GUIDELINE POSTER PUBLIK MEDIASTINUM 2018

10 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)
(2)

GUIDELINE POSTER PUBLIK MEDIASTINUM 2018 1. TEMA UMUM

Holistic and Comprehensive Approach On Communicable Disease 2. SUBTEMA

a. Upaya inovatif dan strategis dalam penanganan kasus Communicable Disease b. Aplikasi ilmu biomolekuler dalam menangani kasus communicable disease c. Aplikasi teknologi mutakhir dan kedokteran modern dalam menangani kasus

Communicable disease

d. Pemanfaatan herbal dan oabat obatan alami dalam penanganan kasus Communicable disease

e. Aplikasi metode screening test terbaru dalam upaya penegakkan diagnosis penyakit-penyakit Communicable Disease.

3. PERSYARATAN PESERTA

a. Peserta adalah mahasiswa S1/D3 preklinik dari disiplin ilmu kesehatan (Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kebidanan, Ilmu Gizi, Farmasi, Teknik Biomedik, dan Ilmu Biomedicine) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

b. Peserta lomba adalah perseorangan atau tim terdiri atas 3 orang (termasuk ketua kelompok)

c. Peserta membayar biaya registrasi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan d. Peserta diperkenankan mengirim 2 karya dalam bidang yang berbeda dengan

ketua kelompok berbeda.

e. Karya merupakan hasil pemikiran sendiri atau tim dan bukan merupakan bentuk plagiat serta belum pernah dipublikasikan di media manapun.

f. 10 tim terbaik diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Medical Scientific Competition of University Muhammadiyah Malang 2018 pada tanggal 4-6 Mei 2018, proses ini termasuk kegiatan untuk penyeleksian tahap akhir pemenang lomba POSTER PUBLIK.

g. Selama mengikuti Medical Scientific Competition of University Muhammadiyah Malang 2018, semua peserta wajib menaati peraturan-peraturan yang telah ditetapkan, disiplin dan bertanggung jawab.

(3)

4. ADMINISTRASI dan ALUR PENDAFTARAN a. Pendaftaran dimulai tanggal 15 Januari 2018

 Early registration berlangsung pada 15 Januari 2018 – 1 Februari 2018.  Late registration berlangsung pada

8 Februari 2018 – 7 Maret 2018.

b. Biaya pendaftaran peserta POSTER PUBLIK Medical Scientific Competition of University Muhammadiyah Malang 2018 sebesar:

Early registration sebesar Rp 120.000,00 /karya Late registration sebesar Rp 140.000,00 /karya

c. Biaya pendaftaran dibayarkan via transfer kepada bendahara kepanitiaan Medical Scientific Competition of University Muhammadiyah Malang 2018. Bank BNI No. Rekening 0533329052 a.nsdr. Putri Mumpuni Aswoko d. Biaya pendaftaran sudah masuk biaya cetak karya

e. Peserta diharapkan mengirimkan pesan konfirmasi via sms kepada panitia Medical Scientific Competition of University Muhammadiyah Malang 2018, Nuzulul Laili (085336769854/id_line: nuzulullaili) dengan format pengiriman pesan

POSTER PUBLIK_MEDIASTINUM_ 2018_Nama Penulis_Institusi _3 Kata Pertama Judul POSTER PUBLIK,

paling lambat 24 jam setelah pembayaran. (Contoh: MEDIASTINUM_POSTER PUBLIK_2018_Nuzulul Laili_ Universitas Muhammadiyah Malang_Inovasi Metode Diagnosis).

f. Biaya yang dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

g. Peserta melakukan registrasi online pada alamat web: https://goo.gl/forms/Xto3dxcXGpEZWdSy1

h. Peserta melengkapi berkas-berkas pendaftaran: formulir, lembar pernyataan orisinalitas, dan CV masing-masing anggota

h. Karya disimpan dalam bentuk “.jpg” dan disimpan dalam satu folder dengan berkas lainnya. Folder diberi nama “POSTER PUBLIK_ MEDIASTINUM_

(4)

2018_Nama Penulis_ Insttusi_3 Kata Pertama Judul POSTER PUBLIK” kemudian dicompress sebagai .zip atau .rar, dan dikirim ke mediastinum.umm@gmail.com

i. Berkas yang wajib dikirim:  Karya Peserta

 Lembar pernyataan orisinalitas ditandatangani diatas materai 6000  Scan KTM masing-masing peserta

 Formulir pendaftaran  Slip bukti pembayaran

Curriculum Vitae setiap anggota

j. Peserta diharapkan mengirimkan pesan konfirmasi via sms kepada CP Lomba Poster Publik Medical Scientific Competition of University Muhammadiyah Malang 2018, Shania (081231850738/id line: shaniadkd) dengan format pengiriman pesan “POSTER PUBLIK_MEDIASTINUM_2018_ Nama Penulis_ Institusi_3 Kata Pertama Judul POSTER PUBLIK” paling lambat 24 jam setelah pengiriman karya.

k. Karya diserahkan paling lambat berdasarkan pembagian gelombang: - Early : 7 Februari 2018 pukul 23.59 WIB

- Late : 14 Maret 2018 pukul 23.59 WIB

l. Bilamana karya yang dikirimkan melewati batas tanggal pengumpulan maka peserta dikenakan biaya tambahan sesuai periode yang sudah ditetapkan.

4. KETENTUAN LOMBA

1. Peserta memenuhi persyaratan dalam PERSYARATAN PESERTA 2. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

3. POSTER PUBLIK yang dikirimkan merupakan hasil kreatifitas berdasarkan tinjauan pustaka (literature review) maupun penelitian yang dikemas secara kreatif dan interaktif secara orisinil dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media mana pun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi. Jika kemudian hari ditemukan pelanggaran dalam proses pembuatan karya maka peserta akan didiskualifikasi.

(5)

4. Karya yang masuk menjadi hak panitia dan tidak dikembalikan.

5. Panitia memiliki hak dan wewenang untuk mempublikasikan POSTER PUBLIK dengan tetap mencantumkan nama penulisnya.

6. Pembuatan POSTER PUBLIK harus mengacu pada tema dan fokus pada upaya komunikasi dan penyampaian pesan-pesan edukatif dan interaktif namun memiliki landasan teori yang kuat.

7. Peserta lomba dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema yang digagas, dan membangun esensi masalah serta memiliki alur pemikiran yang jelas.

8. Teknis dan gaya penulisan poster bebas, orisinil dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan).

9. Poster tidak diperbolehkan mengandung unsur SARA.

10.Poster dibuat dengan menggunakan aplikasi computer atau software yang sudah umum (Corel Draw, Photoshop, atau kombinasi aplikasi lain), juga dapat menampilkan foto grafik.

11.Jumlah warna bebas.

12.Poster didesain dengan ukuran A2 (42x59,4 cm). Desain poster dibuat dalam format JPG, dengan resolusi minimal 300 dpi.

13.Tempelan-tempelan kertas atau sejenisnya pada poster tidak diperkenankan.

14.Poster ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dan diperbolehkan menggunakan singkatan yang menarik.

15.Poster memuat judul, nama penulis, lambang institusi peserta, lambang Medical Scientific Competition of University Muhammadiyah Malang 2018 dan lambang Universitas Muhammadiyah Malang.

16.Isi poster memuat informasi edukatif yang mudah dipahami dan dikemas secara menarik.

(6)

17.Menonjolkan bagian yang dianggap penting untuk diinformasikan. 18.Poster harus memiliki kriteria poster yang baik yaitu :

 Visible : Mudah dilihat  Interesting : Menarik  Structured : Tersruktur

 Useful : Berguna, informatif  Accurate : Teliti

 Legitimate : Mengikuti persyaratan  Simple : Sederhana

19.Tiap peserta dilarang bekerja sama dengan peserta dari tim lain, jika terdapat pelanggaran maka pihak-pihak yang terkait akan didiskualifikasi secara langsung dari kompetisi.

20.Peserta tidak diperkenankan menerima bantuan dalam hal pengerjaan lomba dari pihak manapun, jika terdapat pelanggaran maka akan didiskualifikasi.

21.Peserta wajib menyelesaikan administrasi sebelum masa penjurian.

22.Penambahan dan atau perubahan peraturan serta tata tertib akan diberitahukan kemudian.

5. JADWAL

Early Registration : 15 Januari 2018 – 1 Februari 2018 Later Registration : 8 Februari 2018 – 7 Maret 2018 Penjurian : 25 Maret 2018 – 5 April 2018 Pengumuman Finalis : 7 April 2018

Pelaksanaan presentasi : 4-6 Mei 2018 6. PENGHARGAAN

Para pemenang akan memperoleh piala, piagam penghargaan dan uang tunai : Juara I : Rp. 2.000.000,00 + piala + piagam penghargaan

Juara II : RP. 1.500.000,00 + piala + piagam penghargaan Juara III : Rp. 1.000.000,00 + piala + piagam penghargaan 7. INFORMASI UMUM

(7)

 Email : mediastinum.umm@gmail.com  Line : @bix2284m

 Instagram : mediastinum_2018

 CP Poster Publik MEDIASTINUM 2018 : - Shania

- (id line: shaniadkd/081231850738)

LAMPIRAN I : Formulir

LAMPIRAN II : Lembar orisinilitas LAMPIRAN III: Kriteria Penilaian

(8)

LAMPIRAN I

FORMULIR PENDAFTARAN

Medical Scientific Competition of University Muhammadiyah Malang 2018 Jenis lomba : Literature Review/ Essay/ Poster Publik

Judul Karya : Asal Institusi : Identitas Penulis: 1. Nama (KETUA) : NIM : Jurusan/angkatan : No. Telp/HP : Alamat : Email : 2. Nama (ANGGOTA) : NIM : Jurusan/angkatan : No. Telp/HP : Alamat : Email : 3. Nama (ANGGOTA) : NIM : Jurusan/angkatan : No. Telp/HP : Alamat : Email : __________, ________________ 2018

(Nama dan NIM Ketua)

*diketik dan ditandatangani, kemudian discan dan dikirimkan bersama bukti transfer pendaftaran dan kelengkapan administrasi lain ke mediastinum.umm@gmail.com

(9)

LAMPIRAN II

LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA

Medical Scientific Competition of University Muhammadiyah Malang 2018

Judul karya :

Nama Ketua :

Nama Anggota: 1)

2)

Kami yang bertandatangan di bawah ini menyatakan bahwa karya dengan judul diatas benar merupakan karya orisinal yang dibuat oleh penulis dan belum pernah dipublikasikan dan/atau dilombakan diluar kegiatan “Medical Scientific Competition of University Muhammadiyah Malang 2018” yang diselenggarakan oleh Lembaga Semi Otonom (LSO) Scientific Medico Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang.

Demikian pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya, dan apabila terbukti terdapat pelanggaran di dalamnya, maka kami siap untuk didiskualifikasi dari kompetisi ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kami.

, 2018

Ketua Tim,

Materai 6000

(Nama dan NIM Ketua)

*diketik dan ditandatangani, kemudian discan dan dikirimkan bersama bukti transfer pendaftaran dan kelengkapan administrasi lain ke mediastinum.umm@gmail.com

(10)

Lampiran III

KRITERIA PENILAIAN

FORMAT PENILAIAN POSTER PUBLIK Judul :

Nama Penulis :

No. Kriteria Penilaian Bobot Skor

(1-10) Nilai (Bobot x Skor) 1 Format Poster Format gambar 5 Ukuran gambar 5

Ukuran kertas dan ukuran file 5

2. Orisinalitas Karya

Kesesuaian antara tema dan judul dengan materi kajian yang dipilih

10

Orisinalitas ide 10

3. Kreativitas

Keunikan ide 10

Kualitas konten poster 10

4. Kemanfaatan

Kontribusi bagi masyarakat dan

dunia kesehatan 15

5. Kualitas dalam Penyampaian

Pesan

Penggunaan Bahasa Indonesia

yang baik dan benar 10

Kejelasan pesan yang

disampakan dalam poster 10

Ketepatan penyampaian pesan

kepada publik 10

TOTAL 100

Skor yang diberikan berkisar : 1 – 10 Jumlah nilai maksimal : 1000

Figur

Memperbarui...

Related subjects :