LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Program Pengabdian Kepada Masyarakat

81  Download (0)

Full text

(1)LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Program Pengabdian Kepada Masyarakat. PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA MTS AL AMANAH MELALUI PELATIHAN JARAK JAUH DAN PENAMBAHAN SARANA PEMBELAJARAN. Oleh: Ketua Anggota. : Emy Haryatmi : Tri Agus Riyadi Murniyati Riza Adrianti Supono Dini Andriyani Witari Aryunani Nuryuliani Oktaviani Endah Kurniasari Rosdiana Novrina Ivan Maurits Yeni Setiani Ary Bima Kurniawan Yogi Permadi. (0307067801) (0325087803) (0326107801) (0327116805) (0327128401) (0321027201) (0303077702) (0304107504) (0316057701) (0314047701) (0307117601) (0322087701) (0302127603) (0328127703) (0308018504). UNIVERSITAS GUNADARMA JAKARTA 2021.

(2) HALAMAN PENGESAHAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. 1. Judul 2. Nama Mitra Program 3. Ketua Tim Pengusul a. Nama Lengkap b. NIDN c. Program Studi d. Perguruan Tinggi e. Bidang Keahlian 4. Anggota Tim Pengusul a. Jumlah Anggota b. Mahasiswa yang Terlibat 5. Lokasi Kegiatan/Mitra a. Wilayah Mitra (Desa/Kecamatan) b. Kabupaten/Kota c. Provinsi d. Jarak PT ke Lokasi Mitra 6. Luaran yang Dihasilkan. : Peningkatan Pengetahuan Siswa MTs Al Amanah Melalui Pelatihan Jarak Jauh dan Penambahan Sarana Pembelajaran : MTs Al Amanah, Bedahan, Sawangan : : : : :. Dr. Emy Haryatmi 0307067801 Magister Teknik Elektro Universitas Gunadarma Teknologi Informasi. : :. Dosen 14 Orang Tidak ada. : : : : : :. Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan Bogor Jawa Barat 15 Km - Peningkatan Daya Saing (Peningkatan Kualitas, Kuantitas, serta Nilai Tambah Barang, Jasa, Diversifikasi Produk, atau Sumber Daya Lainnya), Target: Ada - Peningkatan Penerapan Iptek di Masyarakat (Mekanisasi, IT, dan Manajemen), Target: Ada - Perbaikan Tata Nilai Masyarakat (Seni, Budaya, Sosial, Politik, Keamanan, Ketenteraman, Pendidikan, Kesehatan), Target: Ada - Jasa, Rekayasa Sosial, Metode atau System, Produk/Barang, Target: Ada. 1.

(3) 7. Jangka Waktu Pelaksanaan 8. Biaya Total a. DRPM b. Sumber Lain. : : : :. 6 Bulan 0 Rp 6.700.000,-. Mengetahui, Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat. Ketua Pengusul. (Dr. Aris Budi Setyawan) NIP 930391. (Dr. Emy Haryatmi) NIP 001188. 2.

(4) DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL HALAMAN PENGESAHAN DAFTAR ISI RINGKASAN BAB.1 PENDAHULUAN .................................................................................. 1.1 Latar Belakang ............................................................................................. 1.2 Analisis Situasi ............................................................................................ 1.3 Permasalahan Prioritas Mitra ........................................................................ 5 5 5 5. BAB 2 SOLUSI DAN TARGET LUARAN ...................................................... 2.1. Solusi ........................................................................................................... 2.2. Target Luaran ................................................................................................ 6 6 6. BAB 3 METODE PELAKSANAAN ................................................................. 3.1. Metode Pelaksanaan .................................................................................... 3.2. Rencana Kegiatan ......................................................................................... 8 8 8. BAB 4 KELAYAKAN PERGURUAN TINGGI ............................................... 4.1. Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) .. 4.2. Kepakaran Tim ............................................................................................ 4.2.1. Tim Pengusul ................................................................................... 4.2.2. Tim Pelaksana ................................................................................... 10 10 11 11 11. BAB 5 HASIL DAN LUARAN YANG DICAPAI ........................................... 12 5.1. Hasil ............................................................................................................. 12 5.2. Luaran .......................................................................................................... 12 BAB 6 RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYA .............................................. BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN .............................................................. 7.1. Kesimpulan .................................................................................................. 7.2. Saran ............................................................................................................. 13 14 14 14. DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................... 15 Lampiran 1. Peta Lokasi Lampiran 2. Surat Permintaan Mitra Lampiran 3. Surat Keterangan Mitra (dengan materai Rp.10.000) Lampiran 4. Jadwal Kegiatan Lampiran 5. Anggaran Biaya Lampiran 6. Tim Mahasiswa Pelaksana Lampiran 7. Luaran (Photo Hasil Kegiatan / Publikasi / Video Kegiatan). 3.

(5) RINGKASAN Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memberikan peralatan pendukung proses belajar mengajar di MTs Al Amanah selama pandemic covid-19. MTs Al Amanah merupakan mitra pengabdian pada masyarakat yang merupakan salah satu tempat Pendidikan yang lebih diperuntukkan bagi kalangan menengah ke bawah. MTs Al Amanah memiliki lebih dari 100 siswa yang juga merupakan siswa di pondok pesantren Al Amanah. Pelatihan berupa pengenalan internet diberikan pada siswa MTs Al Amanah untuk meningkatkan pengetahuan siswa tersebut. Pada saat pendemic covid-19, pelatihan diberikan dengan pemberian materi melalui yayasan untuk dipelajari oleh siswa selama 6 bulan secara mandiri. Pelatihan tidak diberikan secara daring karena untuk meringankan penggunaan kuota internet siswa. Pemberian peralatan pendukung proses belajar mengajar merupakan partisipasi dari tim dosen yang melakukan pengabdian di mitra. Selanjutnya target luaran pengabdian masyarakat ini difokuskan pada peningkatan pengetahuan siswa dan penambahan sarana pembelajaran yang mendukung pembelajaran dari rumah. Kata Kunci : Pelatihan, Peralatan. 4.

(6) BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perkembangan bidang Teknologi Informasi dan Komputer mengakibatkan kurikulum bidang pendidikan harus disesuaikan dengan cara memasukkan pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada tingkat SMP atau MTs, siswa mempelajari penggunaan microsoft word, excel, pengenalan sistem operasi windows dan pengenalan internet. Seluruh materi ini mendukung pemahaman mereka mengenai komputer. Yayasan Al-Amanah merupakan yayasan panti asuhan dan pondok pesantren yang mengasuh kurang lebih 120 orang anak dari berbagai tingkat pendidikan seperti balita, Madrasah Ibtidaiyah (MI) setara SD, Madrasah Tsanawiyah (MTs) setara SMP dan Madrasah Aliyah (MA) setara SMA. Selain itu, yayasan ini juga mengelola sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga SMK. Mayoritas siswa yang diasuh oleh yayasan Al-Amanah adalah berasal dari tingkat MTs. Siswa yang mengikuti Pendidikan di sekolah yang dimiliki oleh Yayasan Al-Amanah berasal dari kalangan menengah kebawah. Ada siswa yang tidak diwajibkan untuk membayar biaya Pendidikan selama menempuh Pendidikan di Yayasan Al-Amanah. Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menjadi salah satu pelajaran pilihan di Mts Al Amanah. Hal ini mengharuskan pihak Yayasan untuk meningkatkan pemahaman siswa khususnya dibidang Teknologi Informasi dan Komputer selain berasal dari guru mata pelajaran tersebut juga mendatangkan para pakar dibidangnya. Hal ini dilakukan untuk dapat meningkatkan pengetahuan siswa MTs Al Amanah mengenai bidang komputer khususnya pengenalan internet. Selain itu juga untuk dapat memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia di MTs Al Amanah.. 1.2 Analisis Situasi Berdasarkan data nilai pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa MTs Al Amanah, nilai siswa untuk mata pelajaran tersebut cukup rendah. Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran tersebut masih kurang dan perlu dilakukan peningkatan pengetahuan dengan penyampaian materi yang lebih interaktif dan komunikatif. Sarana dan prasarana di MTs Al Amanah untuk mendukung mata pelajaran ini sudah ada namun masih harus terus ditingkatkan. Sarana dan prasarana yang terdapat di MTs Al Amanah Sebagian besar merupakan hibah dari para pendonor yang datang ke Yayasan Al Amanah dan jumlahnya masih terbatas. 1.3 Permasalahan Prioritas Mitra Permasalahan utama yang dihadapi oleh Mitra adalah kurangnya sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan mengenai aplikasi komputer. Sarana dan prasarana juga masih kurang untuk dapat mendukung proses belajar mengajar bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. MTs Al Amanah membutuhkan laptop dan printer untuk keperluan administrasi sekolah menggantikan komputer dan printer yang sudah tidak mumpuni.. 5.

(7) BAB 2 SOLUSI DAN TARGET LUARAN 2.1.. Solusi. Pada kegiatan pengabdian ini, kelompok abdimas memberikan pelayanan berupa pelatihan dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti word, excel, pengenalan sistem operasi windows dan pelatihan pengenalan internet. Pelatihan pengenalan internet berisikan mengenai definisi internet, sejarahnya, perkembangannya, keuntungan dan kekurangan dari penggunaan internet. Selain itu juga memberikan pelatihan penggunaan word, excel dan pengenalan sistem operasi windows. Bagian administrasi MTs Al Amanah menangani data dosen, data siswa, nilai siswa dan sebagainya. Komputer dan printer yang biasa digunakan sudah tidak mendukung untuk proses administrasi. Laptop yang diberikan oleh kelompok abdimas digunakan oleh bagian administrasi. Selain itu, printer digunakan untuk mencetak kebutuhan administrasi yang diperlukan. 2.2.. Target Luaran. Luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditargetkan berupa peningkatan pengetahuan siswa dan penambahan fasilitas pembelajaran di MTs Al Amanah. Target luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada MTs Al Amanah, terangkum dalam tabel 2.1 di bawah ini: Tabel 2.1 Rencana Target Capaian Luaran No. Jenis Luaran. Indikator Capaian. Luaran Wajib 1 2. Publikasi ilmiah pada jurnal ber ISSN/Prosiding jurnal nasional Publikasi pada media masa cetak/online/repository PT Peningkatan daya saing (peningkatan kualitas, kuantitas dan nilai 3 tambah barang, jasa, diversivikasi produk atau sumber daya lainnya Peningkatan penerapan iptek di masyarakat (mekanisasi, IT dan 4 manejemen Perbaikan tata nilai masyarakat (seni budaya, social, politik, 5 keamanan, ketentraman, pendidikan, kesehatan) Luaran Tambahan 1 Publikasi di jurnal internasional 2 Jasa: rekayasa sosial, metode atau sistem, produk/barang. Tidak Ada Tidak Ada Ada Ada Ada Tidak ada Tidak Ada 6.

(8) 3 4 5. Inovasi baru TTG Tidak ada Hak kekayaan intelektual (Paten, Paten sederhana, Hak Cipta, Merk dagang, Rahasia Dagang, Desain Produk Industri, Perlindungan Tidak Ada Varietes Tanaman, Perlindungan Desain Topografi Sirkuit Tengah Buku Ber ISBN Tidak ada. 7.

(9) BAB 3 METODE PELAKSANAAN 3.1 Metode Pelaksanaan Pada kegiatan pengabdian kali ini, seluruh pelatihan yang dilakukan di MTs Al Amanah Bedahan, Sawangan dilakukan tanpa adanya biaya. Hal ini merupakan perwujudan pelaksanaan pengabdian masyarakat (Abdimas) dari tim dosen Universitas Gunadarma. Metode yang digunakan dalam melakukan pelatihan berupa peragaan aplikasi, peragaan peralatan jaringan, permainan seputar materi dan tebak gambar atau tebak jawaban. Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ditunjukkan pada Gambar 1 yang meliputi tahapan rencana kegiatan dan metode kegiatan pengabdian masyarakat yang terkait dengan hasil dan pembahasan.. Analisis Kebutuhan. Pemberian Pelatihan. Disain Strategi Pelatihan. Peralatan pendukung administrasi. Diskusi Peralatan. 1. Pelatihan via email 2. Penyerahan Peralatan. Gambar 1 Metode Pelaksanaan Solusi Pelatihan yang diberikan berdasarkan kebutuhan di MTs Al Amanah yaitu pengenalan internet. Materi pelatihan mengacu pada buku TIK yang dimiliki oleh siswa serta materi tambahan dari tim dosen. Pertemuan pelatihan selama pandemic covid-19 hanya memberikan materi ke siswa yang dikirimkan melalui email Yayasan. Yayasan meneruskan materi tersebut ke siswa. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan MTs Al Amanah dalam pelaksanaan belajar mengajar di MTs Al Amanah berupa televisi, wireless router dan viewer diinventarisasi terlebih dahulu. Pengadaan peralatan tersebut merupakan sumbangan dari tim dosen dengan menyisihkan sebagian rezeki untuk pembelian peralatan tersebut. Pembelian peralatan sesuai dengan dana yang terkumpul. Strategi pelatihan selama pandemic covid-19 diarahkan siswa lebih banyak mengeksplor sendiri. Pemberian materi pelatihan dipelajari oleh siswa selama 2 minggu setiap bulannya. Pemberian materi dilakukan dari bulan Maret 2021 hingga Agustus 2021. 3.2 Rencana Kegiatan Rencana kegiatan pengabdian pada masyarakat yang mendukung tahapan yang ditunjukkan pada gambar 1 adalah sebagai berikut:. 8.

(10) 1. Melakukan analisis kebutuhan. a. Pemberian pelatihan b. Peralatan pendukung proses belajar mengajar 2. Melakukan desain strategi pelatihan. 3. Melakukan diskusi peralatan. 4. Melakukan penyerahan peralatan pendukung administrasi. 5. Melakukan pelatihan. 6. Melakukan pelaporan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. 9.

(11) BAB 4 KELAYAKAN PERGURUAN TINGGI 4.1 Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Maasyarakat (LPPM) Universitas Gunadarma merupakan lembaga yang berperan untuk mendukung Universitas Gunadarma dalam mewujudkan salah satu tujuannya yaitu “memberikan kontribusi dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi kebutuhan pembangunan secara regional, nasional dan internasional”. Dalam pelaksanaan tugasnya, LPPM Universitas Gunadarma selalu berupaya mensosialisasikan penelitian dan pelayanan IPTEK unggulan berguna bagi masyarakat secara luas. Selama ini kontribusi LPPM Universitas Gunadarma pada kegiatan pengabdian masyarakat sangat banyak, tidak hanya secara fisik dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat, namun juga secara keilmuan. Beberapa yang telah dilakukan oleh LPPM diantaranya adalah : 1. Menyediakan ruang dan prasarana yaitu berupa incubator bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk mempersiapkan dan mengembangkan usahanya, a. Ruang diskusi di lembaga penelitian yang dapat dimanfaatkan untuk diskusi dan koordinasi, dalam kondisi yang sangat mendukung (AC, kursi, meja diskusi, whiteboard, dan LCD Projector). b. Keberadaan beberapa laboratorium pendukung, seperti Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Pengembangan bisnis, Laboratorium e-commerce, dan lain-lain. Ruangruang Laboratorium ini juga dapat digunakan untuk melakukan pelatihan atas hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan. c. Perpustakaan dengan ruangan dan gedung yang sangat kondusif dan memiliki koleksi buku referensi yang sangat baik. d. Unit pengurusan HKI yang dapat membantu peneliti dalam mengurus dan memperoleh sertifikasi HKI bagi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat 2. Menyediakan kredit mikro bagi kelompok masyarakat usaha binaan 3. Menyediakan domain web yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk memasarkan produknya. 4. Menyediakan sarana informasi seperti tabloid UG News, UG Radio dan UG TV yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi oleh masyarakat usaha. 5. Menyediakan pendampingan untuk membantu pemecahan berbagai permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM.. 10.

(12) 4.2. Kepakaran Tim. Bagian ini merupakan penjabaran kepakaran tim pengusul dan tim pelaksana program penelitian dan pengabdian masyarakat. 4.2.1 Tim Pengusul Nama Emy Haryatmi Tri Agus Riyadi Riza Adrianti Supono Nuryuliani Ivan Maurits Dini Andriyani Witari Aryunani Murniyati Endah Kurniasari Rosdiana Oktaviani Yeni Setiyani Ary Bima Kurniawan Novrina Yogi Permadi. Bidang Ilmu Teknologi Informasi Elektronika Telekomunikasi Teknologi Informasi Teknologi Informasi Teknik Informatika Akuntansi Sistem Informasi Sistem Informasi Sistem Informasi Sistem Informasi Sistem Informasi Sistem Informasi Elektronika Telekomunikasi Teknologi Informasi Sistem Komputer. 4.2.2 Tim Pelaksana Nama Emy Haryatmi Tri Agus Riyadi Riza Adrianti Supono Nuryuliani Ivan Maurits Dini Andriyani Witari Aryunani Murniyati Endah Kurniasari Rosdiana Oktaviani Yeni Setiyani Ary Bima Kurniawan Novrina Yogi Permadi. Bidang Ilmu Teknologi Informasi Elektronika Telekomunikasi Teknologi Informasi Teknologi Informasi Teknik Informatika Akuntansi Sistem Informasi Sistem Informasi Sistem Informasi Sistem Informasi Sistem Informasi Sistem Informasi Elektronika Telekomunikasi Teknologi Informasi Sistem Komputer 11.

(13) BAB 5 HASIL DAN LUARAN YANG DICAPAI 5.1 Hasil Hasil yang telah dicapai melalui pelatihan bidang TIK melalui informasi yang diberikan oleh Yayasan adalah siswa mampu menggunakan word, excel, internet dan mengetahu berbagai jenis sistem operasi windows. Pembelian peralatan penunjang administrasi juga telah terealisasi yaitu laptop dan printer. 5.2 Luaran yang Dicapai Peningkatan penerapan Iptek pada siswa dan penambahan fasilitas pendukung proses belajar mengajar di MTs Al Amanah.. 12.

(14) BAB 6. RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYA Rencana tahapan berikutnya adalah merancang sistem informasi akademik bagi MTs Al Amanah sehingga seluruh data siswa dan guru dapat terekam dengan baik. Selain itu, sistem tersebut juga dapat merekam semua nilai siswa sehingga memudahkan guru untuk melihat laporan nilai siswa. Setelah dilakukan perancangan sistem informasi akademik yang dibutuhkan di MTs Al Amanah, pelatihan diberikan kepada wakil guru untuk dapat menggunakan sistem tersebut. Tahap awal perancangan meliputi perancangan basis data siswa, data guru dan data pegawai lainnya yang diintegrasikan dengan aplikasi sehingga memudahkan dalam pengisian data.. 13.

(15) BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN 7.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil yang dicapai oleh siswa, terjadi peningkatan pengetahuan bidang TIK. Terdapat pula penambahan sarana pendukung administrasi yang digunakan oleh bagian administrasi di MTs Al Amanah. 7.2 Saran Materi dalam bentuk cd interaktif atau video pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menambah pengetahuan bagi para siswa MTs Al Amanah.. 14.

(16) DAFTAR PUSTAKA Setyawan, Andi dan Anwar, Cecep. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs Kelas IX. Kementerian Pendidikan Nasional. Wahyudi, Doni dan Ayustina, Ade. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas 9. Kementerian Pendidikan Nasional. Sofana, Iwan dan Budihardjo, Epsi. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk SMP/MTs Kelas 9. Kementerian Pendidikan Nasional. Adieb, Maulana. Harus Meeting Online? Yuk Ketahui Cara Menggunakan Zoom. https://glints.com/id/lowongan/cara-menggunakan-zoom/#.Xz0FHi2cYWo Clinten, Bill. Cara Mudah Menggunakan Google Meet di Smartphone dan PC. https://tekno.kompas.com/read/2020/07/14/20010017/cara-mudah-menggunakangoogle-meet-di-smartphone-dan-pc?page=all. 15.

(17) LAMPIRAN 1. PETA LOKASI. Jarak antara Universitas Gunadarma dengan MTs Al Amanah adalah 15 km. Universitas Gunadarma , Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok MTs Al Amanah. Jl. Sukatani No. 15 RT 06 RW 03 Kel. Bedahan Kec. Sawangan Kota Depok 16519.

(18) LAMPIRAN 2. SURAT PERMINTAAN MITRA No. 571 / MTs / i / s / SP / II / 2021.

(19) LAMPIRAN 3. SURAT KETERANGAN MITRA No. 612 / MTs / i / s / SK / VIII/ 2021.

(20) LAMPIRAN 4. JADWAL KEGIATAN. No. 1 2 3 4 5 6 7. Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mengumpulkan kebutuhan mitra Observasi ketersediaan sarana pendukung Menentukan jadwal pelatihan Mengumpulkan dana untuk peralatan Pelaksanaan pelatihan Pembelian dan penyerahan peralatan Menyusun Pelaporan Kegiatan. 3. Bulan (Maret – Agustus 2021) 4 5 6 7. 8.

(21) LAMPIRAN 5. ANGGARAN BIAYA. No. KETERANGAN. 1 2. Laptop Printer. SATUAN unit unit. KUANTITAS 1 1. HARGA SATUAN (Rp) 6.000.000 700.000 TOTAL. TOTAL (Rp) 6.000.000 700.000 6.700.000.

(22) LAMPIRAN 6. TIM MAHASISWA PELAKSANA Tidak ada mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat..

(23) LAMPIRAN 7. LUARAN.

(24) Belajar MACRO EXCEL 2007 - 2010 – 2013 Visual Basic for Application atau VBA adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Microsoft dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan aplikasi Office, termasuk di dalamnya Excel. Macro sendiri adalah kumpulan command dan prosedur untuk melakukan tugas tertentu, disimpan dalam bentuk modul pada file Excel. Macro dapat dipanggil untuk menanggapi suatu kejadian (event) seperti suatu klik pada tombol.. Praktek 1 : Mengaktifkan Tab Developer Tab Developer berisi menu-menu yang akan kita gunakan untuk bekerja dengan VBA, berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan tab tersebut : 1.. Jalankan aplikasi Microsoft Excel 2007.. 2.. Klik menu Office.. 3.. Klik tombol Excel Options.. 4.. Pada dialog yang muncul, pilih kategori Popular pada bagian panel kiri..

(25) 5.. Aktifkan opsi Show Developer tab in the Ribbon.. 6.. Klik tombol OK.. 7.. Pastikan tab Developer sudah terlihat pada Ribbon.. Praktek 2 : Visual Basic Editor (Editor) 1.. 2.. Klik tab Developer pada Ribbon, dari group Code klik Visual Basic (atau tekanAlt+F11).. Akan muncul Visual Basic Editor, yang merupakan tempat dimana kita memasukkan dan mencoba kode program kita..

(26) 3. Pada panel kiri atas - bagian project, klik kanan pada Sheet1 dari project dengan nama VBAProject (Book1), kemudian pilih menu View Code.. Ini akan membuka tampilan editor untuk code kita, yang akan dikelompokkan dalam suatu module. Ketikkan code berikut pada editor tersebut. Private Sub APAKABAR() Worksheets("Sheet1").Range("A1").Value = "APA KABAR" Worksheets("Sheet1").Range("C3").Value = "NAMAKU SYAMS ARDHI" End Sub. Penjelasan : Code ini adalah perintah membuat satu procedure dengan nama APA KABAR, yang didefinisikan di dalam Private Sub ... End Sub. 4.. Tekan tombol F5 untuk menjalankan program .. 5.. Simpan file tersebut dengan klik Save As . Pada Kotak Dialog Save As, ketikkan nama file misalnya dengan nama BelajarVBA pada kotak File name. Lalu pastikan Anda memilih Excel Macro-Enabled Workbook pada kotak Save as type. Perhatikan, ekstensi yang disimpan bukan tipe xlsx. tetapi file .xlsm.. 6.. Selanjutnya,. Anda. padaselA1 dan C3.. akan. menemukan. pada Sheet1 terisi. kata. "APA. KABAR".

(27) Praktek 3 : Menambahkan Visual Control Control adalah komponen visual / grafis seperti tombol, yang dapat ditempatkan pada worksheet kita sehingga aplikasi kita menjadi lebih interaktif. Berikut adalah contoh penggunaan control : 1.. Masih pada Sheet1, coba arahkan cursor ke alamat E1.. 2.. Pada tab Developer, group Controls, klik gambar panah bawah kecil pada menu Insert. Dari pilihan yang muncul klik Spin Button (Form Control), gambar bentuknya pada sheet kita.. 3.. Klik kanan pada spinner tersebut, dan pilih Format Control.. 4.. Pada dialog yang muncul, klik tab Control dan masukkan nilai-nilai berikut, dan klik tombol OK setelah selesai.. 5.. . Current Value : 0.. . Minimum Value : 0.. . Maximum Value : 200.. . Incremental Change : 25.. . Cell link : A2.. Cobalah klik gambar panah pada spinner dan perhatikan perubahan nilai yang terjadi pada cell A2.. Praktek 4 : Menambahkan Macro sebagai Event Handling pada Control 1.. Klik kanan pada spinner control tersebut, pilih Assign Macro.. 2.. Pada dialog yang muncul klik tombol New..

(28) 3.. Editor. VBE. akan. muncul. kembali. dengan. cursor. berada. pada. prosedur. bernamaSpinner[INDEX]_Change(). Tambahkan code berikut pada body prosedur.. Dim NilaiSpinner As Integer NilaiSpinner = ThisWorkbook.Sheets(1).Spinners(1).Value ThisWorkbook.Sheets(1).Spinners(1).Top = NilaiSpinner. 4.. Simpan dengan menekan CTRL + S.. 5.. Kembali ke worksheet dan coba klik spinner kita, akan terlihat spinner kita bergerak ke atas atau ke bawah sesuai irama klik tombol panah atas bawah pada spinner.. Praktek 5 : Menyimpan dan Membuka Kembali Workbook VBA kita 1.. Tutup dan kemudian buka kembali workbook kita.. 2.. Secara default, Excel 2007 akan menonaktifkan perintah VBA / Macro pada workbook yang kita buka. Terlihat pada security warning yang muncul pada bar bagian atasworksheet (gambar).. 3.. Klik tombol Options pada bar tersebut.. 4.. Pilih opsi Enable this content, klik tombol OK.. 5.. Anda sudah dapat menjalankan kembali code VBA Anda.. 6.. Selesai.. Mengaktifkan Tab Developer pada Excel 2010 Pada tutorial VBA dasar, penulis menunjukkan bagaimana developer tab diaktifkan di MS Excel 2007. Nah, ternyata terdapat perbedaanuntuk mengaktifkan tab yang sama di MS Excel 2010..

(29) Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan tab developer di MS Excel 2010: 1.. Pilih menu tab File | Options.. 2.. Pada dialog Excel Options, pilih Customize Ribbon pada bagian panel kiri..

(30) 3.. Pada bagian Choose commands from:, pilih Main Tabs.. 4.. Pilih Developer dan klik tombol "Add >>".. 5.. Klik tombol OK.. 6.. Tab Developer sudah aktif dan siap digunakan.. 7.. Selesai.. VBA: Menggunakan Form pada Excel 2007 - 2010 - 2013. Ada cukup banyak jenis form yang dapat digunakan bersama VBA di Excel, tapi jika yang dimaksud adalah form yang dapat kita buat dengan fleksibel maka itu adalah UserForm. Berikut ini adalah cara membuat userForm, menambahkan kontrol di atasnya dan memasukkan kode VBA sehingga dapat berinteraksi dengan worksheet Excel 2010.. Menambahkan dan Menyusun Layout Form 1.. Jalankan aplikasi Microsoft Excel 2010.. 2.. Buat dan simpan worksheet baru dengan nama userform-excel-2010.xlsm..

(31) 3.. Tekan CTRL+F11 untuk membuka Visual Basic Editor. Jika penekanan tombol tersebut tidak berhasil, klik tab menu Developer dan pilih Visual Basic.. 4.. Pada bagian jendela Project Explorer klik kanan pada node VBA Project dan pilih menu Insert diikuti UserForm.. 5.. Akan muncul satu form dengan nama UserForm1. Muncul juga satu dialog Toolboxdimana kita bisa mengambil berbagai kontrol untuk diletakkan pada form, dan terakhir ada panel Properties yang bisa gunakan untuk melakukan konfigurasi form maupun kontrol..

(32) 6.. Pada Properties, rubah nama dari UserForm1 menjadi FormEntri. Pada caption, rubah teks UserForm1 menjadi Form Entri.. 7.. Pada Toolbox, klik kontrol Label.. 8.. Klik salah satu area pada form Anda dan atur penempatan label yang akan segera ditambahkan ke form tersebut. Hasilnya kira-kira terlihat terlihat seperti pada gambar berikut.. 9.. Pada. Properties,. namakan. label. tersebut. dengan. mengisi. teks. pada. bagian Name dengan lblNama dan pada Caption isi dengan teks Nama. 10. Klik. area. pada form untuk. memunculkan. kembali. Toolbox.. kontrolTextbox pada form dengan cara seperti pada langkah 7 dan 8.. Tambahkan.

(33) 11. Pada Properties, namakan textbox tersebut dengan mengisi txtNama pada bagian Name. 12. Klik area pada form untuk memunculkan kembali Toolbox. 13. Tambahkan dua kontrol command button pada form. Isi Name untuk masing-masing tersebut dengan btnHapus dan btnTambah. Caption untuk btnHapus diisi dengan teks Hapus, dan untuk btnTambah dengan teks Tambah. 14.. Tampilan form akhir Anda akan terlihat seperti pada gambar screenshot berikut ini.. 15. Simpan worksheet Anda dengan menekan tombol CTRL+S.. Menambahkan Kode VBA 1.. Klik dua kali pada tombol dengan caption Tambah sehingga memunculkan editor dengan teks berikut..

(34) 2.. Tambahkan kode berikut ke dalam fungsi btnTambah_Click(). Dim rangeSheet1 As Range For i = 1 To Sheet1.Rows.Count Set rangeSheet1 = Range("A" & i) If Len(rangeSheet1.Value) = 0 Then rangeSheet1.Value = txtNama.Text Exit For End If Next i. 3.. Klik dua kali pada tombol dengan caption Hapus dan tambahkan kode berikut ke dalam fungsi btnHapus_Click(). Dim rangeSheet1 As Range btnTambah.Enabled = False For i = 1 To Sheet1.Rows.Count Set rangeSheet1 = Range("A" & i) If Len(rangeSheet1.Value) > 0 Then If rangeSheet1.Value = txtNama.Text Then rangeSheet1.EntireRow.Delete btnTambah.Enabled = True btnTambah.SetFocus Exit For End If Else Exit For End If Next i. 4.. Simpan worksheet Anda dengan menekan tombol CTRL+S..

(35) Menambahkan Tombol pada Worksheet 1.. Kembali ke worksheet Anda, tambahkan button control menggunakan menu Insertyang terdapat pada tab Developer.. 2.. Pada dialog Assign Macro yang muncul. Klik tombol New.. 3.. Pada editor yang muncul tambahkan kode berikut pada Button1_Click(). FormEntri.Show. 4.. Pada editor yang muncul tambahkan kode berikut pada Button1_Click().Kembali ke worksheet, klik kanan pada tombol tersebut dan pilih Format Control. Klik tabProperties, dan pilih Don't move or size with cells. Tekan tombol OK..

(36) 5.. Hasil akhir worksheet Anda akan terlihat kira-kira seperti pada screenshot berikut.. 6.. Simpan worksheet Anda dengan menekan tombol CTRL+S.. Menjalankan Form Anda Form Anda sudah selesai dibuat, saatnya kita coba apa yang bisa diperbuat oleh form ini. 1.. Kembali ke worksheet Anda, klik tombol Button 1.. 2.. Pada textbox, masukkan teks Coba dan klik tombol Tambah sebanyak 3 kali. Kemudian ganti isi textbox dengan BelajarExcel, dan klik tombol Tambah sebanyak 2 kali. Hasilnya akan terlihat seperti pada screenshot berikut.. 3.. Masih dengan entri teks yang sama, coba klik tombol Hapus. Terlihat bahwa baris pertama ditemukannya teks BelajarExcel yaitu baris ke 4 akan dihapus.. 4.. Cobalah ubah teks menjadi Coba, klik tombol Hapus sebanyak dua kali. Terlihat bahwa baris pertama dan kedua yang berisi teks Coba akan dihapus.. 5.. Selesai..

(37) PENGENALAN INTERNET MTs Al Amanah.

(38) Materi l l l l l. Sejarah internet Konsep dasar Bagaimana mengakses internet Manfaat internet Dampak.

(39) Jaringan Komputer (Network) l. l. sebuah sistem yang terdiri atas komputer komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service)..

(40) Apa Itu Internet? Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh belahan dunia/ global. l Memungkinkan komputer berkomunikasi hingga antar-negara. l Analogi dengan jaringan telepon. l Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan"). l.

(41) KONSEP DASAR INTERNET Agar dapat mengenal internet lebih mendalam dan tidak hanya mengetahui dfinisinya saja, maka hal paling dasar dalam internet adalah : Network Sebuah PC dapat dihubungkan dengan PC lainnya dengan kabel agar dapat saling berkomunikasi (biasanya hanya mentransfer data). l.

(42) KONSEP DASAR INTERNET l. Intisarinya adalah yang disebut sebagai jaringan dua komputer atau lebih yang terhubung secara fisik dengan sebuah kabel.. l. Hubungan diantara kedua komputer tersebut kemudian diatur dan dioperasikan dengan perangkat lunak khusus..

(43) KONSEP DASAR INTERNET l. l. Internet adalah kumpulan komunikasi komputer antar satu wilayah dan wilayah yang lainnya diseluruh dunia, saling terhubung dan saling berkomunikasi yang diatur oleh protocol. Dengan kata lain, internet adalah salahs atu media komunikasi berupa data, dilakukan umumnya secar atertulis atau melalui videovideo, tanpa perlu dilakukan secara bersamaan antara pengirim dan penerima..

(44) Konsep Dasar Internet l. Internet merupakan kumpulan jaringan komunikasi computer yang ada diseluruh dunia.dalam hal ini komputeryang dahulunya stand alone,maka dengan kemajuan tekhnologi perangkat keras dan lunak computer maka saat ini dapat berhubungan langsung dengan komunikasi komputer ditempat lain seluruh dunia ini,dengan internet..

(45) Konsep Dasar Internet l. Internet juga bias dianalogikan sebagai sebuah komunitas “kota elektronik” yang sangat besar,yang memungkinka setiap penduduk memiliki alamat [Internet Address] digunakan untuk berkirim surat atau mendapatkan/saling bertukar informasi.jika pendudk itu ingin berkeliling kota cukup dengan menggunakan komputer sebagai kendaraan ,melalui jalan, berupa jaringan kabel atau gelombang udara/wave melalui frekuensi radio tertentu untuk menuju tempat yang diinginkan..

(46) Macam Network 1.. Local Area Network (LAN). Suatu jaringan komputer yang masih berada dalam satu gedung atau ruangan seperti digunakan dirumah, perkantoran, industri, akademi, dll..

(47) Macam Network 2. Metropolitan Area Network (MAN) l l. l. Pengembangan dari LAN Jaringan komputer ini terdiri dari beberapa jaringan LAN yang saling berhubungan letak jaringan ini bisa saling berjauhan. MAN adalah jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus besar..

(48)

(49)

(50) Macam Network 3. Wide Area Network (WAN) l. l. Jaringan komputer yang mencakup area yang besar misalnya jaringan komputer antar wilayah, kota bahkan antar Negara. WAN digunakans ebagai penghubung jaringan local yang satu dengan ajringan local yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer dilokasi lain..

(51)

(52)

(53) Sejarah Penting Internet l. l l l l l. 1969 : Departemen Pertahanan AS membangun jaringan komputer untuk penyampaian informasi agen-agen pemerintah melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) 1972 : Layanan surat elektronik (email) untuk pertama kali diluncurkan di AS. 1976 : Email diluncurkan di Inggris. 1979 : Muncul jaringan komputer di Eropa. 1988 : Lahir aplikasi chatting/ percakapan. 1990 : Dibuat aplikasi internet browser..

(54) Perkembangan Internet l l l l l l l l. 1969 : 4 komputer 1971 : 23 komputer 1977 : 111 komputer 1980 : 213 komputer 1982 : > 1.000 komputer 1987 : > 10.000 komputer 1992 : > 1.000.000 komputer 2010 : > 100.000.000 komputer dengan 1,9 Miliar pengguna (28% dari penduduk dunia). Sekitar 25 juta-nya adalah dari penduduk Indonesia..

(55) Fungsi Internet l l l l. Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi Sebagai media promosi Komunikasi interaktif. Cara Mengakses Internet l l. l l. Komputer (Personal Computer, Laptop, Hand Phone) Penyedia layanan (ISP) Telkom, Jaringan GSM/ CDMA, TV kabel Jaringan (Kabel telpon, wireless (mobile), kabel TV) Aplikasi di Komputer Utamanya cukup dengan browser.

(56) Bagaimana Mengakses I-net l. l. l. l. Komputer Personal Computer, Laptop, Hand Phone Penyedia layanan (ISP) Telkom, Jaringan GSM/ CDMA, TV kabel Jaringan Kabel telpon, wireless (mobile), kabel TV Aplikasi di Komputer Utamanya cukup dengan browser.

(57) Berbagai Cara Akses Internet.

(58) Manfaat Internet l. Memperoleh/ mencari informasi apapun. l l. l. Berkomunikasi langsung/ tidak langsung. l l l. l. Berita Artikel, dll Surat elektronik (email) Percakapan (chatting) Video conference, dll. Jual beli barang/ jasa (e-commerce)..

(59) Dampak Positif Internet sebagai media komunikasi Fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. l Media pertukaran data Dengan menggunakan email, news group para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah l. l l. Media untuk mencari data atau informasi Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu lagi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

(60) Dampak Negatif l l l l. Pornografi Penipuan Carding Perjudian.

(61) 1. Pengertian dan Jenis Sistem Operasi Komputer Sistem operasi (Operation System) adalah perangkat lunak (software) yang mengatur semua sumber daya dalam komputer. Sumber daya ini dapat berupa perangkat keras (hardware) maupun program aplikasi. Sistem operasi bisa didefenisikan sebagai kumpulan dari beberapa perintah atau instruksi dari program pengendalian komputer yang sudah dibuat oleh pabrik komputer. Sistem operasi bagaikan nyawa bagi komputer. Tanpa sistem operasi, kinerja komputer akan kacau tidak dapat berfungsi dengan baik dan benar . Sistem operasi terdiri atas perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol sistem komputer. Secara garis besar, tugas sistem operasi yaitu; 1. Sebagai penghubung antara pengguna dan program aplikasi. Sistem operasi juga bertugas. sebagai penghubung antara pengguna komputer dan program-program yang ada dalam komputer.inilah sebab mengapa perintah yang diberikan pengguna dapat dimengerti komputer; 2. Sebagai tempat meletakkan program aplikasi. Sistem operasi juga berperan sebagai tempat “menanamkan” program aplikasi. Sebagai contoh, suatu komputer menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 8. Agar komputer dapat digunakan membuat gambar, kita perlu menambahkan program aplikasi misalnya Adobe Photoshop. Nah, Adobe Photoshop ini tidak dapat diinstall jika belum ada sistem operasi di dalam komputer; 3. Mengatur sistem kerja dalam komputer.Tanpa sistem operasi, sistem kerja komputer akan berantakan, saat ini penggunaan komputer bersifat multitasking untuk berbagai macam keperluan sebagia contoh, kita menggunakan komputer untuk online, mengecek email, sambil mendengarkan lagu dan juga melakukan proses pengunduhan file secara bersamaan. Nah, jika hal ini tidak diatur atau dibagikan sumber daya dan kinerja komputer maka akan menjadi berantakan.. 2. Jenis sistem operasi Sistem operasi yang digunakan untuk sistem komputer umum termasuk komputer personal terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu: 1. Keluarga Microsoft Windows – sistem operasi meliputi antara lain ialah Windows Desktop Environment berbasis MS-DOS (versi 1.x hingga versi 3.x), berbasis GUI Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME). Sistem operasi berbasis Windows NT seperti Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, windows server 2008, windows server 2008 R2, Windows Home Server Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012 dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014.Windows 10 dan saat ini direncanakan windows terbaru yaitu windows 11, Keluarga Windows CE seperti windows CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile. 2. Keluarga Unix. Sistem operasi ini menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, debian, red hat, SUSE, Ubuntu, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.). MacOS/X (berbasis kernel BSD.

(62) yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. Sistem operasi keluarga unix lainnya seperti AIX, Amiga OS, DragonFly BSD, Free BSD, GNU, HP-UX, IRIX,Linux, LynxOS, MINIX, NetBSD, OpenBSD, OS X, Plan 9, QNX, Research UNIX, SCO OpenServer, Solaris, UNIX System V, Tru64 UNIX, UnixWare. 3. Keluaraga Mac OS. Sistem operasi ini dikeluarkan oleh industri komputer Apple yang disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi ini antara lain ialah Public Beta (Kodiak), Mac OS X 10.0 (Cheetah), Mac OS X 10.1 (Puma), Mac OS X 10.2 (Jaguar), Mac OS X 10.3 (Panther), Mac OS X 10.4 (Tiger), Mac OS X 10.5 (Leopard), Mac OS X 10.6 (Snow Leopard), Mac OS X 10.7 (Lion), Mac OS X 10.8 (Mountain Lion). Berbasis Server OpenStep, Raphsody, Mac OS X Server 1.0, berbasis Mobile: iOS. Awal tahun 2007 dikeluarkan versi 10.5 (Leopard). Tahun 2011 diluncurkan versi 10.7 (lion), Mojave, Catalina, Big Sur dan saat ini terudate Monterey.. 3. Perkembangan sistem operasi windows Microsoft Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antar muka berbasis grafis atau dikenal dengan nama GUI (Graphical User Interface). Microsoft Corporation (NASDAQ: MSFT) adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. a) MS-Dos Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) adalah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter sehingga tidak memiliki tampilan grafik. Pada wiindows versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang berjalan diatas arsitekstur 16Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan bantuan dari MS-DOS.. Gambar 1 ilustrasi MS-DOS.

(63) MS-DOS awalnya adalah perubahan dari 86-DOS – secara informal dikenal sebagai Quick-and-Dirty Operating System atau Q-DOS – yang dimiliki oleh Seattle Computer Products, yang ditulis oleh Tim Paterson. Microsoft membutuhkan sistem operasi untuk Intel 8086 yang baru tetapi tidak tersedia, sehingga membeli 86-DOS seharga $75.000 dan melisensikannya sebagai miliknya kemudian merilis versinya sebagai MS-DOS 1.0. Pengembangan dimulai pada tahun 1981, dan MS-DOS 1.0 dirilis dengan IBM PC pada tahun 1982. b) Microsoft Windows (windows 1.x – windows 3.x) Microsoft Windows 1.0 merupakan versi pertama sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Versi ini sebenarnya diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 November 1983[2], tapi tidak pernah keluar ke pasar publik sebelum bulan November 1985, karena banyaknya hambatan yang terjadi ketika pengembangan berlangsung. Microsoft Windows 2.0 merupakan versi kedua dari sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) buatan Microsoft Corporation, yang dirilis pada 9 Desember 1987. Sistem ini diluncurkan untuk melengkapi kekurangan ragam aplikasi pada Windows 1.0.. Gambar 2 ilustrasi Windows 3.1 Windows 3.0, dirilis pada tahun 1990, adalah versi Windows pertama yang mencapai kesuksesan komersial yang luas, menjual 2 juta kopi dalam enam bulan pertama. Ini menampilkan peningkatan pada antarmuka pengguna dan kemampuan multitasking. Itu diperbarui ke versi 3.1 pada tahun 1992. dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon untuk windows 3.0. Microsoft juga menyediakan SDK (Software Development Kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan dengan lancer pada Windows 3.0 ini. Sistem ini mengenalkan Virtual Device Driver (VXD) yang berguna untuk meminimalisasi ketergantungan setiap driver pada perangkat keras tertentu. Sistem ini berevolusi menjadi Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan True Type Font. Sistem ini memudahkan End-User karena adanya tambahan fitur sepeti Drag and Drop. Windows versi 3.0 ini berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi untuk jaringan..

(64) c) Windows 95 Pada 24 Agustus 1995, Microsoft merilis Windows 95, yang memperkenalkan dukungan untuk aplikasi 32-bit asli dan nama file panjang hingga 255 karakter. Penambahan yang paling signifikan, bagaimanapun, adalah Start Menu – menu grafis yang menyediakan titik peluncuran pusat untuk program dan melakukan tugas-tugas lainnya.memiliki tampilan grafik yang sangat memukau pada masanya, sesuatu bentuk perubahan yang sangat signifikan dari windows 3.0 ke windows 95, beberapa releasenya adalah windows 95 Retail, windows 95 Retail SP1.. Gambar 3 ilustrasi Windows 95 Memiliki kompatibilitas dengan perangkat keras yang lama serta tetap adanya MS-DOS didalam windows, adanya Virtual Device Driver (VxD), fungsi multitasking yang lebih baik, integritas layanan jaringan mulai dari NetBEUI, TCP/IP, Netware (IPX/SPX), Dial up, koneksi Remote Access Service (RAS) adalah sebagian fitur fitur yang dimiliki oleh windows 95. d) Windows 98 Di keluarkan sebagai pengembangan dari windows 95 pada 25 Juni 1998, mempunyai fitur tambahan dukungan AGP, USB, Plug and Play yang lebih baik, sistem berkas FAT32 dan Internet Explorer versi 4.0. Windows 98 adalah upgrade dari Windows 95. Seperti yang dideskripsikan sebagai sistem operasi, “Works Better, Plays Better,” Windows 98 adalah versi windows pertama yang di desain secara spesifik untuk konsumen. Memiliki masa hidup atau life support hingga 11 Juli 2006. Untuk windows 98 mempunyai 2 versi yaitu First Edition dan Second Edition dimana pada versi Second Edition ditambahkan fitur seperti dukungan pada Internet Explorer 5, NAT untuk berbagi koneksi Internet, Digital Versatile Disk (DVD), Windows Driver Model (WDM) yang menggantikan model Virtual Device Driver (VxD) serta Windows NetMeeting 3. Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan kernel 16-bit/32-bit, dan masuk pada famili Windows 9x..

(65) Gambar 4 ilustrasi Windows 98 e) Windows Me Windows Me, Windows ME, atau Windows Millennium Edition adalah sebuah versi Windows yang didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan ditujukan untuk menggantikan pasar sistem operasi sebelumnya, Windows 98. Windows ini dapat berjalan tanpa bantuan MS-DOS. Windows sendiri adalah sistem operasi buatan Microsoft Corporation. Seperti versi Windows sebelumnya, Windows Me merupakan sistem operasi transisi antara 16-bit ke 32-bit, sehingga semua program 16-bit dan 32bit dapat didukung dengan baik. Oleh Microsoft, Windows ME ini diluncurkan pada tanggal 14 September 2000 dengan nomor build 3000.. Gambar 5 ilustrasi Windows Me Versi ini memperbarui Windows 98 dengan dukungan multimedia dan Internet yang lebih baik. Versi ini juga memasukkan fitur “System Restore,” yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang dikenal baik-baik saja, pada saat sistem operasi mengalami kegagalan. Fitur-fitur yang terdapat di dalam Windows Me (seperti Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0, dan Microsoft DirectX 7.1) bahkan bisa diperoleh secara gratis dari situs Windows Update, kecuali System Restore. Hasilnya, Windows Me pun tidak dianggap sebagai sebuah sistem operasi yang unik di antara saudara-saudaranya dari keluarga Windows 9x, Windows 95 dan Windows 98..

(66) f) Windows NT Windows NT sebagai pengganti windows ME mendukung arsitekrtur x86 (80×86), Intel IA64 dan AMD64 (x64) dan grafis 32-Bit. Windows NT dibangun dari pengembangan IBM OS/2 dan banyak digunakan dalam jaringan komputer. Windows NT juga memperkenalkan File System NTFS yang lebih baik dari FAT maupun FAT-32. Windows NT 3.1 dirilis untuk komputer Intel x86, DEC Alpha, dan beberapa platform yang mendukung ARC (Advanced RISC Computing) MIPS. Sedangkan Windows 3.51 diluncurkan untuk mendukung komputer IBM PowerPC khususnya untuk sistem PReP seperti desktop atau laptop IBM Power Series dan seri Motorola PowerStack. Meskipun menggabungkan dua teknologi dari dua perusahaan, Windows NT 3.51 tidak bisa dijalankan di atas Power Macintosh. Intergraph Corporation kemudian membuat porting untuk arsitektur Intergraph Clipper miliknya sendiri dan membuat porting Windows NT 3.51 agar bisa berjalan di atas arsitektur SPARC (milik Sun Microsystems). Meskipun demikian, kedua produk tersebut tidak dijual ke publik sebagai produk ritel.. Gambar 6 ilustrasi Windows NT Workstation 4.0 Windows NT 4.0 diluncurkan untuk mendukung banyak platform, akan tetapi microsoft hanya membuat service pack dan update untuk dua varian (x86 dan DEC Alpha). Selain ke dua varian tersebut service pack dan update dibuat oleh pihak ketiga (Motorola, Intergraph, dan lain-lain). Windows NT 4.0 merupakan versi rilis Windows NT yang mendukung DEC Alpha, MIPS, dan PowerPC. Microsoft juga membuat Windows 2000 untuk DEC Alpha hingga bulan Agustus 1999. Karena Compaq menghentikan dukungan Windows NT. g) Windows 2000 Windows 2000 (atau Windows NT 5.0 build 2159) adalah sebuah versi sistem operasi Windows yang merupakan versi pengembangan dari Windows NT versi 4.0 yang di dikeluarkan oleh Microsoft tanggal 17 Februari 2000 di Amerika Serikat. Windows 2000 mempunyai banyak fitur tambahan diantaranya : 1. Active Directory yang baru, 2. Image Preview, 3. Plug and Play dan Windows Driver Model yang lebih baik performanya dibanding sebelumnya..

(67) 4. Browser Explorer yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0. 5. Mendukung untuk Microsoft DirectX dan Open GL (Windows NT 4.0 hanya mendukung akselerasi OpenGL), 6. Windows Media Player 6.4 terintegrasi (dapat diinstalasikan di Windows NT 4.0. 7. Terminal Service yang telah terintegrasi. 8. Plug And Play yang lebih canggih, sehingga memasang hardware tertentu dapat langsung berjalan tanpa harus melalui proses restart, 9. Menggunakan driver untuk hardware berbasis Windows Driver Model atau dikenal juga dengan WDM. 10. Dukungan manajemen daya lebih baik, yaitu ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang dapat menghemat daya.. Gambar 7 ilustrasi Windows 2000 Profesional Windows 2000 menpunyai berbagai macam versi yaitu ; 1. Windows 2000 Profesional yang di tunjukan untuk menggantikan windows NT workstation 4.0 2. Windows 2000 Server yang ditujukan untuk mengantikan windows NT server 4.0 3. Windows 2000 Advanced Server di tujukan untuk menggantikan windows NT Enterprise server 4. Windows 2000 Data center server yang di tujukan sebagai pengelolaan pusat basis data 5. Windows 2000 limited Edition gitujukan sebagai penguna khusus dari prosesor intel Itanium yang menggunakan arsitektur IA-64 dari intel corporation h) Windows XP Windows XP merupakan jajaran sistem operasi berbasis grafis yang diwujudkan oleh Microsoft untuk dipergunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bidang usaha, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" merupakan kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berarah konsumen yang didirikan di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan bertambah dari 400 juta.

(68) salinan instalasi dipergunakan pada Januari 2006, menurut agak seorang analis IDC. Windows XP ditukarkan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007. Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritel menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal 30 Juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melewati Custom-built PC (OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari 2009. Windows XP mungkin akan tetap tersedia untuk para pengguna korporasi dengan volume licensing, sebagai sarana downgrade untuk komputer-komputer yang belum siap menjalankan sistem operasi baru, Windows Vista Business Edition atau Ultimate Edition atau Windows 7 Professional. Windows XP Tidak didukung lagi oleh Microsoft sejak 8 April 2014. (Service Pack 2 sampai 13 Juli 2010). Gambar 8 ilustrasi Windows XP Beberapa varian dari Windows XP sebagai berikut: 1. Windows XP Professional, menawarkan fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan untuk pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. 2. Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik. 3. Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus. 4. Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang. 5. Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-64. 6. Windows XP Professional 64-Bit Edition yang di desain khusus untuk pengguna prosesor berasitektur IA-64 atau Itanium Windows Xp memberi dukungan penuh terhadap Active Directory dimana merupakan sistem domain yang dipergunakan di dalam Windows Server 2000 dan Windows Server 2003. Dengan mempergunakan Active Directory, sistem-sistem Microsoft Windows bisa diatur dari satu tempat saja adalah dari sistem yang menjalankan Active Directory itu sendiri. Fitur ini paling bermanfaat jika diaplikasikan dalam perusahaan yang cukup luhur, sebab akan menyederhanakan semua anggota autentikasi..

(69) Windows XP telah dilengkapi dengan fitur pengaturan kontrol akses. Fitur tersebut dipergunakan untuk membatasi akses terhadap siapa saja yang tidak memiliki hak akses terhadap sebuah objek tertentu. Meskipun hal ini bukanlah teknologi baru, sebab telah diimplementasikan dalam sistem operasi berbasis UNIX, implementasi fitur ini dalam Windows XP telah diterapkan secara bertambah canggih dibandingkan dengan UNIX, mengingat sistem operasi UNIX membatasi akses dengan mempergunakan atribut file permission. Sistem operasi sebelumnya, seperti Windows 9x, tidak dilengkapi dengan fitur ini, sehingga setiap orang akan memiliki hak untuk mengakses setiap berkas tanpa kesulitan. i) Windows server 2003 Windows Server 2003 memiliki nama kode Whistler Server mulai dikerjakan pada akhir tahun 2000. Tujuan dari hal ini adalah Microsoft hendak membuat platform .NET, dengan menyediakan infrastruktur jaringan yang terbentuk dari Windows Server dan Windows Workstation. karena Microsoft berniat untuk mengembangkan dua sistem operasi secara sekaligus (Whistler Server dan Whistler Workstation). Akhirnya, beberapa kali sistem operasi ini ditunda peluncurannya, karena jadwal pengembangan yang ketat, dan hanya sistem operasi Whistler Workstation saja yang dirilis setahun berikutnya dengan nama produk Windows XP, yang ditujukan untuk kalangan konsumer rumahan dan korporat.. Gambar 9 ilustrasi Windows Server 2003. Fitur yang ditawarkan oleh Windows Server 2003. Fitur windows server 2003 edisi standar antara lain ialah platform .Net, fiitur Domain Controller Server, PKI (Public Key Infrastructure) Server, Domain Name System (DNS), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Windows Internet Name Service (WINS), Microsoft IIS, Windows Terminal Services, Mendukung pembagian beban jaringan Fitur standar sebuah server: file service, print service, atau application server yang dapat diinstalasi (seperti Microsoft Exchange Server, SQL Server, atau aplikasi lainnya). Windows Server 2003 terdiri atas beberapa produk yang berbeda, yakni sebagai berikut: 1. Windows Server 2003 Standard Edition 2. Windows Server 2003 Enterprise Edition 3. Windows Server 2003 Datacenter Edition.

(70) 4. Windows Server 2003 Web Edition 5. Windows Small Business Server 2003 6. Windows Storage Server 2003. j) windows Vista Windows Vista diluncurkan 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna pribadi. Windows Vista lebih mengutamakan interface atau penampilan grafis antarmuka dibandingkan dengan performa, Fitur-fiturnya antara lain AERO, Sidebar, tingkat keamanan lebih baik dari pada Windows XP. Windows Vista menggunakan Firewall with Advanced Security, Windows Defender, Parental Control, User Account Control (UAC), BitLocker Drive Encryption, ASLR. Windows Vista menggunakan IPv6, DirectX versi terbaru, dan arsitekstur 64-Bit.. Gambar 10 ilustrasi Windows Vista Windows vista mempunyai beberapa versi: yaitu: 1. Windows Vista Starter Mirip seperti Windows XP Starter Edition,edisi ini masih berteknologi 32-bit, edisi ini dibatasi untuk area lokal, terutama sebagai alternatif legal ketimbang penggunaan kopi bajakan. Pengguna edisi ini akan sangat dibatasi pemakaiannya, misalnya hanya bisa untuk memakai tiga program sekaligus dalam satu waktu, pembatasan koneksi jaringan, dan physical memory dibatasi hanya bisa hingga 256MB. 2. Windows Vista Home Basic Seperti Windows XP Home Edition,dengan teknologi 64-bit, fiturnya juga bertambah banyak. Tetapi tidak sebanyak edisi yang lain, Home Basic ditujukan bagi pengguna rumahan yang tidak memerlukan fasilitas lebih tinggi. Tema "Aero Glass" dengan efek transparan juga tidak akan termasuk dalam Edisi ini. Home Basic hanya mendukung hingga 8GB physical memory. 3. Windows Vista Home Premium.

(71) Didasari Windows Vista Home Basic, edisi ini memiliki tambahan dukungan fitur-fitur lebih tinggi yang ditujukan untuk segmen pengguna rumahan, seperti dukungan HDTV dan pembuatan menu DVD. Tambahan lainnya adalah games yang lebih banyak, dukungan untuk komputer tablet dan mobile, sistem enkripsi file, serta aplikasi manajemen foto. Edisi ini mirip dengan Windows XP Media Center Edition dan Tablet PC Edition. Home Premium mendukung hingga 16GB physical memory. 4. Windows Vista Business Sebanding dengan Windows XP Professional, dan ditunjukan untuk pengguna bisnis. Fitur Media Center yang ada dalam Home Premium tidak dimasukkan dalam edisi ini, tetapi memiliki fasilitas IIS web server, dukungan faksimili, offline files, dukungan dual physical processor, Remote Desktop, kolaborasi P2P, dan mampu menangani hingga 128GB memori. Aktivasi produk tidak diperlukan untuk edisi ini. 5. Windows Vista Enterprise Edisi ini ditujukan untuk segmen enterprise, dan merupakan edisi tingkat tinggi dari edisi Business. Fiturfitur tambahannya di antaranya adalah versi sesi-tunggal dari Virtual PC, dukungan antarmuka multibahasa, BitLocker Drive Encryption, dan dukungan untuk aplikasi UNIX. Edisi ini tidak akan tersedia melalui saluran retail ataupun OEM, melainkan melalui Microsoft Software Assurance. 6. Windows Vista Ultimate Edisi ini menggabungkan seluruh fitur-fitur Home Premium, dan Enterprise. Dalam edisi ini juga ditambahkan dukungan pembuatan podcast (yang dialihbahasakan oleh Microsoft menjadi "blogcasting"), program peningkat-kinerja game (WinSAT), fasilitas DVD ripping, dan layanan online khusus untuk media yang dapat diunduh, serta opsi layanan pelanggan tambahan lainnya. Edisi Ultimate ditujukan sebagai edisi Vista yang paling impresif, ditujukan bagi para pengguna high-end, pemain game, para profesional multimedia, serta para pecandu PC. Seperti edisi Business dan Enterprise, aktivasi produk juga tidak diperlukan. k) windows 7 Windows 7 merupakan gabungan Windows XP dan Windows Vista, Windows 7 memiliki performa yang lebih baik dari Windows Vista. Windows 7 dirilis untukpabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009. Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows VistaWindows 7 lebih fokus pada dukungan multitouch pada layar, desain ulang taskbar (Superbar), penggunaan sistem jaringan pribadi bernama HomeGroup dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7. Windows 7 tidak bisa digunakan dengan jumlah memori yang terpasang melebihi kemampuannya. Jumlah ini berbeda di setiap versi Windows 7, dan juga berpengaruh pada arsitektur yang dipakai (apakah 32-bit atau 64bit). Windows 7 memiliki 6 versi yang sama dengan Windows Vista. Hanya saja ada perbedaan nama, jika Windows Vista memiliki versi Business maka pada Windows 7 versi tersebut dinamakan Professional. Beberapa versi dari windows 7 adalah.

(72) · · · · · ·. Windows 7 Ultimate Windows 7 Professional Windows 7 Enterprise Windows 7 Home Premium Windows 7 Home Basic Windows 7 Starter. Gambar 11 ilustrasi Windows 7 Di awal tahun 2020 tepatnya di bulan Januari pihak Microsoft memberikan pengumuman resmi melalui situsnya, bahwa mereka akan menghentikan dukungan teknis apapun kepada Windows 7 setelah tanggal 14, Januari, 2020, dengan kata lain pengguna Windows 7 kini tidak mendapatkan dukungan resmi dari microsost, sehingga rentan terhadap serangan dari sisi keamanannya. Namun pihak Microsoft akan tetap memberi dukungan berbayar kepada Windows 7 milik organisasi seperti Pemerintah dan Bisnis (Business and Enterprise), tujuan dari pembebanan biaya tambahan tersebut sebagai kompensasi atas dukungan keamanan sekaligus pemberian waktu tambahan bagi mereka yang belum siap melakukan peningkatan ke Windows 10 sebelum masa hidup Windows 7 berakhir.Dan dukungan berbayar ini tidak berlaku bagi pengguna Home Windows 7,. l) Windows 8 Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian Microsoft secara resmi merilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012. Versi percobaan Windows 8 berupa Consumer Preview dan Release Preview. Pada tanggal 26 Juni 2013, Microsoft merilis versi Uji Coba dari Windows 8.1 (sebelumnya dikenal sebagai Windows Blue), Sistem operasi ini diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh. Windows 8 mempunyai beberapa edisi atau versi antara lain adalah sebagai berikut : 1. Windows 8, setara dengan Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium. 2. Windows 8 Pro, setara dengan Windows 7 Professional..

(73) 3. Windows 8 Enterprise, setara dengan Windows 7 Enterprise dan Ultimate. 4. Windows 8 RT, versi Windows khusus untuk perangkat berprosesor ARM. 5. Windows 8.1. Gambar 12 ilustrasi Windows 8 Beberapa fitur yang ada pada windows 8 seperti · · · · · · · ·. · · · · · · ·. Desain aplikasi Windows 8 UI, yang bisa dibuat dari bahasa pemograman apa saja, seperti : HTML/CSS, JavaScript, C, C++, C#, dll. Hilangnya tombol Mulai (digantikan oleh Layar Mulai dan Charms). Kompatibel dengan arsitektur Intel, AMD, dan ARM (khususnya tablet). Kompatibel dengan perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone Portabel di USB (Windows To Go). Windows Explorer menggunakan ribbon seperti Office 2010 & 2007, juga berganti nama menjadi 'File Explorer. Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load-nya tiap booting. Fitur pengembalian (recovery) baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan. Rancangan baru dari Windows Task Manager. Proses aktivasi yang mudah. Diperkenalkannya Layar Kunci (Lock Screen). Bursa Windows, sebagai tempat membeli atau menginstal aplikasi Windows 8 UI. Aplikasi Media Penyimpanan Awan baru yang disebut Skydrive. Antivirus yang sudah terintegrasi dengan Windows Defender. Pilihan Jenis Log-In yang beragam, yaitu sandi akun Microsoft/lokal, Sandi gambar, dan PIN..

(74) m) windows 10 Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 (v10.0.10586) dirilis kepada publik.. Gambar 13 ilustrasi Windows 10 Empat edisi utama dari Windows 10, yaitu: 1. Windows 10 Home: dirancang untuk digunakan dalam desk , laptop, dan tablet. Edisi ini. 2.. 3.. 4.. 5.. termasuk semua fitur tingkat-konsumen dan setara dengan versi dasar dari Windows 8, 8.1, Windows 7 Home Basic dan Home Premium. Di versi ini pengguna tidak dapat mematikan fitur Windows Update. Windows 10 Pro: sebanding dengan Windows 8 Pro, Windows 7 Professional dan Ultimate, dan Windows Vista Business dan Ultimate. Edisi ini dibangun dari edisi Home dan menambahkan fitur penting untuk bisnis, dan memiliki fitur yang setara dengan Windows 8.1 Pro. Windows 10 Enterprise: memberikan semua fitur dari Windows 10 Pro, dengan fitur tambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dan akan memberikan fungsi yang setara dengan Windows 8.1 Enterprise dan hanya tersedia melalui lisensi volume. Windows 10 Education: memberikan semua fitur Windows 10 Enterprise, dirancang untuk digunakan di sekolah, kampus dan universitas. Edisi ini akan tersedia melalui Lisensi Volume Akademi Microsoft, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise. Windows 10 Enterprise LTSB/LTSC: Versi ini dikeluaran oleh Microsoft dengan tujuan memberikan opsi kepada kalangan enterprise untuk dapat mempunyai kontrol penuh terhadap update Windows sehingga pengguna dapat menolak update yang ditawarkan oleh Microsoft..

(75) 01/03/2021. Pengenalan Microsoft Word. Microsoft Word merupakan bagian dari Microsoft Office yang dirancang untuk digunakan sebagai : —. Surat Pribadi dan Bisnis Membuat surat bersifat pribadi maupun untuk keperluan bisnis.. —. Laporan Membuat laporan baik teks biasa atau keuangan yang diintegrasikan dengan Microsoft Excel.. —. Manual Alat untuk membuat manual, prosedur kerja, tata laksana.. —. Surat Selebaran dan Brochure Digunakan sebagai alat untuk sales dan marketing. —. Dan Lain-lain Masih banyak lagi kegunaan yang merupakan optimasi dari penggunaan firtur yang ada di MS-Word.. 1.

(76) 01/03/2021. Memulai MS-Word. — Dari menu start pilih Programs kemudian Icon bertulisan Microsoft Word. — Eksekusi program akan menampilkan layar awal dari Microsoft Word — Secara otomatis MS-Word memberi nama Document 1 pada layar yang baru. dibuka. Layar atau Window terdiri atas beberapa bagian.. —. Titlebar Menjelaskan nama dari berkas dokumen dan nama aplikasi (Microsoft Word). —. Iconize mengubah layar menjadi Icon-bar yang terdapat pada bagian bawah menu utama Window. —. Minimize/Maximize Mengecilkan dan memaksimumkan besar layar. —. Exit (close) Keluar (Selesai) dari aplikasi Word. —. Menubar Terdiri dari instruksi Word untuk merawat File, Editing, menampilkan View, dsb.. —. Toolbar Icon jalan pintas atau shortcut dari instruksi Word. —. Statusbar Informasi nomor halaman, section, jumlah halaman, nomor baris, nomor kolom.. 2.

(77) 01/03/2021. Melipat Kertas dan Kebawah, Kekiri dan Kekanan — Bila layar telah penuh dengan tulisan maka diperlukan teknik untuk melipat. dokumen ke bawah atau keatas untuk menampilkan isi dokumen aktual. Teknik ini disebut Scroll up dan Scroll Down. — Untuk dapat secra cepat bergerak di dokumen, klik Slider dengan Mouse. ditahan, kemudian tarik ke bawah dan keatas sesuai lokasi yang diinginkan. Teknik yang sama digunakan juga untuk Kesamping Kiri dan Kanan. — Efek yang sama dapat diciptakan dengan papan keyboard yaitu dengan :. PgUp : menampilakn dokumen dari bagian atas PgDn : menampilkan dokumen dari bagian bawah ctrl+home : pindah ke awal dokumen ctrl+end : pindah ke akhir dokumen. Ruler (Penggaris) — Ruler diberikan untuk memperjelas posisi karakter atau gambar (obyek) di. dokumen. Penggaris ini akanmemberikan lokasi yang akurat tentang penempatan obyek tersebut. — Ruler umumnya tidak dibutuhkan pada pembuatan dokumen biasa, karena itu. Ruler ini dapat dihilangkan dengan memilih View dari Menubar, kemudian hilangkan Chexbox pada Ruler.. 3.

(78) 01/03/2021. Memasukan Teks — Tulis teks yang dikehendaki, perhatikan bahwa tanda garis merah menandakan. bahwa kata tersebut tidak ditemukan dalam kamus (Dictionary) standar word, yaitu Bahasa Inggris. — Fitur ini dimatikan (Disable) dengan memilih TOOLS kemudian pilih SET. LANGUAGE. — Dari daftar yang ada pilih Indonesian, lalu jadikan sebagai DEFAULT maka. akan muncul pertanyaan dan klik YES. — MS sejauh tersedia melakukan koreksi ejaan dan tata bahasa. Fitur jni dapat. dilihat pada TOOLS kemudian pilih OPTION dan SPELLING dan GRAMMAR . — Tekan CANCEL untuk kembali ke menu utama. Menyimpan Dokumen dan Membuat Folder. — Dokumen disimpan dalam direktori tapi sebelumnya harus diciptakan dulu. — Dengan bantuan instruktur buat folder dan beri nama Tutorial. — Untuk menyimpan Teks yang telah dibuat ke dalam sebuah file dapat. dilakukan beberapa cara, pilih Icon yang bergambar DISC. — Secara DefaultMicrosoft Word memberi nama dokumen sesuai dengan. beberapa kata dari kalimat pertama. — Cara lain : pilih menu file dari Menu Bar, pilih save, jika berkas baru pilih Save. As.. — Perbedaaan Save dan save As akan dijelaskan Instruktur.. 4.

(79) 01/03/2021. Menutup Dokumen — Setelah selesai dengan menyunting dokumen maka aplikasi Microsoft Word dapat ditutup dengan memilih menu File dari Menubar kemudian pilih Close. — Pemilihan Close tidak menghentikan aplikasi Microsoft Word. Untuk menutup dokumen sekaligus keluar dari word, pilih menu EXIT pada akhir PopUp menu tersebut. — Perhatikan jika dokumen sudah diubah tapi belum sempat disimpan maka Microsoft Word akan menanyakan, apakah perubahan tersebut ikut disimpan atau diabaikan. — Jawab YES untuk menyimpan dan keluar. NO untuk tidak menyimpan dan keluar dan CANCEL membatalkan artinya kembali ke modus EDITING. — Sebagai jalan pintas CLOSE dapat dipilih tanda X pada bagian atas dokumen.. — Dokumen yang sudah ada dapat dibuka untuk diedit kembali. — Untuk membuka, pilih FILE dari menubar, kemudian pilih OPEN atu pilih. nama file yang masih tertuli dalam memory Word (Umumnya ada 4 buah File terakhir yang pernah diedit) — Pilih Open, untuk mendapatkan Folder dimana file yang dicari tersebut. berada. — Kemudian pilih tombol “OPEN” atau “CANCEL” untuk membatalkan pilihan. tersebut. — Cara lain untuk membuka dokumen adalah dengan memilih Icon open File. 5.

(80) 01/03/2021. Membuat Dokumen Baru — Dokumen baru dapat dibuat dengan memilih FILE dari menubar kemudian. pilih NEW. — Subwindow akan muncul untuk membantu pembuatan dokumen baru.. Pilihan adalah : membuka Dokumen, Template, atau Dokumen lainnya. — NEW yaitu Blank Document atau Blank Web Page. — New From Existing Document menyalin format dengan template dari. dokumen yang sudah ada. — New From Template membuat dokumen berdasarkan format-format yang. sudah di definisikan dalam sebuah template. — Untuk keperluan TUTORIAL, pilih New From Blank doument. — Sebagi jalan pintas membuka dokumen dapat juga dilakukan dengan memilih. langsung Icon New Document. — Dalam sebuah dokumen baru umumnya ditentukan ukuran dari kertas yang. digunakan agar dapat dicetak pada Printer tanpa kesulitan dalam hal Formating — Ukuran kertas dapat berupa “Letter”, A4 dan ukuran lainnya. Pilih ukuran yang. sesuai dengan kantor dimana Anda bekerja. — Orientasi adalah Potrat (berdiri) atau Landscape (membujur), margins adalah. jarak spasi dihitung dari atas (top), kiri (left), kanan (right) dan bawah (bottom).. 6.

(81) 01/03/2021. Mengubah Ukuran Kertas — Ganti ukuran kertas (Paper Size) dengan memilih Opsi dari “Pull-Down Menu”. — Pada contoh ukuran panjang x lebar A4 dinyatakan dengan Inch (dapat diubah. menjadi centimeter). — Untuk mengubahnya pilih TOOLS kemudian OPTION dan pilih menutab. General, pilih measurement units dalam Centimeters.. 7.

(82)

Figure

Updating...

References

Outline : Saran

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in