Analisis Break Event Point pada Kafe Baga 35H Medan Johor

Teks penuh

(1)

BAB II

PROFIL PERUSAHAAN

2.1Sejarah Perusahaan

Kafe Baga adalah sebuah bisnis yang bergerak dibidang produksi dan penjualan. Kafe Baga merupakan suatu komunitas yang membawa anggota bersama-sama dari berbagai kalangan dalam upaya untuk menghasilkan ide-ide bisnis baru dan kesempatan bagi anggotanya. Kafe Baga didirikan pada Mei 2013 oleh Fahmi Natigor, Walad Altsani, dan Mustaqim Masril yang berlokasi di Jalan Eka Surya nomor 35H Johor dan memiliki tiga orang tim yang membantu semua proses kegiatan produksi dan penjualan. Kafe Baga menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman.

Pada awal pendirian Kafe Baga mengalami hambatan dalam penjualan karena rendahnya daya beli konsumen. Seiring berjalannya waktu transaksi penjualan yang terjadi di Kafe Baga pun semakin meningkat dengan melakukan serangkaian kegiatan seperti promosi. Perusahaan ini mulai berkembang dan dapat bersaing dengan perusahaan lain yang juga bergerak di bidang yang sama.

(2)

2.2Struktur Organisasi

Struktur organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan hubungan/keterkaitan antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur seluruh aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut.

Struktur organisasi perusahaan harus didesain untuk memperjelas tugas dan wewenang antara satu bagian dengan bagian yang lainnya. Oleh karena itu penyusunan struktur organisasi perusahaan dalam penerapannya selalu berbeda dengan perusahaan lain sehingga untuk menetapkan suatu struktur organisasi harus melihat pada kebutuhan dan jenis perusahaan yang menggunakannya.

Struktur organisasi mengidentifikasikan peran dan tanggung jawab karyawan yang dikerjakan oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya perusahaan ataupun suatu usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan dan jenis perusahaan atau suatu usaha tersebut. Struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi kelemahan dari setiap bagian atau individu. Penetapan struktur organisasi yang tetap mendukung pencapaian tujuan perusahaan, sebaliknya jika struktur organisasi tidak tepat akan mengakibatkan pemborosan bagi perusahaan.

(3)

9

menjalankan semua kegiatan yang terjadi di Kafe Baga. Pemimpin tersebut mempunyai tiga orang anggota yang diajak bekerja sama untuk menjalankan kegiatan produksi dan penjualan di Kafe Baga. Berikut adalah gambaran struktur organisasi Kafe Baga :

Gambar 1 Struktur Organisasi Kafe Baga 35H

2.3Uraian Pekerjaan

Adapun pembagian kerja dan uraian tugas dalam struktur organisasi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

1. Manager bertugas :

a. Melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari, merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengawasi. b. Mendorong (memotivasi) bawahan untuk dapat bekerja dengan giat

dan tekun.

c. Membina bawahan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien. Manager

(4)

d. Penanggung jawab. 2. Cashier bertugas :

a. Melakukakan pelayanan kepada pengunjung atau pelanggan dalam proses akhir penjualan dengan menerima pembayaran barang dagangan yang akan dibeli oleh pelanggan.

b. Menjalankan proses transaksi penjualan dengan baik. 3. Chef bertugas :

a. Mengelola dapur yang menjadi tanggung jawabnya. b. Menyusun menu.

4. Bartender bertugas :

a. Menyediakan minuman dibelakang bar.

b. Menyediakan berbagai jenis minuman yang diramu menjadi satu minuman yang sedap.

2.4Kinerja Usaha Terkini

(5)

11

Figur

Gambar 1 Struktur Organisasi Kafe Baga 35H

Gambar 1

Struktur Organisasi Kafe Baga 35H p.3

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :