PENGEMBANGAN KAMUS MULTIMEDIA BAHASA LAMPUNGINDONESIA-INGGRIS BERBASIS TEXT TO SPEECH

Teks penuh

(1)

ABSTRAK

PENGEMBANGAN KAMUS MULTIMEDIA BAHASA LAMPUNG-INDONESIA-INGGRIS BERBASISTEXT TO SPEECH

Oleh

ABDUL MUIS

Bahasa adalah pengembangan dari bentuk dasar komunikasi antara manusia dan lingkungan. Beragam bahasa terdapat didunia, salah satunya adalah bahasa lampung. Bahasa lampung memiliki keunikan berupa pengucapan kosa kata yang berbeda dari lainnya. Pada penelitian ini dibuat kamus multimedia bahasa Lampung-Indonesia-Inggris dengan disertai pengucapan bahasa lampung. Kamus ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk pembelajaran bahasa Lampung-Indonesia-inggris untuk kalangan pemula.

(2)

ABSTRACT

THE DEVELOPMENT OF LAMPUNG-INDONESIAN-ENGLISH DICTIONARY BASED ON TEXT TO SPEECH

By

ABDUL MUIS

Language is the development of the basic form of communication between human being and a society. Many different languages in the world, one of them is Lampung language. Lampung language has originality in pronunciation. This research has made Lampung-Indonesian-English multimedia dictionary which contains pronunciation of Lampung language. This dictionary can be used as a learning media of Lampung-Indonesian-English language for the beginner.

(3)

V. Kesimpulan

5.1 Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya tentang pengembangan perangkat lunak ini, maka dapat disimpulkan sebagai berikut

1. Lebih dari 75% user mengatakan bahwa penyampaian informasi dalam bentuk kata dan pelafalannya telah sesuai dengan ejaan yang seharusnya. 2. Sebagai alternatif untuk pembelajaran bahasa lampung indonesia - inggris

untuk kalangan pemula

3. Penggunaan microsoft speech synthesis pada aplikasi ini sangat baik untuk melafalkan kata dalam bahasa inggris

5.2 Saran

(4)

I. PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Bahasa merupakan pengembangan dari bentuk dasar komunikasi antara manusia dan lingkungannya. Terdapat beragam bahasa di dunia dan memiliki keunikan masing-masing. Kamus yang ada pada saat ini berbentuk buku dan mempunyai ukuran yang besar dan berat, hal ini mengakibatkan orang-orang cenderung malas untuk membawa kamus, padahal penggunaan kamus sangat diperlukan untuk menerjemahkan suatu bahasa.

Salah satu bahasa yang memiliki keunikan di dunia adalah Bahasa Lampung. Keunikan tersebut berupa pengucapan serta penulisan aksara yang berbeda dari bahasa lainnya. Masalah yang sering timbul adalah keterbatasan pengetahuan masyarakat terhadap Bahasa Lampung. Masyarakat Lampung sendiri tidak mengetahui cara pengucapan maupun penulisan aksara khususnya di daerah perkotaan.

(5)

2

adanya pengucapan Bahasa Lampung. Jadi masyarakat belum mengetahui cara pengucapan Bahasa Lampung secara benar.

Penelitian ini mengembangan kamus multimedia yang telah dibuat oleh Lembaga Penelitian Universitas Lampung. Pengembangan kamus ini difokuskan pada penambahan cara pengucapan setiap kosa kata berbahasa Lampung.

Penggunaaan aplikasi kamus ini sangat diperlukan karena praktis dalam penggunaannya dilakukan dapat dilakukan kapan saja dan sesuai untuk digunakan bagi semua pelajar, mahasiswa, bahkan dapat pula digunakan oleh pekerja kantoran dan lain-lain.

1.2. RUMUSAN MASALAH

Masalah yang akan dibahas di dalam penelitian ini adalah:

1. Bagaimana mengimplementasikan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6 dalam pembuatan aplikasi kamus bahasa Lampung-Indonesia-Inggris.

2. Bagaimana respon dari aplikasi kamus bahasa Bahasa Lampung-Indonesia-Inggris ke dalam dunia pendidikan dilampung sebagai sarana mata pelajaran muatan lokal.

3. Bagaimana cara untuk menggunakan Microsoft Speech Synthesis

kedalam aplikasi kamus multimedia ini.

(6)

3

Untuk lebih memfokuskan terhadap permasalahan, maka dalam hal ini penulis perlu untuk menetapkan batasan-batasan terhadap permasalahan yang diteliti, yaitu sebagai berikut:

1. Aplikasi ini dibangun sebagai kamus dua arah, yaitu bahasa Lampung-Indonesia-Inggris.

2. Aplikasi ini hanya dapat menerjemahkan per kata sesuai dengan kata yang berbahasa lampung yang dipilih dan tidak menerjemahkan kata per kalimat

3. Aplikasi ini mempunyai fitur suara

4. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6

5. Database yang digunakan pada pembuatan aplikasi ini adalah database dari pengembang aplikasi sebelumnya dengan menggunakan Microsoft Access.

1.4. TUJUAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun suatu aplikasi kamus bahasa Bahasa Lampung-Indonesia-Inggris untuk alat bantu pendidikan bahasa lampung bagi pelajar lampung dalam berbahasa lampung dengan berbasis

text to speech.

1.5. MANFAAT PENELITIAN

(7)

4

1. Memudahkan para pelajar atau pengguna sistem dalam menerjemahkan bahasa Lampung-Indonesia-Inggris

2. Memberikan alternatif cara menerjemahkan suatu bahasa daerah ke bahasa indonesia dan bahasa asing dengan dilengkapi fitur suara.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...