BAB 1 Kerja Praktek PUSAIR Bandung

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

1

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air mempunyai tugas dan fungsi berdasarkan peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No.15/PRT/M/2015 Pasal 11 43 yaitu melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang Sumber Daya Air. Pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan tersebut harus didukung oleh teknologi dan sistem informasi yang memadai sehingga dibutuhkan layanan helpdesk yang dapat meningkatkan sharing knowledge antar petugas layanan pemangku kebijakan.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air Bandung terbagi menjadi beberapa bidang yang masing-masing mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda. Salah satu bidangnya yaitu Bidang Program dan Kerjasama adalah bidang yang bertugas untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi di Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air Bandung. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, bidang ini dapat mengembangkan sumberdaya dan meningkatkan kinerja operasional.

(2)

2 bertugas pada waktu yang sama, hal ini mengakibatan tidak semua petugas yang bertugas mengetahui adanya keluhan pelanggan. Permasalahan tersebut mengakibatkan penanganan keluhan dari petugas terganggu, sehingga keluhan yang seharusnya ditangani pada waktu yang telah ditentukan tertunda. Dengan begitu penanganan keluhan pelanggan belum saling terintegrasi, sehingga perlu di kembangkan.

Helpdesk pelanggan merupakan aplikasi untuk menangani keluhan pelanggan yang mempunyai bagian pelengkap dari sebuah fungsi pelayanan, dan bertanggung jawab sebagai sumber pemecahan masalah. Aplikasi helpdesk berbasis web menjadikan penanganan keluhan saling terintegrasi karena Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air bekerjasama dengan beberapa mitra dalam negeri atau luar negeri, sehingga web sangat cocok untuk diterapkan pada penanganan keluhan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air.

Dari permasalahan tersebut diberikan solusi agar tindakan penanganan keluhan menjadi efektif dalam sisi waktu serta memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, maka laporan kerja praktek ini diberi judul yaitu : “Pembangunan Aplikasi Helpdesk Berbasis Web di Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air”.

1.2Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka identifikasi masalah pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air dapat dirumuskan seperti berikut :

1. Petugas yang melayani permasalahan jaringan tidak mempunyai media untuk sharing knowledge.

2. Dokumentasi keluhan pelanggan masih bersifat manual/hardcopy.

(3)

3 1.3 Maksud dan Tujuan

1.3.1 Maksud

Berdasarkan uraian latar belakang dan identifikasi masalah maka maksud dari penulisan laporan ini adalah menyediakan media untuk sharing knowledge (berbagi pengetahuan) yang sesuai dengan aturan dokumentasi di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air.

1.3.2 Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah membuat aplikasi helpdesk berbasis web dengan memperhatikan konsep sharing knowledge dan aturan dokumentasi terkait penyelesaian keluhan pelanggan di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air.

1.4Batasan Masalah

Adapun batasan masalah yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah : 1. Aplikasi ini hanya digunakan di lingkungan Pusat Penelitian dan

Pengembangan Sumber Daya Air Bandung.

2. Pembangunan aplikasi ini berbasis web dan menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 5

3. Database Management System (DBMS) yang digunakan yaitu MySQL pada server localhost

4. Pembangunan perangkat lunak aplikasi menggunakan metode Object Oriented

1.5Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian merupakan suatu proses yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang logis, dimana data yang diperlukan yaitu untuk mendukung terlaksananya suatu penelitian.

1.5.1 Teknik Pengumpulan Data

(4)

4 1. Wawancara

Pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan pihak instansi yang terkait sehingga dapat memberikan keterangan data yang dibutuhkan.

2. Studi literatur

Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper, buku, artikel, dan jurnal yang ada kaitannya dengan judul laporan.

1.5.2 Pembangunan Perangkat Lunak

Salah satu metode pengembangan dalam pembuatan suatu perangkat lunak yaitu menggunakan metode waterfall. Metode ini mengusulkan sebuah pendekatan yang sistematis dan squensial melalui tahapan-tahapan yang ada untuk membangun sebuah aplikasi. Pemilihan metode waterfall karena tahapan prosesnya tepat dan sesuai dengan pengembangan suatu perangkat lunak.

Gambar 1.1 Metode Waterfall

1. Analisis

(5)

5 2. Perancangan

Pada tahap perancangan ini diberikan gambaran umum yang jelas kepada pengguna dan rancang bangun yang lengkap tentang sistem yang akan dikembangkan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan sistem. Tahap perancangan ini digunakan untuk persiapan implementasi.

3. Implement (Implementasi)

Setelah tahap perancangan sistem selanjutnya dilakukan konversi rancangan sistem ke dalam kode-kode bahasa pemrograman yang diinginkan. Pada tahapan ini dilakukan pembuatan komponen-komponen sistem yang meliputi modul program, antarmuka, dan basis data.

4. Pengujian

Tahap pengujian ini dilakukan untuk mendapatkan serta memastikan bahwa perangkat lunak yang dihasilkan adalah valid dan sesuai dengan kebutuhan yang telah dideskripsikan. Pengujian dilakukan dengan cara presentasi dan demo perangkat lunak kepada pihak Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air.

1.6Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan kerja praktek menyajikan informasi data-data sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Penjelasan secara garis besar tentang latar belakang, identifikasi masalah, maksud dan tujuan, batasan masalah, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan penelitian. Dimaksudkan dapat memberikan gambaran dan arahan bagi pembaca tentang urutan pemahaman dalam penyajian laporan penelitian.

(6)

6 Penjelasan mengenai sejarah Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air Bandung, struktur organisasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air Bandung, dan landasan teori sebagai dasar utama analisis dan perancangan dari aplikasi yang dibangun.

BAB III PEMBAHASAN

Berisi tentang analisis yang merupakan tahap awal dari pembangunan aplikasi, kemudian perancangan aplikasi, implementasi sistem yang berisi source code dan print screen dari program aplikasi yang dibangun.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

Figur

Gambar 1.1 Metode Waterfall
Gambar 1 1 Metode Waterfall . View in document p.4

Referensi

Memperbarui...