PENGEKANGAN DOSA docx ampunan dosa

Teks penuh

(1)

Romauli Munthe – 00000010526 – ST 3

Refleksi Pengekangan Dosa

Apakah orang yang belum percaya Kristus dapat melakukan hal-hal baik sesuai kehendak Allah? Ya, orang yang percaya Kristus untuk bertindak dan melakukan kebaikan sesuai kehendak Allah, karena Allah telah menaruh hati nurani dalam hati mereka untuk mengingatkan mereka akan yang baik dan yang jahat. Selain itu, juga mungkin bagi Allah untuk menunjukkan kasihNya kepada orang-orang beriman melalui orang-orang yang tidak beriman. Anugerah umum dikaruniakan kepada semua orang termasuk kepada mereka yang belum percaya akan Yesus, dengan tujuan untuk mengekang dosa. Dosa juga dikekang melalui penerapan hukuman oleh pemerintah baik berupa denda, penjara bahkan hukuman mati kepada orang-orang yang melanggar hukum.

Apakah yang dimaksud dengan bebas? Bebas artinya tidak terikat, bebas untuk merealisasikan (KBBI: mewujudnyatakan, melakukan) jati dirinya sebagai manusia atau dalam arti lain kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membuat pilihan secara sukarela, bebas dari segala kendala ataupun tekanan yang ada. Bila manusia tidak diperbolehkan berdoa kepada Allah apakah manusia masih disebut bebas? Menurut saya “tidak”, karena berdoa merupakan hal yang bebas dilakukan oleh manusia dan ketika itu dikekang berarti manusia dihalangi untuk melakukan kebebasannya. Bagaimana sebaliknya jika manusia tidak diperbolehkan untuk terbang, apakah itu bebas? Ya, karena kodrat manusia bukanlah kodrat burung yang bisa terbang. Pengekangan untuk melakukan apa yang bukan kodratnya bukanlah pengekangan atas kebebasan. Oleh karena itu untuk menilai apakah sesuatu bisa dikatakan punya kebebasan atau tidak, kita harus tahu dulu kodrat sejati dari sesuatu itu.

(2)

Romauli Munthe – 00000010526 – ST 3

manusia menghendaki sesuatu yang bertentangan dengan kodratnya, misalnya : LGBT dan aborsi, hal ini merupakan salah atas kebebasannya.

Sekarang, yang menjadi pertanyaan dalam diri saya adalah bagaimana dengan sebelum kedatangan anti Kristus nantinya yang akan memerintah dunia dengan kejam dan menganiaya orang-orang yang percaya kepada Kristus bahwa semua pengekangan terhadap dosa akan diangkat? Mengapa pengekangan terhadap dosa tersebut diangkat? Mungkin hal ini karena orang-orang yang setia kepada Yesus Kristus akan dijemput oleh Yesus dan tubuh mereka akan diubahkan menjadi tubuh yang tidak dapat mati.

Pengekangan dosa yang Allah lakukan tidak hanya bagi orang percaya saja tetapi bagi semua orang sehingga manusia dapat menikmati anugerah umum dari Allah. Anugerah umum ini seharusnya dapat membuat kita terus bekerja dan berdoa untuk memuliakan Allah. Sesunggunya Allah mengekang manusia karena Allah tidak menginginkan kematian orang berdosa, Allah ingin manusia datang kepadaNya.

Allah menginginkan saya untuk bertobat melakukan yang Allah kehendaki. Sering saya mengecewakan dan membuat sakit hatiNya baik melalui pikiran, perkataan, dan tingkah laku saya. Saya sadar belum sepenuhnya saya hidup sesuai dengan kehendak Allah. Melalui materi pembelajaran ini semoga saya semakin sadar bahwa hidup saya sepenuhnya dikendalikan oleh Allah, ada Allah yang mengontrol hidup saya. Contoh sederhana saya telah melakukan perubahan terhadap diri saya mulai dari hal kecil, mempergunakan waktu yang dikaruniakan Tuhan dengan baik misalnya: membagi waktu saya agar dapat saat teduh untuk bersekutu denganNya, itu dapat saya lakukan secara konsisten, dan yang belum saya lakukan adalah taat sepenuhnya kepada aturan yang ada, terkadang saya masih melanggarnya walaupun hal-hal simple, serta yang akan saya lakukan adalah dimulai dari lingkungan saya terlebih dahulu menaati setiap peraturan yang berlaku baik di dormitory dan di lingkungan kampus khususnya di

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...