklik Boyolali.

Pesanggrahan merupakan suatu fasilitas akomodasi yang terletak di daerah wisata. Sasaran pengunjung pesanggrahan adalah wisatawan yang bertujuan untuk berlibur, bersenang-senang, mengisi waktu luang, dan melupakan rutinitas kerja sehari-hari yang membosankan. Pesanggrahan tersebut nantinya akan di bangun di kawasan Waduk Cengklik. Waduk Cengklik merupakan salah satu waduk di Indonesia yang berada di Desa Ngargorejo dan dan Desa Sobokerto Kecamatan Ngemplak Boyolali. Konsep pembangunan Pesanggrahan di kawasan Waduk Cengklik ini diharapkan mampu meningkatkan potensi dari Waduk Cengklik tersebut.
Baca lebih lanjut

0 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR - DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN  Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Difable Sport Centre Di Surakarta (Pendekatan Arsitektur Ekologis).

TUGAS AKHIR DASAR - DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Difable Sport Centre Di Surakarta (Pendekatan Arsitektur Ekologis).

Olahraga adalah kegiatan untuk mengolah diri, kebutuhan oleh semua mahluk hidup untuk mengolah jasmani dan rohaninya. Terlebih lagi untuk kaum difable, mereka juga membutuhkan aktifitas gerak dalam bidang olahraga. Perkembangan dan pembangunan fasilitas,sarana dan prasarana di indonesia masih minimal untuk mewadahi aktifitas gerak yang mendukung kenyamanan,keamanan dan kemudahan untuk kaum difable. Sudah banyak undang-undang yang menggatur tentang fasilitas publik untuk kaum difable, tapi dalam realisasinya pun masih minimal kadang di tempat umum tidak ada satupun fasilitas untuk kamun difable seperti jalan,tempat parkir,pedestrian,kamarmandi umum,telefon umum,dll
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Redesain Masjid Darussalam Sebagai Tempat Ibadah dan Pusat Bisnis di Kampung Perhiasan Jayengan.

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Redesain Masjid Darussalam Sebagai Tempat Ibadah dan Pusat Bisnis di Kampung Perhiasan Jayengan.

Dalam Redesain Masjid Darussalam ini, penulis merencanakan desain masjid yang dapat menjadi pusat ibadah dan pusat bisnis. Selain fungsi pokok masjid tempat untuk beribadah penulis menjadikan masjid ini juga sebagai pusat bisnis untuk masyarakat yang mempunyai pola tata ruang yang tidak saling mengganggu dan mempunyai keselarasan fungsi masing-masing kegunaannya. Lokasi site yaitu berada di kota Surakarta terletak di jalan Gatot Subroto. Lokasi ini sangat mudah untuk di capai dan aksesnya yang mudah untuk di tuju. Kampung Jayengan terkenal dengan permukiman tradisional yang khas, di sini berkembang akulturasi budaya Jawa dan Banjar yang unik dan spesifik. Bentuk rumahnya suku khas Banjar juga ikut berkembang ynag dimana aslinya rumah khas Banjar berbentuk panggung menjadi tanpa panggung dengan model atap dan ruang yang masih khas. Suku Banjar datang ke Surakarta dengan tujuan berdagang emas intan berlian dan menetap di Jayengan Surakarta maka akan memberikan dampak untuk lokasi yang di tempatinya. Potensi yang dibawa oleh suku Banjar selain kerajinan emas, perak, intan, berlian adalah budaya, kuliner Banjar dan kesenian, seperti: hadrah, lagu daerah Banjar dan melayu. Dalam hal karakter tampilan fisik ataupun gaya bangunan, penulis menyimpulkan bahwa karakter yang cocok di tampilkan pada redesain masjid darussalam di Surakarta adalah sebuah bangunan dengan desain modern vernacular.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR - DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN  Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Perencanaan Resort Hotel Di Kawasan Pantai Widuri Pemalang (Penekanan Pada Green Architecture.

TUGAS AKHIR DASAR - DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Perencanaan Resort Hotel Di Kawasan Pantai Widuri Pemalang (Penekanan Pada Green Architecture.

Pariwisata adalah suatu sektor industri yang semenjak awal telah direncanakan dan digalakan oleh Pemerintah Indonesia, dengan tujuan untuk mendatangkan devisa dan memperkenalkan Negara Indonesia kepada Negara luar melalui sektor pariwisata.

16 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a)Pengembangan Jalan Raya Sukowati Sebagai Kawasan City Walk Sragen.

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a)Pengembangan Jalan Raya Sukowati Sebagai Kawasan City Walk Sragen.

Jalan Raya Sukowati merupakan Jalan protokol di sepanjang Kabupaten Sragen, yang merupakan salah satu kawasan potensial dikarenakan banyak terdapat pertokoan, pasar, sekolah dan alun-alun kota yang letaknya di pusat kota Sragen dan merupakan jalan yang strategis yaitu merupakan jalan utama Solo-Sragen dan juga merupakan jalan utama ke Ngawi yang berbatasan langsung Jawa Tengah dan Jawa Timur.

18 Baca lebih lajut

MUSEUM MASJID INDONESIA DI KABUPATEN PEKALONGAN  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Museum Masjid Indonesia Di Kabupaten Pekalongan.

MUSEUM MASJID INDONESIA DI KABUPATEN PEKALONGAN Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Museum Masjid Indonesia Di Kabupaten Pekalongan.

Museum diharapkan tidak hanya sekedar memantulkan perubahan- perubahan yang ada di lingkungan, tetapi juga sebagai media untuk menunjukkan perubahan sosial serta pertumbuhan budaya dan ekonomi. Museum berperan dalam proses transformasi yang mewujudkan perkembangan struktur intelektual dan tingkat kehidupan yang membaik. Perkembangan tersebut tentu disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang bersangkutan dalam bahasa dan budayanya masing-masing. Inilah makna yang ingin disampaikan dan di transkripsikan oleh museum lewat benda yang disajikan atau dipamerkan sebagai instrumen memahami masyarakat pendukungnya (Khornafiya, 2012).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR - DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN  Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Perancangan Masjid Ekologis Di Kota Surakarta.

TUGAS AKHIR DASAR - DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Perancangan Masjid Ekologis Di Kota Surakarta.

Tugas akhir ini disusun dan diajukan sebagai syarat untuk mencapai derajat sarjana (S1) pada jurusan arsitektur pada fakultas teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.DP3A yang penulis ajukan ini berjudul : “Perancangan Masjid Ekologis di Surakarta”

15 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Museum Masjid Indonesia Di Kabupaten Pekalongan.

PENDAHULUAN Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Museum Masjid Indonesia Di Kabupaten Pekalongan.

C. Pentingnya Museum Masjid Indonesia di Kabupaten Pekalongan Seperti yang telah dijelaskan, bahwasannya Kabupaten Pekalongan merupakan Kota Santri yang digambarkan dengan kehidupan sosial budaya yang bernuansa islami, serta terdapat banyaknaya pondok pesantren, majlis taklim, sekolah-sekolah islam, TPQ, dan masjid. Dalam menyandang gelar kota Santri pastinya tidak sebatas dalam konteks fisiknya saja, malainkan harus disertai dengan menguatkan ruh keislamannya. Hal tersebut diwujudkan dalam aktifitas keagamaan, seperti pengajian atau kajian ilmu agama, majelis dzikir, forum silaturahim, serta kegiatan-kegiatan lain yang bernuansa keagamaan.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Solo Smart Center.

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Solo Smart Center.

Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang memadai, masyarakat dapat mendapatkannya dipusat pendidikan, yaitu di sekolah mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan perguruan tinggi. Selain itu, ilmu pengetahuan juga dapat didapat di luar sekolah, misalnya pada pusat-pusat peraga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), museum, perpusatakaan, dan lain-lain.

22 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a).

TUGAS AKHIR Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a).

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Alangkah baiknya jika semua orang dapat memiliki kemampuan membuat makanan, Terlebih lagi jika ingin mendalami segala sesuatu yang berkaitan dengan profesi memasak, pengetahuan dan kemampuan akan makanan, ini adalah menjadi elemen yang penting. Di negara lain sudah ada beberapa tempat yang memiliki bangunan dengan aktifitas serupa, Akan tetapi di Indonesia belum ada sebuah bangunan yang mewadahi aktifitas ini. Oleh karena itu dibutuhkanlah wadah yang menampung segala aktifitas yang berisi tentang pendidikan memasak dan juga sebuah wadah untuk menjual hasil karya masakan yang telah dipelajari. Maka International Culinary And Cooking School ini dibutuhkan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN  Pengembangan Museum Jamu Jago Sebagai Sarana Wisata Kreatif (Pendekatan Pada Konsep Arsitektur Vernakular).

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Pengembangan Museum Jamu Jago Sebagai Sarana Wisata Kreatif (Pendekatan Pada Konsep Arsitektur Vernakular).

Museum Jamu Jago is located in Setiabudi street No17, Srondol Semarang This museum is a museum MURI (Indonesian Record Museum), and PT. Jamu Jago. The existence of this museum is rarely visited by visitors as a destination for recreation, lack of facilities and other support to make this museum rarely glimpsed as a recreational destination because it seemed boring, The purpose of this research is to develop a museum Jamu Jago with supporting facilities complete with educational tourism, recreation areas and centers herbal medicine research. The emphasis that is Vernacular Architecture. The method is performed in the search for such data is by observation, study of literature, and interviews.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Youth Center Di Sragen Dengan Penekanan Arsitektur High Tech.

TUGAS AKHIR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Youth Center Di Sragen Dengan Penekanan Arsitektur High Tech.

Latar belakang secara umum Youth Center di Sragen Dengan Penekanan Arsitektur High tech bisa sebagai sebuah bangunan High tech di Sragen yang digunakan sebagai wadah atau tempat penyaluran bakat atau keterampilan seseorang untuk menuju kepada suatu prestasi yang dapat memajukan remaja berusia 12 sampai dengan 21 tahun.

0 Baca lebih lajut

DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR  DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (DP3A) WEDDING CENTRE DI SURAKARTA.

DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (DP3A) WEDDING CENTRE DI SURAKARTA.

Puji syukur Alhamdulillah penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan karunia, rahmat, hidayah, serta inayahnya. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasulullah SAW yang senantiasa kita tunggu safaatnya di hari akhir nanti.

15 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR  Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Sukoharjo Sport Center.

TUGAS AKHIR Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Sukoharjo Sport Center.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat, Taufik, Hidayah berserta Inayahnya, yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada segenap makhlukNya.Penyusun telah dapat menyelesaikan kegiatan serta laporan Dasar Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (DP3A) ini dengan Judul Sukoharjo Sport Center yang sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

20 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Perancangan Masjid Ekologis Di Kota Surakarta.

PENDAHULUAN Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Perancangan Masjid Ekologis Di Kota Surakarta.

Adapun tujuan yang ingin di capai dalam perencanaan Masjid dengan konsep eco desain adalah untuk merancang Masjid yang ramah lingkungan dan sebagai area berkumpul masyarakat yang nyaman, adapun konsep yang di rencanakan adalah:

5 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...