PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DANA ALOKASI KHUSUS (DAK), DANA BAGI HASIL Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (Pad), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (Dak), Dana Bagi Hasil (DBH) Terhadap Pengalokasian Belanja Mod

Teks penuh

(1)

i

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DANA ALOKASI KHUSUS (DAK), DANA BAGI HASIL (DBH) TERHADAP PENGALOKASIAN BELANJA MODAL PROVINSI

DI INDONESIA

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Disusun Oleh : BOBBY ANDI IRAWAN

B 200 120 349

PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

(2)
(3)
(4)
(5)

v MOTTO

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan)

yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Al Insyirah : 5-8)

Barang siapa yang berjalan disuatu jalan untuk menuntut ilmu

pengetahuan, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.

(HR. Muslim)

“Jangan khawatir dengan dunia, karena itu milik Allah. Jangan khawatirkan pula rizkimu, karena semua itu dari Allah. Tapi, fokuslah untuk memikirkan satu hal,

bagaimana menjadikan Allah ridho kepadamu” (Ustadz Musyaffa Ad Dariny)

hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.”

(QS : Al-Insyirah 6-8)

“Cobalah untuk tidak menjadi seorang yang sukses, tapi jadilah seorang yang bernilai.”

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya hingga terselesaikan skripsi ini, kupersembahkan untuk:

 Allah SWT yang telah memberi anugerah dan karunia serta senantiasa mencurahkan nikmat serta hidayah-Nya.

 Rasulullah SAW semoga sholawat serta salam selalu tercurah kepada Beliau Nabi Muhammad SAW.

 Orang tua tercinta yang selalu menyayangiku, selalu memberikan semangat, terima kasih dukungan dan doanya.

 Sahabat-sahabatku yang telah memberikan dukungan dan semangat.

(7)

vii

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikumWr. Wb

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah dan inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DANA ALOKASI

KHUSUS (DAK), DANA BAGI HASIL (DBH) TERHADAP

PENGALOKASIAN BELANJA MODAL PROVINSI DI INDONESIA” sebagai salah satu tugas akhir Program Studi Akuntansi (S1) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Penyusunan Karya tulis ini penulis menyadari akan segala keterbatasan baik dalam pengetahuan maupun pengalaman dan di rasakan adanya banyak kekurangan dan kesalahan dengan tidak terlepas dari bimbingan, arahan, dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak Dr. Triyono, SE, M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Bapak Dr. Zulfikar, SE, M.Si selaku Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

(8)

viii

4. Bapak Dr. Noer Sasongko, M.Si., CA., Ak selaku Pembimbing Akademik yang telah memberikan arahan dan bimbingan dalam studi penulis.

5. Seluruh Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi penulis.

6. Kedua Orang Tua yang telah banyak memberikan bantuan baik materiil dan moril sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dan studi di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

7. Keluarga besar Akuntansi kelas i

8. Semua pihak yang telah membantu dan yang tidak bias penulis sebutkan satu per satu. Semoga bimbingan, bantuan, arahan, dan dukungan yang telah diberikan oleh Allah SWT sebagai kebijakan kelak dikemudian hari.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan, untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun, penulis harapkan demi kesempurnaan skripsi ini dan di masa yang akan datang akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Surakarta, 2016 Penulis

(9)

ix DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN ... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI ... iv

(10)

x

H. Kerangka Pemikiran dan Pengenbangan Hipotesis ... 33

BAB III METODE PENELITIAN ... 38

A. Desain Penelitian ... 38

B. Populasi, Sampel dan teknik pengambilan ... 38

C. Data dan Sumber Data ... 39

D. Definisi Operasional dan Pengukuran Variabel ... 40

E. Metode Analisis Data ... 44

(11)

xi

2. Pengujian Hipotesis... 57

a. Uji Regresi Linier Berganda ... 57

b. Pengujian Secara Parsial (Uji t) ... 59

c. Pengujian Model (Uji F) ... 59

d. Koefisien Diterminasi (R2) ... 60

C. Pembahasan ... 61

BAB V PENUTUP ... 67

A. Simpulan ... 67

B. Keterbatasan Penelitian ... 68

C. Saran ... 69 DAFTAR PUSTAKA

(12)

xii

DAFTAR TABEL

(13)

xiii

DAFTAR GAMBAR

(14)

xiv

DAFTAR LAMPIRAN

1. Lampiran 1 Daftar Sampel

2. Lampiran 2 Hasil Uji Statistik Deskriptif 3. Lampiran 3 Hasil Uji Asumsi klasik 4. Lampiran 4 Hasil Uji Hipotesis

5. Lampiran 5 Distribusi Tabel Durbin Watson 6. Lampiran 6 Distribusi Nilai Ttabel

(15)

xv ABSTRAKSI

Kondisi Belanja modal dalam APBD di pemerintah provinsi Indonesia kurang diperhatikan, Pemerintah daerah seharusnya dapat mengalokasikan APBDnya untuk belanja modal dan tidak habis digunakan untuk belanja pegawai dan belanja rutin. Diberlakukannya otonomi daerah memberikan kesempatan pemerintah daerah untuk lebih mengembangkan potensi daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris yang mengetahui ada tidaknya pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Bagi Hasil (DBH) terhadap Pengalokasian Belanja Modal pada pemerintah provinsi se Indonesia.

Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposif sampling, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Provinsi di Indonesia tahun 2013-2014. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa Laporan Realisasi APBD Pemerintah Provinsi se Indonesia tahun 2013-2014.

Hasil pengujian menunjukan PAD, DAU, dan DAK tidak berpengaruh positif dan signifikan pada belanja modal Provinsi di Indonesia, namun DBH berpengaruh signifikan terhadap belanja modal Provinsi di Indonesia.

(16)

xvi

ABSTRACK

Condition Capital expenditures in the budget in the provincial government of Indonesia less of attention, the government should be allocated APBD for capital expenditure and not for consumables used for personnel expenditure and current expenditures. Implementation of regional autonomy gives local governments the opportunity to further develop the potential of the region. The purpose of this study was to obtain empirical evidence to determine whether there is influence revenue (PAD), General Allocation Fund (DAU), Special Allocation Fund (DAK), and DBH (DBH) of the Allocation of Capital Expenditure provincial governments throughout Indonesia.

In this research a method of the sample used is a technique purposif of sampling , the population in this research was the whole provinces in indonesia years 2013-2014 .This study using secondary data reports in the form of the realization of regional the government of se indonesia years 2013-2014 .

The test results showed PAD, DAU and DAK are given not positive and significant impact on capital expenditures in the Province of Indonesia, but DBH given significant effect on capital expenditures in the province of Indonesia.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...