TARI TRADISIONAL 34 PROVINSI INDONESIA.d

3104  Download (6)

Teks penuh

(1)

TARI TRADISIONAL 34 PROVINSI INDONESIA

N

O PROVINSI NAMA TARI FUNGSI

1. Nangroe Aceh Darrusalam .

Tari Saman Fungsi tari Saman yaitu sebagai tari yang dipentaskan di upacara hari besar keagamaan seperti saat maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, tari ini juga berfungsi sebagai sarana penyebaran dakwah.

2. Sumatera Utara.

Tari Baluse Fungsi dari tari Baluse yaitu sebagai bagian dari rangkaian ritual adat suku Mentawai. Tari ini biasa diakhiri dengan tradisi loncat batu setinggi 4 meter.

3. Sumatera

Barat. Tari Piring Awal mulanya fungsi dari taripiring di daerah Minangkabau, belum seperti fungsi pada sekarang ini, yang di mana awal mulanya kegunaan tari piring ini dipakai oleh Minangkabau ketika musim panen tiba, yang di mana tari piring ini dimanfaatkan oleh masyarakat Minangkabau ketika itu mempunyai tujuan untuk memberi perkataan syukur pada dewi padi, yang di mana telah memberi hasil panen yang melimpah ruah pada masyarakat Minangkabau.

(2)

5. Jambi. Tari Sekapur Sirih Fungsi dari tari Sekapur Sirih Sumatrea Selatan, khususnya Palembang.

7. Bengkulu. Tari Andun Fungsi dari tari Andun adalah sebagai rangkaian dari prosesi tanam padi dan sebagai hiburan masyarakat Bengkulu karena setelah menanam padi maka masyarakat Bengkulu akan meminta do’a agar hasil panennya melimpah. Selain itu, tari Andun juga berfungsi sebagai sarana penghibur masyarakat.

(3)

10. Kepulauan Riau..

Tari Zapin Fungsi dari tari Zapin yaitu sebagai tari hiburan yang ditujukan untuk menghibur masyarakat Kepulauan Riau. Selain menghibur, tari Zapin juga berfungsi sebagai tari yang dipentaskan dalam menyebarkan dakwah islam dan edukatif karena memberi pelajaran tentang bagaimana menjadi orang yang bisa bermasyarakat dengan baik. 11. DKI

Jakarta. Tari Topeng Fungsi dari tari Topeng Betawiyaitu sebagai upacara adat masyarakat betawi sebagai tarian untuk menolak bala. Pada masa kini, tari ini sering digunakan utuk menghibur masyarakat atau memeriahkan acara pernikahan. Sekarang tari ini sudah jarang digunakan untuk menolak bala.

12. Jawa Barat. Tari Jaipong Fungsi dari tari Jaipong yaitu sebagai hiburan karena tari Jaipong biasa digelar untuk menghibur masyarakat. Selain itu, tari Jaipong juga berfungsi sebagai tari penyambut tamu karena tari ini sering digunakan pemerintah Jawa Barat untuk menyambut tamu kebesaran dari dalam dan luar negeri.

13. Jawa Tengah.

(4)

14. DI

Yogyakarta.

Tari Serimpi Fungsi dari tari Serimpi Yogyakarata adalah tari yang ditujukan untuk menghibur raja di kesultanan keraton Yogyakarta pada masa dahulu. Namun, sekarang tari ini juga bisa disaksikan oleh wisatawan yang berkunjung ke keraton. Selain itu, tari ini juga biasa dipentaskan saat upacara adat di keraton.

15. Banten. Tari Rampak Bedug Fungsi dari tari Rampak Bedug yaitu sebagai hiburan karena tari ini dibuat untuk menghibur masyarakat Banten sekaligus memberi pesan agar kita melaksanakan ibadah pada waktunya.

16. Jawa Timur. Tari Remo Fungsi dari tari Remo adalah tari pertunjukan yang biasa dipentaskan untuk menyambut tamu Negara maupun dipentaskan diberbagai festival kesenian daerah. seiring berjalannya waktu, tari ini sekarang juga digunakan sebagai tari yang dipentaskan untuk menyambut tamu kehortmatan seperti presiden..

18. Nusa Tenggara Barat.

(5)

19. Nusa Tenggara Timur.

Tari Gareng Lameng Fungsi tari ini adalah tari hiburan karena ditujukan sebagai hiburan masyarakat Nusa Tenggara Timur ketika pada saat acara khitan. Selain itu, tari ini juga sebagai ungkapan doa masyarakat agar yang dikhitan diberkahi hidupnya oleh Tuhan.

20. Kalimantan

Barat. Tari Monong/Manang Fungsi dari tari Monong adalahtarian untuk upacara adat. Tari Monong ini merupakan sebuah tari penyembuhan yang dapat menyembuhkan atau menangkal penyakit yang ada dalam tubuh penderita. Dalam tarian ini penari bertindak seperti seorang dukun dengan menggunakan jampi-jampi.

21. Kalimantan Tengah.

Tari Tambun dan Bungai Fungsi tari ini yaitu upacara adat. Tari ini bisa disebut tari upacara adat karena tari ini digunakan masyarakat Kalimantan Tengah untuk memanggil hujan dan mengusir hama tani dan kebun.

22. Kalimantan

Selatan. Tari Baksa Kembang Fungsi tarian ini adalah taripertunjukan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan atau kerabat-kerabat kerajaan.

23. Kalimatan Timur.

(6)

24. Sulawesi Utara.

Tari Maengket Fungsi dari tari ini adalah tari upacara keagamaan. Tari ini berfungsi sebagai upacara keagamaan karena tari ini dipentaskan untuk berdoa kepada tuhan atas hasil panen yang diberikan.

25. Sulawesi

Tengah. Tari Dero Fungsi dari tari Dero adalah tariadat karena tari Dero dipentaskan pada saat upacara adat di Poso yaitu pada saat menjelang musim panen.

26. Sulawesi Selatan.

Tari Pakarena Fungsi dari tari Pakarena adalah sebagai tari ritual/upacara adat karena tari ini digunakan sebagai tari yang digelar pada upacara adat masyarakat desa Gantarang. Tari ini juga berfungsi sebagai tari yang digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih masyarakat terhadap pemimpinnya.

27. Sulawesi

(7)

28. Gorontalo. Tari Dana-dana Fungsi dari tari Dana-Dana adalah tari pertunjukan yang digelar pada saat pernikahan, hajatan, maupun festival kesenian daerah. Tari ini pertema kali digunakan untuk mengisi acara pernikahan Raja Sultan Amay dengan Putri Owotango.

29. Sulawesi

Barat. Tari Pattudu Fungsi dari tari Patuddu adalahtari yang digunkan sebagai hiburan. Tari ini berfungsi sebagai tari yang digunakan untuk menghibur raja di lingkungan kerajaan dan digelar di lantai istana.

30. Maluku. Tari Lenso Fungsi dari tari Lenso dalah tari hiburan karena tari ini biasa diadakan saat acara-acara besar seperti pesta pernikahan, pesta hasil panen yang melimpah, maupun menyambut tamu untuk menghibur orang yang hadir dalam acara tersebut.

31. Maluku Utara.

Tari Perang Fungsi tarian ini adalah tari upacara adat. Tari ini banyak dipentaskan pada upacara adat yang menceritakan tentang peperangan.

32. Papua. Tari Selamat Datang Tari ini berfungsi sebagai tari pertunjukan. Bisa disebut tari pertunjukan karena tari ini biasanya dipentaskan untuk menyambut para tamu kehormatan yang datang ke pulau Papua.

33. Papua

(8)

34. Kalimantan Utara

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...